Lanjutkan Kolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia, “Gerakan Masjid Bersih” Kembali Hadir Bersama Wipol dan Sunlight

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | PT Unilever Indonesia, Tbk melalui Wipol dan Sunlight memperkuat kerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) melalui program “Gerakan Masjid Bersih”. Melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang baru.

Kedua belah pihak akan kembali berkolaborasi dalam ‘Gerakan Masjid Bersih 2024’ guna mendorong terciptanya kebersihan, kehigienisan, dan kemakmuran 50.000 masjid di berbagai wilayah Indonesia, utamanya dalam mempersiapkan datangnya bulan suci Ramadhan mendatang.

Dilaksanakan sejak 2017, ’Gerakan Masjid Bersih’ adalah inisiatif sosial berkelanjutan untuk mendorong terciptanya masjid-masjid yang bersih dan nyaman bagi umat Muslim di seluruh Indonesia. Hingga kini, didukung oleh lebih dari 150.000 relawan, sebanyak 175.000 masjid di berbagai wilayah Indonesia telah menerima manfaat positif dari program ini.

Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Ketua Umum Pengurus Pusat DMI menyampaikan, ”Setiap kita shalat, tentu pertama harus wudhu untuk membersihkan diri, tetapi tentu tidak cukup kalau diri kita saja yang bersih, tempat kita shalat juga harus bersih. Ini berarti tugas kita semua sebagai amal ibadah untuk terus menjaga kebaikan dan keberlangsungannya. Apalagi dalam keadaan ini, dimana kesehatan itu harus kita jaga sebaik-baiknya.

“Masjid adalah tempat sujud, kalau tidak bersih tentu di samping ibadahnya kurang memberikan makna, juga ada dampak kesehatan. Kita sudah mengalami bagaimana hidup itu harus bersih untuk menghindari begitu banyak penyakit setelah pandemi COVID kemarin; pelajaran yang besar bagi kita semua. Saya atas nama Dewan Masjid Indonesia menyampaikan terima kasih untuk Unilever, mudah-mudahan kita bisa lanjutkan kerja sama ini menjadi lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang,” ujar dia.

Drs. H. Andi Mappaganty, MM, Ketua Bidang Sosial Kemanusiaan DMI turut berkomentar, “Ketika kami melakukan Rakernas DMI yang pesertanya datang dari seluruh Indonesia, masing-masing Ketua Dewan Pimpinan Wilayah menyampaikan terima kasih dan sangat menyambut dengan baik kerjasama ini. Apalagi menjelang bulan suci Ramadhan, jamaah merasa tenang karena masjidnya bersih, jadi tenang untuk bertarawih, qiyamul-lail, mengaji, dan sebagainya.”

‘Gerakan Masjid Bersih 2024’ sebentar lagi akan digelar guna mempersiapkan bulan Ramadhan mendatang, bulan suci dimana umat Muslim akan berbondong-bondong mendatangi masjid untuk saling bersilaturrahmi dan beribadah. Tentunya memastikan kebersihan dan kehigienisan masjid menjadi kunci penting agar seluruh kegiatan yang berlangsung di dalamnya menjadi lebih aman dan nyaman.

Di sela-sela acara, Anggya Kumala, Head of Home & Hygiene Unilever Indonesia menyatakan, “Kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang telah terjalin bersama DMI sejak 2017 melalui program ‘Gerakan Masjid Bersih’. Melihat dampak positif dan manfaat yang telah dirasakan dari program ini, maka Insya Allah jumlah masjid yang menerima manfaat akan diperluas, dengan target menjangkau 50.000 masjid di berbagai wilayah Indonesia. Dengan demikian, diharapkan akan lebih banyak umat Muslim yang memadati masjid di bulan Ramadhan nanti karena masjid mereka menjadi lebih bersih dan higienis berkat penyaluran produk dan perangkat kebersihan, serta edukasi menjaga kebersihan di area masjid.”

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here