Pendaftaran Haji Online untuk Diaspora Indonesia di Taiwan: Kolaborasi BPKH dan Bank Muamalat

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk terus melangkah maju dalam memudahkan umat Islam Indonesia di luar negeri untuk menunaikan ibadah haji. Setelah sukses menyediakan layanan serupa di Malaysia dan Hong Kong, kini giliran diaspora Indonesia di Taiwan yang dapat memanfaatkan layanan pendaftaran haji secara online.

Suasana silaturahmi haji di Taiwan

Kegiatan silaturahmi haji, yang diadakan di dua kota, Taichung pada Jumat, 24 November 2023, dan Taipei pada Sabtu, 25 November 2023, tidak hanya mengundang mahasiswa, ekspatriat, dan diaspora Indonesia, tetapi juga bertujuan untuk menyebarkan pemahaman akan kewajiban menunaikan ibadah haji. Selain itu, acara tersebut menjadi forum untuk mensosialisasikan layanan kemudahan pendaftaran haji secara online kepada diaspora Indonesia di luar negeri.

Menurut Harry Alexander, anggota Badan Pelaksana BPKH, program ini bertujuan untuk mempermudah umat Islam dalam mendaftar haji, terutama bagi warga muslim Indonesia yang berada di luar negeri. “Layanan kemudahan pendaftaran haji ini diharapkan mampu menjadi solusi perencanaan ibadah haji bagi saudara-saudara kita diaspora Indonesia di luar negeri dan mewujudkan harapan dapat memberikan porsi haji bagi diaspora dan keluarganya di Indonesia,” ujarnya.

Dukungan dari para stakeholder dan komunitas perhajian Indonesia diharapkan dapat terus meningkat, menciptakan kemudahan layanan pendaftaran haji bagi seluruh masyarakat muslim Indonesia guna menunaikan rukun Islam yang kelima.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Muamalat, Indra Falatehan, menjelaskan bahwa diaspora Indonesia di Taiwan kini dapat membuka Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH) dan melakukan pembayaran setoran awal porsi haji regular melalui aplikasi Muamalat DIN. Sinergi dengan Kementerian Agama dan BPKH telah memungkinkan pendaftaran haji dilakukan secara online, tanpa keharusan pulang ke Indonesia terlebih dahulu.

“Sebagai bank pertama murni syariah, kami siap mengakomodir kebutuhan pendaftaran haji bagi saudara-saudara kita yang berada di Taiwan,” ujar Indra. Bank Muamalat juga telah bersinergi dengan BPKH untuk memastikan transparansi informasi terkait nilai manfaat dana haji yang disetor. Aplikasi BPKH Virtual Account (BPKH VA) terhubung dengan aplikasi Muamalat DIN, memungkinkan calon jemaah haji, baik nasabah Bank Muamalat maupun non-nasabah, untuk melihat nilai manfaat setoran haji terkini melalui menu Bank Haji di Muamalat DIN.

Inisiatif ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Agama, yang memberikan akses bagi Bank Muamalat sehingga sistem pendaftaran haji Kementerian Agama (Siskohat dan Haji Pintar) dapat dilakukan di luar negeri. Seluruh langkah ini tidak hanya memudahkan proses administratif, tetapi juga menegaskan komitmen bersama untuk memastikan setiap muslim Indonesia, di manapun berada, dapat menunaikan ibadah haji dengan lebih mudah dan efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.