BIKE Masuki Bisnis Baru, Jadi Distributor Tunggal Baterai Motor Listrik

Marketing.co.id – Berita Otomotif | Meski penjualan sepeda motor listrik di Indonesia masih belum menggembirakan tak menyurutkan PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (PT SBI Tbk) dengan kode saham BIKE untuk terjun ke bisnis ini. PT SBI berencana menjadi distributor tunggal untuk produk baterai motor listrik dari perusahaan patungan Indonesia – China.

Sebagaimana dituturkan Direktur PT SBI Tbk, Andrew Mulyadi, BIKE akan merambah bisnis baru dengan menjadi distributor tunggal pabrikan baterai listrik bernama PT Asia Power Teknologi. Pabrikan ini, kata Andrew, sudah mulai memproduk baterai listrik pada bulan lalu.

“Kami telah menyiapkan skema dagang untuk baterai EV  (electronic vehicle). Diharapkan dapat terlaksana sesegera mungkin sehingga dapat memberi dampak signifikan terhadap perkembangan ekosistem EV dalam negeri,” ungkap Andrew dalam acara public expose di Kantor SBI, Alam Sutera, Tangsel, Jumat (24/11/23).

Baca juga: United Bike Hadirkan Sepeda Listrik Terbaru untuk Transportasi Jarak Dekat

Lebih lanjut dia menuturkan, dengan masuknya SBI ke lini usaha distribusi baterai listrik untuk kendaraan roda dua, membuktikan bahwa Perseroan siap mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. “Kami juga akan mendukung segala kebutuhan lainya di industri EV roda dua seperti aksesoris, apparel, dan spart part lainnya,” tandasnya.

Sebagai informasi, PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk melalui perusahaan afiliasinya PT Terang Dunia Internusa (TDI) sudah masuk ke bisnis motor listrik melalui merek United E-Motor. Sebagai pabrikan dalam negeri TDI sudah memenuhi kandungan lokal sekitar 40 persen. Untuk mendorong penetrasi motor listrik di berbagai daerah TDI menggandeng Kalla Kars sebagai dealer resmi.

BOD PT SBI Tbk
BOD PT SBI Tbk berfoto bersama usai acara public expose di Kantor SBI, Alam Sutera, Tangsel, Jumat (24/11/23).

Henry Mulyadi, Komisaris Utama PT SBI Tbk menegaskan, BIKE tidak menjual motor listrik tapi menjual sepeda listrik. BIKE sendiri adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis perdagangan besar sepeda. Namun dia mengakui sekarang tren penjualan sepeda listrik cenderung meningkat.

Baca juga: Perusahaan Rekayasa Teknik Sepeda Motor Listrik Asal Spanyol Melebarkan Sayap ke Indonesia

“Kita perkuat pemasaran sepeda listrik ke daerah-daerah. Penjulan sepeda listrik tidak melalui toko sepeda tapi melalui toko lainnya seperti toko handphone, toko motor bekas, dan modern market,”  tuturnya.

Hingga saat ini, PT SBI TBK telah memiliki 490 dealer yang tersebar di lebih dari 28 propinsi di Indonesia. PT SBI TBK merupakan pemegang merek sepeda Genio Bike, serta distributo resmi sepeda United Bike dan Avand.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.