Tuesday, October 7, 2025
Home Blog Page 422

HUB.ID Accelerator, Menghubungkan Startup dengan Mitra Bisnis dan Investor

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Selain Meningkatkan kredibilitas, HUB.ID Accelerator juga telah berhasil menjembatani terciptanya kolaborasi untuk pertumbuhan bisnis startup local di Indonesia

Marketing.co.id – Berita Digital | Sukses menjalankan HUB.ID Accelerator 2021 dan 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kembali berhasil menyelesaikan kegiatan serupa di tahun 2023 dengan kegiatan yang masih berfokus pada pengembangan dan peningkatan startup lokal Indonesia melalui akses pendanaan serta kerja sama bisnis dengan memanfaatkan jaringan luas BUMN, korporasi, dan sektor pemerintah.

Selama 3 tahun berjalan, program HUB.ID Accelerator berhasil memfasilitasi stratup lokal dengan sektor yang berbeda-beda guna memperluas fokus pengembangan dan peningkatkan. Di mulai dari 2021 dengan 7 sektor startup yaitu Agriculture & Aquaculture, Healthcare, Fintech, Logistics, Edutech, Tourism, dan Smart City/Gov Solution.

Dilanjutkan pada 2022 dengan 5 (lima) sektor yaitu Financial Services, B2B/Enterprise Solution/Govtech, Logistics, SME Enabler, Agriculture & Aquaculture. Serta 2023 dengan 5 sektor startup yaitu Financial Technology, SME Enablers & Logistic, ESG Related, Agritech & Fisheries, dan Healthtech.

Jumlah startup pendaftar program HUB.ID Accelerator setiap tahunnya pun terus bertambah, yang mana di 2021 terpilih 43 startup dan di 2022 terpilih 24 startup yang berkesempatan untuk dibina dan mengikuti rangkaian program HUB.ID Accelerator mulai dari Business Mentoring, Business Matchmaking, Networking Session, dan Demo Day. Sedangkan di 2023, dari 116 pendaftar terpilih 25 startup untuk mengikutti rangkaian program yaitu Business Mentoring & Pitch Training, Business Matchmaking, Partner Day, IP Research Matchmaking, dan Networking Session.

Dari rangkaian program yang berjalan di 2021, HUB.ID Accelerator berhasil menjalankan 100 peluang kerja sama bisnis, 30 kerja sama bisnis, dan 2 investasi baru yang didapatkan oleh startup Dagangan, HiPajak, FisLog, MyRobin, Chickin Indonesia, Educourse, dan Lister. Sedangkan di 2022, HUB.ID Accelerator berhasil menjalankan 138 Business Matchmaking antara startup dan perusahaan swasta maupun BUMN hingga pendanaan untuk startup lulusan HUB.ID Accelerator yaitu PasarMIKRO, Grouu, Eratani, Ayo Kenalin, Looyal, Verihubs, Amoda dan Kecilin.

Pada kegiatan Alumni Talks yang dijalankan oleh Direktorat Ekonomi Digital di bawah struktur Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika di Jakarta (30/11), Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan HUB.ID Alumni Talks dengan mengundang 2 startup alumni HUB.ID Accelerator 2022 yaitu Amoda & Kecilin.id. Dalam kesempatan tersebut mereka membagikan ilmu dan pengalamannya mengenai manfaat setelah bergabung dan menjadi bagian dari program HUB.ID Accelerator melalui sesi diskusi panel.

Kedua startup alumni HUB.ID tersebut menjadi perwakilan startup yang berhasil mempercepat pertumbuhannya yang bisa dilihat dari beberapa pencapaiannya. Amoda sebagai perusahaan teknologi properti dan konstruksi berhasil mendapatkan pendanaan awal (seed) yang dipimpin oleh East Ventures dan Living Lab Ventures.

Sedangkan Kecilin.id merupakan perusahaan rintisan Software-as-a-Service (SaaS) berhasil memperoleh pendanaan pra-seri A senilai US$ 4 Juta atau setara Rp60 miliar yang dipimpin oleh Mandiri Capital Indonesia (MCI) dengan investor lainnya yakni Provident Growth, BNI Ventures, dan Arkana.

CEO & Co-Founder Amoda Robin Yovianto menyampaikan dalam diskusinya bahwa dengan banyak berkembangnya startup baru di Indonesia bukan menjadi sebuah kompetisi, justru bisa membuka peluang kolaborasi dan kerja sama lebih banyak. Bahkan, dengan bergabungnya Amoda di HUB.ID Accelerator tahun 2022 sangat membantu meningkatkan kredibilitas Amoda di mata masyarakat dan investor, karena startup yang terpilih di HUB.ID Accelerator pastinya di kurasi dengan sangat baik.

Sedangkan CEO & Co-Founder Kecilin.id Bisma Manda mengungkapkan bahwa mental dan networking yang kuat menjadi hal yang krusial bagi startup agar bisa maju dan berkembang memajukan Indonesia. Dengan bergabungnya Kecilin.id dalam program HUB.ID Accelerator 2022 sangat membantu menggapai mimpi-mimpi startup yang tinggi dengan support-nya mempertemukan dengan mitra bisnis serta investor.

Harapannya dengan adanya kegiatan HUB.ID Alumni Talks kali ini dapat meningkatkan pemahaman pelaku bisnis startup mengenai kegiatan HUB.ID Acceleator, mendorong para pelaku bisnis startup untuk mengikuti kegiatan HUB.ID Accelerator, serta memfasilitasi pelaku bisnis startup untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman sekaligus promosi bisnisnya.

OPPO Find N3, Ponsel Flagship Buat Pebisnis Multitasking

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Tren ponsel flip yang digandrungi saat ini diikuti oleh OPPO yang meluncurkan smartphone flagship terbarunya yakni OPPO Find N3 Series dan OPPO Find N3 Flip.

Ponsel yang secara khusus melengkapi aktivitas para pebisnis ini, mampu mendukung multitasking, kamera dengan hasil layaknya profesional serta berbagai fitur lain yang memberikan pengalaman lebih.

Peluncuran OPPO Find N3 Series dihadiri oleh para pelaku bisnis dari berbagai industri. Foto: Ist.

OPPO Find N3 merupakan smartphone foldable paling tipis di Indonesia dengan ketebalan 6 mm saat dibuka dan kurang dari 12mm saat dilipat. Dilengkapi dengan Snapdragon 8 Gen 2, kapasitas RAM 16GB+12GB dan dibekali dengan dua kamera selfie, 32MP pada cover screen dan 20MP pada layar bagian dalam. Disematkan juga 3 kamera belakang berkualitas flagship terdiri dari kamera utama 48MP, ultra wide 48MP dan kamera telephoto 64MP.

Patrick Owen, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia mengatakan, “Para pebisnis selama ini mencari ponsel yang bisa mendukung aktivitas mereka sehari-hari khususnya multitasking. Kami menjawabnya dengan menghadirkan OPPempunyai kemampuan, daya baterai, kualitas kamera yang mumpuni untuk kemudahan dalam satu genggaman.”

Lebih lanjut Arga Bima, PR Manager OPPO Indonesia menjelaskan, “Find N3 Flip memiliki fitur App Library yang memudahkan pengguna mencari seluruh aplikasi yang tersedia di smartphone hanya dalam satu halaman. Selain itu ada pula Recent Files, Recent Apps dan juga Boundless View serta Three-app Boundless View untuk pengalaman membuka hingga lebih dari 10 aplikasi sekaligus.”

Keunggulan fitur Find N3 juga dirasakan oleh Founder dari Wanda House of Jewels, Wanda Ponika, “Saat aku minta tim konten aku di kantor untuk menguji kamera OPPO Find N3 untuk mengambil konten jewelry, dan ternyata beneran keluar warnanya, scintillation-nya dapat, dan bahkan detail dari jewelry-nya juga dapat.”

Co-Founder dan Partner of Ismaya Group, Fans Martin, menambahkan “Berkiprah di industri lifestyle, saya banyak memanfaatkan kamera. Apalagi sebagai ayah dua orang putri, saya senang mengambil foto keceriaan mereka. OPPO Find N3 yang punya kamera Hasselblad ini, benar-benar paket komplit yang tidak hanya mendukung pekerjaan saya tapi juga aktivitas bersama keluarga.”

OPPO Find N3 series bukan hanya perangkat, namun kombinasi dari nilai, dedikasi dan antusiasme untuk membawa pengalaman teknologi kepada pelanggan setianya.

(MM/Lya)

Gandeng 14 Bank, Purinusa Kembangan Target Selesai Q1 2024

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Property | Jelang penutupan tahun 2023 ini, PT Purinusa Jayakusuma yang merupakan bagian dari Purinusa group, membuka kawasan hunian baru, Purinusa Kembangan yang berlokasi di Meruya, Jakarta Barat.

Jajaran manajemen Purinusa Group berdiri di depan gambar rencana rumah Purinusa Kembangan, Jakarta Barat (28/11). Foto: marketing.co.id/lialiliy.

Bertepatan dengan rencana tersebut, pada Selasa, 28 November 2023 dilakukan peresmian dan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan 14 bank rekanan yang berlangsung di lokasi pembangunan Purinusa Kembangan, Jakarta.

Christine Rai Santoso, Managing Director PT Purinusa Grup mengatakan, “Pembangun Purinusa Kembangan dan proyek-proyek kami sebelumnya selalu menggandeng bank-bank rekanan yang terpercaya. Developer dan bank itu seperti koin, dimana jika keduanya bersinergi maka akan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memiliki rumah.”

Lebih lanjut Christine menambahkan, “bank-bank rekanan kami, selain sudah berpengalaman memberikan KPR untuk properti juga menawarkan beberapa kelebihan seperti approval cepat, bunga yang kompetitif, murah, tenor yang panjang serta berbagai kelebihan lainnya. Bagi calon konsumen yang tertarik membeli rumah di Purinusa Kembangan, kami memberikan pilihan pembayaran hard cash dan KPR.”

Purinusa Grup sebagai induk perusahaan PT Purinusa Jayakusuma telah memiliki banyak portfolio properti selain Purinusa Kembangan, antara lain Aryana Karawaci, Griya Karawaci, Grand View Karawaci, Binong 1 Residence, Binong Permai dan masih ada lagi di daerah Tigaraksa, Depok Serua dan Bogor.

Purinusa Kembangan dibangun diatas lahan seluas 6.000m2 dirancang dengan beragam fasilitas menarik bergaya minimalis dan modern, terletak di lokasi strategis dekat dengan fasilitas umum seperti sarana pendidikan, fasilitas olah raga, belanja dan lainnya dalam radius 10 sampai 15 menit.

Andre Utama, Chief Marketing Officer Purinusa Kembangan menjelaskan, komplek perumahan ini akan dibangun 49 unit dan dilakukan pembangunan dalam 2 fase. Fase pertama sebanyak 25 unit, hadir dengan 2 tipe unit yakni 19 unit dua lantai dan 6 unit 3 lantai dengan luas tanah mulai 60m2 sampai dengan 250m2 dan luas bangun 100-140m2.

Sementara untuk fase kedua akan dibangun sebanyak 24 unit dengan tipe hunian 2 lantai dan 3 lantai dengan luas tanah dan bangunan yang sama.

“Fase pertama kami targetkan sold out pada kuartal pertama tahun 2024. Sementara untuk fase kedua, kita targetkan terjual habis di kuarta 2 tahun 2024,” pukas Andre.

Hingga saat ini PT Putinusa Jaya Kusuma telah berhasil memasarkan lebih dari 20.000 unit rumah yang tersebar di 16 proyek perumahan serta komersial.

(MM/Lya)

Pendaftaran Haji Online untuk Diaspora Indonesia di Taiwan: Kolaborasi BPKH dan Bank Muamalat

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk terus melangkah maju dalam memudahkan umat Islam Indonesia di luar negeri untuk menunaikan ibadah haji. Setelah sukses menyediakan layanan serupa di Malaysia dan Hong Kong, kini giliran diaspora Indonesia di Taiwan yang dapat memanfaatkan layanan pendaftaran haji secara online.

Suasana silaturahmi haji di Taiwan

Kegiatan silaturahmi haji, yang diadakan di dua kota, Taichung pada Jumat, 24 November 2023, dan Taipei pada Sabtu, 25 November 2023, tidak hanya mengundang mahasiswa, ekspatriat, dan diaspora Indonesia, tetapi juga bertujuan untuk menyebarkan pemahaman akan kewajiban menunaikan ibadah haji. Selain itu, acara tersebut menjadi forum untuk mensosialisasikan layanan kemudahan pendaftaran haji secara online kepada diaspora Indonesia di luar negeri.

Menurut Harry Alexander, anggota Badan Pelaksana BPKH, program ini bertujuan untuk mempermudah umat Islam dalam mendaftar haji, terutama bagi warga muslim Indonesia yang berada di luar negeri. “Layanan kemudahan pendaftaran haji ini diharapkan mampu menjadi solusi perencanaan ibadah haji bagi saudara-saudara kita diaspora Indonesia di luar negeri dan mewujudkan harapan dapat memberikan porsi haji bagi diaspora dan keluarganya di Indonesia,” ujarnya.

Dukungan dari para stakeholder dan komunitas perhajian Indonesia diharapkan dapat terus meningkat, menciptakan kemudahan layanan pendaftaran haji bagi seluruh masyarakat muslim Indonesia guna menunaikan rukun Islam yang kelima.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Muamalat, Indra Falatehan, menjelaskan bahwa diaspora Indonesia di Taiwan kini dapat membuka Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH) dan melakukan pembayaran setoran awal porsi haji regular melalui aplikasi Muamalat DIN. Sinergi dengan Kementerian Agama dan BPKH telah memungkinkan pendaftaran haji dilakukan secara online, tanpa keharusan pulang ke Indonesia terlebih dahulu.

“Sebagai bank pertama murni syariah, kami siap mengakomodir kebutuhan pendaftaran haji bagi saudara-saudara kita yang berada di Taiwan,” ujar Indra. Bank Muamalat juga telah bersinergi dengan BPKH untuk memastikan transparansi informasi terkait nilai manfaat dana haji yang disetor. Aplikasi BPKH Virtual Account (BPKH VA) terhubung dengan aplikasi Muamalat DIN, memungkinkan calon jemaah haji, baik nasabah Bank Muamalat maupun non-nasabah, untuk melihat nilai manfaat setoran haji terkini melalui menu Bank Haji di Muamalat DIN.

Inisiatif ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Agama, yang memberikan akses bagi Bank Muamalat sehingga sistem pendaftaran haji Kementerian Agama (Siskohat dan Haji Pintar) dapat dilakukan di luar negeri. Seluruh langkah ini tidak hanya memudahkan proses administratif, tetapi juga menegaskan komitmen bersama untuk memastikan setiap muslim Indonesia, di manapun berada, dapat menunaikan ibadah haji dengan lebih mudah dan efisien.

Tiga Faktor yang Jadi Biang Keladi Penyebab Rumitnya Rantai Pasok di Indonesia

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Meskipun memiliki peran penting sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia, industri logistik masih memiliki beberapa kekurangan, khususnya, inefisiensi sektor logistik di negara dengan lebih dari 17.000 pulau ini. Penyebabnya informasi rantai pasok (supply chain) nasional yang tidak terhubung sehingga menimbulkan tantangan pada alur distribusi.

Industri logistik mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam dua tahun terakhir, terutama karena pandemi COVID-19 yang mendorong aktivitas e-commerce. Namun, tingginya biaya logistik masih menjadi masalah, terbukti dari biaya logistik di Indonesia mencapai 23% dari Produk Domestik Bruto (PDB) – lebih tinggi daripada negara-negara tetangga seperti Thailand (15% dari PDB negara) dan Malaysia (13% dari PDB negara).

Rumitnya penanganan informasi serta susunan kerja birokrasi yang ketat menghasilkan inefisiensi, yang menjadi tantangan lain dalam menurunkan biaya logistik di Indonesia. Berikut adalah tiga faktor utama yang menjadi penyebab rumitnya rantai pasok di Indonesia.

Baca juga: Peran Penting Sektor Logistik dalam Revolusi Industri 4.0

1. Transparansi data yang rendah

Penyedia jasa logistik di Indonesia masih mengalami tantangan terkait transparansi data pelanggan, sehingga menimbulkan berbagai masalah seperti terbatasnya informasi yang sampai ke pelanggan dan ketidakpercayaan.

“Transparansi pengiriman barang masih kurang jelas, jadi itu tidak real-time. Kita melihat kendaraan di Indonesia ada banyak. Kita harus bisa memberikan real-time data (pengiriman),” jelas Raymond Sutjiono, Co-Founder McEasy, salah satu pemain logistik terkemuka di Indonesia.

Transparansi yang tidak memadai di antara para pemangku kepentingan merusak efisiensi rantai pasokan, diperparah dengan kurangnya jadwal transportasi yang dapat diakses dan kebijakan pemerintah yang kurang efektif.

Hal ini menyebabkan potensi kerugian yang besar yang dapat membuat pelanggan merasa frustasi dengan solusi logistik yang tidak jelas dan terkadang hanya mendapat kompensasi yang terbatas dan parsial setelah proses pelaporan yang panjang.

Untuk mengatasi tantangan ini, perusahaan logistik dapat mengadopsi teknologi seperti Transportation Management System (TMS) dari McEasy, sebuah solusi Software-as-a-System (SaaS) yang dirancang untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam manajemen transportasi.

  1. Kurangnya kolaborasi antar pemangku kepentingan

Laporan East Ventures – Digital Competitiveness Index (EV-DCI) 2023 menyoroti kolaborasi yang kurang optimal di antara para pemangku kepentingan, seperti pemerintah pusat, pelaku usaha, dan lembaga keuangan, yang mengakibatkan beberapa masalah.

Backhauling, atau mengembalikan kargo dari tempat tujuan (titik B) ke tempat asalnya (titik A), menghadapi tantangan karena biaya awal yang tinggi, dimana menyebabkan 70-80% masalah pada industri truk.

Pemangku kepentingan yang tidak konsisten juga menghambat rantai pasok yang terintegrasi, diperparah dengan perbedaan topografi dan budaya yang beragam  di Indonesia. Terlepas dari tantangan ini, mendorong kolaborasi antara lembaga pemerintah, bisnis logistik, dan asosiasi menjadi sangat penting untuk meningkatkan logistik, seperti yang ditekankan oleh Cris Kuntadi, Ketua Dewan Pembina Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN).

Rantai pasok berbasis digital

McEasy, telah bekerja sama  dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia dalam mengadakan sesi sosialisasi  secara aktif tentang implementasi teknologi digital di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Kendala penyimpanan barang yang menumpuk di gudang seringkali terjadi karena   kemacetan di pelabuhan, hambatan regulasi, dan kesalahan dalam perencanaan inventaris. Hal ini membuat perusahaan harus menyimpanstok lebih banyak untuk mengatasi ketidakpastian prediksi permintaan dan kelancaran aliran rantai pasok.

3. Inefisiensi pelaporan

Banyak penyedia layanan logistik di Indonesia masih sangat bergantung pada proses manual atau sistem berbasis kertas, yang menyebabkan keterlambatan, kesalahan, dan biaya yang lebih tinggi. Selain itu, kesenjangan adopsi teknologi dalam rantai pasok memperparah inefisiensi pelaporan.

Inefisiensi teknologi juga memengaruhi pemeriksaan bea cukai di Indonesia, terutama untuk pengiriman dalam jumlah besar. Bea cukai Indonesia membutuhkan waktu rata-rata tujuh hari dibandingkan dengan negara-negara Asia Pasifik lainnya yang hanya membutuhkan waktu 2,6 hari.

Namun, peraturan pemerintah tentang bea cukai sangat berpengaruh. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menyederhanakan prosedur, meningkatkan otomatisasi, dan mengurangi birokrasi. Meskipun demikian, mendorong peningkatan baik dari segi digitalisasi, manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), dan perbaikan infrastruktur, juga diperlukan untuk meningkatkan efisiensi.

Implementasi Ekosistem Logistik Nasional

Pemerintah Indonesia sedang mengatasi masalah konektivitas dengan mengimplementasikan Ekosistem Logistik Nasional (National Logistics Ecosystem/NLE), sebuah platform terdigitalisasi untuk meningkatkan kolaborasi di antara para pemangku kepentingan.

Inisiatif yang dipimpin oleh Kementerian Keuangan ini bertujuan untuk menyederhanakan operasi logistik, menarik investasi swasta untuk efisiensi, dan memaksimalkan pembangunan infrastruktur dengan menyediakan titik akses internet ke Sistem Penyiaran Digital (Digital Broadcasting System).

Ekosistem ini bertujuan untuk mendorong kolaborasi dalam empat pilar: pemerintah, manajemen spasial, sektor swasta, dan pembayaran, sehingga mengurangi kebutuhan kementerian untuk menavigasi peraturan dan proses terpisah.

“Tujuan pengembangan NLE adalah membuat proses bisnis di Indonesia menjadi lebih kompetitif, baik dari segi waktu, penyederhanaan, kecepatan, dan pada akhirnya dari segi biaya,” ujar Agus Rofiudin, Kepala Lembaga National Single Window (LNSW).

Waresix yang merupakan portofolio East Ventures menjadi startup pertama yang terintegrasi dengan NLE. Startup agregator layanan logistik dengan platform dan teknologi tanpa aset besar ini menawarkan layanan dan solusi logistik terintegrasi kepada pelanggan dengan lebih efisien. Waresix menghubungkan pengirim dan bisnis dengan transportir, truk, dan ruang gudang yang tersedia di seluruh Indonesia dalam satu platform, memberikan transparansi yang lebih baik dan meningkatkan pendapatan bagi pemilik aset.

East Ventures memainkan perannya sebagai venture capital (VC) dengan berinvestasi pada pemain logistik berbasis teknologi di Indonesia, seperti McEasy dan Waresix; startup pendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) di sektor e-commerce, seperti SIRCLO, Praktis, dan Biteship; hingga startup rantai dingin (cold chain), seperti Fresh Factory dan Superkul.

Baca juga: TMI Berubah Jadi Telkomsel Ventures, Apa Bedanya dengan VC lain?

Industri logistik Indonesia memiliki potensi besar untuk menarik investor. Dengan semakin membaiknya peraturan pemerintah, kolaborasi digital diharapkan dapat berkembang seiring dengan semakin banyaknya pengusaha yang menawarkan solusi mereka. Pada akhirnya, dengan konektivitas rantai pasokan dan alur distribusi yang lebih efisien, penurunan biaya logistik dapat terwujud.

Identitas Digital Kunci Keberhasilan Infrastruktur Digital Publik

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Kemajuan Infrastruktur Digital Publik (IDP) menjadi semakin krusial seiring berkembangnya teknologi dan peningkatan nilai ekonomi digital di Indonesia. Pembangunan IDP menjadi prioritas utama sebagai enabler produk keuangan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan inklusi keuangan.

Hal ini diperkuat oleh laporan e-Conomy SEA 2022 oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, yang menyebutkan nilai ekonomi digital Indonesia mencapai USD77 miliar pada tahun 2022, dan diperkirakan akan mencapai USD130 miliar pada tahun 2025.

Setidaknya ada tiga hal penting yang menjadi pondasi utama infrastruktur digital yang disediakan bagi publik untuk akselerasi pengembangan ekonomi digital, mencakup sistem digital untuk mengidentifikasi identitas pengguna, proses pembayaran digital dan transaksi keuangan, serta pertukaran data atau informasi.

“Berbicara mengenai IDP, selain payment dan data sharing, identitas digital menjadi salah satu fundamen yang penting untuk kemajuan IDP dan ekonomi digital. Identitas digital diperlukan guna memastikan bagaimana agar pemain yang masuk ke dalam ekosistem itu adalah pemain yang terpercaya, dimana terdapat standar verifikasi tertentu yang sama, aman, dan akurat bagi setiap orang,” beber Sati Rasuanto, Co-founder & President VIDA, dalam Visionary Talk – BFN IFS 2023 “Enabling Digital Public Infrastructure to Accelerate Fintech Innovations and Achiever Wider Outreach

Baca juga: Transformasi Pelaporan Pajak melalui Tanda Tangan Digital

Optimalisasi IDP dapat mempercepat inovasi untuk mencapai jangkauan publik yang lebih luas. Hal tersebut karena, IDP didukung oleh standar atau spesifikasi terbuka yang dapat dioperasikan secara interoperable yang memungkinkan tata kelola transparan dan partisipatif untuk mendorong inovasi, inklusi, dan kompetisi dalam skala besar.

IDP juga mampu mengatasi tantangan geografis dan biaya transaksi, sehingga pertumbuhan dapat semakin kuat, inovatif, inklusif, berkelanjutan, serta mencapai jangkauan publik yang lebih luas.

tanda tangan digital
Mini Stage Activity “Aesthetic Signature” with VIDA Sign

Sebagai pemain teknologi yang mendukung sektor teknologi finansial, VIDA meyakini bahwa ada hal yang perlu dijaga yakni kepercayaan konsumen atau trust. Hasil riset VIDA dengan Katadata Insight Center mengungkapkan bahwa penggunaan identitas digital pada layanan digital terbukti meningkatkan kepercayaan konsumen dengan fungsi menjaga keamanan data pribadi, meningkatkan efisiensi dan akurasi, serta mempermudah dan mempercepat layanan.

Sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) yang berinduk di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), VIDA menjadi solusi penyedia digital identity yang memanfaatkan otentikasi multi-faktor, tanda tangan digital, dan verifikasi identitas yang aman, mudah, dan juga memberikan kepastian hukum.

Baca juga: Tanda Tangan Digital: Transformasi Keamanan dan Efisiensi di Era Digital

Dalam salah satu agenda mini stage di BFN IFS 2023, Ralitsha, Signature Inspiration Specialist berbagi pengalamannya tentang bagaimana VIDA Sign atau produk tanda tangan digital VIDA telah memastikan keaslian dan keautentikan karya intelektualnya.

“VIDA Sign berbasis dari Dukcapil e-KTP dan menggunakan otentikasi wajah pada saat penandatanganan dokumen secara digital. Para pengguna tidak perlu khawatir akan kasus pemalsuan dokumen, karena VIDA Sign menjamin keakuratan dan membuat tanda tangan semakin estetik.”

Giliran Masyarakat Semarang dapat Proteksi Gratis dari Allianz Syariah

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Sebagai kelanjutan dari rangkaian aktivitas roadshow pasca kelahiran entitas baru, PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) gencar melakukan roadshow di berbagai kota di Pulau Jawa. Setelah sebelumnya melakukan roadshow di Surabaya dan Bandung, kali ini kegitan serupa dilaksanakan di Semarang.

Dilansir dari Laporan Perkembangan Keuangan Syariah 2022, perkembangan pasar asuransi jiwa syariah tercatat sebesar 5,62 persen. Perkembangan tersebut masih membutuhkan kolaborasi serta upaya yang berkelanjutan dari pihak regulator dan berbagai pihak industri asuransi untuk semakin giat mengambil andil dalam mendorong pertumbuhan industri asuransi syariah.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022, indeks literasi dan inklusi keuangan syariah yang meliputi industri asuransi syariah adalah sebesar 9,14 persen dan 12,12 persen. Indeks tersebut berperan terhadap tingkat literasi ekonomi syariah yang telah meningkat hingga 23,3 persen. Meski demikian, tingkat literasi ekonomi syariah yang telah dicapai ini masih terbilang cukup jauh dengan target indeks literasi yang ditetapkan regulator sebesar 50 persen di tahun 2024.

Baca juga: Memilih Asuransi Jiwa untuk Mengamankan Masa Depan dengan Bijak

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana mengatakan, untuk terus memperluas akses ke berbagai lapisan masyarakat, Allianz Syariah melaksanakan kegiatan roadshow ke berbagai wilayah di Indonesia, diawali dengan kota-kota besar di Pulau Jawa, seperti Semarang, Bandung, dan Surabaya.

“Melalui kegiatan ini, Allianz Syariah berharap agar kehadiran kami dapat mewujudkan percepatan pertumbuhan industri asuransi, agar dapat melindungi lebih banyak individu dan keluarga, khususnya lewat proteksi asuransi syariah,” tutur Permana pada roadshow di Semarang (28/11/23)

Dilihat dari data penduduk pada Juni 2022, Jawa Tengah merupakan provinsi dengan porsi penduduk muslim tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Jawa Barat yakni sebesar 97,26 persen.[1] Besaran persentase penduduk muslim di Jawa Tengah ini kemudian turut mendorong pemerintah untuk mengupayakan akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di kalangan masyarakat Jawa Tengah melalui keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor: 500/6/Tahun 2023 tentang pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Jawa Tengah.

Optimisme Allianz Syariah dalam memperluas akses asuransi syariah di Jawa Tengah antara lain diwujudkan lewat peluncuran “Pencanangan Gerakan Perlindungan Asuransi Jiwa Syariah bagi 10.000 Masyarakat Indonesia” secara gratis.

Seperti yang telah dilakukan di Surabaya dan Bandung, gerakan ini merupakan inisiatif keberlanjutan dari Allianz Syariah dalam rangka mendongkrak angka literasi dan penetrasi asuransi Syariah

Kegiatan peluncuran program ini disaksikan secara langsung oleh Sekretaris Umum MUI Jawa Tengah K. H. Muhyiddin dan Kepala OJK Provinsi Jawa Tengah Sumarjono.

Allianz Syariah
Sekretaris Umum MUI Jawa Tengah Drs. K. H. Muhyiddin, MA menyampaikan respon positif dan dukungan yang diberikan MUI Jawa Tengah terhadap inisiatif Allianz Syariah pada acara roadshow di Semarang, 28 November 2023.

”Kami atas nama Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah menyampaikan, pertama, selamat atas spin-off PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia yang sudah diresmikan oleh Bapak Wapres, yang kedua, mendukung program launching roadshow untuk ta’aruf bagi masyarakat dan literasi bagi mereka. Semoga ini merupakan bagian dari kegiatan yang bernilai ibadah, bukan hanya ekonomi,” K. H. Muhyiddin.

Sumarjono memberikan apresiasi atas keseriusan Allianz Syariah dalam menjawab tantangan pertumbuhan asuransi syariah yang pangsa pasarnya masih terbilang rendah, baik pada tingkat nasional maupun di Jawa Tengah.

Dia berharap dengan menggandeng berbagai pihak, akan ada lebih banyak masyarakat lagi yang dapat tertolong dengan prinsip syariah dan harapanya Allianz Syariah dapat menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan asuransi syariah lainnya.

Baca juga: Artarindo Kucurkan Klaim Rp 6,8 Miliar kepada Nasabah yang Membeli Asuransi Melalui Fuse

Pada kesempatan roadshow ini, Allianz Syariah juga membagikan asuransi jiwa mikro syariah Sekoci Amana. Produk ini memberikan perlindungan jiwa bagi nasabah sebesar dua juta rupiah selama 6 bulan dan perlindungan di masa depan apabila peserta asuransi (pencari nafkah) telah meninggal dunia.

Asurasi Sekoci Amana diberikan secara cuma-cuma kepada beberapa komunitas-komunitas di Semarang seperti Paguyuban Pengemudi Gojek Tembalang – Semarang, Sanggar Senam N’Fit Semarang, Majelis Pengajian Liqo’ Mawadah – Wilayah Batusari, Semarang Timur, Komunitas Gowes SKPD (Satuan Kerja Perangkat Desa) Kabupaten Demak, Komunitas Honda PCX Club Indonesia – Semarang, BAZNAS Kota Semarang, Rumah Zakat Jawa Tengah, dan Dompet Dhuafa Jawa Tengah.

Roadshow Moscow City Tourism, Kolaborasi Pariwisata antara Indonesia dan Rusia

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Roadshow Moscow City Tourism, Kolaborasi Pariwisata antara Indonesia dan RusiaMarketing.co.id – Berita Marketing | PT Manna Indonesia Group & INARIS International Corporation menandatangani MOU Pariwisata dengan Fun & Sun Travel Agency dari Moskow, Rusia dalam acara roadshow Moscow City Tourism yang diadakan di hotel JW Marriott, Kuningan, Indonesia.

Acara ini dibuka Lyudmila Vorobieva, Duta Besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia dan dihadiri Bulat Nurmukhanov, Kepala Divisi Hubungan Internasional Komite Pariwisata Kota Moskow, Perwakilan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, dan Alexander Svivin Kepala Kantor Perwakilan Dagang Rusia di Indonesia.

Paket kolaborasi wisata tersebut adalah Paket Umroh Plus ke Moskow & Tatarstan (Kazan), Paket Wisata Reguler ke Moskow & Tatarstan (Kazan), dan Paket Wisata Wanita ke Moskow, Tatarstan (Kazan) & St.

Hanzela Calista, Kusumamenggala CEO Manna Indonesia Group & Inaris International Corporation mengatakan bahwa acara ini menawarkan lebih dari sekadar mempererat kerja sama pariwisata antara Indonesia dan Rusia, namun juga ingin bertukar budaya antara kedua negara dengan mempersembahkan penari anak-anak Bali untuk Delegasi Rusia oleh Sanggar Saraswati, menghadirkan paduan suara anak-anak dari Jakarta Philharmonic Orchestra, dan Fashion Show dari Willson Willim yang sedang menjadi tren saat ini dengan gaya Gadis Kretek. Acara ini benar-benar menunjukkan perpaduan Pariwisata dan budaya antara Indonesia dan Rusia serta menarik minat generasi muda.

Bersamaan dengan itu, sejumlah delegasi dari perusahaan pariwisata dari Moskow mengunjungi Indonesia sebagai bagian dari roadshow yang dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan kepada agen-agen lokal tentang keunggulan kompetitif yang dimiliki ibukota Rusia dalam hal daya tariknya bagi wisatawan mancanegara, serta membangun kontak kerja dan kemitraan baru dengan mereka. Acara ini diselenggarakan oleh Komite Pariwisata Kota Moskow.

Moskow sukses menaklukkan hati para wisatawan dari seluruh dunia. Pada paruh pertama tahun ini, lebih dari 10,3 juta pelancong mengunjungi ibu kota Rusia. Wisatawan tertarik dengan arsitektur, pameran museum yang langka, makanan lezat, dan banyak tempat untuk rekreasi keluarga.

Ibu kota Rusia adalah salah satu kota metropolitan paling hijau di dunia. Ruang hijaunya mencakup sekitar 50% wilayah kota. Ada lebih dari 900 taman di Moskow yang menawarkan berbagai aktivitas. Penduduk dan pengunjung ibu kota memiliki akses ke jalur ekologi, zona alami yang luas, serta fasilitas olahraga di taman seperti gelanggang es, tubing & kereta luncur, bahkan ski alpen & snowboarding. Beberapa taman telah menjadi terkenal di luar Rusia seperti Taman Pulau Impian dan VDNH.

Moskow akan mengejutkan para pelancong dengan program budaya yang kaya. Ada lebih dari 400 museum dan ruang pameran di Moskow, 250 teater dan ruang konser, serta sejumlah besar program festival yang siap menyambut para pecinta kehidupan budaya.

Museum-museum di ibu kota merupakan khazanah seni lukis nasional dan dunia. Galeri Tretyakov misalnya memamerkan karya-karya master terkenal dunia seperti Valentin Serov, Nikolai Roerich, Marc Chagall, dan Kazimir Malevich. Museum Pushkin memamerkan karya-karya Impresionis, termasuk lukisan terkenal “Blue Dancers” karya Edgar Degas. Tempat yang wajib dikunjungi adalah Museum Sejarah di Lapangan Merah yang memiliki lebih dari 5 juta koleksi.

Terkadang, tidak mudah untuk memilih di antara berbagai atraksi, acara budaya, pameran, dan konser yang ditawarkan kota ini. Itulah sebabnya Moskow telah meluncurkan spesial Tourist Information Centers (TIC). Pusat-pusat informasi ini membantu wisatawan membuat rencana perjalanan, membeli tiket pesawat dan kereta api, memesan hotel, bahkan memesan meja di restoran.

Setiap orang akan diberikan peta kota dan panduan ke tempat-tempat wisata utama. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan layanan digital RUSSPASS khusus untuk perencanaan yang nyaman dan mencari berbagai penawaran yang berguna bagi wisatawan. Layanan ini akan membantu Anda menemukan hotel, memilih tur, memesan meja di restoran, membuat rencana perjalanan sendiri di sekitar ibu kota, atau menggunakan penawaran siap pakai dan panduan audio.

Moskow adalah kota unik yang memadukan warisan budaya dan sejarah yang kaya dengan infrastruktur teknologi yang nyaman. Sangat layak untuk dilihat dengan mata kepala sendiri. Beberapa orang akan senang dengan arsitektur dan banyaknya tanaman hijau, sementara yang lain akan terpesona oleh layanan berkualitas tinggi.

Sejak 1 Agustus 2023, mengatur perjalanan ke Moskow menjadi lebih mudah. Wisatawan dari Indonesia dan 54 negara lain dapat mengajukan visa elektronik ke Rusia. Visa elektronik memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan visa tradisional. Anda tak perlu pergi ke konsulat atau kedutaan untuk mengajukan permohonan, dan satu-satunya dokumen yang diperlukan adalah foto digital diri Anda dan pindaian halaman data paspor.

Untuk mendapatkan visa elektronik, Anda harus mengisi aplikasi di situs web Kementerian Luar Negeri Rusia selambat-lambatnya 4 hari kalender sebelum perjalanan yang direncanakan. Masa berlaku visa elektronik adalah 60 hari sejak tanggal penerbitannya. Dengannya, Anda dapat tinggal di Rusia selama 16 hari.

Usung Konsep Bookish Wonderland, Big Bad Wolf Books (BBW) Meriahkan Akhir Tahun di Mall @ Alam Sutera

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Bazar Buku Internasional Big Bad Wolf Books (BBW) menghadirkan kejutan untuk meramaikan akhir tahun 2023 dan menyambut tahun baru 2024 dengan BBW Bookish Wonderland. Acara ini akan berlangsung mulai 1 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 di Mall @ Alam Sutera, buka pukul 10.00 – 22.00 WIB.

BBW Bookish Wonderland, dengan tema #BACAITUKEREN, menjadi pesta literasi yang berlangsung selama lima minggu, menjadikannya yang pertama dan terpanjang di wilayah Tangerang, Jakarta, dan sekitarnya. Dengan konsep Bookish Wonderland, BBW ingin memberikan pengalaman berbelanja buku yang santai dan nyaman di pusat perbelanjaan modern.

Uli Silalahi, Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia, menyampaikan, “BBW Bookish Wonderland di Mall @ Alam Sutera menjadi BBW pelopor untuk wilayah Tangerang, Jakarta, dan sekitarnya yang menghadirkan bazar buku internasional di mal. Untuk itu, BBW mengundang warga Tangerang dan Jakarta untuk menjelajahi jutaan buku dalam suasana yang nyaman dan santai di mal. Konsep baru ini bertujuan untuk menjadikan membaca buku sebagai bagian tak terpisahkan dari gaya hidup yang keren.”

Dengan menawarkan potongan harga hingga 90%, BBW Bookish Wonderland menjadi ruang bersama untuk merayakan kegembiraan literasi. Pengunjung dapat mengeksplorasi beragam buku dengan penawaran harga terjangkau, promosi menarik, dan pengalaman literasi yang seru. Dengan tema #BACAITUKEREN, BBW ingin memadukan buku sebagai sumber inspirasi, informasi, dan imajinasi dalam gaya hidup keren Bersama yang tak terpisahkan.

Selama acara berlangsung, BBW Bookish Wonderland di Mall @ Alam Sutera akan menjadi tempat yang lebih dari sekadar bazar buku. Selain menawarkan koleksi buku terbaru dengan berbagai genre, pengunjung dapat mengikuti kontes harian dengan total hadiah Rp 5.000.000,- dan berkesempatan memenangkan hadiah utama berupa satu troli penuh buku.

Fandy, Vice President PT. Bank Central Asia Tbk (BCA), menyatakan, “BCA turut serta dalam kampanye membaca dengan berpartisipasi dalam acara BBW Bookish Wonderland, yang bertujuan untuk mendukung tingkat literasi masyarakat Indonesia, khususnya warga Tangerang, Jakarta, dan sekitarnya.”

Menariknya, BBW Bookish Wonderland akan menghadirkan kejutan dan promosi akhir tahun hingga awal tahun baru yang berbeda dari sebelumnya. BBW juga berencana mengadakan tur ke enam kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Balikpapan, dan Semarang.

 

Renard Widarto: Kedaulatan Digital Menjadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi 7%

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Renard Widarto, Direktur Muda Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, menekankan pentingnya kedaulatan digital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pernyataannya disampaikan pada Indonesia Digital Summit yang diadakan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Hotel Four Seasons.

Renard Widarto memulai pembicaraannya dengan menggambarkan potensi ekonomi digital Indonesia yang diharapkan mencapai 4.500 triliun rupiah pada tahun 2030. Untuk mewujudkan ekosistem digital yang unggul, ia menyoroti empat pilar utama, yakni Sumber Daya Manusia (SDM), infrastruktur, industrialisasi, dan kedaulatan digital.

Dalam hal SDM, Renard membahas perlunya kehadiran negara dalam setiap aspek kehidupan. Sebagai perwakilan Ganjar-Mahfud, ia menyampaikan komitmen untuk menyediakan pendidikan gratis dari PAUD hingga SMA, serta program unggulan “satu keluarga miskin satu sarjana.”

Pada acara yang dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan juru bicara pemenangan semua calon presiden, Renard menekankan penggunaan Rupiah dalam investasi dan transaksi digital sebagai kewajiban. Ia juga menyoroti perlunya perlindungan hak kekayaan intelektual dan data pribadi sesuai regulasi yang berlaku, serta kemudahan regulasi untuk pelaku ekonomi digital lokal.

Renard menjelaskan, misi Ganjar-Mahfud untuk mencapai “industrialisasi digital,” dengan Indonesia sebagai produsen laptop dan ponsel lokal dari hulu ke hilir, bukan sekadar merakit. Faktor seperti pemerataan internet cepat, kurikulum digital yang sesuai dengan perkembangan zaman, dan pembangunan pusat data di dalam negeri dianggap sebagai prasyarat untuk mengubah bonus demografi menjadi dividen demografi.

“Pertumbuhan ekonomi sebesar 7% adalah suatu keharusan yang akan kita capai dengan optimisme, dimotori oleh ekonomi digital. Ekonomi digital harus menciptakan kekuatan ekonomi baru, tidak hanya sekadar memindahkan ekonomi konvensional ke platform digital,” tegas Renard Widarto.

Berubah Jadi Pluxee, Bagaimana Nasib Pemegang Voucher Sodexo?

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
KiKa: Marketing & Merchant Director Pluxee Indonesia, Theresia Lilya; Chief Executive Officer Pluxee Indonesia, Kiki Randall dan Director Strategic Marketing Services Kawan Lama Group, Adeline Ausy Setiawandalam sesi talkshow Transformasi Sodexo Benefit & Reward Services (BRS) menjadi Pluxee
KiKa: Marketing & Merchant Director Pluxee Indonesia, Theresia Lilya; Chief Executive Officer Pluxee Indonesia, Kiki Randall dan Director Strategic Marketing Services Kawan Lama Group, Adeline Ausy Setiawan dalam sesi talkshow Transformasi Sodexo Benefit & Reward Services (BRS) menjadi Pluxee

Marketing.co.id – Berita Marketing | Setelah beroperasi selama 45 tahun, Sodexo Benefits and Rewards Services bertransformasi menjadi Pluxee. Dengan identitas baru ini, Pluxee Indonesia, yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2006, akan meningkatkan pelayanan yang berbasis teknologi dengan memperkuat jajaran produk Benefits & Rewards yang sudah ada.

Arti kata Pluxee:

“Plu” berarti plus atau positif. Sedangkan “X” menjadi simbol dari bagaimana transformasi ini menciptakan banyak peluang baru bagi 4 pilar utama yang mewakili Pluxee yaitu karyawan, klien, merchant, serta konsumen. Sementara “ee” mewakili employee engagement.

Chief Executive Officer Pluxee Indonesia Kiki Randall mengatakan, perubahan ini merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan melalui inovasi di bidang teknologi dan digital. Melalui inovasi ini Pluxee bisa menyesuaikan kebutuhan setiap konsumen yang berbeda beda.

“Transformasi ini juga memberikan solusi untuk meningkatkan engagement terhadap karyawan, distributors, business partner dan konsumen dari klien kami melalui produk dan layanan yang dimiliki. Klien dapat memberikan personalisasi dengan menambahkan logo perusahaan sebagai sarana untuk meningkatkan brand awareness dari produk mereka atau memilih denominasi voucher yang sesuai dengan kebutuhan”, kata Kiki.

Pluxee memiliki dua produk unggulan yaitu Pluxee Gift yang sebelumnya merupakan Sodexo Gift Pass dan Pluxee eVoucher yang sebelumnya Sodexo ePass. Seluruh merchant Sodexo Gift Pass akan secara otomatis menjadi merchant Pluxee Gift dan semua merchant Sodexo ePass akan secara otomatis menjadi merchant Pluxee eVoucher.

Benefit yang ditawarkan akan tetap sama seperti saat masih bernama Sodexo begitu juga dengan merchant-nya yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk memberikan konsumen kebebasan memilih, Pluxee telah bekerja sama dengan lebih dari 800 merchant yang memiliki lebih dari 30 ribu outlet, mulai dari Supermarket, Department Stores, Electronic & Home Improvements, Restoran hingga Hotel & Travel.

Beberapa merchant Pluxee di antaranya Tokopedia, Grab, Alfamart, Alfamidi, Family Mart, Transmart, TipTop, Lulu Department Stores, Papaya Fresh Galery, Matahari Department Stores, Electronic City, ACE, INFORMA, Toys Kingdom, Chatime, Go! Go! CURRY – Genki no Minamoto, Kentucky Fried Chicken, Burger King, Pizza Hut, Shaburi – Kintan Buffet, Gramedia, dan Optik Melawai.

Bagi konsumen yang masih memiliki voucher Sodexo Gift Pass atau Sodexo ePass tidak perlu khawatir dengan adanya perubahan ini, karena voucher tersebut masih bisa digunakan di semua merchant yang bekerja sama dengan Pluxee Gift dan Pluxee eVoucher sampai dengan batas waktu yang tertera di voucher.

Dalam sesi talkshow, Director Strategic Marketing Services Kawan Lama Group Adeline Ausy Setiawan mengungkapkan bahwa Sodexo dan Kawan Lama Group sudah menjalin kerja sama sejak 2018.

Saat itu dimulai dari satu brand saja. Berkat kepuasan dan antusiasme dari para pelanggan terhadap layanan Sodexo, Kawan Lama Group terus memperluas kerja sama. Saat ini voucher Sodexo bisa digunakan di lebih dari 1.200 toko dari seluruh brand ritel dan F&B Kawan Lama Group.

Adeline berharap, perubahan Sodexo Benefits and Rewards Services menjadi Pluxee akan semakin memudahkan pelanggan dalam bertransaksi yang tentunya dapat meningkatkan kualitas layanan Kawan Lama Group.

“Dengan brand baru Pluxee kami berharap dapat membantu banyak perusahaan memberikan alternatif employee benefits yang lebih lengkap dan bervariasi sehingga harapan setiap karyawan mencapai kesejahteraan yang berbeda dapat terpenuhi,” tutup Kiki.

MG Merintis Era Baru Elektrifikasi dan Pelestarian Budaya di Industri Otomotif Global

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Otomotif | Morris Garages (MG), sebuah pionir dalam industri otomotif global, mengumumkan strategi ambisius yang akan meredefinisi landscape otomotif dunia. Dengan fokus pada sinergi antara teknologi canggih dan warisan budaya, khususnya di Indonesia, MG memasuki era baru yang menggabungkan kemajuan teknologi dengan pelestarian tradisi.

MG Cyberster
MG Cyberster

Realisasi komitmen ini akan dihadirkan dalam Thailand International Motor Expo 2023, yang berlangsung dari 29 November hingga 11 Desember 2023. MG tidak hanya akan memamerkan kendaraan listrik mutakhir nan futuristik, seperti MG Cyberster, tetapi juga menonjolkan integrasi kemajuan teknologi dengan pelestarian tradisi.

Arief Syarifudin, Direktur Pemasaran & Hubungan Masyarakat MG Motor Indonesia, menyatakan, “Kami berkomitmen untuk memimpin inovasi global dan di Indonesia, sambil merangkul nilai-nilai budaya. Elektrifikasi kendaraan kami adalah upaya untuk menyumbang pada lingkungan dan memperkaya pengalaman konsumen.”

MG menekankan pentingnya nilai-nilai tradisional dalam desain mereka, yang tercermin dari identitas Brit Dynamic yang khas. Langkah ini mencakup perluasan jaringan dealer, peningkatan layanan purna jual, dan pengembangan bakat lokal di Indonesia.

Masa Depan Berkendara yang Berkelanjutan dan Cerah

Di Thailand International Motor Expo 2023, MG akan menunjukkan komitmennya sebagai pelopor dalam era elektrifikasi. Ini tidak hanya menjadi fokus di tingkat global tetapi juga di Indonesia, di mana MG telah mencatat pencapaian signifikan.

“Inovasi MG di Indonesia mencakup pengembangan bakat lokal dan peningkatan layanan purna jual. Kami ingin menciptakan Indonesia hijau dengan kendaraan seperti New MG ZS EV dan MG 4 EV, yang diproduksi di fasilitas manufaktur Indonesia,” ungkap Arief Syarifudin.

Dominasi Teknologi MG: Menghadirkan Era Baru Elektrifikasi Otomotif

MG memperkuat visinya untuk mengubah lanskap otomotif dengan kendaraan ramah lingkungan. Pada Thailand International Motor Expo 2023, MG memamerkan kendaraan listrik seperti MG Cyberster, menunjukkan komitmennya mengurangi emisi gas.

Arief Syarifudin menambahkan, “Elektrifikasi adalah prioritas global. Kami mengembangkan lini kendaraan listrik secara besar-besaran untuk menyediakan pilihan yang modern dan ramah lingkungan.”

Meskipun berfokus pada inovasi, MG tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional, menciptakan kendaraan yang bergaya, berkelanjutan, dan tahan lama. MG berkomitmen untuk terus meredefinisi ekspektasi konsumen Indonesia dalam menghadapi masa depan berkelanjutan yang cerah.

Informasi lebih lanjut mengenai pencapaian dan inovasi MG di Indonesia dapat ditemukan di situs web resmi MG Motor Indonesia atau di lokasi pameran MG yang terselenggara di berbagai titik di Indonesia.

Loyalty Program “Bucin” J&T Express Berhadiah Total Rp2 Miliar tanpa Diundi

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | J&T Express kembali menghadirkan loyalty program kepada para pelanggan. Loyalty program bertajuk Berburu Cari Poin sama J&T (#BUCINSAMAJNT) ini berlangsung dari 1 November 2023 – 31 Januari 2024. Setiap pelanggan yang melakukan pengiriman menggunakan J&T Express berkesempatan memenangkan total hadiah senilai 2 miliar rupiah.

“Hadirnya program #BUCINSAMAJNT merupakan wujud apresiasi kami kepada seluruh pelanggan J&T Express melalui pengiriman E-commerce, langsung, dan via aplikasi. Mereka berkesempatan untuk memenangkan hadiah tanpa diundi dengan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Kami berharap, program ini dapat mempererat hubungan yang lebih baik dengan pelanggan,” ujar Erick, Direktur Marketing J&T Express.

#BUCINSAMAJNT
#BUCINSAMAJNT

#BUCINSAMAJNT terbuka bagi seluruh pelanggan setia J&T Express. Selama memilih layanan J&T Express baik untuk transaksi secara online, offline, via aplikasi, hingga pengiriman langsung di drop point, semuanya berhak mendapatkan poin.

Baca juga: Customer Loyalty Program Tokoplas Periode 2022 – 2023 Berhadiah Paket Liburan hingga Mobil Tesla

Program berhadiah tersebut juga berlaku untuk para seller dan buyer yang bertransaksi di seluruh platform dengan menggunakan J&T Express. Program ini dilakukan mendekati penghujung tahun di mana umumnya aktivitas pengiriman mengalami peningkatan sehingga dapat membantu pelanggan mengejar poin mereka.

Adapun ragam hadiah yang dipersiapkan oleh J&T Express meliputi 4 unit Wuling Air EV Lite, 9 unit Vespa Sprint 150cc, 29 unit iPhone 15 Pro 128GB, 190 Emas Logam Mulia 1 gram, 418 Emas Logam Mulia 0,5 gram, puluhan ribu voucher gratis ongkir 100%, dan ratusan ribu voucher diskon 40% yang dapat diperebutkan sesuai perolehan poin tanpa undian.

Baca juga: 4 Keluhan Terbesar Pelanggan Terhadap Loyalty Program

Selama periode program, instalasi #BUCINSAMAJNT akan berkunjung ke beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Dalam kunjungan ini, J&T Express akan menghadirkan berbagai aktivasi menarik yang dapat diikuti oleh masyarakat dan dapat menjangkau lebih banyak partisipan untuk program #BUCINSAMAJNT.

Sambut Tahun Baru, Ada Lucky Royal Party di The Royale Krakatau Hotel

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

The Royale Krakatau HotelMarketing.co.id – Berita Marketing | Manajemen The Royale Krakatau Hotel akan menggelar Lucky Royal Party di resto The Kaibon untuk menyambut tahun baru 2024.

General Manager The Royale Krakatau Hotel Rury Ilham mengatakan, dalam rangka menyambut tahun baru akan digelar pertunjukan musik hidup, tarian tradisional dan juga jamuan makan malam dengan menu yang variatif.

“Khusus untuk Lucky Royal Party ini kami hanya menyediakan bangku untuk 200 orang di The Kaibon. Jadi formatnya lebih intimate dan tiket masuk sudah bisa dipesan mulai dari sekarang. Untuk early bird yaitu 15-30 November harganya Rp250 ribu per orang. Untuk pre sale mulai 1-20 Desember seharga Rp275 ribu dan pembelian mulai 21-31 Desember seharga Rp298 ribu. Semua harga tersebut adalah nett alias sudah termasuk pajak,” kata Rury dalam keterangan tertulis.

Untuk musik hidup, jelas Rury, akan ada pertunjukan musik akustik serta pop jazz. Selain itu ada games dan juga doorprize yang hadiahnya adalah tiket pesawat ke Bali pulang-pergi untuk 2 orang.

The Royale Krakatau Hotel yang merupakan unit bisnis dari PT Krakatau Sarana Properti (KSP) juga mempunyai resto lain yaitu The Surosowan dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan the Kaibon.

“Jadi, kalau ingin merayakan tahun baru dengan pengunjung yang lebih ramai bisa di The Surosowan. Sejak adanya The Kaibon ini, memang ada sejumlah pengunjung rutin The Surosowan yang beralih ke The Kaibon. Tapi bukan berarti pengunjung The Surosowan otomatis turun karena selalu ada saja pengunjung yang baru,” jelas Rury.

Rury menambahkan, untuk tahun depan rencananya The Surosowan juga akan ekspansi dengan membuka cabang baru di Jakarta yang berlokasi di Wisma Baja Gatot Subroto.Pembukaan cabang baru ini diharapkan bisa memperkenalkan menu-menu yang ada di The Surosowan kepada konsumen di luar Banten.

Tahun baru di The Royale Krakatau HotelKhusus untuk hotel, Rury menambahkan manajemen juga menyiapkan paket menginap khusus tahun baru. Kata Rury, pengunjung bisa memesan kamar dengan harga Rp1,3 juta dan bisa menikmati makan malam untuk dua orang serta menikmati pemandangan di sekitar The Royale Krakatau Hotel dengan menggunakan sado (kereta kuda) selain itu disediakan juga playground di area kolam renang.

Rury menambahkan, The Royale Krakatau Hotel di sepanjang tahun ini sudah menjadi lokasi menginap bagi warga Jakarta dan Sumatera. Kata dia, The Royale Krakatau Hotel diibaratkan sebagai pintu gerbang pulau Jawa (The Gate of Java).

“Bisnis pada tahun ini lumayan bagus, karena jumlah pengunjung terus meningkat. Mungkin karena The Royale Krakatau Hotel sudah menjadi The Gate of Java. Tentunya kami berterima kasih kepada semua pengunjung dan akan terus meningkatkan pelayanan serta fasilitas yang ada di hotel,” lanjut Rury.

Selain itu, pada 2024 nanti manajemen The Royale Krakatau Hotel juga berencana merekrut mahasiswa sebagai agen marketing lepas. Para mahasiswa yang direkrut tersebut akan mempromosikan The Royale Krakatau Hotel di kampusnya masing-masing.

“Sebagai imbalannya mereka akan mendapatkan harga khusus untuk menginap atau fasilitas lain yang ada di hotel seperti tempat fitnes,” pungkas Rury.