Monday, October 6, 2025
Home Blog Page 413

Nugroho, Alumnus ITB Ditetapkan sebagai Direktur Utama Telkomsel

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Posisi Hendri Mulya Syam sebagai Direktur Utama Telkomsel digantikan oleh Nugroho sesuai keputusan yang telah ditetapkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom Indonesia) dan Singapore Telecommunications Ltd (Singtel) selaku pemegang saham PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Terhitung Hendry menakhodai Telkomsel selama sekitar 2,5 tahun lebih. Dia menjabat Direktur Utama Telkomsel sejak Mei 2021. Nugroho yang didapuk sebagai Direktur Utama Telkomsel bukanlah orang baru. Dia sebelumnya menjabat sebagai Direktur Network Telkomsel selama 2021-2023.

Nugroho yang akrab disapa Nugi juga pernah memegang beberapa posisi strategis di Telkomsel seperti Senior Vice President Business IT Delivery Telkomsel (2019-2021), Vice President IT Customer Care and Charging Group Telkomsel (2017-2019), dan Vice President IT Customer Care and Billing Solution and Management Group Telkomsel (2014-2017).

Nugroho mengenyam pendidikan jurusan Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung (ITB), dan kemudian mendapatkan gelar Master pada jurusan Information System Development di Universitas Hertfordshire, Inggris.

Direktur Utama Telkomsel Nugroho
Direktur Utama Telkomsel Nugroho

Siaran pers yang dikirim Redaksi Marketing.co.id tertanggal 8 Desember 2023 juga menginformasikan Telkom Indonesia dan Singtel telah mengangkat Sarwoto Atmosutarno sebagai Komisaris menggantikan Nanang Pamuji Mugasejati efektif sejak 1 Desember 2023.

Dengan demikian, untuk susunan Komisaris Telkomsel saat ini selengkapnya sebagai berikut:

  • Komisaris Utama : Wishnutama Kusubandio
  • Komisaris : Heri Supriadi
  • Komisaris : Yose Rizal
  • Komisaris : Sarwoto Atmosutarno
  • Komisaris : Yuen Kuan Moon
  • Komisaris : Anna Yip

Sedangkan, untuk susunan Direksi Telkomsel saat ini selengkapnya adalah:

  • Direktur Utama : Nugroho
  • Direktur Finance and Risk Management: Mohamad Ramzy
  • Direktur Sales : Adiwinahyu Basuki Sigit
  • Direktur Network : Indra Mardiatna
  • Direktur Planning & Transformation : Wong Soon Nam
  • Direktur Information Technology : Bharat Alva
  • Direktur Marketing : Derrick Heng
  • Direktur Human Capital Management : R. Muharam Perbawamukti

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, mengatakan penetapan susunan baru Komisaris dan Direksi Telkomsel sejalan dengan strategi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan dalam melanjutkan akselerasi pengembangan layanan Fixed Mobile Convergence (FMC) guna menguatkan ekosistem digital Indonesia yang inklusif, mendorong dan mengembangkan pemanfaatan teknologi telekomunikasi terkini, serta meningkatkan performansi bisnis perusahaan.

Paramount Land Gelar Groundbreaking Hampton Square @ Manhattan District

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Properti | Bisnis properti ritel modern (mal) terus memberikan sinyal positif sepanjang Januari-September 2023. Hal ini terjadi seiring dengan pulihnya sektor ekonomi dan membaiknya lalu lintas (traffic) pengunjung. Berdasarkan data riset Colliers Indonesia, pada kuartal ketiga 2023 okupansi mal membaik, rata-rata tingkat hunian mal di Jakarta sebesar 72,8% dan Bodetabek 70,4%.

Setelah sukses memasarkan kawasan komersial Hudson Studio Loft, Hampton Avenue Studio Loft, Hampton Avenue, Hampton Promenade, Madison Grande @ Manhattan District, dan kavling komersial lainnya, Paramount Land menggelar prosesi Groundbreaking Ceremony atau peletakan batu pertama pembangunan Hampton Square @ Manhattan District, Jumat (8/12/23).

M. Nawawi, Presiden Direktur Paramount Land, menjelaskan, meningkatnya pertumbuhan komersial dan kehidupan perkotaan yang dinamis membuat kebutuhan akan ruang terbuka menjadi sebuah gaya hidup masa kini

“Destinasi open space semakin diminati dan menjadi salah satu tempat favorit untuk melakukan berbagai aktivitas berkumpul bersama keluarga maupun teman. Perkembangan destinasi yang terus meningkat ini memotivasi Paramount Land dan BLVEPrint Destinations, retail consultant berpengalaman, bekerja sama menghadirkan ‘Hampton Square’ Open Concept Lifestyle Mall @ Manhattan District, Gading Serpong,” tutur Nawawi.

Nawawi mengatakan, Hampton Square yang berada di dalam kawasan Manhattan District memiliki captive market yang sangat potensial, dikelilingi lebih dari 40 klaster, populasi mencapai lebih dari 120.000 jiwa (belum termasuk komuter), hunian padat penghuni, dan didominasi oleh kaum muda/milenial.

Baca juga: Outlet Mall Mewah Internasional Pertama di Indonesia: The Grand Outlet – East Jakarta, Karawang

Selain itu, katanya, Gading Serpong telah berkembang menjadi sebuah destinasi populer di Tangerang Raya dan Jabodetabek, dilengkapi fasilitas kota yang lengkap, jalan boulevard yang semakin padat khususnya pada jam tertentu sebagai indikasi tingkat okupansi bisnis yang sangat tinggi.

“Kehadiran Central Business District (CBD) yang tersebar di Kota Gading Serpong menjadikan kota ini terkenal sebagai pusat kuliner, bisnis, perkantoran, dan hiburan yang saling terintegrasi, di mana hal ini tidak hanya mendongkrak roda perekonomian masyarakat yang tinggal di Gading Serpong dan sekitarnya, tapi juga Tangerang Raya,” lanjut Nawawi.

Lifestyle Mall Berkonsep Mixed-Use Commercial Development Pertama di Indonesia

Pada kesempatan yang sama, Norman Daulay, Direktur Paramount Land, menjelaskan, bisnis properti untuk produk komersial terus menunjukkan peningkatan kinerja bisnis, termasuk permintaan akan ruang ritel. Hal ini mendorong mendorong Paramount Land untuk segera memulai pembangunan Hampton Square.

Groundbreaking Hampton Square di Gading
Groundbreaking Hampton Square @ Manhattan District, M. Nawawi, Presiden Direktur Paramount Land, Norman Daulay, Direktur Paramount Land, Bersama seluruh Jajaran Manajemen, Very Y Setiady, Founder & CEO BLVEPRINT Destinations saat melakukan prosesi Ceremony Groundbreaking Hampton Square di Gading Serpong.

“Hampton Square dibangun di atas lahan seluas 2 hektar dengan total luas bangunan 15.463 m2 terdiri dari ruang terbuka hijau seluas 4.081 m2 serta area parkir seluas 6.511 m2 yang akan menjadi lifestyle mall berkonsep mixed-use commercial development pertama dan satu-satunya di Indonesia sebagai pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup milenial dan pengembangan usaha,” papar Norman.

Hampton Square memiliki konsep mal terbuka dengan tujuh tema bisnis yaitu lifestyle, hobbies, culinary, sport, family playground, entertainment dan fashion, yang dilengkapi dengan street café area berkonsep open space lifestyle mall, sesuai tren yang sedang berkembang saat ini.

Baca juga: Gandeng Xurya, Trans Shopping Mall Group Resmikan PLTS Terbesar di TSM Cibubur

“Kami yakin kehadiran Hampton Square @ Manhattan District akan menjadi destinasi dan trendsetter baru bagi masyarakat Tangerang Raya dan sekitarnya karena lokasinya yang aksesibel,” tandasnya.

Hampton Square @ Manhattan District yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2024 memiliki keunggulan, yaitu berada di lokasi yang sangat strategis dan premium di dalam kawasan komersial Manhattan District dan terletak di jalan Main Boulevard ROW 30 dan ROW 45.

Kawasan ini akan terkoneksi langsung dengan akses jalan baru penghubung Gading Serpong dan BSD yang akan dibuka pada kuartal dua 2024 yang akan memudahkan pengunjung dari luar Gading Serpong untuk mengakses area ini dari Tol Jakarta-Merak, Tol Serpong-Balaraja, dan Tol JORR W2 ruas TB Simatupang.

 

Gandeng Indro Warkop, BCA Luncurkan Video Edukasi Perlindungan Data: “Don’t Know? Kasih No!”

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Data pribadi yang terus menjadi incaran pihak tidak bertanggung jawab untuk kepentingan merugikan masyarakat telah mendorong PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk meluncurkan gerakan edukasi yang unik dan bernuansa humor, “Don’t Know? Kasih No!”. Sebagai langkah proaktif untuk memperkuat kesadaran masyarakat tentang keamanan data dan pencegahan kejahatan siber, BCA menggandeng legenda komedi Indonesia, Indro Warkop, dalam video edukasi yang disutradarai oleh Ica Lawendatu. Video ini dapat dinikmati mulai tanggal 8 Desember 2023 di kanal YouTube Solusi BCA.

video edukasi BCA 2023
BCA menggandeng legenda komedi Indonesia, Indro Warkop, dalam video edukasi perlindungan data “Don’t Know? Kasih No!”

Direktur BCA, Santoso, menyatakan bahwa gerakan “Don’t Know? Kasih No!” merupakan respons terhadap meningkatnya kasus kejahatan lewat pencurian data dan penyebaran virus melalui aplikasi tidak resmi. Dengan melibatkan Indro Warkop sebagai pemeran utama, BCA berharap dapat menyajikan konten edukasi yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mudah dicerna oleh masyarakat.

“Video edukasi ‘Don’t Know? Kasih No!’ adalah upaya BCA untuk menekankan pentingnya kewaspadaan dalam menjaga keamanan data pribadi. Gerakan ini menjadi inisiatif kami dalam menghadapi meningkatnya ancaman kejahatan siber. Kami berharap video ini tidak hanya menghibur, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menolak segala sesuatu yang tidak jelas sumber atau kredibilitasnya, serta melindungi diri dari ancaman siber,” ungkap Santoso.

Gerakan ini mengajak masyarakat untuk mengadopsi sikap “slow down & rethink,” yakni tidak terburu-buru dan berpikir kritis saat menghadapi modus penipuan. Video edukasi pendek ini memberikan analogi tentang berbagai cara penipuan untuk mencuri data pribadi dan bagaimana masyarakat bisa melindungi diri mereka dengan menjadi bagian dari gerakan “Don’t Know? Kasih No!”.

Sebelumnya, BCA telah menunjukkan komitmennya dalam edukasi keamanan bagi nasabah dengan meluncurkan seri video “Nurut Apa Kata Mama” berkolaborasi dengan Imajinari, produser Ernest Prakasa, dan sutradara Muhadkly Acho. Kampanye “Tolak dengan Anggun” juga menjadi bagian dari upaya BCA dalam memperkuat kesadaran akan keamanan data.

Santoso menutup pernyataannya dengan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam gerakan “Don’t Know? Kasih No!”, termasuk Indro Warkop, Flock, BAM Pictures, para aktris dan aktor pendukung, serta seluruh kru yang berkontribusi dalam menciptakan video edukasi yang menghibur dan mendidik ini.

Dengan berbagai inisiatif edukatif ini, BCA berharap masyarakat Indonesia tidak hanya terhibur, tetapi juga dapat memetik berbagai pelajaran penting untuk menjaga diri mereka seiring dengan berkembangnya dunia siber yang penuh tantangan.

Berbagi Kebaikan di Tanah Papua, Rumah Sakit Apung PIS dan doctorSHARE Resmi Beroperasi

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II telah resmi beroperasi di Distrik Seget, Sorong, Papua Barat. Kolaborasi antara PT Pertamina International Shipping (PIS) dan Yayasan Dokter Peduli (doctorSHARE) ini bertujuan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat, khususnya yang tinggal di wilayah terisolasi.

RSA Nusa Waluya II akan memberikan layanan kesehatan tanpa dipungut biaya selama 45 hari, dimulai dari 7 Desember hingga 21 Januari 2024. Targetnya adalah melayani sebanyak 7000 pasien.

Corporate Secretary PIS, Muh. Aryomekka Firdaus, menyatakan, “Kolaborasi ini merupakan wujud komitmen PIS untuk mendukung kesejahteraan masyarakat di kawasan pesisir dan kepulauan. Sinergi yang baik antara PIS dan doctorSHARE kami harap ke depannya akan terus berlanjut untuk memberikan akses kesehatan yang lebih luas kepada masyarakat di berbagai kepulauan Indonesia.”

Aryomekka juga menyampaikan terima kasih kepada para relawan medis yang terdiri dari dokter, dokter spesialis, apoteker, perawat, dan tenaga administrasi yang telah mendedikasikan waktu dan ilmunya. “Terima kasih untuk 32 relawan medis yang turut bergabung dalam kolaborasi ini. Semoga segala kebaikan yang kita sinergikan dalam kolaborasi ini bisa bermanfaat untuk masyarakat di Distrik Seget dan sekitarnya.”

Managing Director doctorSHARE, Tutuk Utomo Nuradhy, menjelaskan pemilihan Distrik Seget sebagai lokasi bersandar karena wilayah tersebut terisolasi secara geografis, sementara kebutuhan perawatan medis tinggi. Layanan kesehatan diberikan secara cuma-cuma, dan Tutuk menjamin bahwa masyarakat tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

“Layanan kami sama sekali tak dipungut biaya. Sejak berdiri sampai saat ini, kami komitmen dan kami selalu berusaha memastikan bahwa masyarakat di tempat kami melayani adalah masyarakat yang paling membutuhkan. Secara ekonomi dan geografis mereka ada tantangan, maka kami hadir berikan solusi kesehatan tanpa dipungut biaya.”

Layanan medis di RSA Nusa Waluya II mencakup dokter umum, dokter anak, dokter spesialis jantung, dokter penyakit dalam, dokter kandungan, dan dokter gigi. Selain itu, terdapat pemeriksaan dan USG ibu hamil, persalinan selama 24 jam, unit gawat darurat 24 jam, rawat inap, hingga tindakan bedah.

Hani Siwana, 25, warga Seget yang dijumpai di RSA, mengungkapkan rasa terima kasihnya. “Kami sangat berterima kasih dengan rumah sakit ini, jadi bisa langsung bawa anak saya ke dokter.”

Apresiasi terhadap RSA Nusa Waluya II juga disampaikan oleh pejabat daerah yang turut hadir dalam pembukaan, Plh Sekda Kabupaten Sorong Kepas Kaluat dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong dr. Ronney Kalesaran.

“Kami harap kehadiran RSA ini bisa membantu para warga tidak hanya di Seget tapi juga tempat lainnya. Kami sangat berterima kasih, terutama karena di rumah sakit ini ada bantuan untuk ibu bersalin, harapannya nanti ini bisa membantu mengurangi tingkat kematian ibu dalam persalinan di Papua,” ujar Ronney.

Program kolaborasi PIS dan doctorSHARE ini merupakan bagian dari program “BerSEAnergi untuk Laut” PIS, yang fokus pada tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Program ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dan mendukung kelestarian laut, sejalan dengan komitmen PIS pada aspek sosial dan kontribusi pada Sustainable Development Goals (SDGs), terutama poin 3 dan 10.

 

GARM, Solusi Keamanan Agar Iklan Tak Mengandung Konten Berbahaya

[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketing.co.id – Berita Digital | Sekarang ini, di Indonesia, penyebaran konten berbahaya dan negatif tergolong tinggi. Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyatakan bahwa pada rentang waktu antara 17 Juli 2023 sampai 17 September 2023 saja, Kementerian Kominfo telah menangani sebanyak 200.216 konten negatif.

Sebagai platform media sosial yang berbasis video pendek, SnackVideo Indonesia, berkomitmen menyediakan konten yang aman, menyenangkan, beragam dan original.

Platform ini ingin membuat pengguna dan konten kreator, lebih aman digunakan. Tidak hanya itu saja, bagi para pengiklan yang ingin mempromosikan bisnisnya dapat beriklan dengan aman serta sekaligus memberdayakan kreativitas.

Untuk dapat mengontrol penayangan iklan mereka, SnackVideo Indonesia menghadirkan sebuah fitur Content Exlusions Solutions pada November 2023. Fitur ini secara efektif membantu pemilik brand untuk mengontrol tayangan iklan mereka dengan tepat dan dapat ditonton oleh target market dalam konteks yang tepat.

Fitur Content Exclusions Solution sejalan dengan standar-standar dari Global Alliance for Responsible Media (GARM), sebuah inisiatif yang dikeluarkan oleh World Federation of Advertisers (WFA).

Dina Bhirawa, Head of Marketing SnackVideo Indonesia, menyatakan, “Content Exclusions Solution memungkinkan brand untuk menyampaikan pesan dengan efektif dan efisien, karena setiap iklan ditayangkan dengan rencana yang baik, dan yang paling penting adalah dipercaya oleh para pengguna SnackVideo yang menontonnya. Untuk penerapannya, kami menggunakan teknologi canggih berupa machine learning seperti yang diterapkan oleh AI. Teknologi yang sama juga diterapkan oleh SnackVideo Indonesia untuk menemukan konten-konten berbahaya dan negatif sehingga bisa langsung segera ditangani.”

Dalam pelaksanaannya, Content Exclusions Solution dari SnackVideo Indonesia memberi opsi tiga tingkat inventaris konten video, yaitu Penuh (Full), Standar (Standard), dan Terbatas (Limited). Ketiga opsi tersebut dirancang sesuai dengan Brand Safety Floor and Suitability Framework GARM.

Lewat GARM, iklan tidak ditayangkan setelah atau sebelum, atau bersamaan dengan konten yang berbahaya dan negatif. Saat ini GARM telah diterapkan oleh banyak perusahaan media di seluruh dunia. (MM/Lya)

Investasi Reksa Dana dan Deposito, Mana yang Lebih Menguntungkan?

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]
Sumber gambar: https://www.cashflowrealtor.com/wp-content/uploads/2013/11/Money-Making.jpg

Antara investasi reksa dana dan deposito, mana yang lebih menguntungkan?

Marketing.co.id – Berita Marketing | Ketika berinvestasi atau menanam modal, tidak sedikit orang memiliki tujuan untuk sekadar menjaga nilai asetnya agar tak tergerus inflasi. Tujuan investasi tersebut biasanya dimiliki oleh investor yang memiliki waktu menanam modal jangka pendek atau sebagai sarana mendapat pendapatan pasif yang aman, stabil, dan rendah risiko. 

Umumnya, untuk bisa meraih tujuan tersebut, investor memiliki 2 pilihan instrumen investasi. Pertama, dengan menanam modal di produk deposito yang ditawarkan oleh perbankan dan yang kedua dengan memilih produk reksa dana dari manajer investasi. 

Mengapa pilihan investasi jangka pendek jatuh kepada 2 jenis instrumen investasi tersebut? Alasannya karena baik deposito dan reksa dana mampu memberi peluang imbal hasil yang stabil, rendah risiko, dan ideal untuk investasi jangka pendek. 

Pertanyaannya, antara deposito dan investasi reksa dana, manakah yang lebih menguntungkan untuk dipilih? Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan tentang investasi reksa dana dan deposito, serta perbandingan antara keduanya berikut ini. 

Investasi Deposito

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, deposito adalah salah satu produk keuangan yang disediakan perbankan. Cara kerja deposito sendiri adalah nasabah diharuskan menabung dengan nominal tertentu secara rutin selama kurun waktu tertentu, misalnya 1 tahun. Kemudian, pihak bank akan memberikan imbal hasil berupa bunga dengan nilai tertentu sesuai ketentuan yang berlaku.

Produk keuangan ini kerap dijadikan pilihan oleh investor yang memiliki tujuan investasi jangka pendek karena cara kerja dan keuntungannya tersebut. Hanya saja, hingga jangka waktunya berakhir, nasabah tidak diperbolehkan melakukan penarikan karena akan dikenai denda atau biaya penalti. Karena itu, investor perlu mempertimbangkan hal tersebut sebelum memutuskan untuk menaruh asetnya di produk keuangan ini. 

Investasi Reksa Dana

Di sisi lain, saat menempatkan dana pada produk kelolaan manajer investasi ini, terdapat sejumlah jenis reksa dana yang bisa dipilih. Seperti, reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap, dan pasar uang. Di antara sederet jenis produk reksa dana tersebut, reksa dana pasar uang kerap dijadikan pilihan oleh investor yang ingin menanam modal dalam jangka pendek.

Intinya, cara kerja dari investasi reksa dana ini adalah Anda menitipkan dana untuk dikelola manajer investasi. Tentunya, aktivitas pengelolaan dana tersebut dilakukan sesuai ketentuan dan regulasi investasi reksa dana yang berlaku. Tergantung dari performa atau kinerjanya, reksa dana mampu menumbuhkan nilai awal investasi seiring waktu dan memberi capital gain bagi investor. 

Berbeda dengan perbankan, manajer investasi tak mencatatkan dana Anda dengan bentuk utang, melainkan sebagai aset yang perlu dikelola menyesuaikan karakteristik dari jenis reksa dana yang dipilih. Selain itu, nasabah reksa dana juga bisa mengajukan pencairan aset kapan pun diinginkan tanpa ada risiko terkena denda atau beban biaya penalti selayaknya deposito. 

Perbandingan Investasi Reksa dana dan Deposito

Dari penjelasan di atas, Anda tentu sudah memahami garis besar antara investasi di produk deposito dan reksa dana. Namun, agar lebih mengerti tentang perbedaan keduanya, berikut terangkum kriteria dan karakteristik deposito dengan reksa dana.

Aspek Deposito Reksa Dana
Pihak Pengelola Perbankan  Manajer Investasi atau Perusahaan Efek dan Bank Kustodian
Dasar Hukum Sesuai UU Perbankan KIK atau Kontrak Investasi Kolektif dan Perusahaan
Bukti Kepemilikan Berkas Bilyet Deposito Konfirmasi Pemilikan Unit Penyertaan maupun Laporan Bulanan dari Saldo Unit Penyertaan
Penerimaan Imbal Hasil Investasi Bunga Deposito Kenaikan dari Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan atau NAB/UP
Pilihan Jenis Produk yang Ditawarkan Deposito Reksa Dana Saham, Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Campuran, Reksa Dana Pendapatan Tetap
Jangka Waktu Investasi Deposito mempunyai jangka waktu mulai dari 1 bulan sampai 12 bulan tergantung kebijakan perbankan Tidak ada aturan mengikat terkait jangka waktu investasi yang bisa dilakukan investor alias dapat dicairkan kapan pun dibutuhkan
Beban Biaya yang Ditanggung Investor Biasanya tak membebani biaya, kecuali biaya penerbitan sertifikat deposito dan biaya materai Umumnya mempunyai 2 jenis beban biaya untuk investor, yaitu biaya subscription atau biaya transaksi pembelian, dan biaya redemption atau biaya transaksi penjualan
Status Perpajakan Dibebankan pajak 20 persen terhadap bunga deposito Bukan merupakan objek pajak

 

Pada dasarnya, baik deposito atau reksa dana sama-sama bisa menjadi pilihan ideal investasi jangka pendek. Untuk deposito, Anda bisa mendapat produk investasi jangka pendek dengan imbal hasil stabil dan dijamin perbankan. Sementara untuk reksa dana, ada beberapa pilihan jenis produk yang dapat dipilih sesuai tujuan investasi dengan peluang imbal hasil berbeda yang dikelola manajer investasi berpengalaman dan kepiawaian terjamin. 

Dukung Reduksi Emisi Karbon Dunia, Pupuk Indonesia Mulai Bangun Pabrik Clean Ammonia di 2026

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Rahmad Pribadi, menyatakan dukungannya terhadap komitmen global dalam Konferensi Tingkat Tinggi PBB untuk mengurangi emisi karbon dunia atau yang dikenal sebagai 28th Conference of Parties (COP28). Pernyataan tersebut disampaikan Rahmad pada sesi diskusi dengan tema Clean Ammonia di Pavilion Indonesia, Dubai, Selasa (05/12/2023).

clean ammonia pupuk indonesia

Pupuk Indonesia, sebagai pemain utama amonia di Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika Utara, menguasai empat persen produksi amonia global atau sekitar tujuh juta ton per tahun, yang seluruhnya adalah grey ammonia atau masih menghasilkan emisi karbon.

Rahmad menjelaskan, “Sehingga aspirasi kami saat ini adalah melakukan dekarbonisasi bisnis eksisting, dan pada saat yang bersamaan mengembangkan bisnis baru, yaitu clean ammonia.”

Tujuan utama pengembangan clean ammonia adalah untuk mewujudkan industri pupuk dan kimia yang rendah karbon. Sejalan dengan komitmen global, Rahmad menyebutkan bahwa Pupuk Indonesia telah berhasil menurunkan emisi karbon secara nyata, yaitu sebesar 1,55 juta ton atau di atas target 1,21 juta ton pada tahun 2023.

“Penurunan ini berasal dari optimalisasi dan efisiensi konsumsi energi, utilisasi renewable energy, co-firing bio massa, solusi berbasis alam, hingga revitalisasi sejumlah pabrik pupuk,” tambah Rahmad.

Pupuk Indonesia akan mengembangkan amonia yang lebih rendah bahkan nol emisi karbon ke depan. Amonia bersih ini terdiri dari blue ammonia dan green ammonia. Secara jangka panjang, perusahaan berencana mengembangkan green methanol.

Pengembangan clean ammonia juga sejalan dengan potensi Indonesia sebagai hub Carbon Capture Storage (CCS). Implementasi teknologi CCS di Indonesia berpotensi dapat menampung 4,3 giga ton karbon. Pupuk Indonesia juga terlibat dalam pengembangan teknologi CCS di Aceh dan Lapangan Abadi Masela.

CCS merupakan teknologi yang mampu menangkap emisi karbon di udara dan menyimpannya dalam sebuah storage. Selanjutnya, emisi karbon disalurkan dan diinjeksikan ke sumur minyak dan gas tua untuk meningkatkan produksinya.

Selain teknologi CCS, pengembangan clean ammonia di Indonesia juga didukung oleh potensi renewable energy sebesar 3.700 giga watt, terbesar berasal dari tenaga surya. Energi bersih ini menjadi sumber utama untuk menghasilkan green hydrogen, yang kemudian dapat dikonversi oleh Pupuk Indonesia menjadi green ammonia.

Rahmad menyatakan bahwa Pupuk Indonesia memiliki sumber daya yang memadai untuk pengembangan clean ammonia, termasuk fasilitas eksisting untuk konversi green hydrogen menjadi green ammonia, keahlian dan pengetahuan dalam memproduksi amonia, pengalaman mengelola dan mendistribusikan amonia, hingga memiliki Kawasan Industri Hijau di Lhokseumawe, Aceh.

Dengan potensi dan keahlian tersebut, Pupuk Indonesia telah menyiapkan roadmap pengembangan clean ammonia. Pada tahun 2023-2025, perusahaan menyusun rencana dan Final Investment Decision (FID) pengembangan blue ammonia dan green ammonia. Pada tahun 2026, konstruksi pabrik clean ammonia akan dimulai di Jawa Timur dan Aceh. Pada tahun 2028, pabrik green ammonia akan dioperasikan dalam skala kecil, dan pada tahun 2030, pabrik blue ammonia akan mulai beroperasi dengan utilisasi teknologi CCS.

Pengembangan clean ammonia diharapkan semakin besar pada tahun 2050, di mana Pupuk Indonesia diharapkan dapat meningkatkan produksi amonia dari 7 juta ton per tahun pada tahun 2023 menjadi 12,9 juta ton per tahun pada tahun 2050.

Rahmad menekankan bahwa pengembangan ekosistem pendukung clean ammonia ini sangat penting, karena selain mendukung kelancaran pasokan bahan baku pupuk, clean ammonia juga dibutuhkan sebagai sumber energi bersih masa depan. Namun, dalam pengembangannya, terdapat sejumlah tantangan, seperti kepastian regulasi, kelayakan secara ekonomi, teknologi, hingga infrastruktur pendukung.

“Oleh karena itu, kami siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan clean ammonia di Indonesia, mulai dari kolaborasi untuk pengembangan renewable energy yang terjangkau, teknologi, fasilitas CCS, logistik, termasuk berkolaborasi dengan para pembeli potensial,” tutup Rahmad.

Begini Cara Merawat Baterai Motor Listrik yang Benar

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Otomotif | Baterai merupakan salah satu komponen paling vital dari sepeda motor listrik. Baterai antara lain akan mempengaruhi jarak tempuh dan laju kecepatan dari motor listrik. Karena itu, baterai motor listrik harus dirawat dengan benar.

Menurut General Manager PT Terang Dunia Internusa (pemegang merek motor listrik United E-Motor), Andry Dwinanda, ada beberapa jenis baterai yang dapat dijumpai pada motor listrik di Indonesia.

“Umumnya, ada dua jenis baterai yang digunakan, yaitu Sealed-Lead Acid (SLA) dan baterai Lithium. Kedua jenis baterai tersebut dipakai di tipe-tipe motor listrik yang dirilis United E-Motor,” ungkapnya.

Baca juga:  BIKE Masuki Bisnis Baru, Jadi Distributor Tunggal Baterai Motor Listrik

Baterai SLA dapat ditemui di tipe United E-Motor MX1200, sedangkan baterai Lithium dapat ditemui di tipe T1800, TX1800 dan TX3000.

United E-Motor
Baterai motor listrik United E-Motor

Untuk merawat dan menjaga baterai tetap prima, Andry memaparkan beberapa tips agar performa baterai tetap baik dalam penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Mobil Listrik Terbaru MG: Dari MG ES EV yang Elegan hingga Luxurious 7-seater MG Maxus 9

  1. Pencegahan Overcharging — Pastikan menggunakan charger yang sesuai dengan spesifikasi baterai. Pilih charger otomatis yang dapat menghentikan pengisian saat baterai mencapai kapasitas penuh.
  2. Pemantauan Suhu — Hindari pemanasan berlebih dengan tidak memarkir kendaraan di bawah sinar matahari langsung terlalu lama. Jangan biarkan baterai terlalu panas; perhatikan suhu baterai selama penggunaan.
  3. Pencegahan Deep Discharge — Hindari mengosongkan baterai hingga level yang sangat rendah secara berkala. Gunakan kendaraan secara teratur untuk mencegah baterai tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  4. Pemantauan Gejala Tidak Normal — Perhatikan perubahan suhu atau bau yang tidak biasa dari baterai. Hentikan penggunaan jika ada gejala tidak normal dan dapatkan bantuan ahli.
  5. Pemeliharaan Rutin — Lakukan pemeliharaan rutin sesuai panduan produsen. Periksa kabel dan konektor secara berkala untuk memastikan tidak ada korsleting atau kerusakan.
  6. Penyimpanan yang Benar — Jika kendaraan tidak digunakan, simpan baterai dalam keadaan terisi sekitar 50%. Pilih tempat penyimpanan yang memiliki suhu stabil.
  7. Perhatikan Indikator Keamanan — Baterai dengan Sistem Manajemen Baterai (BMS) memberikan indikator keamanan. Tanggapi dengan cepat jika ada peringatan atau indikasi masalah.
  8. Penanganan Darurat — Siapkan peralatan pemadam api yang sesuai. Kenali prosedur darurat yang terkait dengan baterai dan kendaraan listrik.

“Keamanan dan perawatan yang baik adalah kunci untuk memaksimalkan umur pakai baterai dan memastikan penggunaan kendaraan listrik yang aman. Pastikan untuk selalu mengikuti panduan dan petunjuk penggunaan yang disediakan oleh produsen,” pungkas Andry.

Public Expose Modernland Realty: Fokus Tingkatkan Kinerja di Tengah Tantangan Ekonomi Global

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Property | PT Modernland Realty Tbk. menggelar acara Public Expose di Modern Golf & Country Club, Kota Modern, Tangerang, pada Jumat (8/12/2023). Acara ini dihadiri oleh jajaran Direksi, Komisaris, dan Manajemen Perseroan. Public Expose bertujuan memberikan gambaran kinerja Perseroan dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi di tahun 2023, serta merinci prospek usaha di tahun 2024.

modernland realty
PT Modernland Realty Tbk. (“Perseroan”) menggelar acara Public Expose, bertempat di Modern Golf & Country Club, Kota Modern, Tangerang, Jum’at (8/12/2023). Acara Public Expose Perseroan dihadiri oleh jajaran Direksi, Komisaris dan Manajemen. Tujuan diselenggarakannya Public Expose ini adalah untuk memberikan gambaran kinerja Perseroan dan tantangan yang dihadapi oleh Perseroan di tahun 2023, serta prospek usaha Perseroan di tahun 2024.

Dalam pemaparannya, Direktur PT Modernland Realty Tbk., Dharma Mitra, menyoroti pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tetap kuat meskipun dihadapkan pada ketidakpastian kondisi perekonomian global. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III 2023 sebesar 4,94% (YoY), meskipun mengalami sedikit perlambatan dari triwulan sebelumnya yang mencapai 5,17% (YoY). Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan berada dalam kisaran 4,5 – 5,3% mengingat dukungan dari permintaan domestik dan investasi.

Sementara harga properti residensial mengalami kenaikan, penjualan properti pada kuartal III 2023 masih menunjukkan kontraksi sebesar 6,59% (YoY). Namun, optimisme muncul dengan prediksi peningkatan penjualan, terutama rumah tapak, di kuartal IV 2023 dan tahun 2024, didorong oleh insentif pajak PPN DTP dari Pemerintah.

Pada November 2023, Pemerintah memberikan insentif pajak sebesar 100% PPN DTP untuk rumah dengan harga di bawah Rp5 miliar. Insentif ini diharapkan dapat menghidupkan industri properti, termasuk Perseroan, yang berpotensi meningkatkan penjualan.

Dalam upaya meningkatkan kinerja, Perseroan terus melakukan inovasi, seperti meluncurkan new residential cluster dengan konsep baru di berbagai proyek di Jakarta dan Tangerang. Selain itu, ekspansi kerja sama dengan investor baik dari dalam maupun luar negeri diharapkan dapat mempercepat pembangunan proyek residensial dan industrial.

Kinerja Keuangan dan Pemasaran

Hingga 30 September 2023, Perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp782,76 miliar, meningkat 27,37% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Meskipun demikian, (Rugi) Laba Bersih Perseroan mengalami penurunan sebesar Rp297,84 miliar atau 127,01%, mencapai rugi bersih sebesar Rp63,33 miliar. Penurunan ini disebabkan oleh pendapatan atas penebusan sebagian utang obligasi luar negeri pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Di sektor pemasaran, Fetrizal Bobby Heryunda, Direktur Perseroan, menyampaikan bahwa Perseroan berhasil mencapai Marketing Sales sebesar Rp1 triliun hingga kuartal III-2023, yang mencakup segmen residensial, industri, perhotelan, golf, dan country club. Segmen residensial mencatatkan peningkatan signifikan sebesar 141% year-on-year, dengan kontribusi terbesar dari proyek Jakarta Garden City.

Prospek Usaha dan Strategi Masa Depan

Dalam menjawab tantangan dan merespons peluang di pasar, Perseroan meluncurkan berbagai produk properti dengan berbagai segmen. Pada November lalu, Perseroan merilis premium cluster “Vastu @Garden City” di Jakarta Garden City Site-A, serta super cluster “Great Britania” di Modernland Cilejit, dengan harga yang terjangkau.

Ke depannya, Perseroan akan terus berinovasi dan meluncurkan produk-produk baru, baik di bidang landed housing maupun new shophouses, dengan mempertimbangkan selera pasar yang berkembang. Strategi ini didukung oleh keyakinan akan pemulihan penjualan residensial, terutama rumah tapak, pada tahun 2024, serta meningkatnya permintaan lahan industrial dan logistik di koridor timur Jakarta.

Dengan dukungan insentif pajak dari Pemerintah, upaya inovasi, dan strategi ekspansi yang terencana, PT Modernland Realty Tbk. optimis dapat mencapai hasil maksimal di tahun-tahun mendatang. (Wahid F)

Grant Thornton Bagikan Saran untuk Menghadapi Tantangan Keamanan Siber dalam Migrasi Data ke Cloud

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.idBerita Digital & Tech | Di era digital yang terus berkembang, teknologi cloud menjadi pilar utama yang tidak terpisahkan dari berbagai aspek kehidupan dan sektor industri. Salah satu sektor yang mengalami perkembangan pesat dalam memanfaatkan teknologi cloud adalah BFSI (Banking and Financial Services Industry), terutama dalam layanan keuangan digital. Di Indonesia, Bank Indonesia menyatakan bahwa inklusi keuangan digital telah membantu mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

Grant Thornton
Goutama Bachtiar, IT Advisory Director Grant Thornton Indonesia

Pemanfaatan keuangan digital di Indonesia melibatkan berbagai aktivitas, mulai dari transaksi harian hingga investasi dan asuransi digital. Namun, kemudahan yang ditawarkan oleh digitalisasi juga membawa sejumlah tantangan, khususnya terkait dengan keamanan siber.

Goutama Bachtiar, IT Advisory Director Grant Thornton Indonesia, mengungkapkan bahwa dalam lima tahun terakhir, ancaman terhadap keamanan siber semakin meningkat. Phishing, yang bertujuan untuk mencuri data pribadi, dan ransomware, yang mengenkripsi data sehingga tidak dapat diakses oleh pemiliknya, menjadi dua ancaman utama yang perlu diwaspadai.

“Peretasan semakin sering terjadi, dampaknya lebih signifikan, dan tingkat keberhasilannya semakin tinggi. Para peretas tidak lagi bekerja sendiri, melainkan membentuk sindikat peretas topi hitam yang bergerombol untuk melakukan aksinya bersama-sama,” ungkap Goutama Bachtiar pada acara World Cloud Show 2023.

Menanggapi hal ini, Goutama menekankan pentingnya perlindungan data selama proses migrasi data ke cloud. Ia menyatakan bahwa transmisi data ke cloud, mulai dari persiapan hingga tiba di tujuan, harus diperhatikan dengan seksama. Goutama juga menggarisbawahi pentingnya enkripsi data sebagai langkah teknis untuk melindungi informasi dari akses oleh pihak yang tidak berwenang.

“Pada saat migrasi ini haruslah diperhatikan transmisi data ke cloud, mulai dari persiapan, pengklasifikasian, pengiriman (in-transit) sampai dengan tiba di tujuan (at rest),” ujar Goutama Bachtiar.

Dalam acara Global Data Center & Cloud Summit 2023 Jakarta, Goutama membahas lebih lanjut tentang Cloud Native Application Platform (CNAPP) sebagai solusi untuk menjaga keamanan data dan aplikasi di lingkungan cloud. CNAPP dirancang untuk memaksimalkan potensi layanan komputasi awan, seperti skalabilitas, elastisitas, dan otomatisasi.

“Untuk memastikan aplikasi tersebut aman, idealnya perlu dilakukan shifting left atau pendekatan keamanan dalam proses pengembangan aplikasi yang bersifat proaktif dan berorientasi kepada proses dengan mengintegrasikan praktik keamanan ke dalam fase analisa kebutuhan, pengkodean, pengujian, dan penerapan,” tambahnya.

Goutama juga menjelaskan bahwa CNAPP menggabungkan berbagai aspek keamanan, termasuk Cloud Security Posture Management (CSPM), Cloud Workload Protection Platforms (CWPP), Cloud Infrastructure Entitlement Management (CIEM), dan keamanan Continuous Integration/Continuous Delivery (CI/CD) menjadi satu kesatuan. Hal ini diharapkan dapat memberikan solusi terpusat yang melibatkan seluruh siklus hidup aplikasi.

Selain fokus pada keamanan siber, Goutama menyoroti pentingnya ketahanan siber atau cyber resilience. “Unknown the Unknown” menjadi istilah yang digunakan untuk menggambarkan seberapa cepat dan tangguh sebuah organisasi dalam pulih dan kembali beroperasi normal setelah mengalami serangan siber.

“Di Grant Thornton, kami selalu menyarankan klien kami agar selalu aware untuk meminimalisir ancaman siber dan menjaga sistem mereka sehingga tetap aman. Kami selalu memberikan bantuan dan pendampingan dalam bentuk konsultasi agar mereka memiliki perencanaan ketahanan dan keamanan digital siber jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, baik itu di tataran strategis, operasional, teknis, dan juga taktis,” tutup Goutama

Penerapan SPBE Dapat Memperkuat Akuntabilitas Pemerintahan

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Penerapan SPBE dapat Memperkuat Akuntabilitas PemerintahanMarketing.co.id – Berita Marketing | Pemerintah terus berupaya melaksanakan percepatan transformasi digital melalui penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) terpadu dari pusat hingga ke daerah. Transformasi digital ini juga telah didukung dengan terbitnya Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Peraturan Presiden No. 39/2019 tentang Satu Data Indonesia.

Peraturan Presiden (Perpres) ini berfungsi sebagai peta jalan untuk meningkatkan akuntabilitas pemerintahan dan mengetahui apa yang akan dilakukan selanjutnya dari sisi infrastruktur, lapisan data, hingga sumber daya manusia (SDM).

Guru Besar Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI) Profesor Yudho Giri Sucahyo mengatakan SPBE menjadi sangat penting, karena teknologi digital merupakan suatu keniscayaan yang tidak bisa dihindari.

Menurut Yudo, tanpa teknologi digital, masyarakat tidak akan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari saat Indonesia dilanda pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu, SPBE sangat diperlukan, dan menjadi penting karena digitalisasi tidak hanya berguna untuk kehidupan sehari-hari, tapi juga dalam pelaksanaan pemerintahan.

“Dari Perpres SPBE itu juga menunjukkan bagaimana masing-masing instansi pemerintah pusat dan daerah, bagaimana mereka bisa saling berkolaborasi, atau saling berkombinasi dalam beberapa tahun ke depan untuk mewujudkan yang namanya pemerintahan digital,” kata Yudho dalam Talkshow Integrasi SPBE Pilar Transformasi Digital Indonesia: SPBE Memperkuat Struktur Tata Kelola Pemerintahan Digital, yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta, Kamis (7/12/2023), Jumat (8/12/2023).

Kemudian, Dosen Universitas Paramadina dan Research Fellow di Paramadina Public Policy Institute Muhammad Fajar Anandi memperkuat pemaparan Yudho dengan menjelaskan apa yang sebenarnya dimaksud dengan pemerintahan digital.

Menurut Fajar, pemerintahan digital adalah segala sesuatu yang akses, maupun layanan yang diberikan sudah tersedia secara digital, sebagai contoh Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Namun lebih dari definisi yang disebutkan, Fajar mengatakan bahwa pemerintahan digital sebenarnya merupakan pelayanan dan segala sesuatunya bisa dilakukan dengan cepat, tepat, serta lebih efisien tanpa harus mengeluarkan lebih banyak sumber daya lagi.

Fajar menambahkan, ada satu pelajaran yang bisa dicontoh oleh Indonesia untuk menerapkan SPBE dalam pelaksanaan pemerintahan, yaitu penanganan masalah pangan di Denmark.

“Denmark itu salah satu contoh yang paling menarik itu adalah dari sisi hortikultura, bagian dari pertanian. Bagaimana kalau kita itu pertanian itu semua oleh pemerintah yang melakukan, mereka juga ke pemerintah, tapi ada agensi yang khusus dan itu independen, itu yang mengatur sebenarnya, berapa banyak pisang yang dibutuhkan, misalnya. Dari mana sumbernya ketika tidak ada makanan, ketika terjadi masalah, dari mana datanya, pemerintah hanya kontrol saja, datanya sudah terpusat, dan semua itu terjamin,” tutur Fajar.

Target Transaksi Rp30 Miliar, Ini Ragam Promo di Garuda Indonesia Umroh Fair 2023

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

 

Ade Susardi Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia
Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia Ade Susardi sedang menjelaskan Garuda Indonesia Umroh Fair 2023 kepada Media di Kota Kasablanka Jakarta Selatan, Jumat (8/12)

Marketing.co.id – Berita Marketing | Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia dan Bank Syariah Indonesia (BSI) mengadakan Garuda Indonesia Umroh Fair (GUTF) 2023 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada 8-10 Desember 2023.

Menggandeng 15 travel agent khusus umroh dan haji, Garuda Indonesia menargetkan transaksi sebesar Rp30 miliar selama pameran berlangsung. Untuk mencapai target tersebut, Garuda Indonesia dan BSI telah menyiapkan penawaran paket perjalanan umroh spesial dan beberapa nilai tambah lainnya.

Ade Susardi Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia menjelaskan bahwa inisiatif penyelenggaraan GUTF adalah dari tingginya antusiasme umat muslim di Indonesia untuk menyempurnakan ibadahnya melalui pelaksanaan perjalanan haji maupun umrah. Terlebih pada saat Indonesia masuk pada fase pasca pandemi. 

Hal ini terlihat dari meningkatnya trafik penerbangan jamaah umrah Indonesia. Bahkan, untuk data tahun ini sampai Agustus saja jumlah jamaah dari Indonesia sudah mencapai 800.000 orang atau meningkat hingga 84% dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Ini merupakan travel fair khusus bertajuk perjalanan ibadah pertama yang digelar maskapai penerbangan di Indonesia. Didukung penuh Bank Syariah Indonesia, GUTF 2023 diharapkan dapat menjadi sebuah experience bagi masyarakat muslim untuk mempersiapkan diri secara maksimal dalam menjalani perjalanan spiritual yang penuh kemuliaan,” kata Ade.

Menurut Ade, untuk mencapai kesempurnaan ibadah, diperlukan persiapan yang matang agar kekhusyuan dalam ibadah terus terjaga, baik dari segi mental spiritual hingga memastikan seluruh dokumen dan rencana perjalanan berangkat dan pulang terakomodir dengan baik oleh agen perjalanan. 

Oleh karena itu, GUTF merupakan upaya untuk memberikan penawaran perjalanan umrah dengan paket harga yang terbaik serta manfaat lainnya yang diharapkan dapat menambah nilai dari pelayanan yang dirasakan selama perjalanan ke Tanah Suci.

“Adalah tugas kita sebagai penyelenggara memastikan semua jamaah bisa merasa aman, tenang dan nyaman, mulai dari memesan, waktu di perjalanan, hingga di Tanah Suci, agar bisa fokus dengan ibadah yang akan dilaksanakan,” ajar Ade.

Promo GUTF 2023 

Garuda Indonesia Umroh Fair 2023Menggandeng 15 travel agent khusus haji dan umrah, Garuda Indonesia Umroh Fair 2023 telah menyiapkan beberapa penawaran menarik untuk para pengunjung, seperti harga spesial untuk tiket penerbangan kelas ekonomi Jakarta-Jeddahi mulai dari Rp 13,8 juta (pulang-pergi), Jakarta-Madinah mulai dari Rp 14,1 juta rupiah (pulang-pergi) serta tiket penerbangan kelas bisnis Jakarta-Jeddah mulai dari Rp 32,1 juta rupiah (pulang-pergi) dan Jakarta-Madinah mulai dari Rp 32,4 juta (pulang-pergi).

Lebih lanjut, benefit tambahan dari Garuda Indonesia dan BSI untuk memeriahkan GUTF 2023 adalah cashback Rp 2,5 juta, cicilan 0% hingga 24 bulan, 2 kali bonus accrual GarudaMiles for Group Booking, diskon 20% extra legroom dan advanced seat selection, diskon 40% Garuda Group, dan diskon 90% prepaid excess baggage.

Tim ITSEC Asia Raih Peringkat ke-23 dalam Kompetisi Hacking Tingkat Dunia di Arab Saudi

[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketing.co.id – Berita Digital | Prestasi gemilang kembali diraih oleh tim cybersecurity PT ITSEC Asia Tbk, yang berhasil meraih peringkat ke-23 dari 250 tim internasional dalam kompetisi Capture The Flag (CTF) di Black Hat Middle East and Africa (Blackhat MEA) yang diselenggarakan di Riyadh Front Exhibition, Arab Saudi, dengan kolaborasi Saudi Federation for Cybersecurity, Programming & Drones (SAFCSP).

Blackhat MEA, sebuah konferensi dan pameran keamanan siber terkemuka, menjadi ajang bagi tim ITSEC Asia untuk bersaing di tingkat dunia. Dalam CTF, mereka diuji untuk menemukan kelemahan dalam sistem dan mengatasi tantangan di lingkungan jaringan komputer yang disimulasikan.

Andri Hutama Putra, Pakar Keamanan Siber dan Komisaris PT ITSEC Asia Tbk, menyatakan, bahwa dukungan terhadap tim ITSEC Asia adalah langkah kunci untuk memperkuat kemampuan karyawan. “Keterampilan Cybersecurity merupakan kunci persiapan generasi muda Indonesia dalam menghadapi transformasi digital. ITSEC Asia terus mendorong peningkatan talenta di bidang keamanan informasi,” ujarnya.

Anggota tim, Felix Alexander, Ryo Chris Samuel, Sugiarta Wijaya, Bryan Satyamulya, dan Stanley Halim, berhasil menembus babak final setelah bersaing dengan lebih dari 1.000 peserta internasional. Posisi ke-23 ini menandai keberhasilan mereka sebagai perwakilan cybersecurity Indonesia di panggung internasional.

Melihat pencapaian ini, Andri Hutama Putra berharap agar anak-anak Indonesia yang berminat di bidang keamanan informasi mendapatkan dukungan maksimal. “Indonesia memiliki sumber daya manusia yang sangat berbakat dan kompeten di bidang cybersecurity. Namun, perlu fasilitasi yang memadai untuk mengasah kemampuan mereka, seperti pelatihan dan kompetisi,” tambahnya.

Cocoon, Brand Kecantikan Vegan Populer Asal Vietnam Kini Resmi Hadir di Indonesia

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Cocoon, merek kecantikan asal Vietnam yang dikenal dengan produk perawatan tubuh 100% vegan dan cruelty-free, kini resmi hadir di Indonesia. Dengan menggunakan bahan-bahan alami khas Vietnam seperti Dak Lak Coffee, Winter Melon, dan Pomelo, Cocoon menghadirkan solusi kecantikan yang ramah lingkungan dan efektif.

the cocoon original vietnam 2023
The Cocoon Original Vietnam

Ketiga bahan alami tersebut, yang merupakan bagian dari diet sehari-hari masyarakat Vietnam, telah terbukti memberikan nutrisi efektif untuk rambut dan kulit. Dak Lak Coffee, Winter Melon, dan Pomelo menjadi bahan utama dalam rangkaian produk Cocoon yang tidak hanya memanjakan kulit tetapi juga merawat rambut.

“Memahami iklim dan kebutuhan pasar yang hampir serupa, Cocoon berani berekspansi ke Indonesia. Dengan menggunakan bahan-bahan kaya vitamin dan antioksidan, kami berusaha menggabungkan kearifan lokal dengan pengetahuan ilmiah untuk menciptakan produk perawatan diri yang dapat menjadi solusi efektif bagi permasalahan kulit masyarakat Indonesia,” ujar Nadya Chatinsmara, Brand Representative Cocoon Indonesia.

Produk-produk Cocoon telah mendapatkan verifikasi 100% vegan dari The Vegan Society dan menjadi merek kosmetik Vietnam pertama yang mendapatkan persetujuan dan sertifikasi dalam program Leaping Bunny dari Cruelty Free International dan PETA. Hal ini menunjukkan komitmen Cocoon untuk tidak menguji produk pada hewan serta menjaga kesejahteraan hewan dalam setiap proses produksinya.

Meskipun produk kecantikan dan perawatan diri yang alami dan vegan seringkali dihargai mahal, Cocoon berusaha menjawab kebutuhan konsumen dengan menyajikan produk berkualitas tinggi namun tetap terjangkau. Seri produk unggulan Cocoon antara lain:

Seri Dak Lak Coffee merupakan rangkaian produk yang dibuat dari tanaman kopi pilihan dan berasal dari daerah penghasil kopi terbesar di Vietnam. Biji kopi Dak Lak memiliki kandungan antioksidan dan kafein yang lebih tinggi dibandingkan biji kopi biasa, yang memiliki manfaat mencerahkan, menjaga keremajaan kulit dan membantu meratakan warna kulit. Memiliki aroma yang sangat unik yakni perpaduan aroma kopi yang kuat dengan aroma creamy, cokelat dan kacang, seri ini terdiri dari empat (4) produk, di antaranya; Face Polish, Lip Scrubs, Body Polish, dan Body Butter.

Rangkaian yang juga diperkaya dengan Vitamin E serta Cocoa Butter dari Tien Gieang, Vietnam ini dapat digunakan oleh pecinta kecantikan yang butuh perawatan lebih bagi kulit tubuh dan bibir dalam membersihkan tubuh dari sel kulit mati secara efektif, membantu mengurangi kusam, memberikan energi pada kulit sehingga terasa lembut, halus, segar, serta menjaga kulit agar tetap sehat dan bercahaya.

Seri Pomelo, terbuat dari buah khas Vietnam dan merupakan buah wajib saat hari Raya Tet atau perayaan pertengahan musim gugur di Vietnam. Rangkaian ini mengandung minyak esensial yang diekstrak dari kulit Pomelo yang kaya akan limonene dan antioksidan, yang dikombinasikan dengan Panthenol, Xylishine™, Baicapil, dan Bisabolol untuk membantu menjaga kesehatan kulit kepala, menguatkan batang rambut, sehingga rambut tampak lebih tebal. Seri Pomelo hadir dalam 4 (empat) produk pilihan, yakni Shampoo, Conditioner, Hair Mask dan Hair Tonic.

Seri Winter Melon, mengandung buah yang biasa dikonsumsi masyarakat Vietnam dan dipercaya berkhasiat untuk menyejukkan dan mengatasi panas. Di Indonesia, biasa dikenal dengan buah Kundur yang mengandung vitamin C dan kolagen sehingga dapat membantu menenangkan, mendinginkan dan merawat kulit yang rentan berjerawat serta bekasnya. Ekstrak buah ini yang dikombinasikan dengan Niacinamide dan TECA™ juga memiliki efek antibakteri dan antioksidan, membatasi pembentukan radikal bebas, sehingga baik digunakan untuk membantu mengatasi dan meredakan peradangan jerawat. Seri ini terdiri dari 8 produk yaitu: Micellar Water, Face Cleanser, Face Toner, Serum, Gel Cream, Face Mask, Back Acne & Dark Spot Spray dan Shower Gel.

Nadya Chatinsmara menegaskan, “Kami memberikan perhatian khusus pada cara pengolahan bahan-bahan kami sehingga produk yang dihasilkan jelas, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan. Melalui Cocoon, kami ingin memberikan pilihan terbaik kepada para beauty enthusiast di Indonesia untuk merawat diri dengan baik, baik untuk mereka maupun bumi kita.”

Seluruh rangkaian produk Cocoon telah teruji klinis sehingga dapat digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Cocoon dapat ditemukan mulai dari Rp 35,000 secara eksklusif di gerai Sociolla, website Sociolla.com, dan aplikasi SOCO.