Tuesday, October 7, 2025
Home Blog Page 423

Loyalty Program “Bucin” J&T Express Berhadiah Total Rp2 Miliar tanpa Diundi

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | J&T Express kembali menghadirkan loyalty program kepada para pelanggan. Loyalty program bertajuk Berburu Cari Poin sama J&T (#BUCINSAMAJNT) ini berlangsung dari 1 November 2023 – 31 Januari 2024. Setiap pelanggan yang melakukan pengiriman menggunakan J&T Express berkesempatan memenangkan total hadiah senilai 2 miliar rupiah.

“Hadirnya program #BUCINSAMAJNT merupakan wujud apresiasi kami kepada seluruh pelanggan J&T Express melalui pengiriman E-commerce, langsung, dan via aplikasi. Mereka berkesempatan untuk memenangkan hadiah tanpa diundi dengan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Kami berharap, program ini dapat mempererat hubungan yang lebih baik dengan pelanggan,” ujar Erick, Direktur Marketing J&T Express.

#BUCINSAMAJNT
#BUCINSAMAJNT

#BUCINSAMAJNT terbuka bagi seluruh pelanggan setia J&T Express. Selama memilih layanan J&T Express baik untuk transaksi secara online, offline, via aplikasi, hingga pengiriman langsung di drop point, semuanya berhak mendapatkan poin.

Baca juga: Customer Loyalty Program Tokoplas Periode 2022 – 2023 Berhadiah Paket Liburan hingga Mobil Tesla

Program berhadiah tersebut juga berlaku untuk para seller dan buyer yang bertransaksi di seluruh platform dengan menggunakan J&T Express. Program ini dilakukan mendekati penghujung tahun di mana umumnya aktivitas pengiriman mengalami peningkatan sehingga dapat membantu pelanggan mengejar poin mereka.

Adapun ragam hadiah yang dipersiapkan oleh J&T Express meliputi 4 unit Wuling Air EV Lite, 9 unit Vespa Sprint 150cc, 29 unit iPhone 15 Pro 128GB, 190 Emas Logam Mulia 1 gram, 418 Emas Logam Mulia 0,5 gram, puluhan ribu voucher gratis ongkir 100%, dan ratusan ribu voucher diskon 40% yang dapat diperebutkan sesuai perolehan poin tanpa undian.

Baca juga: 4 Keluhan Terbesar Pelanggan Terhadap Loyalty Program

Selama periode program, instalasi #BUCINSAMAJNT akan berkunjung ke beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Dalam kunjungan ini, J&T Express akan menghadirkan berbagai aktivasi menarik yang dapat diikuti oleh masyarakat dan dapat menjangkau lebih banyak partisipan untuk program #BUCINSAMAJNT.

Sambut Tahun Baru, Ada Lucky Royal Party di The Royale Krakatau Hotel

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

The Royale Krakatau HotelMarketing.co.id – Berita Marketing | Manajemen The Royale Krakatau Hotel akan menggelar Lucky Royal Party di resto The Kaibon untuk menyambut tahun baru 2024.

General Manager The Royale Krakatau Hotel Rury Ilham mengatakan, dalam rangka menyambut tahun baru akan digelar pertunjukan musik hidup, tarian tradisional dan juga jamuan makan malam dengan menu yang variatif.

“Khusus untuk Lucky Royal Party ini kami hanya menyediakan bangku untuk 200 orang di The Kaibon. Jadi formatnya lebih intimate dan tiket masuk sudah bisa dipesan mulai dari sekarang. Untuk early bird yaitu 15-30 November harganya Rp250 ribu per orang. Untuk pre sale mulai 1-20 Desember seharga Rp275 ribu dan pembelian mulai 21-31 Desember seharga Rp298 ribu. Semua harga tersebut adalah nett alias sudah termasuk pajak,” kata Rury dalam keterangan tertulis.

Untuk musik hidup, jelas Rury, akan ada pertunjukan musik akustik serta pop jazz. Selain itu ada games dan juga doorprize yang hadiahnya adalah tiket pesawat ke Bali pulang-pergi untuk 2 orang.

The Royale Krakatau Hotel yang merupakan unit bisnis dari PT Krakatau Sarana Properti (KSP) juga mempunyai resto lain yaitu The Surosowan dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan the Kaibon.

“Jadi, kalau ingin merayakan tahun baru dengan pengunjung yang lebih ramai bisa di The Surosowan. Sejak adanya The Kaibon ini, memang ada sejumlah pengunjung rutin The Surosowan yang beralih ke The Kaibon. Tapi bukan berarti pengunjung The Surosowan otomatis turun karena selalu ada saja pengunjung yang baru,” jelas Rury.

Rury menambahkan, untuk tahun depan rencananya The Surosowan juga akan ekspansi dengan membuka cabang baru di Jakarta yang berlokasi di Wisma Baja Gatot Subroto.Pembukaan cabang baru ini diharapkan bisa memperkenalkan menu-menu yang ada di The Surosowan kepada konsumen di luar Banten.

Tahun baru di The Royale Krakatau HotelKhusus untuk hotel, Rury menambahkan manajemen juga menyiapkan paket menginap khusus tahun baru. Kata Rury, pengunjung bisa memesan kamar dengan harga Rp1,3 juta dan bisa menikmati makan malam untuk dua orang serta menikmati pemandangan di sekitar The Royale Krakatau Hotel dengan menggunakan sado (kereta kuda) selain itu disediakan juga playground di area kolam renang.

Rury menambahkan, The Royale Krakatau Hotel di sepanjang tahun ini sudah menjadi lokasi menginap bagi warga Jakarta dan Sumatera. Kata dia, The Royale Krakatau Hotel diibaratkan sebagai pintu gerbang pulau Jawa (The Gate of Java).

“Bisnis pada tahun ini lumayan bagus, karena jumlah pengunjung terus meningkat. Mungkin karena The Royale Krakatau Hotel sudah menjadi The Gate of Java. Tentunya kami berterima kasih kepada semua pengunjung dan akan terus meningkatkan pelayanan serta fasilitas yang ada di hotel,” lanjut Rury.

Selain itu, pada 2024 nanti manajemen The Royale Krakatau Hotel juga berencana merekrut mahasiswa sebagai agen marketing lepas. Para mahasiswa yang direkrut tersebut akan mempromosikan The Royale Krakatau Hotel di kampusnya masing-masing.

“Sebagai imbalannya mereka akan mendapatkan harga khusus untuk menginap atau fasilitas lain yang ada di hotel seperti tempat fitnes,” pungkas Rury.

Meningkatkan Kompetensi Digital: Upskilling dan Reskilling Sebagai Kunci Sukses

1
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Seiring dengan dinamika makro ekonomi yang semakin berubah, laporan e-Conomy SEA 2023 menyoroti proyeksi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia pada tahun 2023 yang hanya mencapai 8%, jauh lebih rendah dari tahun sebelumnya yang mencapai 20%. Perlambatan ini mendorong efisiensi besar-besaran di industri digital, menghasilkan perampingan operasional perusahaan sebagai respons terhadap tantangan ekonomi yang dihadapi. Dalam konteks ini, laporan tersebut menyoroti pentingnya upskilling dan reskilling bagi talenta digital agar tetap kompetitif di era industri digital yang terus berkembang.

upskill and reskill
Kuncie, portofolio INDICO, menyediakan kelas upskilling dan reskilling yang bekerja sama dengan SBM ITB.

Anak perusahaan Telkomsel, INDICO, melalui Kuncie, platform edtech-nya, merespons kondisi industri yang menantang dengan fokus pada peningkatan kompetensi talenta digital di Indonesia. Andi Kristianto, CEO INDICO, menyatakan keyakinannya bahwa upaya Kuncie dalam meningkatkan kompetensi talenta digital dapat memberikan dampak signifikan bagi perkembangan industri digital di tengah iklim yang penuh tantangan.

“Kami optimis, fokus Kuncie untuk turut meningkatkan kompetensi talenta digital di Indonesia ini dapat memberikan dampak signifikan bagi perkembangan industri digital di tengah iklim yang menantang saat ini,” ungkap Andi Kristianto dalam sebuah diskusi baru-baru ini.

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, Kuncie sebagai bagian dari INDICO, berperan strategis dalam mengembangkan talenta digital. INDICO, sebagai holding company, tidak hanya mendukung Kuncie tetapi juga mengoptimalkan ekosistem digital dari industri telekomunikasi untuk menerapkan strategi bisnis yang efektif.

Urgensi peningkatan kompetensi bagi talenta digital juga terlihat pada tingkat global. Hasil riset World Economic Forum menunjukkan bahwa setengah dari tenaga kerja global membutuhkan reskilling dan upskilling pada tahun 2025 untuk tetap memiliki relevansi di era kerja yang terus berubah oleh kemajuan teknologi. Langkah progresif seperti inisiatif program Kartu Prakerja yang diambil oleh pemerintah Indonesia juga mencerminkan pemahaman akan pentingnya peningkatan keterampilan di kalangan tenaga kerja.

Namun, seberapa penting upskilling dan reskilling bagi talenta digital? Berikut adalah beberapa alasan mengapa upskilling dan reskilling menjadi krusial bagi mereka:

  1. Mampu Beradaptasi dengan Perubahan

Tantangan industri yang semakin kompleks memicu perubahan yang sangat cepat dalam strategi, fokus pasar, dan model bisnis. Melalui upskilling dan reskilling, talenta digital dapat menguasai kemampuan yang relevan, memudahkan adaptasi terhadap perubahan, dan memastikan keberlanjutan nilai bagi perusahaan.

  1. Meningkatkan Daya Saing dan Peluang Karir

Upskilling dan reskilling memberikan kompetensi tambahan yang menjadi keunggulan bagi talenta digital. Hal ini membuka peluang untuk mencapai peran kepemimpinan atau spesialisasi yang lebih tinggi, meningkatkan daya saing di lingkungan kerja.

  1. Meningkatkan Produktivitas dan Menjembatani Kekurangan Keterampilan

Kekurangan talenta digital berkualitas adalah masalah umum di banyak industri. Upskilling dan reskilling dapat meningkatkan produktivitas sambil mengisi kesenjangan keterampilan. Kombinasi ini diharapkan dapat menciptakan inovasi dan kreativitas yang diperlukan dalam dunia digital.

Kuncie, sebagai portofolio INDICO di sektor edtech, menyakini bahwa upskilling dan reskilling adalah solusi terbaik bagi talenta digital. Hendra Saputra, CEO Kuncie, menyatakan, “Di era penuh tantangan ini, upskilling dan reskilling bukan hanya sekadar pilihan, melainkan sebuah keniscayaan bagi talenta digital.”

Kuncie menawarkan layanan upskilling dan reskilling untuk meningkatkan kompetensi talenta digital. Dengan dukungan mentor berpengalaman dan kurikulum komprehensif dari perguruan tinggi terkemuka, Kuncie memberikan berbagai kelas peningkatan kompetensi di industri digital. Mulai dari Data Analytics dan AI for Business Acceleration oleh SBM ITB hingga Innovative Leadership oleh NYU-Catalyst, Kuncie memberikan opsi bagi masyarakat umum, korporasi, dan bisnis dengan durasi singkat dan biaya terjangkau.

Sebagai langkah strategis, upskilling dan reskilling bukan hanya tentang menciptakan talenta digital yang relevan, tetapi juga tentang membangun fondasi untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inovasi di era digital yang terus berkembang.

 

Starlink Bakal Masuk Indonesia, Untung atau Buntung?

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Operator seluler dan pengusaha penyedia layanan internet di Indonesia saat ini menghadapi tantangan yang tidak ringan. Di tengah melambatnya pertumbuhan industri selular maupun jasa internet, operator justru mendapatkan beban regulatory charge yang besar.

Polemik ini diangkat dalam Selular Business Forum (SBF) bersama Media Network yang diselenggarakan di Jakarta, Senin, 27 November 2023 dengan mengangkat tema “Polemik Layanan Telepon dan Internet Satelit, Siapa Untung Siapa Buntung?”.

Kiri ke kanan: Uday Rayana (CEO Selular Media Network), Aju Widya Sari (Direktur Telekomunikasi DIrjen PPI Kementerian Kominfo), Muhamad Arif (Ketua APJII), Marwan O. Baasir (Sekjen ATSI) dan Agung Harsoyo (Pengamat Telekomunikasi/Pengajar ITB, Mantan Komisioner BRTI) dalam diskusi yang mengangkat tema “Polemik Layanan Telepon dan Internet Satelit, Siapa Untung Siapa Buntung?” yang berlangsung di Jakarta (27/11). Foto: marketing.co.id/lialily.

Uday Rayana, CEO Selular Media Network mengatakan, “Ketika investasi mahal, justru pelaku industri dipaksa menyediakan tarif internet yang murah. Namun di sisi lain, mereka jg punya beban investasi yang mahal. Ditambah lagi kemungkinan bakal masuknya operator berbasis satelit, Starlink milik Elon Musk yang menargetkan layanan telepon satelit komersial pada 2024. Nah hal inilah yang menyebabkan industri selular semakin tidak sehat.”

Starlink bakal masuk dimulai dengan SMS sebelum menambahkan layanan suara dan data, serta konektivitas IoT pada 2025. Kehadiran Starlink yang dinilai sarat dengan privilege, tentu membuat industri selular semakin tidak sehat.

Aju Widya Sari, Direktur Telekomunikasi Dirjen PPI Kementerian Kominfo menjelaskan bahwa perlu adanya intervensi pemerintah untuk membuka jaringan secara merata.

“Saat ini baru 70% desa yang dicover oleh jaringan 4G, artinya 55.98% kel/desa terlewati. Adanya coverage gap di desa ini karena biaya tinggi, revenue rendah dan resiko rendah. Tidak ada privilege untuk Starlink untuk masuk Indonesia. Namun jika benar adanya kehadiran Starlink, akan menjadi jawaban bagi daerah yang menjadi blank spot,” lanjut Aju.

Sekjen Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Marwan O. Baasir, mengatakan hadirnya Starlink akan menimbulkan pro dan kontra. “Harga berlangganan dan UE CPE masih mahal, Starlink belum memiliki izin penyelenggara Jasa ISP di Indonesia dan masih memiliki IP Global sehingga berpotensi ada isu PDP dan kedaulatan negara.”tambahnya.

“Kami mengajukan usulan kepada pemerintah untuk menetapkan kebijakan yang semakin memberatkan operator seluler jika Starlink masuk,” ujar Marwan.

Sementara itu, Muhamad Arif, Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) mengatakan pihak ISP (Internet Service Provider) harus siap jika Starlink masuk ke Indonesia termasuk anggota APJII yang jumlahnya 1013, mau tidak mau harus siap.

Pengamat Telekomunikasi/Pengajar ITB/Mantan Komisioner BRTI, Agung Harsoyo ada catatan yang perlu dipertimbangkan untuk kebijakan satelit internet. “Tidak melakukan keputusan berupa pemberian izin baru, sebelum dilakukan kajian yang menyeluruh dan cermat oleh seluruh stakeholders terkait kepentingan nasional,” ujarnya.

“Bekerjasama dalam memberikan layanan telekomunikasi untuk wilayah unserved dan underserved sebagai prioritas utama. Memulai penerapan collaborative regulation : telekomunikasi, transaksi keuangan, pertahanan-keamanan, layanan Kesehatan, Pendidikan,” sambungnya.

(MM/Lya)

Mengoptimalkan Identitas Digital, Kunci Kemajuan Infrastruktur Digital Publik di Indonesia

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Tek | Kemajuan Infrastruktur Digital Publik (IDP) semakin menjadi fokus utama di Indonesia seiring dengan perkembangan teknologi dan pertumbuhan ekonomi digital. Hasil laporan e-Conomy SEA 2022 oleh Google, Temasek, dan Bain & Company menunjukkan bahwa nilai ekonomi digital Indonesia mencapai USD77 miliar pada tahun 2022, dan diproyeksikan mencapai USD130 miliar pada tahun 2025.

VIDA identitas digital
Visionary Talk – BFN IFS 2023 “Enabling Digital Public Infrastructure to Accelerate Fintech Innovations and Achiever Wider Outreach”

Tiga elemen kunci menjadi pondasi utama dari infrastruktur digital yang disediakan bagi publik untuk mempercepat pengembangan ekonomi digital. Pertama, sistem digital untuk mengidentifikasi identitas pengguna; kedua, proses pembayaran digital dan transaksi keuangan; ketiga, pertukaran data atau informasi.

Sati Rasuanto, Co-founder & President VIDA, dalam Visionary Talk – BFN IFS 2023, menekankan bahwa identitas digital menjadi elemen fundamental yang krusial untuk kemajuan IDP dan ekonomi digital. Menurutnya, identitas digital diperlukan untuk memastikan bahwa pemain yang memasuki ekosistem tersebut adalah pemain yang terpercaya. Standar verifikasi yang sama, aman, dan akurat bagi setiap individu menjadi kunci dalam membangun kepercayaan.

Optimalisasi IDP dapat mempercepat inovasi untuk mencapai jangkauan publik yang lebih luas. Ini terjadi karena IDP didukung oleh standar terbuka yang dapat dioperasikan secara interoperable, mendorong tata kelola transparan dan partisipatif untuk menggerakkan inovasi, inklusi, dan kompetisi dalam skala besar. IDP juga berhasil mengatasi tantangan geografis dan biaya transaksi, memperkuat pertumbuhan yang lebih kuat, inovatif, inklusif, berkelanjutan, dan mencapai jangkauan publik yang lebih luas.

Sebagai pemain kunci dalam sektor teknologi finansial, VIDA memahami bahwa kepercayaan konsumen adalah kunci. Riset VIDA dengan Katadata Insight Center menunjukkan bahwa penggunaan identitas digital pada layanan digital meningkatkan kepercayaan konsumen dengan menjaga keamanan data pribadi, meningkatkan efisiensi, akurasi, dan mempercepat layanan.

Sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), VIDA menjadi penyedia solusi identitas digital yang menggunakan otentikasi multi-faktor, tanda tangan digital, dan verifikasi identitas yang aman, mudah, dan memberikan kepastian hukum.

Dalam salah satu sesi di BFN IFS 2023, Ralitsha, Signature Inspiration Specialist, berbagi pengalaman tentang bagaimana VIDA Sign, produk tanda tangan digital VIDA, memastikan keaslian dan keautentikan karya intelektual. “VIDA Sign berbasis dari Dukcapil e-KTP dan menggunakan otentikasi wajah pada saat penandatanganan dokumen secara digital. Pengguna tidak perlu khawatir tentang pemalsuan dokumen, karena VIDA Sign menjamin keakuratan dan estetika tanda tangan.”

Partisipasi VIDA dalam Bulan Fintech Nasional 2023 bertujuan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya identitas digital untuk keberhasilan IDP bagi masyarakat. Kolaborasi dengan AFTECH juga mencakup kegiatan seperti AFTECH Goes to Campus UMN, AFTECH Goes to Campus UI, AFTECH Media Clinic, dan AFTECH Fintech Talk untuk mendorong literasi digital yang berdampak pada inklusi keuangan dan ekonomi digital di Indonesia.

DSW 2023 Lahirkan Inisiatif Digital Alliance

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Guna membangun ekosistem data yang komprehensif di bidang data, artificial intelligence (AI), dan mendukung pembinaan talenta digital nasional, Telkomsel berkolaborasi bersama Komunitas Data Science Indonesia menggelar Data Science Weekend (DSW) 2023.

Kegiatan ini merupakan sebuah gelaran akbar Komunitas Data Science Indonesia yang diselenggarakan dua tahun sekali untuk mendukung para siswa, komunitas, dan profesional dalam mencapai tujuan mereka dengan menghadirkan pengetahuan, pengalaman praktis, dan tantangan seputar bidang data pada 25-27 November 2023 di Jakarta.

“Seiring berkembangnya kebutuhan ekosistem digital Indonesia akan talenta digital yang responsif dan transformatif, Telkomsel berharap gelaran DSW dapat menjadi sebuah wadah inklusif yang memungkinkan pertukaran pengetahuan dan pengalaman untuk memperkuat pemahaman akan dinamika perkembangan teknologi terkini, konsisten dengan upaya penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan Telkomsel yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG),” kata Direktur Human Capital Management Telkomsel R. Muharam Perbawamukti.

Ketua Data Science Indonesia Nabil M. Badjri mengatakan, sebagai komunitas data yang memiliki misi membangun ekosistem teknologi data yang kolaboratif, Data Science Indonesia berharap dapat memperkuat kemampuan digital dan mengasah skill para data talent melalui penguasaan konsep serta keterampilan dalam ilmu data.

Baca juga: Rahasia Gojek Mengelola Data di Industri Digital

“Lahir dari keresahan banyak pihak yang belum sepenuhnya memahami cara maksimal memanfaatkan data, Data Science Weekend dapat menjadi wadah yang membangun aliansi digital lintas komunitas dan meningkatkan literasi edukasi melalui sinergi yang kuat melalui kolaborasi lintas sektor. Semoga para peserta yang mengikuti DSW sebagai event data terbesar saat ini dapat mengidentifikasi dan memahami keterampilan yang dibutuhkan di masa depan, sehingga mereka bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik,” kata Ketua Data Science Indonesia Nabil M. Badjri,” paparnya.

Adapun dalam rangkaian Data Challenge, kompetisi pengolahan dataset dari Telkomsel dan Pupuk Indonesia untuk junior (pelajar hingga satu tahun pengalaman kerja) dan profesional sejak Oktober 2023 yang mencapai puncaknya di DSW 2023, telah terpilih enam finalis dari total 330 pendaftar untuk kedua kategori. Kemudian bagi yang ingin mempelajari aspek teknis teknologi terkini dan mengeksplorasi dunia data, DSW 2023 juga membuka rangkaian Data Class dari Google, Digital Government, dan VIDA.

Data Science Weekend
DSW 2023 menampilkan lebih dari 30 pembicara terkemuka dari lingkup pemerintah dan swasta untuk berbagi wawasan dan berdiskusi tentang teknologi dan aplikasi data science di dunia nyata dalam rangkaian Data Concert,

Partisipan DSW 2023 pun diajak untuk membuka wawasan dan peluang kolaborasi dalam rangkaian Data Expo yang menampilkan showcase dari beragam perusahaan teknologi di Indonesia, mulai dari Prosa.ai, Arkademi, Catalyst Global, Metrodata, Talenthub, Cloudera, IYKRA, Cakra.ai, tiket.com, Monroe Consulting, hingga Data Science Indonesia dan Telkomsel. Terbaru di DSW 2023 adalah rangkaian Data Career yang membuka ruang bagi para fresh graduate untuk mengeksplorasi pilihan karir dengan CV Review dan One on One Career Consultation bersama para profesional.

Baca juga: Apa itu Big Data dan Apa Manfaatnya?

Di penghujung gelaran DSW 2023, Telkomsel dan Data Science Indonesia turut mendukung terbentuknya inisiatif Digital Alliance yang mewadahi komunitas-komunitas digital di Indonesia secara inklusif, mulai dari bidang data, software, design, hingga produk.

Dengan semangat kerja sama untuk keberlanjutan komunitas sebagai pilar pengembangan talenta digital, Digital Alliance diharapkan dapat menciptakan iklim kolaborasi antar komunitas digital, membangun talenta digital yang berkualitas dan terstandar, turut menciptakan ekosistem digital yang komprehensif, memperkuat literasi digital, dan menjadi jembatan penghubung antara pemerintah dan komunitas digital, guna mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia secara berkelanjutan.

Solusi NBS Efektif dalam Mendukung Net Zero Emission

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Laporan United Nations Environment Programme (UNEP) dalam Emission Gap (2023) mendapati kemajuan yang cukup baik sejak ditekennya Paris Agreement tahun 2015. Saat ini diproyeksikan keberhasilan dalam upaya pengurangan emisi karbon meningkat sebesar 3 persen, salah satunya melalui Solusi Berbasis Alam (Nature-Based Solution, NBS).

Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha (SPPU) Pertamina, Atep Salyadi Dariah Saputra, menyebut NBS menjadi bagian dari inisiatif strategis Pertamina dalam mendukung pencapaian net zero emission.

“Inisiasi program NBS yang dijalankan Pertamina Foundation sebagai perpanjangan CSR Pertamina menjadi miniatur konsep bisnis berkelanjutan yang harus terus dijalankan ke depannya. Berbagai program Pertamina Foundation yang meliputi aspek keragaman hayati, biodiversity dan community development diharapkan dapat berkontribusi dalam komitmen penurunan emisi Indonesia sebesar 31,89% pada 2030,” ujar Atep Salyadi dalam sambutannya di gelaran acara International Conference on Nature-Based Solution in Climate Change (RESILIENCE) di Grha Pertamina, Jakarta (24/11).

Baca juga: Shell Luncurkan Skenario Peta Jalan Indonesia untuk Mencapai Target Net-Zero Emissions Pada 2060

Konferensi dengan tema ‘Nature-Based Solution in Climate Change (RESILIENCE)’, menjadi gelaran ke-2 simposium internasional yang menghadirkan para pakar bidang energi dan lingkungan.

Meski investasi global pada NBS mencapai 154 miliar per tahun (2022), penerapan NBS bukan tanpa tantangan. Kesenjangan pemahaman terkait penerapan NBS dan efektifitasnya, keragaman nilai dan persepsi stakeholders, serta keterbatasan kebijakan dan instrumen ekonomi, adalah beberapa dari tantangan dihadapi. RESILIENCE 2023 diharapkan dapat menjadi ajang diskusi untuk menjawab tantangan penerapan NBS.

Pertamina Net Zero Emission
2nd International Conference on Nature-Based Solution in Climate Change (RESILIENCE 2023) – 2

“Pertamina Foundation sebagai perpanjangan CSR PT Pertamina (Persero) turut berkontribusi dalam NBS lewat program Blue Carbon Initiatives (BCI) dan Hutan Pertamina. Kami mengimplementasikan dua project utama BCI yakni, Kwatisore dan Lembata Project dan tiga project Hutan Pertamina, yakni Hutan Pertamina-UGM, Hutan Pertamina Badak LNG, dan Hutan Pertamina Mahakam. Disamping mendujung pengurangan karbon, program-program tersebut juga diarahkan pada pengembangan komunitas dan biodiversity,” jelas Agus Mashud S. Asngari, Presiden Direktur Pertamina Foundation.

Baca juga: Selamatkan Masa Depan Bumi, MSIG Indonesia Lakukan BDFC dan Penanaman Bakau

Sementara itu, Direktur Mobilisasi dan Sumberdaya Sektoral dan Regional, Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wahyu Marjaka, dalam kata pengantarnya menyampaikan bahwa implementasi NBS menjadi sebuah langkah upaya mitigasi perubahan iklim yang baik.

“Konferensi internasional ini merupakan bentuk sinergi antara CSR PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation dan Universitas Pertamina, dengan mewadahi para ekspertis untuk berbagi ilmu kepada masyarakat, khususnya generasi muda, konferensi ini dapat memberikan wawasan dan pemangku kepentingan terkait NBS,” kata Wahyu

Inovasi Digital dan Teknologi yang Perlu Dikuasai Setiap Pemasar

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | STEB Asia dan Grow in Asia, berkolaborasi dengan Google Indonesia hadir dalam acara “C-Suite Chat 2023”. Ajang ini mempertemukan para pelaku marketing dari lintas sektor untuk bertukar wawasan, strategi, dan inovasi dari tren yang terjadi selama tahun 2023.

Dalam kesempatan tersebut dibahas beberapa trend updates dari implementasi teknologi dalam dunia marketing terutama pada platform Google, membedah kesalahan dalam campaign planning, hingga berbagi kunci dalam media playbook untuk persiapan kampanye Ramadan di tahun 2024 mendatang.

“Sangat penting bagi setiap pegiat marketing untuk tetap dinamis, mengetahui perubahan tren, maupun mengadaptasi perkembangan teknologi. Tahun ini menjadi tahun di mana eksplorasi teknologi artificial intelligence dan machine learning semakin familiar dalam campaign yang dihasilkan, serta terbukti dapat meningkatkan produktivitas, menghemat waktu, bahkan menghemat biaya pengeluaran dalam jangka panjang,” ujar Founder dan CEO STEB Asia, Meutia Adryana.

Baca juga: Frontier Technology dan Netcore Rayakan Ultah Ke-25 Bersama Klien

Beberapa poin penting yang telah dirangkum oleh STEB Asia dan Grow in Asia dari acara “C-Suite Chat 2023” antara lain inovasi teknologi meningkatkan kreativitas dan user experience. Tahun ini, semakin banyak marketing campaign yang menggunakan augmented reality (AR), artificial intelligence (AI), dan virtual reality (VR).  Beberapa contoh penggunaannya bisa terlihat pada automasi marketing dalam mengelola campaign dengan lebih efisien, penyelenggaraan event online-to-offline dengan VR, pembuatan desain konten, hingga pemanfaatan video menggunakan influencer berbasis AI.

“Pembuatan konten berbasis artificial intelligence seperti yang kami jalankan untuk Indosat Ooredoo Hutchison serta brand lainnya berhasil menaikkan jangkauan audiens sebesar 48% dan meningkatkan engagement hingga 82% dibanding konten-konten reguler. Selain itu, banyak kampanye menggunakan teknologi ini yang berpotensi untuk menjadi viral,” ujar Jesslyn Amabel Chandra, Business Director dari Grow in Asia.

Hal lain yang dibahas, upper funnel dan lower funnel memegang peranan yang sama-sama penting dalam sebuah campaign planning. Dimulai dari tahap awareness, marketer “memancing” future leads dengan menyebar informasi secara luas, seringkali melibatkan emosi penonton di dalamnya yang dibangun dalam jangka waktu yang lama.

C-Suite Chat 2023
sesi diskusi C-Suite Chat 2023

Hal ini sama pentingnya dengan langkah berikutnya, yaitu consideration dan conversion. Yaitu bagian dari lower funnel yang menangkap hasil pancingan berupa targeted leads, yang kemudian diolah untuk dikonversikan ke dalam sales dalam jangka waktu yang relatif lebih singkat.

Pemanfaatan big data yang disebar melalui cross channel dan dilakukan melalui automation system juga turut menambah keberhasilan sebuah campaign. Sayangnya, menurut Meutia, kesalahan yang kerap dilakukan beberapa pegiat marketing adalah terlalu berfokus pada tahap akhir, padahal setiap tahap yang ada berperan sama pentingnya.

Baca juga: Solusi Big Data VisionAnalytics ini Mampu Menangkal Fraud di Industri Perbankan

STEB Asia dan Grow in Asia juga menyoroti popularitas internet untuk usia 15-49 tahun melampaui penetrasi TV. Mengutip Comscore Indonesia 2023, tercatat bahwa Youtube menjangkau lebih dari 150 juta orang Indonesia setiap bulannya. Popularitas Youtube ini berhasil menjangkau 75% masyarakat Indonesia dari kelompok umur 18-34.

Kehadiran connected TV yang semakin menyebar di Indonesia juga turut membantu peningkatan konsumsi Youtube di Indonesia. Tercatat, lebih dari 25 juta masyarakat yang menonton Youtube secara streaming melalui connected TV mereka. Penggunaan Youtube untuk marketing campaign pun menunjukkan hasil yang efektif. Menurut survei Nielsen “Matched Panel Analysis in APAC”, tercatat 84% campaign Youtube mendorong peningkatan penjualan offline di Asia Pacific.

Inflow Asing Meningkat, Berikut 3 Saham Rekomendasi IPOT

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup menguat 0,45% ke level 7.009 pada Jumat lalu, 24 November 2023 lalu. Ini merupakan penutupan IHSG di atas level 7.000 dalam 2 bulan terakhir.

Equity Analyst PT Indo Premier Sekuritas (IPOT), Dimas Krisna Ramadhan menjelaskan geliat IHSG pada minggu lalu tertopang top gainers IDX Techno yang naik 14% dalam seminggu terakhir yang disebabkan kenaikan saham GOTO. GOTO mengalami kenaikan sebesar 11,9% selama sepekan terakhir.

“Kenaikan saham GOTO tidak lepas dari sentimen TikTok yang akan kembali beroperasi di Indonesia melalui skema pembentukan usaha gabungan dengan e-commerce lokal, dan GOTO dirumorkan menjadi pihak yang digandeng oleh TikTok,” terangnya di Jakarta, Selasa, 28 November 2023.

Selain IDX Techno, ada pula penopang lain yakni IDX Finance yang dalam sepekan terakhir naik sebesar 2,59% disebabkan mulai masuknya aliran dana asing ke dalam saham-saham perbankan IHSG. Di sektor ini BBRI naik sebesar 3,3% selama seminggu terakhir sekaligus menjadi penyumbang movers terbesar untuk sektor finance.

Sementara itu, sektor yang menjadi top losers pada minggu lalu yakni sektor IDX Basic yang melemah 2,92% selama seminggu yang disebabkan oleh pelemahan saham AMMN yang turun sebesar 5,6% dalam periode yang sama.

“Penurunan saham AMMN tidak lepas dari sentimen masuknya saham tersebut ke dalam beberapa indeks besar seperti MSCI dan FTSE. Meskipun masuknya AMMN baru efektif terjadi pada 1 Desember mendatang, namun efeknya sudah terlihat dari saat ini ditandai dengan turnover transaksi yang melebihi dari rata-rata transaksi harian menjelang rebalancing ini,” imbuhnya.

Selain IDX Basic, ada pula sektor IDX Health yang menurun sebesar 2,09% dalam sepekan terakhir. Dimas menjelaskan, jika dilihat dari teknikalnya memang IDX Health sedang mengalami downtrend berat dalam jangka pendek karena sudah berada di bawah MA20 & MA50 (merupakan indikasi downtrend jangka pendek-menengah) dan breakdown support 1360 yang merupakan support dalam 1,5 tahun terakhir.

Baca juga: Tips Belajar Trading Saham untuk Pemula

3 Sentimen Minggu Lalu

Terkait sentimen khusus yang memengaruhi pergerakan IHSG pada minggu lalu 20-24 November 2023, Dimas menyebutkan ada 3 sentimen utamanya, yakni FOMC Minutes, Suku Bunga Acuan BI,  dan Aliran Dana Asing ke IHSG.

Terkait sentimen FOMC Minutes, pada Rabu lalu para pejabat The Fed mengadakan pertemuan untuk membahas arah kebijakan suku bunga. Pada pertemuan tersebut para pejabat tidak memberikan indikasi terhadap kemungkinan penurunan suku bunga dalam waktu dekat (higher for longer) demi mencapai target inflasi 2% yang ditetapkan.

“Hal ini membuat ketiga indeks utama Wall Street melemah dan penurunan cukup dalam juga terjadi di IHSG yang juga turun sebesar 0,79% pada Rabu lalu.”

Terkait sentimen suku bunga acuan BI, pada Kamis 23 November 2023 lalu sentimen terjadi dari dalam negeri terkait dengan keputusan RDG BI yang memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga di level saat ini (6%). Keputusan tersebut sejalan dengan kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah dan sebagai langkah pencegahan untuk mengatasi dampak tingginya ketidakpastian global.

goto umumkan IPO
GoTo Umumkan Penawaran Umum Perdana Saham di Bursa Efek Indonesia (foto: Dok. GoTo Company)

“BI juga berkomitmen untuk menjaga inflasi di dalam target yang ditetapkan. Meskipun terjadi kenaikan inflasi pada bulan Oktober 2023, BI memproyeksikan inflasi akan tetap berada dalam kisaran target, yaitu 3,0±1% pada tahun 2023 dan 2,5±1% pada tahun 2024.”

Sementara itu terkait sentimen aliran dana asing ke IHSG, Dimas menerangkan pada 2 hari perdagangan terakhir di minggu lalu, investor asing kembali melakukan aksi beli ke IHSG. Pembelian yang dilakukan investor asing itu pun merupakan pembelian terbesar ke saham-saham IHSG dalam sebulan terakhir.

Inflow asing terbanyak adalah ke saham BBRI dan membuat harga saham dengan kapitalisasi terbesar ke-2 ini pun naik 3%an dalam seminggu terakhir.”

3 Sentimen Minggu Ini

Berbicara tentang sentimen market minggu ini untuk periode 27 November-1 Desember 2023 yang wajib diperhatikan para trader saham, Dimas menyebutkan 3 sentimennya yakni Inflasi Indonesia, Rebalancing indeks MSCI di AMMN dan Pidato Jerome Powell pada Jumat mendatang.

Terkait sentimen inflasi Indonesia, jelasnya, inflasi tahunan untuk November diprediksi akan meningkat dengan konsensus 2,71% Vs 2,56% di Oktober. Meskipun terjadi peningkatan, angka tersebut masih berada di dalam target inflasi yang ditetapkan untuk tahun 2023 yaitu 3,0 ± 1%.

Terkait Rebalancing Indeks MSCI di AMMN yang akan berlaku efektif per 1 Desember 2023, diperkirakan AMMN akan menerima inflow sebesar Rp 3-4 triliun dengan masuknya AMMN ke indeks MSCI. Inflow ini termasuk besar, mengingat turnover transaksi yang terjadi di AMMN dalam sebulan terakhir adalah sebesar Rp900 miliaran.

“AMMN yang saat ini menjadi perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar ke-6 di IHSG membuat saham ini memiliki bobot yang cukup besar terhadap pergerakan indeks. Apabila pada saat 30 November nanti (1 hari sebelum efektif masuk MSCI), AMMN mengalami kenaikan harga yang signifikan yang disebabkan inflow yang masuk ke saham ini, bukan tidak mungkin IHSG pun juga akan naik signifikan di waktu tersebut.”

Ia menambahkan hal ini pernah terjadi ketika GOTO masuk indeks MSCI pada 31 Mei 2023 lalu, dimana pada saat closing GOTO ditutup di harga ARA dengan net buy investor asing di hari tersebut sebesar Rp2,86 triliun, dan membuat IHSG ikut terkerek naik pada saat closing nya.

Baca juga: Berinvestasi di Green Sukuk Ritel ST010, Investor Berpeluang Bawa Pulang Mobil Sport

Sementara itu terkait Pidato Jerome Powell pada Jumat mendatang, sentimen ini mirip seperti pertemuan pejabat The Fed yang menjadi sentimen di minggu lalu yakni pada Rabu 22 November lalu. Tentunya ini menjadi perhatian investor di seluruh dunia dimana pada pidato terakhir Powell dan para pemegang kebijakan moneter memperkirakan kenaikan suku bunga masih mungkin akan dilakukan di sisa tahun ini.

“Powell pun sudah memberikan isyarat terhadap hal ini, seiring dengan pertemuan di minggu lalu yang membahas kebijakan suku bunga ketat (higher for longer) masih akan tetap dilakukan demi mencapai target inflasi 2%,” tandasnya.

Nah, berkaca pada data-data ekonomi dan sentimen di atas, PT Indo Premier Sekuritas yang berkomitmen mengedukasi masyarakat untuk mulai belajar investasi tanpa registrasi dengan #PakeAjaDulu IPOT, merekomendasikan 3 saham untuk trading pada minggu ini hingga 24 November 2023 mendatang, yakni Buy AMMN (Support: 7.000, Resistance: 7.800), Buy on Pullback BBNI (Support: 5.000, Resistance: 5.400) dan Buy on Pullback WIIM (Support: 3.080, Resistance: 3.600).

Universitas Indonesia Gelar Festival Timur Tengah ke-12

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Mahasiswa Program Studi Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Asia Barat (IKABA FIB) menggelar grand launching Festival Timur Tengah Universitas Indonesia (FTT UI) 2023 dengan tema Al-Syarq Yafûq Al-Gharb (The East Beyond the West).

Festival yang mengusung slogan “Melintasi Batas, Menyatukan Budaya” digelar selama 4 hari dari 27 – 30 November di area Auditorium Gedung IX FIB UI. Festivial dimeriahkan dengan 10 jenis lomba yang diikuti 234 peserta terdiri dari kategori umum, mahasiswa dan siswa SMA/sederajat dari seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara ini Duta Besar Kuwait untuk Indonesia, H.E. Abdullah Alfadhli; Duta Besar Qatar untuk Indonesia, H.E. Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti, Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Bagus Hendraning Kobarsyih; Dekan FIB UI, Bondan Kanumoyoso; Ketua Program Studi Arab, Bastian Zulyeno.

Baca juga: (Foto) Kartu Shar-E Debit Muamalat, Mudahkan Transaksi di Arab Saudi

Penyelenggaraan FTT UI 2023 ini merupakan perhelatan ke-12 sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010 yang pada saat itu menghasilkan sebuah organisasi yang menghimpun seluruh Mahasiswa Prodi Arab dengan nama IMASASI (Ikatan Mahasiswa Sastra Arab se-Indonesia).

Ada 10 macam yang diperlombakan dalam FTT 2023 kali ini meliputi Taqdimul qishoh (tutur kisah), Qira’ah asy-syi’ir (baca puisi), Qira’ah akhbar (baca berita berbahasa arab), Al munadharah (debat berbahasa arab), Ghina’ araby (menyanyi arab), Al ma’lumat (cerdas cermat), Al wuquf al kumidiu (stand-up comedy), Fannu Al khatti Al Arabiy (kaligrafi), Dablajatu kartun (sulih suara) dan Al Maqalat (esai). Kegiatan ini melibatkan perwakilan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang memiliki Program Studi Arab, Sastra Arab, dan Pendidikan Bahasa Arab.

festival Timur Tengah
Festival Timur Tengah 2023 digelar mahasiswa Program Studi Arab Universitas Indonesia di Jakarta (27/11) selama 4 hari dari 27 – 30 November di area Auditorium Gedung IX FIB mengusung tema Al-Syarq Yafûq Al-Gharb (The East Beyond the West) dengan slogan “Melintasi Batas, Menyatukan Budaya.”

Dekan Fakultas Ilmu Bahasa Universitas Indonesia, Bondan Kanumoyoso menyatakan, Fakultas Ilmu Bahasa khususnya Program Studi Arab ini telah dua belas kali melaksanakan acara Festival Timur Tengah. Hal ini menjadi milestone bagi dalam upaya menyampaikan potret yang utuh kepada masyarakat mengenai negara-negara di Timur Tengah dari sisi keragaman dan kekayaan budaya, sastra, serta karya-karya seninya.

“Saya yakin, melalui gelaran festival ini mahasiswa dan masyarakat dapat melihat sisi lain indahnya negara-negara di Timur Tengah,” katanya.

“Kalangan akademisi sangat berperan penting dalam menyampaikan pesan-pesan positif kepada generasi muda melalui acara seperti Festival Timur Tengah yang kami selenggarakan ini. Harapan kami, kegiatan ini dapat dilaksanakan secara kontinyu,” lanjutnya.

Baca juga: J&T Express Dirikan Kantor Pusat Regional di Arab Saudi dan Teken MoU Smart Logistics Park

Ketua Program Studi Arab, Bastian Zulyeno menambahkan, melalui kegiatan festival ini, mahasiswa dapat mempromosikan sekaligus mengedukasi masyarakat terhadap pemahaman dan toleransi antarbudaya. “Selain itu, kegiatan ini akan banyak memberikan pengalaman dan wawasan bagi mahasiswa baik penyelenggara maupun peserta, khususnya mengenai budaya Timur Tengah,” tuturnya.

Sementara itu, Project Officer Festival Timur Tengah Universitas Indonesia 2023, Zharfa Zayyan Roswy, mengatakan, animo peserta lomba acara Festival Timur Tengah 2023 ini sangat tinggi terbukti dengan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 234 orang.

“Ini melampaui target awal kami yang hanya 200 peserta. Antusiasme ini hasil dari kerja keras panitia penyelenggara yang melakukan terobosan dalam hal promosi dan sosialisasi selain menambah jenis lomba,” kata Zharfa.

Indosat Ooredoo Hutchison Akuisisi Pelanggan MNC Play

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Indosat akuisisi pelanggan mnc playDorong transformasi digital lewat layanan terpadu, Indosat Ooredoo Hutchison, Asianet, dan MNC Play lakukan akuisisi strategis.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengumumkan kesuksesan kolaborasi dengan Asianet (Lightstorm Group Company) dan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia kepada para pelanggan.

Langkah strategis ini dilakukan lewat akuisisi pelanggan MNC Play yang merupakan penyedia jasa layanan jaringan berbasis fiber terkemuka di Indonesia. Hal ini menegaskan komitmen Indosat dalam menyediakan layanan internet rumah tangga unggulan kepada masyarakat luas sembari menambahkan layanan video entertainment yang disediakan MNC Play dalam satu layanan.

Akuisisi ini menjadi sebuah tonggak penting dalam perjalanan industri telekomunikasi di dalam negeri, termasuk hadirnya  Asianet sebagai manajemen jaringan fiber optic. Lewat aksi korporasi ini, Indosat mempercepat langkahnya dalam meningkatkan kapasitasnya pada bisnis Fiber-to-the-home (FTTH) yang beroperasi di bawah brand Indosat HiFi. Melalui kolaborasi ini, Indosat juga menyambut 300 ribu pelanggan fixed-home internet yang bergabung dengan seratus ribu pelanggan Indosat lainnya.

Vikram Sinha, President Director and CEO of Indosat Ooredoo Hutchison menjelaskan, “Akuisisi ini sejalan dengan tujuan kami menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Kami juga antusias menyambut pelanggan MNC Play ke dalam keluarga besar pelanggan Indosat. Kami memastikan para pelanggan akan senantiasa menikmati pengalaman luar biasa dan juga layanan yang lebih baik. Dengan ini, Indosat tidak hanya berfokus pada angka, tapi juga meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan. Tambahan layanan IPTV yang disediakan MNC Play menjadikan Indosat HiFi tidak hanya menawarkan layanan broadband tapi juga tambahan entertainment seperti TV Kabel.”

Indosat akuisisi pelanggan mnc playAde Tjendra, President Director of MNC Play mengatakan, “Kami bersemangat untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang Indosat dan Asianet melalui penjualan pelanggan dan home passes milik kami. Selama proses integrasi, kami memastikan transisi yang mulus dan tetap memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan. Tim, mitra bisnis, dan juga klien kami berjalan beriringan bersama visi MNC Play dan berkonsentrasi pada amplifikasi dan menawarkan layanan konten video terbaik, baik lokal maupun internasional kepada pelanggan IPTV di Indonesia yang terus bertumbuh.”

Lewat akuisisi ini, pelanggan juga dapat menikmati dan memilih antara FTTH atau Internet Protocol Television Services (IPTV) maupun kedua layanan dalam satu paket yang sama. Layanan tersebut berpotensi mendorong lebih banyak akuisisi pelanggan dan meningkatkan pendapatan dari bisnis FTTH, menjadikan kolaborasi ini bernilai tambah bagi pelanggan dan juga perseroan.

Sebagai bagian dari transisi, manajemen jaringan fiber optik akan secara langsung ditangani Asianet. Amajit Gupta, Lightstorm Group CEO & MD mengatakan, lewat akuisisi ini divisi FTTH Lightstorm Asianet akan memiliki jaringan fiber lebih dari 15 ribu kilometer dan lebih dari 1,5 juta home pass di sepuluh kota di Indonesia.

“Hal ini menjadikan kami sebagai salah satu carrier-neutral FTTH operators di Indonesia. Transaksi ini juga membuktikan model bisnis inovatif Lightstorm dan menjadikan Asianet sebagai mitra infrastruktur yang dipilih oleh para operator dan penyedia layanan di Indonesia. Asianet juga memiliki kesamaan visi dengan Indosat dan pemerintah Indonesia dalam menghadirkan layanan digital kelas dunia, menghubungkan, serta memberdayakan masyarakat Indonesia ” ujarnya.

Akuisisi ini menjadi sebuah standar baru bagi industri dalam hal menghadirkan internet rumah tangga dan layanan entertainment berkualitas di Indonesia. Dengan komitmen terhadap inovasi dan kepuasan pelanggan, Indosat optimis akan masa depan digitalisasi di Indonesia.

Lebih Dekat dengan Konsumen, Dulux Experience Store Hadir di Kelapa Gading

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Dalam acara peresmian Dulux Experience Store Kelapa Gading, Dulux juga menunjukkan dukungannya untuk pengembangan kreativitas anak-anak di Indonesia melalui warna dengan memfasilitasi talk show bagi orang tua mengenai pentingnya warna dalam perkembangan anak dan pelatihan menggambar doodle bagi anak-anak. Dengan warna, anak-anak dapat mengekspresikan diri yang juga penting dalam proses tumbuh kembang mereka. Penelitian menunjukkan bahwa warna memengaruhi perilaku serta kemampuan kognitif, kinerja, dan niat.Marketing.co.id – Berita Properti | PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), produsen cat Dulux, kembali menghadirkan flagship store, yaitu Dulux Experience Store yang pertama di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dulux Experience Store Kelapa Gading mengusung konsep Show Me, Inspire Me, Demonstrate Me and Make it Happen untuk membantu konsumen memilih cat dan warna yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Yudhy Aryanto, Country Commercial Head, PT ICI Paints Indonesia berkata, Kelapa Gading dan sekitarnya merupakan salah satu pilihan kawasan hunian populer. Dengan Dulux Experience Store terbaru di Kelapa Gading, cat Dulux kini hadir lebih dekat dengan konsumen di kawasan tersebut.

Di Dulux Experience Store, konsumen dapat mewujudkan imajinasi dan inspirasi mereka menjadi kenyataan sebelum membeli serta memahami manfaat cat Dulux seperti mudah dibersihkan dari noda tanpa merusak lapisan cat dan manfaat anti bakteri. Konsumen juga dapat langsung melihat, menyentuh dan merasakan hasil cat Dulux yang akan diaplikasikan pada hunian.

Dalam acara peresmian Dulux Experience Store Kelapa Gading, Dulux juga menunjukkan dukungannya untuk pengembangan kreativitas anak-anak di Indonesia melalui warna dengan memfasilitasi talk show bagi orang tua mengenai pentingnya warna dalam perkembangan anak dan pelatihan menggambar doodle bagi anak-anak. Dengan warna, anak-anak dapat mengekspresikan diri yang juga penting dalam proses tumbuh kembang mereka. Penelitian menunjukkan bahwa warna memengaruhi perilaku serta kemampuan kognitif, kinerja, dan niat.

Niluh Putu Ayu Setiawati, Head of Marketing, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) mengatakan, “Kami memahami potensi kreativitas anak Indonesia dan ingin mendorong peningkatan kreativitas mereka melalui warna. Kami yakin kekuatan warna dapat mentransformasi kehidupan masyarakat, antara lain mendukung tumbuh kembang anak-anak,” ujar Niluh Putu Ayu Setiawati, Head of Marketing, PT ICI Paints Indonesia.

Untuk mendukung kreativitas anak Indonesia, kami menghadirkan edukasi mengenai peranan warna terhadap kreativitas anak dan pelatihan menggambar doodle yang merupakan bagian dari acara peresmian Dulux Experience Store Kelapa Gading. Dulux Experience Store menghadirkan ratusan pilihan warna cat interior dan eksterior hunian yang membantu menciptakan suasana hangat dan positif bagi keluarga dan anak-anak serta menghadirkan kenyamanan dalam beraktivitas di rumah,” katanya.

Menurutfigur publik dan ibu dari dua anak Franda, anak-anak pada umumnya senang mengeksplorasi dengan warna melalui kegiatan menggambar ataupun mewarnai. Sebagai orang tua, kita mendukung minat anak-anak terhadap warna dan mengembangkannya ke arah yang positif.

“Di rumah, saya juga memberikan ruang bagi anak-anak untuk berkreasi dan bereksplorasi dengan warna, antara lain membebaskan anak memilih warna sesuai keinginannya, mulai dari pemilihan warna dalam mewarnai gambar, berpakaian, membeli perlengkapan sekolah, hingga mendekorasi kamar tidur mereka.” ujarnya.

Dulux Experience Store sendiri merupakan bagian utama dari strategi Dulux. Belum lama ini, Dulux juga telah membuka Dulux Experience Store lainnya di Cilacap.

Buka Batch 8, Startup Studio Indonesia Targetkan 17 Startup Digital

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id — Berita Digital | Program Startup Studio Indonesia (SSI) mengumumkan pembukaan pendaftaran Batch 8, melanjutkan keberhasilan sejak 2020. SSI, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), bertujuan membina startup digital tahap awal dengan potensi besar menuju tahap product-market fit (PMF) dan traction yang menjanjikan.

Startup yang ingin mendaftar Batch 8 SSI harus memenuhi kriteria berikut, antara lain sudah memiliki MVP minimal selama 6 bulan, melalui tahap ideation dan validasi pengguna; pendanaan sedang berada pada tahap bootstrap hingga maksimal pendanaan Seri-A; menunjukkan potensi PMF dari segi traction pengguna berbayar dan retention rate; skalabilitas dan profitabilitas menunjukkan kemampuan untuk scale up dengan potensi skalabilitas dan profitabilitas yang jelas; legalitas telah berbadan hukum; serta keterlibatan penuh waktu pendiri startup terlibat secara full time dalam operasional. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi SSI hingga tanggal 5 Januari 2024.

SSI Batch 8 menargetkan 17 startup digital dari berbagai sektor. Setiap startup akan dinilai berdasarkan analisis laporan bisnis, profil para founder, local defensible-factors, pertumbuhan bulanan, dan market size dalam proposal mereka. Persaingan ketat memerlukan persiapan matang dari setiap startup yang mendaftar.

Slamet Santoso, Direktur Pemberdayaan Informatika, Kominfo RI, mengungkapkan, “Kami mengajak founder startup tahap awal di seluruh Indonesia untuk mengirimkan lamaran terbaiknya dan berpartisipasi dalam program inkubasi nasional ini.”

Startup yang lolos seleksi akan mengikuti serangkaian pelatihan selama 4 bulan, termasuk Founder’s Camp, Coaching 1-on-1 dengan praktisi startup terkemuka, dan lokakarya pemasaran dan PMF. Para finalis akan dibimbing oleh tokoh industri startup seperti Dimas Harry Priawan (Dekoruma), Moses Lo (Xendit), Christopher Madiam (Sociolla), Arip Tirta (Evermos), Gibran Huzaifah (eFishery), dan lainnya.

Puncak program adalah Milestone Day, di mana finalis mempresentasikan model bisnis dan pencapaian mereka di depan para stakeholders industri startup. SSI tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga membuka jejaring bisnis yang luas, dengan 30-40% alumni SSI berhasil mendapatkan pendanaan tahap lanjut setelah program.

Slamet menyimpulkan, “Program SSI dapat membantu semakin banyak startup tahap awal untuk scale up. Hal ini sejalan dengan misi Kominfo untuk membantu 150 startup tahap awal Indonesia untuk ‘naik kelas’ pada tahun 2024, baik dari segi jumlah pengguna, jumlah pendapatan, penyerapan tenaga kerja, dan pendanaan.”

 

Sambut Akhir Tahun, DepositoBPR by Komunal Hadirkan Fundtasia Fair

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

DepositoBPR by Komunal hadirkan Fundtasia Fair, edukasi keuangan di musim liburan keluarga

Marketing.co.id – Berita Marketing | DepositoBPR by Komunal baru-baru ini menyelenggarakan Fundtasia Fair ‘Grow Your Fund’ di Mall of Indonesia, pada 22 November hingga 26 November 2023.

Festival keuangan tahunan pertama DepositoBPR by Komunal ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dan inspirasi keuangan dengan tema #MakinMaksimal.

Anggoro P. Wibowo, Growth & Acquisition Associate Manager Komunal menuturkan, acara bertujuan sebagai pengingat bagi masyarakat untuk seimbang antara pengeluaran dan tabungan, terutama selama musim perayaan akhir tahun di mana pengeluaran cenderung meningkat. Acara ‘edukasi dan inspirasi keuangan’ ini juga menampilkan berbagai aktivitas seru dan gebyar promo akhir tahun untuk menarik para deposan.

Di ajang Fundtasia Fair ini DepositoBPR by Komunal menggelar berbagai kegiatan menarik seperti Fun & Eye-Opening Financial Talk Show dengan influencer keuangan populer seperti Theo Derick, Felicia Putri, dan Samuel Ray & Claudya Abednego. Acara ini juga mencakup Digital Lounge, Financial Health Check-Up oleh Finku, Kids Playground, Live Music Entertainment, dan Free Coffee & Cotton Candy untuk dinikmati para pengunjung Fundtasia Fair.

Terdapat juga beragam promosi yang ditawarkan selama Fundtasia Fair, mulai dari cashback, voucher hadiah, dan beragam merchandise eksklusif. Tidak berhenti sampai disitu, semarak event Fundtasia Fair 2023 juga diwarnai berbagai doorprize menarik, mulai dari air fryer, iPad Pro, hingga sepeda.

Fundtasia Fair 2023 diharapkan akan memotivasi individu untuk menabung, berinvestasi, dan menjadi akrab dengan aplikasi DepositoBPR by Komunal, Anggoro menekankan tujuan acara ini untuk mendekatkan masyarakat pada produk investasi, terutama menyoroti Deposito BPR.

Vera Rosana, Head of Marketing Komunal menjelaskan bahwa keunggulan Deposito BPR adalah mampu memberikan tingkat bunga yang lebih tinggi mencapai 6,75%, sesuai dengan peraturan LPS. Selain itu, DepositoBPR by Komunal juga dipastikan aman karena telah tercatat dan diawasi OJK.

”DepositoBPR by Komunal adalah pilihan yang sangat baik bagi investor pemula yang mencari peluang investasi yang mudah dan berisiko rendah”, lanjut Vera.

”Dengan berhasil terselenggaranya Fundtasia Fair 2023, kami berencana menjadikan event ini sebagai kegiatan rutin setiap tiga bulan sekali, dengan harapan bisa memberikan dampak yang lebih besar kepada masyarakat”, pungkasnya.

Bagi yang melewatkan acara di Mall of Indonesia, rangkaian event Fundtasia Fair 2023 akan berlanjut di Mall Kelapa Gading dari 27 November hingga 3 Desember 2023, dan Pakuwon Mall Surabaya dari 25 hingga 31 Desember 2023. Selain itu, program Online Event dijadwalkan berlangsung dari 27 November hingga 31 Desember 2023.