Monday, October 6, 2025
Home Blog Page 414

Tim ITSEC Asia Raih Peringkat ke-23 dalam Kompetisi Hacking Tingkat Dunia di Arab Saudi

[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketing.co.id – Berita Digital | Prestasi gemilang kembali diraih oleh tim cybersecurity PT ITSEC Asia Tbk, yang berhasil meraih peringkat ke-23 dari 250 tim internasional dalam kompetisi Capture The Flag (CTF) di Black Hat Middle East and Africa (Blackhat MEA) yang diselenggarakan di Riyadh Front Exhibition, Arab Saudi, dengan kolaborasi Saudi Federation for Cybersecurity, Programming & Drones (SAFCSP).

Blackhat MEA, sebuah konferensi dan pameran keamanan siber terkemuka, menjadi ajang bagi tim ITSEC Asia untuk bersaing di tingkat dunia. Dalam CTF, mereka diuji untuk menemukan kelemahan dalam sistem dan mengatasi tantangan di lingkungan jaringan komputer yang disimulasikan.

Andri Hutama Putra, Pakar Keamanan Siber dan Komisaris PT ITSEC Asia Tbk, menyatakan, bahwa dukungan terhadap tim ITSEC Asia adalah langkah kunci untuk memperkuat kemampuan karyawan. “Keterampilan Cybersecurity merupakan kunci persiapan generasi muda Indonesia dalam menghadapi transformasi digital. ITSEC Asia terus mendorong peningkatan talenta di bidang keamanan informasi,” ujarnya.

Anggota tim, Felix Alexander, Ryo Chris Samuel, Sugiarta Wijaya, Bryan Satyamulya, dan Stanley Halim, berhasil menembus babak final setelah bersaing dengan lebih dari 1.000 peserta internasional. Posisi ke-23 ini menandai keberhasilan mereka sebagai perwakilan cybersecurity Indonesia di panggung internasional.

Melihat pencapaian ini, Andri Hutama Putra berharap agar anak-anak Indonesia yang berminat di bidang keamanan informasi mendapatkan dukungan maksimal. “Indonesia memiliki sumber daya manusia yang sangat berbakat dan kompeten di bidang cybersecurity. Namun, perlu fasilitasi yang memadai untuk mengasah kemampuan mereka, seperti pelatihan dan kompetisi,” tambahnya.

Cocoon, Brand Kecantikan Vegan Populer Asal Vietnam Kini Resmi Hadir di Indonesia

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Cocoon, merek kecantikan asal Vietnam yang dikenal dengan produk perawatan tubuh 100% vegan dan cruelty-free, kini resmi hadir di Indonesia. Dengan menggunakan bahan-bahan alami khas Vietnam seperti Dak Lak Coffee, Winter Melon, dan Pomelo, Cocoon menghadirkan solusi kecantikan yang ramah lingkungan dan efektif.

the cocoon original vietnam 2023
The Cocoon Original Vietnam

Ketiga bahan alami tersebut, yang merupakan bagian dari diet sehari-hari masyarakat Vietnam, telah terbukti memberikan nutrisi efektif untuk rambut dan kulit. Dak Lak Coffee, Winter Melon, dan Pomelo menjadi bahan utama dalam rangkaian produk Cocoon yang tidak hanya memanjakan kulit tetapi juga merawat rambut.

“Memahami iklim dan kebutuhan pasar yang hampir serupa, Cocoon berani berekspansi ke Indonesia. Dengan menggunakan bahan-bahan kaya vitamin dan antioksidan, kami berusaha menggabungkan kearifan lokal dengan pengetahuan ilmiah untuk menciptakan produk perawatan diri yang dapat menjadi solusi efektif bagi permasalahan kulit masyarakat Indonesia,” ujar Nadya Chatinsmara, Brand Representative Cocoon Indonesia.

Produk-produk Cocoon telah mendapatkan verifikasi 100% vegan dari The Vegan Society dan menjadi merek kosmetik Vietnam pertama yang mendapatkan persetujuan dan sertifikasi dalam program Leaping Bunny dari Cruelty Free International dan PETA. Hal ini menunjukkan komitmen Cocoon untuk tidak menguji produk pada hewan serta menjaga kesejahteraan hewan dalam setiap proses produksinya.

Meskipun produk kecantikan dan perawatan diri yang alami dan vegan seringkali dihargai mahal, Cocoon berusaha menjawab kebutuhan konsumen dengan menyajikan produk berkualitas tinggi namun tetap terjangkau. Seri produk unggulan Cocoon antara lain:

Seri Dak Lak Coffee merupakan rangkaian produk yang dibuat dari tanaman kopi pilihan dan berasal dari daerah penghasil kopi terbesar di Vietnam. Biji kopi Dak Lak memiliki kandungan antioksidan dan kafein yang lebih tinggi dibandingkan biji kopi biasa, yang memiliki manfaat mencerahkan, menjaga keremajaan kulit dan membantu meratakan warna kulit. Memiliki aroma yang sangat unik yakni perpaduan aroma kopi yang kuat dengan aroma creamy, cokelat dan kacang, seri ini terdiri dari empat (4) produk, di antaranya; Face Polish, Lip Scrubs, Body Polish, dan Body Butter.

Rangkaian yang juga diperkaya dengan Vitamin E serta Cocoa Butter dari Tien Gieang, Vietnam ini dapat digunakan oleh pecinta kecantikan yang butuh perawatan lebih bagi kulit tubuh dan bibir dalam membersihkan tubuh dari sel kulit mati secara efektif, membantu mengurangi kusam, memberikan energi pada kulit sehingga terasa lembut, halus, segar, serta menjaga kulit agar tetap sehat dan bercahaya.

Seri Pomelo, terbuat dari buah khas Vietnam dan merupakan buah wajib saat hari Raya Tet atau perayaan pertengahan musim gugur di Vietnam. Rangkaian ini mengandung minyak esensial yang diekstrak dari kulit Pomelo yang kaya akan limonene dan antioksidan, yang dikombinasikan dengan Panthenol, Xylishine™, Baicapil, dan Bisabolol untuk membantu menjaga kesehatan kulit kepala, menguatkan batang rambut, sehingga rambut tampak lebih tebal. Seri Pomelo hadir dalam 4 (empat) produk pilihan, yakni Shampoo, Conditioner, Hair Mask dan Hair Tonic.

Seri Winter Melon, mengandung buah yang biasa dikonsumsi masyarakat Vietnam dan dipercaya berkhasiat untuk menyejukkan dan mengatasi panas. Di Indonesia, biasa dikenal dengan buah Kundur yang mengandung vitamin C dan kolagen sehingga dapat membantu menenangkan, mendinginkan dan merawat kulit yang rentan berjerawat serta bekasnya. Ekstrak buah ini yang dikombinasikan dengan Niacinamide dan TECA™ juga memiliki efek antibakteri dan antioksidan, membatasi pembentukan radikal bebas, sehingga baik digunakan untuk membantu mengatasi dan meredakan peradangan jerawat. Seri ini terdiri dari 8 produk yaitu: Micellar Water, Face Cleanser, Face Toner, Serum, Gel Cream, Face Mask, Back Acne & Dark Spot Spray dan Shower Gel.

Nadya Chatinsmara menegaskan, “Kami memberikan perhatian khusus pada cara pengolahan bahan-bahan kami sehingga produk yang dihasilkan jelas, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan. Melalui Cocoon, kami ingin memberikan pilihan terbaik kepada para beauty enthusiast di Indonesia untuk merawat diri dengan baik, baik untuk mereka maupun bumi kita.”

Seluruh rangkaian produk Cocoon telah teruji klinis sehingga dapat digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Cocoon dapat ditemukan mulai dari Rp 35,000 secara eksklusif di gerai Sociolla, website Sociolla.com, dan aplikasi SOCO.




Buktikan Kepercayaan Konsumen, Tekiro Kembali Raih Top Brand Award

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Buktikan kepercayaan konsumen, Tekiro meraih Top Brand Award untuk ke-9 kalinya berturut-turut

Marketing.co.id – Award Achievers | Pada penghujung tahun ini Tekiro Tools kembali dipercaya mendapatkan Top Brand Award 2023. Penghargaan ini menjadi yang ke-9 kalinya diterima Tekiro secara berturut-turut.

Top Brand Award merupakan apresiasi kepada brand-brand yang memenuhi kriteria Top berdasarkan survei yang dilakukan oleh Majalah Marketing bekerja sama dengan Frontier Consulting Group terhadap 12.000 responden di 15 kota besar di Indonesia.

Pengukuran kriteria Top Brand menggunakan tiga parameter. Pertama, Top of Mind Awareness yang didasarkan atas merek yang pertama kali disebut oleh responden ketika sebuah kategori produk disebutkan. Kedua, Last Used yang didasarkan atas merek yang terakhir kali digunakan oleh responden. Ketiga, Future Intention yang didasarkan atas merek yang ingin digunakan pada masa mendatang.

“Kami bersyukur atas penghargaan yang kami terima. Penghargaan Top Brand yang ke-9 kalinya ini kami dedikasikan untuk seluruh konsumen, mitra penjual dan karyawan yang telah bekerja keras dalam kemajuan brand Tekiro” ujar Stephanus Santoso, Wakil Presiden Direktur PT. Altama Surya Anugerah sebagai pemegang merek Tekiro.

Dengan selalu mengutamakan kepuasan konsumen, Tekiro akan terus berinovasi untuk menghadirkan perkakas berkualitas sesuai dengan kebutuhan pasar serta tetap mempertahankan layanan Service Centre prima.

“Terima kasih atas kepercayaan para konsumen terhadap perkakas Tekiro sebagai penunjang aktivitas kerjanya sehari-hari,” ujar Novitasari Brand Marketing Manager Tekiro.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar dan mengikuti perkembangan jaman, Tekiro saat ini hadir dengan varian perangkat mesin yang menggunakan teknologi tanpa kabel atau cordless seperti bor, mesin potong rumput, paku tembak dan varian lainnya.

 

Lanjutkan Kolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia, “Gerakan Masjid Bersih” Kembali Hadir Bersama Wipol dan Sunlight

1
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | PT Unilever Indonesia, Tbk melalui Wipol dan Sunlight memperkuat kerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) melalui program “Gerakan Masjid Bersih”. Melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang baru.

Kedua belah pihak akan kembali berkolaborasi dalam ‘Gerakan Masjid Bersih 2024’ guna mendorong terciptanya kebersihan, kehigienisan, dan kemakmuran 50.000 masjid di berbagai wilayah Indonesia, utamanya dalam mempersiapkan datangnya bulan suci Ramadhan mendatang.

Dilaksanakan sejak 2017, ’Gerakan Masjid Bersih’ adalah inisiatif sosial berkelanjutan untuk mendorong terciptanya masjid-masjid yang bersih dan nyaman bagi umat Muslim di seluruh Indonesia. Hingga kini, didukung oleh lebih dari 150.000 relawan, sebanyak 175.000 masjid di berbagai wilayah Indonesia telah menerima manfaat positif dari program ini.

Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Ketua Umum Pengurus Pusat DMI menyampaikan, ”Setiap kita shalat, tentu pertama harus wudhu untuk membersihkan diri, tetapi tentu tidak cukup kalau diri kita saja yang bersih, tempat kita shalat juga harus bersih. Ini berarti tugas kita semua sebagai amal ibadah untuk terus menjaga kebaikan dan keberlangsungannya. Apalagi dalam keadaan ini, dimana kesehatan itu harus kita jaga sebaik-baiknya.

“Masjid adalah tempat sujud, kalau tidak bersih tentu di samping ibadahnya kurang memberikan makna, juga ada dampak kesehatan. Kita sudah mengalami bagaimana hidup itu harus bersih untuk menghindari begitu banyak penyakit setelah pandemi COVID kemarin; pelajaran yang besar bagi kita semua. Saya atas nama Dewan Masjid Indonesia menyampaikan terima kasih untuk Unilever, mudah-mudahan kita bisa lanjutkan kerja sama ini menjadi lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang,” ujar dia.

Drs. H. Andi Mappaganty, MM, Ketua Bidang Sosial Kemanusiaan DMI turut berkomentar, “Ketika kami melakukan Rakernas DMI yang pesertanya datang dari seluruh Indonesia, masing-masing Ketua Dewan Pimpinan Wilayah menyampaikan terima kasih dan sangat menyambut dengan baik kerjasama ini. Apalagi menjelang bulan suci Ramadhan, jamaah merasa tenang karena masjidnya bersih, jadi tenang untuk bertarawih, qiyamul-lail, mengaji, dan sebagainya.”

‘Gerakan Masjid Bersih 2024’ sebentar lagi akan digelar guna mempersiapkan bulan Ramadhan mendatang, bulan suci dimana umat Muslim akan berbondong-bondong mendatangi masjid untuk saling bersilaturrahmi dan beribadah. Tentunya memastikan kebersihan dan kehigienisan masjid menjadi kunci penting agar seluruh kegiatan yang berlangsung di dalamnya menjadi lebih aman dan nyaman.

Di sela-sela acara, Anggya Kumala, Head of Home & Hygiene Unilever Indonesia menyatakan, “Kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang telah terjalin bersama DMI sejak 2017 melalui program ‘Gerakan Masjid Bersih’. Melihat dampak positif dan manfaat yang telah dirasakan dari program ini, maka Insya Allah jumlah masjid yang menerima manfaat akan diperluas, dengan target menjangkau 50.000 masjid di berbagai wilayah Indonesia. Dengan demikian, diharapkan akan lebih banyak umat Muslim yang memadati masjid di bulan Ramadhan nanti karena masjid mereka menjadi lebih bersih dan higienis berkat penyaluran produk dan perangkat kebersihan, serta edukasi menjaga kebersihan di area masjid.”

Gelar IDMC dan ICSC 2023 Hadirkan 4 Pembicara Utama

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Indonesia Digital Marketing Champions (IDMC) 2023 dan Indonesia Customer Service Champions (ICSC) 2023, sebuah ajang penghargaan yang mendorong pengelolaan digital marketing dan customer service yang semakin inovatif di era yang terus berkembang ini sukses digelar.

Program IDMC dan ICSC ini menampilkan best practices studi kasus digital marketing dan customer service dari perusahaan-perusahaan terpilih. Hasilnya, dipublikasikan sebagai feedback atau pembelajaran untuk para praktisi marketing, pimpinan, dan pemilik perusahaan.

Acara diawali dengan virtual conference bertajuk “Enhancing Customer Engagement through Digital Marketing & Customer Service Strategy.” Empat pembicara utama, Esther Sariowan dari Paxel, Judi Arto dari BINUS Group, Nurul Rizka Hadiningsih dari ParagonCorp, dan Natasha, Group Brand Manager Implora, berbagi cerita sukses dalam membangun strategi pemasaran digital dan layanan pelanggan yang optimal dengan memanfaatkan teknologi digital.

Natasha, Group Brand Manager Implora, menjelaskan, bagaimana Implora mengintegrasikan strategi pemasaran tradisional dan digital menjadi kekuatan baru untuk merek mereka. Judi Arto mengulas detail tentang cara tim pemasaran BINUS University menggunakan teknologi untuk mengolah big data dan menciptakan program yang efektif sesuai dengan target pasarnya.

Sementara, Esther Sariowan membagikan strategi Paxel dalam membangun bonding story dengan pelanggan, yang menjadi penguat citra merek dan pengikat loyalitas pelanggan. Nurul Rizka Hadiningsih menceritakan keberhasilan transformasi customer care di ParagonCorp melalui pengalaman pelanggan berbasis digital.

Penganugerahan penghargaan dilakukan secara virtual. Beberapa penerima award IDMC 2023 antara lain PT Espay Debit Indonesia Koe, PT Nutricia Indonesia Sejahtera, PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance), BINUS International & BINUS Business School, BAZNAS, PT Implora Sukses Abadi, Make Over from ParagonCorp, Prudential Indonesia, Sicepat Ekspres, dan PT Prodia Widyahudasa Tbk.

Sementara itu, beberapa penerima award ICSC 2023 di antaranya Nutricia Sarihusada, PT Global Unggul Mandiri (Paxel), PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance), Customer Care PT Paragon Technology and Innovation, BAZNAS, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), PT Polytama Propindo, dan PT Bank Central Asia Tbk.

Boyong R8s Series Ke Indonesia, Sharp Optimis Bisa Rayu Penggemar Fotografi

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Technology | Setelah resmi memperkenalkan Sharp Aquos R7 series pada Juli 2023 lalu, kali ini Sharp Indonesia meluncurkan Sharp Aquos R8s series ke pasar Indonesia pada 6 Desember 2023 di Jakarta.

“Smartphone AQUOS R8s Pro & AQUOS R8s yang kami bawa dari Jepang untuk pasar Indonesia tidak memiliki perbedaan yang signifikan, baik dari spesifikasi, fitur maupun desain. Kami boyong smartphone ini karena melihat tingginya minat penduduk Indonesia terhadap dunia fotografi dan videografi,” ujar Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia.

Sama-sama memiliki sistem operasi android terbaru, yaitu android 13 atau android Tiramisu, Aquos R8s dan R8s Pro sama-sama memiliki layar IGZO OLED. Aquos R8s memiliki layar 6,4 inci sedangkan Aquos R8s Pro memiliki layar 6,6 inci.

Selain itu kedua ponsel ini ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 dan mendukung kecepatan refresh variabel 1 Hz hingga 240 Hz.

Kamera utama Aquos R8s Pro memiliki resolusi 47 MP (f/1.9), dengan depth sensor resolusi 1,9 MP. Dibekali Sensor kamera 1 inch AQUOS R8s Pro dapat menangkap gradasi warna, cahaya, lebih sedikit distorsi dan gambar yang lebih nyata.

R8s dibekali kamera utama 50 MP dan kamera ultrawide 13 MP. Selain itu Sharp AQUOS R8s Pro dibenamkan sensor spectrum 14ch saluran yang dapat mendeteksi lebih dari 600 sumber cahaya yang berbeda.

Tes ketahanan di dalam air. Sharp AQUOS R8s series bersertifikat IP68 waterproof yang anti terhadap debu dan air, bahkan dapat digunakan di dalam air hingga kedalaman 2 meter selama 30 menit. Foto: marketing.co.id/lialily.

Sharp Aquos R8s dibekali RAM 8GB dengan memori penyimpanan berkapasitas 256 GB. Sedangkan Aquos R8s Pro dibekali RAM 12GB dengan memori 256 GB. Kedua series tersebut telah bersertifikat IP68 waterproof yang anti terhadap debu dan air, bahkan dapat digunakan di dalam air hingga kedalaman 2 meter selama 30 menit.

AQUOS R8s Pro terpasang baterai 5.000 mAh, sedangkan pada AQUOS R8s memiliki baterai 4.570 mAh. Setiap pembelian Sharp Aquos R8s series akan mendapatkan lensa filter tambahan yang dilengkapi dengan multi layer – coating filter untuk menghasilkan cahaya yang lebih berkilau.

Sharp AQUOS R8s Series akan mulai tersedia dipasar Indonesia pada tanggal 12 Desember 2023. Tersedia dengan satu pilihan warna hitam, AQUOS R8s Pro dibanderol harga IDR 15.999.000 dan Sharp AQUOS R8s tersedia dua pilihan yaitu warna biru dan krem dilempar kepasasaran dengan harga IDR 12.999.000.

Kedua ponsel tersebut dapat dibeli di official online store Sharp Indonesia serta semua tradisional channel, Erajaya Digital Group Channel dan e-commerce terkemuka. (MM/Lya)

 

Ikan Tilapia Kaya akan Gizi dan tak Kalah dengan Ikan Impor

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Sebagaj negara yang sebagian besarnya wilayahnya terdiri dari perairan Indonesia kaya akan berbagai jenis ikan. Salah satunya ikan tilapia yang dibudidayakan di air tawar. Ikan tilapia produksi Indonesia bahkan sudah diekspor ke manca negara.

Regal Springs Indonesia adalah pelopor bisnis budidaya ikan tilapia di Indonesia. Perusahaan ini memiliki fasilitas budidaya ikan Tilapia di danau Toba, Sumatera Utara. Rudolf Hoeffelman President Director Regal Springs Indonesia, mengatakan ikan tilapia adalah salah satu komoditas andalan ekspor Indonesia.

“90% ikan tilapia produksi Regal Springs Indonesia diekspor dan kami tidak pernah mendapat komplain dari negara tujuan ekspor” tutur Rudolf saat membuka acara edukasi bertema “Makan Ikan, Investasi Sehat Untuk Generasi Emas” di Ranch Market Pondok Indah, Jakarta, Kamis (7/12/23).

Rudolf juga menegaskan dalam membudiyakan tilapia, Regal Springs mengadopsi konsep budidaya ikan yang baik dan keberlanjutan. “Kami memiliki pertenakan di Danau Toba yang kualitas airnya kita jaga dan ikan dibudidayakan dengan cara baik di area yang luas, sehingga ikan tidak berdesak-desakan,” katanya.

Meskipun sebagaian besar produknya diekspor, Royal Springs tetap gencar mengedukasi masyarakat Indonesia agar gemar menyantap ikan menimbang besarnya manfaat dari mengonsumsi ikan. “Makan ikan lebih sehat dibandingkan makan daging ayam dan daging sapi meski sama-sama mengandung protein,” tandas Rudolf.

Baca juga: Kalbe Berikan Edukasi Pentingnya Protein untuk Mencegah Stunting

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)

Emy Khonifah Ketua Tim Kerja Promosi Dalam Negeri Direktorat Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan & Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, dalam paparannya menyatakan, bahwa RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2020 -2024, ikan dinyatakan sebagai salah satu sumber pangan domestik yang ketersediaanya menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam mencapai keamanan pangan dan gizi.

“Produk perikanan yang berkelanjutan sangat penting bagi ketahanan pangan global di masa depan sekaligus menjawab kebutuhan nutrisi masyarakat. Saat ini KKP terus mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, pemerintah hingga perusahaan untuk mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional melalui konsumsi ikan dalam upaya penurunan prevalensi stunting,” kata Emy.

Pendekatan program Gemarikan sendiri dilakukan melalui penguatan pasokan ikan, penguatan demand, pengembangan inovasi, serta penguatan kerjasama dan sinergi program.

ikan tilapia
Ki Ka: Rudolf Hoeffelman – President Director Regal Springs Indonesia, Emy Khonifah Ketua Tim Kerja Promosi Dalam Negeri Direktorat Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan & Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ratna Yudythia – Head of Sales & Marketing Regal Springs Indonesia, serta ⁠Dr-Ing Dase Hunaefi

Selain manfaatnya bagi kesehatan, KKP juga menggarisbawahi bagaimana ikan berpengaruh kepada peningkatkan daya saing produk kelautan dan perikanan di Indonesia. Salah satu yang menjadi komoditi andalan bagi Indonesia adalah ikan tilapia, yang masuk dalam jajaran lima komoditi andalan ekspor Indonesia.

“Saingan Indonesia di pasar ekspor ikan tilapia yakni China dan Kolumbia. Hanya saja saya menyarankan agar Regal Springs juga bisa meningkatkan pasarnya di dalam negeri, kalau 20% ditujukan untuk pasar dalam negeri itu sudah bagus,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Emy juga memuji ikan tilapia Regal Springs yang menurutnya sudah diproduksi dengan memperhatikan aspek keberlanjutan. “Semua bagian dari ikan tilapia bisa menghasilkan fulus seperti sisik, tulang, kepala ikan, jadi sudah zero waste,” tandasnya. Emy juga mengatakan, ikan tilapia tidak kalah kualitasnya dengan ikan impor, seperti ikan salmon.

Pembicara lainnya Dr.Ing. Dase Hunaefi dari IPB menekankan pentingnya makan ikan sebagai sebuah investasi jangka panjang dari nutrisi memadai yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan penelitan Ikan tilapia memiliki kandungan protein tinggi dan nutrisi penting lainnya, seperti Omega-6, vitamin D dan asam amino esensial.

“Ikan memberikan banyak keunggulan. Salah satunya, adalah protein. Yaitu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan sel-sel tubuh,” kata Dr. Dase.

Yang tidak banyak diketahui, ternyata protein juga membantu menjaga kesehatan organ vital dan membantu dalam manajemen berat badan. “Kebahagiaan bermula dari dapur dan ikan. Protein bisa meningkatkan gairah. Kalau suami lapar malam-malam jangan dikasih karbohidrat tapi kasih aja protein,” katanya.

Selain itu, protein ikan mudah dicerna dan diserap oleh tubuh manusia, lebih baik dibandingkan sumber protein hewan lainnya, seperti ayam, daging sapi atau kambing. Ikan tilapia yang rendah kalori dan juga bebas lemak jenuh yang berbahaya, menjadikannya makanan ideal bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Baca juga: Ajinomoto & BKKBN Berikan Inspirasi Menu Makanan Bergizi dengan Bijak Garam

Pada kesempatan yang sama Ratna Yudythia, Head of Sales & Marketing Regal Springs Indonesia, menegaskan kualitas iklan tilapia tidak kalah dengan iklan salmon.

Keunggulan ikan tilapia yang diproduksi oleh Regal Springs Indonesia memiliki kandungan protein yang tinggi, vitamin D, lemak rendah, bebas antibiotik dan bahan kimia, tidak bau tanah, memenuhi standar sertifikasi nasional dan internasional, memiliki rasa segar dan alami, memiliki tekstur yang lembut, kandungan protection glazing 6-8 persen, daging yang berwarna putih, serta dibudidayakan di danau air tawar yang terjaga ekosistemnya.

“Iklan tilapia kami dibudiyakan di danau Toba yang kualitas airnya sangat djperhatikan, dan ikan dapat pasokan oksigen dari air yang mencukupi. Ikan tilapia juga tidak amis dan bau lumpur,” tuturnya.

BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera Kembangkan SDM Unggul dalam Hadapi Tantangan Teknologi

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Di era digital saat ini, minat masyarakat terhadap produk dan layanan berbasis kreativitas semakin meningkat. Indonesia, sebagai negara dengan budaya dan potensi kreatif yang besar, menjadi tempat yang subur untuk eksplorasi potensi bisnis kreatif. Namun, dengan perkembangan teknologi AI, penting untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia, khususnya dalam bisnis kreatif, agar mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi.

BINUS UNIVERSITY, khususnya BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera memiliki peran strategis dalam mendukung eksplorasi bisnis kreatif di Kota Tangerang Selatan. Binus Alam Sutera, dengan pendekatan berorientasi bisnis kreatif, menjadi pendorong inovasi dan kreativitas di wilayah tersebut.

Prof. Dr. Lim Sanny, S.T., M.M., selaku BINUS @Alam Sutera Campus Director, menyatakan, “BINUS @Alam Sutera sebagai creative business campus memiliki peran penting dalam menyusun kurikulum yang mengintegrasikan konsep bisnis kreatif ke dalam program studi. Hal ini menciptakan lulusan yang siap berkontribusi dalam pengembangan industri kreatif.”

Selain itu, BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera menjembatani kolaborasi antara mahasiswa dan industri kreatif lokal melalui program magang, proyek kolaboratif, dan kegiatan workshop bersama perusahaan kreatif di Kota Tangerang Selatan.

BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera juga mendirikan pusat inovasi dan riset kreatif untuk mengembangkan ide-ide baru dan solusi kreatif. Pusat ini menjadi katalisator untuk proyek inovatif melibatkan mahasiswa, dosen, dan pelaku industri lokal, menciptakan lingkungan yang mendukung eksplorasi bisnis kreatif.

Sebagai penyokong utama inkubator bisnis kreatif dan startup lokal, BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera memberikan akses ke fasilitas, mentor, dan sumber daya lainnya untuk membantu mahasiswa mewujudkan ide kreatif menjadi bisnis yang berkelanjutan. Jurusan Business Creation memberikan bimbingan dan praktek langsung bagi mahasiswa untuk mendirikan usaha, sambil mengintegrasikan pengembangan keterampilan soft skills seperti kepemimpinan dan kolaborasi.

Sandra Kosasih, Chairman Advisor Sinar Mas Land dan alumni BINUS BUSINESS SCHOOL, menyatakan, “Kami berharap BINUS @Alam Sutera menjadi pionir dalam menghasilkan generasi pengusaha kreatif yang berdaya saing global dan terampil dalam mengintegrasikan teknologi digital.”

Dengan membangun kemitraan strategis di industri kreatif dan memberdayakan komunitas lokal, BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera diharapkan dapat berperan aktif dalam transformasi positif ekosistem bisnis kreatif di Kota Tangerang Selatan. Melalui fokus pada pendidikan mendalam dan pemberdayaan lulusan, Binus Alam Sutera diharapkan memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan untuk pertumbuhan bisnis kreatif dan pembangunan masyarakat di wilayah tersebut.

Integrasi Data Percepat Penerapan Penggunaan Teknologi

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Data berintegrasi tinggi sangat dibutuhkan untuk menghasilkan informasi pembangunan yang lebih akurat, sehingga dapat digunakan dalam pembuatan kebijakan publik berbasis bukti.

Namun demikian, dalam pelaksanaannya, pemenuhan data pemerintah yang berintegritas tinggi menemui beberapa tantangan, di antaranya adalah tumpang tindih data, baik di tingkat pusat maupun daerah, akurasi data yang rendah, ketidak mutakhirkan data, sulitnya akses data lintas instansi, serta pengelolaan data yang lemah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ivanovich Agusta mengungkapkan bahwa transformasi digital di Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi sebenarnya memiliki dua sisi, yakni yang di dalam kementerian itu sendiri dan yang berkaitan dengan desa.

Sisi yang pertama berada di kementerian, yakni seluruh aspek kebijakan maupun operasional sehari-hari sudah berbasis teknologi informasi. Kedua, berkaitan dengan desa, baik desa transmigrasi maupun yang masih tertinggal, semua informasinya dapat dilihat oleh publik melalui sistem informasi desa, yaitu di laman sid.kemendesa.go.id dan semua informasi sudah terintegrasi ke sana.

Namun, ada yang menarik tentang data, menurut Ivanovich, semakin seseorang atau suatu lembaga mampu mengkompilasi banyak data, maka orang atau lembaga tersebut akan memiliki pengetahuan yang lebih detail dan Kementerian Desa menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat desa.

Sebagai contoh, bagi desa-desa yang memiliki data, kemudian ingin menyimpan di Kementerian Desa dan untuk selanjutnya menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, bisa menggunakan data-data, baik itu data individu ataupun keluarga. Namun dengan catatan, ada perjanjian maka semua informasinya langsung terkompilasi ke pusat.

“Tapi, ada hal yang menarik, kalau data itu semakin kita bisa mengkompilasi banyak data, maka kita mengetahui punya pengetahuan yang lebih detail, sehingga idenya memang Kementerian Desa menyediakan semua fasilitas, misalnya bagi desa-desa yang dia punya data, kemudian mau menyimpan di Kementerian Desa. Dan, kemudian ada kerja sama antara desa dengan pemerintah daerah, supaya bisa menggunakan data-data, baik itu data individu, keluarga-tapi harus ada perjanjian, kemudian semua itu terkompilasi ke pusat,” kata Ivanovich dalam Talkshow Integrasi SPBE Pilar Transformasi Digital Indonesia: Menuju Transformasi Digital dengan Integrasi Data, yang terselenggara atas Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Di acara yang sama, Muhammad Apriandito A.S. dari Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia menambahkan, adanya integrasi antara satu titik di dalam suatu kementerian dengan kementerian lainnya bisa mempercepat penerapan penggunaan teknologi, termasuk data itu sendiri.

“Saya tidak menyangka bahwa sekarang datanya sudah terintegrasi di pemerintahan. Ketika seseorang misalnya mengklik desa bisa langsung masuk ke kementerian lain, itu sangat luar biasa, dan sebagai warga negara itu yang kita harapkan juga, adanya integrasi antara satu titik data di suatu kementerian dengan kementerian-kementerian yang lainnya, sehingga proses-proses integrasi itu juga mempercepat penetrasi penggunaan teknologi, termasuk data itu sendiri di Indonesia,” ujar Apriandito.

Bank Muamalat dan Insight Berangkatkan Umroh Secara Gratis untuk Masyarakat Kurang Mampu

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT Bank Muamalat Indonesia Tbk bersama PT Insight Investments Management telah berhasil memberangkatkan masyarakat belum mampu untuk menjalani ibadah umrah ke Tanah Suci. Program ini menjadi bukti nyata komitmen kedua entitas tersebut dalam menghubungkan investasi dengan amal.

Bank Muamalat
Dedy Suryadi Dharmawan SEVP Retail Banking Bank Muamalat.

Dalam keterangannya, SEVP Retail Banking Bank Muamalat, Dedy Suryadi Dharmawan, menjelaskan bahwa keberhasilan program ini dapat terwujud berkat dukungan aktif dari para nasabah Bank Muamalat yang berinvestasi dalam reksa dana Insight Haji (I-Hajj Syariah Fund). Biaya perjalanan jemaah umrah sepenuhnya ditanggung oleh penyisihan sebagian nilai aktiva bersih reksa dana I-Hajj Syariah Fund, yang disalurkan dalam bentuk infaq. Penting dicatat bahwa ini tidak mengurangi potensi keuntungan yang diterima oleh investor.

“Program penjualan ini didesain khusus, di mana nasabah tidak hanya berinvestasi tetapi juga dapat beramal. Nasabah yang telah berinvestasi berhak memilih orang kurang mampu untuk diberangkatkan umrah secara gratis,” ujar Dedy.

Lebih lanjut, Dedy menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan dalam dua tahap. Sebanyak empat jemaah telah diberangkatkan pada bulan November lalu, sementara sisanya akan berangkat pada tahun depan. Dengan antusiasme yang tinggi dari nasabah, Bank Muamalat berencana melanjutkan program ini pada tahun mendatang.

Komisaris Independen PT Insight Investments Management, M. Jani, menekankan bahwa program ini merupakan bagian dari komitmen Insight IM terhadap misi transforming investment into social impact. “Sejak 2005, Insight telah berhasil memberangkatkan sekitar 750 jemaah, menjadi bukti konkret bahwa investasi dapat menjadi sarana untuk menciptakan dampak sosial positif,” katanya.

Adanya animo yang tinggi dari nasabah Bank Muamalat untuk membeli reksa dana syariah terlihat dari peningkatan jumlah investor per 30 September 2023, yang tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Keberhasilan ini dapat diatributkan pada produk reksa dana di Bank Muamalat yang sesuai dengan karakter dan profil risiko nasabah, yang mengutamakan aspek kesyariahan, return optimal, fitur kupon, serta risiko yang terukur.

Sebagai informasi tambahan, Bank Muamalat telah meluncurkan inovasi digital bernama Gerai Reksa Dana Syariah. Gerai ini, yang dapat diakses melalui aplikasi mobile banking Muamalat DIN, merupakan gerai reksa dana bank pertama yang sepenuhnya syariah di Tanah Air. Gerai ini memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi pendaftaran, pembelian, penjualan, dan pemantauan atas produk reksa dana syariah.

Dengan adanya program ini, Bank Muamalat dan Insight Investments Management tidak hanya berhasil menggerakkan pasar keuangan syariah, tetapi juga membuka peluang bagi masyarakat yang kurang mampu untuk mewujudkan impian ibadah umrah mereka.

 

Indosat Hadirkan Season 2 Web Series Sitkom “Kalau Jodoh Tak Kemana”

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) kembali menghadirkan konten serial atau web series berjudul ‘Kalau Jodoh Takkan Kemana (KJTK)’ Season 2.

Steve Saerang, SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison (berdiri, ketiga dari kiri) bersama pemain serial sitkom “Kalau Jodoh Tak Kemana”, berpose bersama usai pemutaran perdana serial yang masuk season 2. KJTK bisa ditonton di chanel Youtube Indosat mulai tanggal 6 Desember 2023. Foto: marketing.co.id/lialily.

Tayangan yang digarap bersama Ernest Prakasa dan Imajinari production house ini dapat ditonton lewat kanal YouTube Indosat mulai tanggal 6 Desember 2023.

Serial ini terdiri dari delapan episode dan diracik oleh sutradara muda berbakat, Naya Anindita yang memberikan sentuhan berbeda di Season 2. Pengalamannya sebagai sutradara di berbagai film panjang dan web series selama sepuluh tahun terakhir, membuat Season 2 mengedepankan kualitas seni visual dan narasi.

Tiap episodenya hadir dengan cerita yang segar dan menghibur dengan alur cerita yang secara sengaja dikemas untuk membuat penonton penasaran.

Steve Saerang, SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Konten serial Kalau Jodoh Takkan Kemana Season 2 kami hadirkan kembali karena tingginya animo penonton. Konten serial ini merupakan bentuk dukungan Indosat Ooredoo Hutchison terhadap industri kreatif Tanah Air khususnya dunia perfilman. Kisah yang disajikan dalam konten serial KJKTK Season 2 ini juga menggambarkan nilai-nilai, budaya, dan lingkungan kerja di Indosat yang progresif, inklusif, serta dinamis. Harapannya, konten serial ini dapat mempertegas posisi Indosat sebagai salah satu digital trendsetter di industri.”

Serial KJTK Season 2 bertujuan sebagai medium omnichannel dari Indosat dalam mempromosikan serangkaian program terbaru ataupun yang sedang berjalan kepada masyarakat luas melalui saluran yang mudah dipahami secara masif.

Menduduki kursi Executive Producer, Manajemen Indosat turut memberikan ide dan masukan dalam penyusunan cerita agar visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan bisa disajikan dalam sebuah karya audio visual yang diapresiasi penonton.

Ernest Prakasa selaku Produser sekaligus pemilik Imajinari Production House yang menaungi dari KJTK Season 1 menyampaikan kegembiraannya, “Saya berterima kasih kepada Indosat Ooredoo Hutchison, atas kepercayaan dan dukungannya hingga kami sampai di produksi KJTK Season 2 ini. Dalam rangka perayaan ulang tahun Indosat yang ke-56 tahun, kami melakukan inovasi dengan mengubah KJTK dari komedi romantis menjadi sitkom. Dengan perubahan ini, kami ingin menghadirkan kolaborasi yang unik dan menghibur antara Indosat dan Imajinari serta berharap penonton menikmati format baru ini.”

Meneruskan keseruan di season pertama, KJTK Season 2 mengisahkan kehidupan percintaan dan tantangan Satha di posisi barunya. Di balik jabatan serta tugas di kantor yang semakin menyenangkan, ada tanggung jawab bisnis yang membuat Satha sulit untuk mengatur waktu dengan Trio.

Penonton juga diperkenalkan dengan beberapa karakter baru di dunia Satha, seperti pacar Bams bernama Miza yang penyayang sekaligus pencemburu, dan Rasya sebagai staf Satha yang pendiam karena malu memiliki aksen bahasa yang mencolok, tetapi sering mengoceh ketika dia marah, serta Stevie, anak magang yang sering muncul dengan ide-ide out of box.

Selain menampilkan karakter lama dari Season 1 seperti Trio (Chicco Kurniawan), Satha (Nadine Alexandra), Bams (Ge Pamungkas), Mail (Yono Bakrie), Laras (Leyla Aderina), dan Dre (Lukas Octavianus), beberapa karakter baru akan diperkenalkan di Season 2.

KJTK Season 2 dapat ditonton di saluran resmi YouTube Indosat Ooredoo Hutchison. (MM/Lya)

Pentingnya Menerapkan Self-Care Untuk Diri Yang Lebih Bahagia

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
Tiara Puspita, Psikolog

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Dalam hiruk-pikuk rutinitas kehidupan yang sering kali penuh dengan berbagai aktivitas, kita sering lupa arti sejati dari asa dan kebahagiaan diri. Namun, apa jadinya jika kita berhenti sejenak, dan berfikir kembali sudahkan memberi ruang dan waktu untuk kesejahteraan diri?

Padahal, berinvestasi waktu dan perhatian pada diri sendiri melalui self-care menjadi salah satu langkah penting untuk mencapai keseimbangan dan kebahagiaan dalam hidup. Self-care atau merawat diri baik membantu mewujudkan hidup yang lebih sehat, relaks dan bahagia. Oleh karena itu, penting untuk menerapkannya agar membantu kita menjadi produktif dan mengurangi tekanan dalam kegiatan sehari-hari.

Pentingnya menerapkan self-care untuk diri yang lebih bahagia

Menyikapi makna self-care sebagai suatu konsep yang mencakup serangkaian tindakan untuk merawat dan meningkatkan kesejahteraan fisik, emosional, dan mental. Dengan mengaplikasikannya, kita berpeluang untuk menciptakan daya resiliensi yang cukup untuk membantu tubuh dan pikiran dalam mengelola tekanan dan stres dalam hidup, serta mampu meningkatkan kualitas hubungan dengan diri sendiri dan orang terdekat.

Tiara Puspita, Psikolog mengungkapkan kesadaran untuk melakukan rutinitas perawatan diri telah diakui dan diperingati setiap tahunnya oleh komunitas internasional dimana melambangkan bahwa manfaat self-care dapat dirasakan sepanjang hidup, bukan hanya dalam satu hari saja.

Self-care sendiri menurut Tiara, mengacu pada individual, keluarga, dan komunitas yang senantiasa menjaga kesehatan, mencegah penyakit, dengan atau tanpa dukungan dari tenaga kesehatan.

“Kita perlu lebih peka terhadap sinyal yang dikirimkan tubuh dan pikiran. Tanpa disadari, diri kita sering memperlihatkan gejala sebagai sinyal yang mengingatkan akan perawatan diri, mulai dari tubuh yang kelelahan, mood dan pikiran mengalami kejenuhan, stres, hingga kecemasan. Hal ini perlu diperhatikan dan dirawat, tujuannya agar daya fokus dan produktivitas kita tetap terjaga, dan tentunya hidup jadi lebih tenang dan bahagia,” ujarnya.

Menerapkan rutinitas self-care bukanlah sebuah hal yang sulit dan merepotkan. Selain memprioritaskan kesehatan fisik dan mental diri sendiri, hal ini juga dapat mendukung terciptanya hubungan yang baik dengan orang terdekat termasuk pasangan suami istri.

Menemani pengguna menciptakan momen self-care terbaiknya, Shopee 12.12 Birthday Sale menghadirkan deretan promo spesial Gratis Ongkir Rp0 Sepuasnya, Gebyar Promo Mobil 12RB dan Bonus Akhir Tahun 12M, serta ragam kelengkapan produk yang bisa dinikmati.

Shopee juga melakukan kolaborasi spesial sepanjang kampanye 12.12 bersama mitra brand lokal dan UMKM untuk menghadirkan ragam pilihan produk perawatan kulit khususnya self-care yang berkualitas dengan berbagai promo menarik dan menguntungkan.

Cahaya Natural misalnya, brand perawatan kulit lokal ini telah menyiapkan rangkaian promosi dan diskon menarik di antaranya harga heboh Rp 12,000 untuk produk best seller, hingga e-wallet eksklusif dan bundle produk menarik. Ada juga hadiah khusus berupa Travel Package yang cocok menemani aktivitas liburan keluarga akhir tahun.

3 Tips Menjalankan Resolusi Akhir Tahun dari Sequis

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Akhir tahun 2023 semakin dekat, mengisyaratkan saat yang tepat bagi kita untuk merenung dan merencanakan upaya menjadi lebih sukses di tahun yang akan datang. Salah satu cara yang efektif adalah dengan membuat resolusi akhir tahun. Fandi Murdani, Faculty Head Sequis Quality Builder Sequis Training Academy of Excellence, memberikan wawasan bahwa resolusi bukan hanya sekadar daftar harapan, tetapi juga panduan untuk sukses sepanjang tahun baru 2024.

sequis

“Membuat resolusi akhir tahun dapat menjadi pemicu semangat untuk menjalankan aktivitas pada tahun mendatang. Namun, untuk mewujudkannya, diperlukan konsistensi, tekad, dan semangat yang tinggi,” ujar Fandi.

Berikut adalah tiga tips dari Fandi agar resolusi yang Anda buat tidak hanya menjadi impian sesaat, melainkan dapat dijalankan dengan semangat dan konsistensi:

  1. Menyusun Fondasi Bertahap

Membuat resolusi akhir tahun 2023 sebenarnya seperti mendirikan fondasi untuk mencapai kesuksesan di tahun-tahun berikutnya. Fandi menyarankan untuk membuat daftar resolusi yang dapat direalisasikan, dengan menyusunnya secara bertahap. Urutkan dari yang mudah dicapai dalam jangka pendek hingga yang memerlukan usaha lebih besar, namun Anda yakin masih dapat dicapai. Fandi menekankan pentingnya membuat daftar yang detail dan bertahap agar resolusi dapat dijalankan secara konsisten.

  1. Buat Target dengan Batas Waktu

Setelah menyusun resolusi, jangan lupa untuk menetapkan kapan Anda akan memulai dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapainya. Menetapkan batas waktu dan target sangat membantu untuk mengukur kemampuan dan potensi Anda dalam mencapainya. Fandi memberikan contoh, jika resolusi Anda terkait dengan keuangan, tentukan jumlah investasi yang harus terkumpul pada akhir tahun, pilih instrumen keuangan yang mendukung, dan tetapkan periode top-up investasi.

  1. Antisipasi Risiko dengan Asuransi

Fandi menekankan pentingnya antisipasi risiko finansial yang dapat menghambat pencapaian resolusi. Seringkali, kendala seperti sakit, kecelakaan, atau kejadian tragis lainnya dapat berdampak signifikan pada perencanaan keuangan. Untuk mengatasi hal ini, Fandi menyarankan agar masyarakat memahami cara kerja pertanggungan proteksi asuransi.

“Minimalisir risiko finansial dengan memiliki proteksi jiwa dan pertanggungan biaya kesehatan yang maksimal. Asuransi jiwa dapat memberikan Uang Pertanggungan yang menjaga kualitas hidup keluarga, bahkan setelah kehilangan pencari nafkah,” tambah Fandi.

Dengan menyusun resolusi secara bertahap, menetapkan target dengan batas waktu, dan mengantisipasi risiko dengan asuransi, kita dapat memasuki tahun baru dengan semangat dan keyakinan untuk meraih kesuksesan yang diidamkan. Selamat merencanakan dan menjalankan resolusi akhir tahun, semoga tahun baru membawa keberhasilan dan prestasi yang gemilang.

[Survei] Gaji Karyawan di Indonesia Diperkirakan Naik 6,5% di 2024

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Sebagian besar industri memperkirakan kenaikan gaji yang lebih tinggi pada tahun 2024, kecuali industri High Tech.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Survei Total Remunerasi (Total Remuneration Survey/TRS) 2023 yang diadakan Mercer mengungkapkan bahwa gaji para karyawan di Indonesia diperkirakan akan naik rata-rata sebesar 6,5% pada 2024. Angka ini menunjukkan tren kenaikan yang konsisten sejak dua tahun terakhir, dari kenaikan 6,3% di 2023 dan 6% di 2022. Survei TRS ini melibatkan 570 organisasi dari tujuh industri di Indonesia yang dilakukan antara April dan Juni 2023.

Proyeksi tren kenaikan gaji di Indonesia sebesar 6,5% di 2024 berada di atas rata-rata Asia yaitu sebesar 5,2%. Hal ini mencerminkan pertumbuhan positif dalam tren gaji karyawan di Indonesia dibandingkan dengan pasar lain di kawasan tersebut. Di seluruh Asia, India dan Vietnam memimpin dengan proyeksi kenaikan gaji rata-rata tertinggi yaitu 9,3% dan 7%.

Sebaliknya, Jepang (2,6%), Taiwan (3,8%), dan Hong Kong (3,9%) memiliki proyeksi kenaikan gaji yang terendah di kawasan ini. Pasar lain yang termasuk dalam survei ini menunjukan tren pertumbuhan gaji yang bervariasi seperti Filipina (5,7%), Cina Daratan (5,2%), Thailand (4,7%), Korea Selatan (4,4%) dan Singapura (4,2%).

Astrid Suryapranata, Mercer Indonesia Market Leader mengatakan, tren kenaikan gaji yang konsisten di Indonesia hingga lebih tinggi dibandingkan dengan pasar negara maju disebabkan oleh beberapa faktor seperti kenaikan upah minimum, kenaikan biaya hidup yang berkelanjutan, dan persaingan ketat untuk mendapatkan karyawan. Kenaikan gaji yang stabil di tahun 2024 juga menandakan optimisme bisnis di tengah ketidakpastian sosial-ekonomi, diimbangi dengan kebutuhan industri untuk tetap kompetitif dalam persaingan talenta saat ini.

Sektor Automotive, Life Sciences dan Chemicals di Indonesia memimpin pasar tren kenaikan gaji tahun 2024

Terlepas dari ketidakpastian yang mungkin ditimbulkan Pemilihan Umum yang akan datang di Indonesia, sebagain besar industri optimis dan memproyeksi kenaikan gaji yang sedikit lebih tinggi. Berdasarkan temuan survei TRS, sektor Automotive, Life Sciences, dan Chemicals diprediksi akan memimpin tren kenaikan gaji 2024 dengan proyeksi gabungan sebesar 6,8%.

Hal ini mencerminkan persaingan talenta yang akan semakin ketat di industri tersebut, akibat investasi baru dan kebutuhan untuk meningkatkan daya saing gaji. Sedangkan, jika dibandingkan kenaikan gaji di tahun sebelumnya, sektor Consumer Goods (6,5%) mengantisipasi kenaikan gaji yang sedikit lebih tinggi.

Namun pada saat bersamaan, di industri High Tech, khususnya perusahaan baru, mengalami tantangan dalam mendapatkan pendanaan dari investor. Perubahan suku bunga juga menjadi salah satu faktor yang memperlambat pertumbuhan investasi. Akibatnya, karyawan di industri High Tech diprediksi menerima kenaikan gaji lebih rendah di 2024 yaitu sebesar 6,3% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 6,5%.

Douglas Ure, Marsh McLennan Indonesia CEO menekankan pentingnya mengoptimalkan total rewards dalam strategi tenaga kerja di 2024. “Ketika para profesional SDM dan pemimpin bisnis merencanakan tahun depan, sangat penting untuk menyusun ulang program rewards secara strategis dan menyelaraskan dengan nilai dan harapan karyawan. Dengan menghubungkan rewards dengan kinerja dan memperkenalkan benefits non-moneter yang signifikan, diharapkan perusahaan dapat menciptakan tawaran rewards yang lebih menarik. Hal ini tidak hanya akan menjaga daya saing talenta, tetapi juga mendorong keterlibatan dan produktivitas karyawan.”