Universitas Indonesia Gelar Festival Timur Tengah ke-12

Marketing.co.id – Berita Marketing | Mahasiswa Program Studi Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Asia Barat (IKABA FIB) menggelar grand launching Festival Timur Tengah Universitas Indonesia (FTT UI) 2023 dengan tema Al-Syarq Yafûq Al-Gharb (The East Beyond the West).

Festival yang mengusung slogan “Melintasi Batas, Menyatukan Budaya” digelar selama 4 hari dari 27 – 30 November di area Auditorium Gedung IX FIB UI. Festivial dimeriahkan dengan 10 jenis lomba yang diikuti 234 peserta terdiri dari kategori umum, mahasiswa dan siswa SMA/sederajat dari seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara ini Duta Besar Kuwait untuk Indonesia, H.E. Abdullah Alfadhli; Duta Besar Qatar untuk Indonesia, H.E. Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti, Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Bagus Hendraning Kobarsyih; Dekan FIB UI, Bondan Kanumoyoso; Ketua Program Studi Arab, Bastian Zulyeno.

Baca juga: (Foto) Kartu Shar-E Debit Muamalat, Mudahkan Transaksi di Arab Saudi

Penyelenggaraan FTT UI 2023 ini merupakan perhelatan ke-12 sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010 yang pada saat itu menghasilkan sebuah organisasi yang menghimpun seluruh Mahasiswa Prodi Arab dengan nama IMASASI (Ikatan Mahasiswa Sastra Arab se-Indonesia).

Ada 10 macam yang diperlombakan dalam FTT 2023 kali ini meliputi Taqdimul qishoh (tutur kisah), Qira’ah asy-syi’ir (baca puisi), Qira’ah akhbar (baca berita berbahasa arab), Al munadharah (debat berbahasa arab), Ghina’ araby (menyanyi arab), Al ma’lumat (cerdas cermat), Al wuquf al kumidiu (stand-up comedy), Fannu Al khatti Al Arabiy (kaligrafi), Dablajatu kartun (sulih suara) dan Al Maqalat (esai). Kegiatan ini melibatkan perwakilan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang memiliki Program Studi Arab, Sastra Arab, dan Pendidikan Bahasa Arab.

festival Timur Tengah
Festival Timur Tengah 2023 digelar mahasiswa Program Studi Arab Universitas Indonesia di Jakarta (27/11) selama 4 hari dari 27 – 30 November di area Auditorium Gedung IX FIB mengusung tema Al-Syarq Yafûq Al-Gharb (The East Beyond the West) dengan slogan “Melintasi Batas, Menyatukan Budaya.”

Dekan Fakultas Ilmu Bahasa Universitas Indonesia, Bondan Kanumoyoso menyatakan, Fakultas Ilmu Bahasa khususnya Program Studi Arab ini telah dua belas kali melaksanakan acara Festival Timur Tengah. Hal ini menjadi milestone bagi dalam upaya menyampaikan potret yang utuh kepada masyarakat mengenai negara-negara di Timur Tengah dari sisi keragaman dan kekayaan budaya, sastra, serta karya-karya seninya.

“Saya yakin, melalui gelaran festival ini mahasiswa dan masyarakat dapat melihat sisi lain indahnya negara-negara di Timur Tengah,” katanya.

“Kalangan akademisi sangat berperan penting dalam menyampaikan pesan-pesan positif kepada generasi muda melalui acara seperti Festival Timur Tengah yang kami selenggarakan ini. Harapan kami, kegiatan ini dapat dilaksanakan secara kontinyu,” lanjutnya.

Baca juga: J&T Express Dirikan Kantor Pusat Regional di Arab Saudi dan Teken MoU Smart Logistics Park

Ketua Program Studi Arab, Bastian Zulyeno menambahkan, melalui kegiatan festival ini, mahasiswa dapat mempromosikan sekaligus mengedukasi masyarakat terhadap pemahaman dan toleransi antarbudaya. “Selain itu, kegiatan ini akan banyak memberikan pengalaman dan wawasan bagi mahasiswa baik penyelenggara maupun peserta, khususnya mengenai budaya Timur Tengah,” tuturnya.

Sementara itu, Project Officer Festival Timur Tengah Universitas Indonesia 2023, Zharfa Zayyan Roswy, mengatakan, animo peserta lomba acara Festival Timur Tengah 2023 ini sangat tinggi terbukti dengan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 234 orang.

“Ini melampaui target awal kami yang hanya 200 peserta. Antusiasme ini hasil dari kerja keras panitia penyelenggara yang melakukan terobosan dalam hal promosi dan sosialisasi selain menambah jenis lomba,” kata Zharfa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.