Bank Muamalat dan Insight Berangkatkan Umroh Secara Gratis untuk Masyarakat Kurang Mampu

Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT Bank Muamalat Indonesia Tbk bersama PT Insight Investments Management telah berhasil memberangkatkan masyarakat belum mampu untuk menjalani ibadah umrah ke Tanah Suci. Program ini menjadi bukti nyata komitmen kedua entitas tersebut dalam menghubungkan investasi dengan amal.

Bank Muamalat
Dedy Suryadi Dharmawan SEVP Retail Banking Bank Muamalat.

Dalam keterangannya, SEVP Retail Banking Bank Muamalat, Dedy Suryadi Dharmawan, menjelaskan bahwa keberhasilan program ini dapat terwujud berkat dukungan aktif dari para nasabah Bank Muamalat yang berinvestasi dalam reksa dana Insight Haji (I-Hajj Syariah Fund). Biaya perjalanan jemaah umrah sepenuhnya ditanggung oleh penyisihan sebagian nilai aktiva bersih reksa dana I-Hajj Syariah Fund, yang disalurkan dalam bentuk infaq. Penting dicatat bahwa ini tidak mengurangi potensi keuntungan yang diterima oleh investor.

“Program penjualan ini didesain khusus, di mana nasabah tidak hanya berinvestasi tetapi juga dapat beramal. Nasabah yang telah berinvestasi berhak memilih orang kurang mampu untuk diberangkatkan umrah secara gratis,” ujar Dedy.

Lebih lanjut, Dedy menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan dalam dua tahap. Sebanyak empat jemaah telah diberangkatkan pada bulan November lalu, sementara sisanya akan berangkat pada tahun depan. Dengan antusiasme yang tinggi dari nasabah, Bank Muamalat berencana melanjutkan program ini pada tahun mendatang.

Komisaris Independen PT Insight Investments Management, M. Jani, menekankan bahwa program ini merupakan bagian dari komitmen Insight IM terhadap misi transforming investment into social impact. “Sejak 2005, Insight telah berhasil memberangkatkan sekitar 750 jemaah, menjadi bukti konkret bahwa investasi dapat menjadi sarana untuk menciptakan dampak sosial positif,” katanya.

Adanya animo yang tinggi dari nasabah Bank Muamalat untuk membeli reksa dana syariah terlihat dari peningkatan jumlah investor per 30 September 2023, yang tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Keberhasilan ini dapat diatributkan pada produk reksa dana di Bank Muamalat yang sesuai dengan karakter dan profil risiko nasabah, yang mengutamakan aspek kesyariahan, return optimal, fitur kupon, serta risiko yang terukur.

Sebagai informasi tambahan, Bank Muamalat telah meluncurkan inovasi digital bernama Gerai Reksa Dana Syariah. Gerai ini, yang dapat diakses melalui aplikasi mobile banking Muamalat DIN, merupakan gerai reksa dana bank pertama yang sepenuhnya syariah di Tanah Air. Gerai ini memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi pendaftaran, pembelian, penjualan, dan pemantauan atas produk reksa dana syariah.

Dengan adanya program ini, Bank Muamalat dan Insight Investments Management tidak hanya berhasil menggerakkan pasar keuangan syariah, tetapi juga membuka peluang bagi masyarakat yang kurang mampu untuk mewujudkan impian ibadah umrah mereka.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.