Giliran Masyarakat Semarang dapat Proteksi Gratis dari Allianz Syariah

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Sebagai kelanjutan dari rangkaian aktivitas roadshow pasca kelahiran entitas baru, PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) gencar melakukan roadshow di berbagai kota di Pulau Jawa. Setelah sebelumnya melakukan roadshow di Surabaya dan Bandung, kali ini kegitan serupa dilaksanakan di Semarang.

Dilansir dari Laporan Perkembangan Keuangan Syariah 2022, perkembangan pasar asuransi jiwa syariah tercatat sebesar 5,62 persen. Perkembangan tersebut masih membutuhkan kolaborasi serta upaya yang berkelanjutan dari pihak regulator dan berbagai pihak industri asuransi untuk semakin giat mengambil andil dalam mendorong pertumbuhan industri asuransi syariah.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022, indeks literasi dan inklusi keuangan syariah yang meliputi industri asuransi syariah adalah sebesar 9,14 persen dan 12,12 persen. Indeks tersebut berperan terhadap tingkat literasi ekonomi syariah yang telah meningkat hingga 23,3 persen. Meski demikian, tingkat literasi ekonomi syariah yang telah dicapai ini masih terbilang cukup jauh dengan target indeks literasi yang ditetapkan regulator sebesar 50 persen di tahun 2024.

Baca juga: Memilih Asuransi Jiwa untuk Mengamankan Masa Depan dengan Bijak

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana mengatakan, untuk terus memperluas akses ke berbagai lapisan masyarakat, Allianz Syariah melaksanakan kegiatan roadshow ke berbagai wilayah di Indonesia, diawali dengan kota-kota besar di Pulau Jawa, seperti Semarang, Bandung, dan Surabaya.

“Melalui kegiatan ini, Allianz Syariah berharap agar kehadiran kami dapat mewujudkan percepatan pertumbuhan industri asuransi, agar dapat melindungi lebih banyak individu dan keluarga, khususnya lewat proteksi asuransi syariah,” tutur Permana pada roadshow di Semarang (28/11/23)

Dilihat dari data penduduk pada Juni 2022, Jawa Tengah merupakan provinsi dengan porsi penduduk muslim tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Jawa Barat yakni sebesar 97,26 persen.[1] Besaran persentase penduduk muslim di Jawa Tengah ini kemudian turut mendorong pemerintah untuk mengupayakan akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di kalangan masyarakat Jawa Tengah melalui keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor: 500/6/Tahun 2023 tentang pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Jawa Tengah.

Optimisme Allianz Syariah dalam memperluas akses asuransi syariah di Jawa Tengah antara lain diwujudkan lewat peluncuran “Pencanangan Gerakan Perlindungan Asuransi Jiwa Syariah bagi 10.000 Masyarakat Indonesia” secara gratis.

Seperti yang telah dilakukan di Surabaya dan Bandung, gerakan ini merupakan inisiatif keberlanjutan dari Allianz Syariah dalam rangka mendongkrak angka literasi dan penetrasi asuransi Syariah

Kegiatan peluncuran program ini disaksikan secara langsung oleh Sekretaris Umum MUI Jawa Tengah K. H. Muhyiddin dan Kepala OJK Provinsi Jawa Tengah Sumarjono.

Allianz Syariah
Sekretaris Umum MUI Jawa Tengah Drs. K. H. Muhyiddin, MA menyampaikan respon positif dan dukungan yang diberikan MUI Jawa Tengah terhadap inisiatif Allianz Syariah pada acara roadshow di Semarang, 28 November 2023.

”Kami atas nama Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah menyampaikan, pertama, selamat atas spin-off PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia yang sudah diresmikan oleh Bapak Wapres, yang kedua, mendukung program launching roadshow untuk ta’aruf bagi masyarakat dan literasi bagi mereka. Semoga ini merupakan bagian dari kegiatan yang bernilai ibadah, bukan hanya ekonomi,” K. H. Muhyiddin.

Sumarjono memberikan apresiasi atas keseriusan Allianz Syariah dalam menjawab tantangan pertumbuhan asuransi syariah yang pangsa pasarnya masih terbilang rendah, baik pada tingkat nasional maupun di Jawa Tengah.

Dia berharap dengan menggandeng berbagai pihak, akan ada lebih banyak masyarakat lagi yang dapat tertolong dengan prinsip syariah dan harapanya Allianz Syariah dapat menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan asuransi syariah lainnya.

Baca juga: Artarindo Kucurkan Klaim Rp 6,8 Miliar kepada Nasabah yang Membeli Asuransi Melalui Fuse

Pada kesempatan roadshow ini, Allianz Syariah juga membagikan asuransi jiwa mikro syariah Sekoci Amana. Produk ini memberikan perlindungan jiwa bagi nasabah sebesar dua juta rupiah selama 6 bulan dan perlindungan di masa depan apabila peserta asuransi (pencari nafkah) telah meninggal dunia.

Asurasi Sekoci Amana diberikan secara cuma-cuma kepada beberapa komunitas-komunitas di Semarang seperti Paguyuban Pengemudi Gojek Tembalang – Semarang, Sanggar Senam N’Fit Semarang, Majelis Pengajian Liqo’ Mawadah – Wilayah Batusari, Semarang Timur, Komunitas Gowes SKPD (Satuan Kerja Perangkat Desa) Kabupaten Demak, Komunitas Honda PCX Club Indonesia – Semarang, BAZNAS Kota Semarang, Rumah Zakat Jawa Tengah, dan Dompet Dhuafa Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.