Sunday, October 5, 2025
Home Blog Page 401

Ini Strategi Kbank Setelah Tambah Investasi di Bank Maspion

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | KBank, lembaga keuangan asal Thailand, bertekad untuk menjadi mitra keuangan yang tepat dan mitra bisnis holistik bagi nasabahnya menyusul investasi tambahan KBank di Bank Maspion. KBank baru-baru ini meningkatkan investasinya di Bank Maspion, menambah total modal bank asal Surabaya tersebut menjadi Rp6,7 triliun dan meningkatkan klasifikasi modal inti dari KBMI 1 menjadi KBMI 2.

Saat ini, KBank memegang 84,55% saham di Bank Maspion. Dengan peningkatan basis modal, Bank Maspion siap untuk mendukung berbagai nasabah, termasuk korporat, entitas komersial besar, pembiayaan proyek, dan kredit sindikasi. Pencapaian ini juga membuka jalan bagi  KBank untuk mencapai tujuan penggandaan portofolio pinjamannya menjadi Rp30 triliun pada 2025, naik dari Rp14 triliun pada akhir 2023.

“Visi kami berkembang, tak hanya untuk menjadi mitra finansial, tetapi juga mitra bisnis bagi nasabah kami. KBank berkomitmen untuk mengintegrasikan diri ke dalam ekosistem nasabah kami dan mengembangkan solusi keuangan yang dipersonalisasi untuk meningkatkan operasional bisnis mereka,” tutur Executive Vice President KBank, Pattarapong Kanhasuwan.

“Selain itu, kami juga berkomitmen memperluas penawaran kami di luar perbankan tradisional, menyediakan layanan non-keuangan bernilai tambah yang mendukung nasabah kami dalam mengembangkan bisnis mereka,” lanjut Pattarapong.

Baca juga: Fokus Ekspansi Bisnis Ritel, BNI Sekuritas Buka Kantor Cabang Ke-18 di Blok M

Pattarapong menegaskan, kolaborasi dengan mitra keuangan yang tepat dapat memberdayakan perusahaan besar untuk berkontribusi terhadap perekonomian secara berkelanjutan, menavigasi tantangan ekonomi, beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen, dan membangun relasi penting baik secara lokal maupun global.

KBank

Menimbang hal itu, KBank akan fokus pada peningkatan model penjualan dan layanan Bank Maspion untuk memperdalam hubungan dengan nasabah, meningkatkan waktu respons, dan memperdalam pemahaman tentang operasional nasabah, serta memanfaatkan data untuk menciptakan solusi keuangan guna mendukung pertumbuhan secara efektif.

KBank juga akan membantu menyempurnakan produk dan layanan Bank Maspion, termasuk produk kredit, FX, pembiayaan perdagangan, dan produk penjaminan, sehingga memposisikan Bank Maspion sebagai penyedia layanan keuangan terpadu. Selain itu, Bank Maspion akan terus memanfaatkan jaringan dan keahlian AEC+3 KBank untuk memfasilitasi hubungan bisnis di Indonesia dan seluruh kawasan ASEAN.

Baca juga: KBank Perluas Penerapan Pedoman ESG ke Pasar-pasar Utama di Kawasan ASEAN, Khususnya Indonesia

Bagi UMKM, KBank akan terus menyederhanakan akses kredit dan perbankan dengan meningkatkan dan mengembangkan produk dan layanan yang inovatif.  Selain itu, KBank bertujuan untuk melampaui dukungan finansial dan menjadi penyedia solusi terintegrasi bagi UMKM dengan menawarkan konsultasi bisnis dan dukungan pertumbuhan berkelanjutan.

Adhya Group – Oma Elly Buka Restoran Italia

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Adhya Group bekerja sama dengan Oma Elly membuka restoran ala Italia yang diberi nama Oma Elly Trattoria. Restoran perdana dari kolaborasi ini berlokasi di Senayan City Mall, Jakarta Selatan.

“Kami bangga dapat memulai usaha kolaboratif ini dengan Oma Elly.Kolaborasi ini mewakili semangat kreatif dan dedikasi kami untuk memberikan pengalaman kuliner yang unik dan menyenangkan,” ujar Lulu Tantono, Chief Marketing Officer (CMO) Adhya Group.

Oma Elly adalah resto yang dibuka pertama kali di Pantai Indah Kapuk (PIK) pada tahun 2021.  Pendirinya adalah Chef Andry Susanto. Dia terilhami dari neneknya Oma Elly yang merupakan wanita Italia bernama asli Ellydae Mazzei. Setelah menikah dengan pria berkebangsaan Indonesia, Oma Elly tetap melestarikan tradisi memasak masakan ala Italia, yang kemudian diteruskan oleh keturunannya.

Baca juga: Mau Buka Bisnis Kuliner di 2024? Berikut 10 Jenis Restoran Paling Menguntungkan

Budaya tradisional Oma Elly pun menjadi jantung dari konsep kuliner Oma Elly Trattoria. Restoran ini menyajikan beragam masakan mulai dari salad segar buatan sendiri, pasta dan pizza tradisional Italia hingga lasagna dan tiramisu klasik. Semuanya dibuat dari resep asli keluarga Oma Elly.

“Oma Elly Trattoria di Senayan City Mall diharapkan menjadi destinasi kuliner yang menawarkan perpaduan khas antara solusi terintegrasi Adhya Group dan warisan kuliner Italia yang kaya dari Oma Elly,” terang Lulu saat pembukaan Oma Elly Trattoria beberapa waktu lalu.

Oma Elly Trattoria
Peresmian restoran Oma Elly Trattoria di Senayan City, Jakarta Selatan

Adhya Group didirikan pada tahun 2010 dan memiliki 6 pillar bisnis yang mencakup Industrial & Distribution, Hospitality & Placemaking, Creative & entertainment, Food & beverage, Retail & Ecommerce, dan Property.

“Sebagai agregator brand yang komprehensif, Adhya Group selalu berkomitmen memenuhi beragam kebutuhan mitra dan pemegang saham, memanfaatkan teknologi canggih dan inovatif untuk kesuksesan jangka panjang, dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai transparansi dan kode etik,” pungkas Lulu.

Baca juga: Rojo Sambel dan Grup Adhya Buka Dua Cabang Sekaligus

Di lini bisnis Food & beverage, Adhya Group sebelumnya juga sudah menjalin kerja sama dengan restoran Rojo Sambel si Aa. Di jaringan restoran yang antara lain sahamnya dimiliki oleh Raffi Ahmad ini Adhya Group memperoleh hak eksklusif untuk menjalankan bisnis dan menargetkan akan membuka sekitar 50 outlet Rojo Sambel si Aa di Sumatra dan Jakarta.

Solusi Sederhana Ergonomi untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kesehatan Pekerja

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Logitech Ergo series mouse dan keyboard Marketing.co.id – Berita Digital | Dalam dunia kerja yang dinamis saat ini kebanyakan orang menghabiskan seperempat hingga sepertiga waktu mereka untuk bekerja. Bahkan, berdasarkan laporan Indikator Pasar Tenaga Kerja Indonesia, 28.42% pekerja perkotaan bekerja dengan jam kerja berlebih. Dari jumlah tersebut, 44.08% bekerja 35-48 jam per minggu di meja kerja mereka, sementara 28,42% lainnya bekerja lebih dari 49 jam per minggu.

Selain itu, survei Logitech mengungkapkan bahwa pekerja yang duduk terus-menerus, selalu di depan komputer, baik di kantor maupun di rumah, dengan rata-rata 6 jam atau lebih per hari serta melakukan gerakan yang berulang akan berisiko mengalami Cedera Regangan Berulang atau Repetitive Strain Injury (RSI) karena postur tubuh yang buruk.

RSI adalah suatu kondisi saat melakukan gerakan yang sama berulang kali dapat menyebabkan rasa sakit dan bahkan mengurangi fungsionalitas di tendon dan otot. RSI dapat memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk  peningkatan ketegangan pada tangan, pergelangan tangan, siku, lengan, bahu, dan leher, belum lagi ketegangan pada mata, yang dapat menyebabkan permasalahan penglihatan dan rasa pusing pada kepala. Selain itu, pekerja di kantor yang mengalami nyeri pergelangan tangan saja biasanya berdampak pada pengurangan produktivitas hingga 15%.

“Untuk mencegah dan mengurangi cedera RSI, penting bagi perusahaan memperhatikan pengaturan ruang kerja yang ergonomis. Ergonomi adalah studi berbasis data mengenai manusia dan lingkungan kerja mereka dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas postur tubuh, efektivitas, dan kenyamanan pekerja,” ungkap Michael Long, Southeast Asia 2 B2B Lead Logitech.

Michael menambahkan, penerapan solusi ergonomis ini juga dapat meningkatkan kepuasan dalam  bekerja, komitmen, keterlibatan, dan kemampuan dalam merancang tujuan hidup bagi pekerja,  terlebih lagi dapat meningkatkan retensi pekerja. Nyatanya, perusahaan yang memiliki protokol ergonomi dapat menghemat biaya kesehatan dan memperoleh manfaat ekonomi lainnya. Singkat kata, ergonomi juga dapat menguntungkan perusahaan.

Mulai dari hal yang paling mendasar

Meja, kursi, monitor, keyboard, dan mouse adalah fondasi utama dari ruang kerja yang sehat. Perusahaan dapat membantu pekerja untuk membuat ruang kerja mereka lebih ergonomis dan produktif dengan menerapkan langkah-langkah sederhana ini.

Pertama, pastikan ketinggian kursi dan meja pekerja berada pada posisi yang tepat. Sesuaikan ketinggian kursi sehingga lutut berada pada sudut 90 derajat. Kemudian sesuaikan tinggi meja guna memastikan siku sejajar dengan meja sehingga siku bertumpu dengan nyaman di atas meja dan lengan lurus. Istirahatkanlah bahu dan lengan Anda pada sandaran tangan, dan pastikan punggung ditopang dengan baik untuk posisi kenyamanan optimal.

Kedua, posisikan layar monitor eksternal pekerja agar berjarak satu lengan (tangan dikepal) dan pastikan bagian atas layar sejajar dengan mata untuk menghindari ketegangan di leher Anda. Untuk laptop, gunakan penyangga atau buku untuk menaikkan layar hingga sejajar dengan mata. Jika menggunakan dua layar monitor berbeda, letakkan layar utama Anda tepat di depan sedangkan layar lainnya di sebelahnya untuk meminimalisir gerakan leher.

Ketiga, dekatkan mouse dan keyboard dengan tubuh sehingga Anda tidak perlu menjulurkan tangan saat menggunakannya. Jika Anda lebih sering menggunakan tombol huruf daripada number pad, maka tombol H seharusnya sejajar dengan bagian tengah tubuh Anda. Jika Anda menggunakan split keyboard, letakkan keyboard sedemikian rupa sehingga bagian tengahnya sejajar dengan bagian tengah tubuh dan layar Anda. Pastikan pergelangan tangan lurus dan sejajarkan dengan lengan bawah.

Keempat, gunakan produk ergonomis. Didesain dengan pendekatan yang berfokus pada manusia, produk-produk ini dapat memperbaiki postur, meningkatkan kenyamanan, mengurangi ketegangan otot, serta bahkan menghadirkan kebugaran yang lebih besar saat bekerja. Hal ini berarti pekerja bisa bekerja sama produktifnya sekaligus mengurangi tekanan pada tubuh mereka.

Perangkat ergonomis dapat membantu menghilangkan nyeri atau setidaknya mengurangi risiko tingkat cedera yang disebabkan oleh penggunaan mouse dan keyboard yang berlebihan. Ketika karyawan bebas dari rasa sakit, perusahaan akan lebih diuntungkan. Faktanya, 9 dari 10 orang yang berganti ke keyboard atau mouse ergonomis tidak pernah berganti kembali ke model tradisional. Ketika pekerja bekerja, mouse tradisional menyebabkan kelelahan dari waktu ke waktu, tetapi mouse ergonomis dapat menempatkan pergelangan tangan pada posisi yang lebih alami dan mengurangi ketegangan otot yang berulang.

Logitech menemukan bahwa penggunaan mouse ergonomis yang memposisikan jabat tangan alami akan mengurangi ketegangan otot dan membuat postur tubuh yang lebih nyaman. Sebagai contoh, pekerja yang beralih ke MX Vertical mouse Logitech menyebabkan pergerakan tangan 4x lebih sedikit dan mengurangi kelelahan otot hingga 10 persen.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan keyboard tradisional tanpa memiliki sandaran pergelangan tangan, keyboard ergonomis membantu menempatkan tangan, pergelangan tangan, dan jari-jari pekerja pada posisi yang lebih alami, sehingga mengurangi ketegangan pada seluruh lengan hingga ke bahu. Misalnya, ERGO K860 dengan split keyframe melengkung dan memiliki palm lift yang bisa disesuaikan di setiap posisi (0°, -4°, -7°) agar memberikan kenyamanan mengetik sambil menjaga pergelangan tangan tetap lurus secara alami.

“Logitech Ergo series mouse dan keyboard dapat membantu untuk postur tubuh yang lebih baik, mengurangi ketegangan otot, dan meningkatkan kenyamanan bekerja. Dengan pekerja yang positif dan hasil yang positif, menjadi sebuah proyeksi pasti bagi perusahaan bahwa bisnis akan berada dalam kondisi yang sangat baik untuk menghadapi apa pun yang akan terjadi di hari esok,” tutup Michael.

Prospek dan Tantangan Pasar Keuangan Indonesia 2024

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) merilis laporan Market Outlook 2024. Berdasarkan laporan tersebut, 2023 telah membawa tantangan besar bagi pasar keuangan global, dimana dunia harus beradaptasi dengan kehidupan pasca pandemi Covid-19. Seiring perubahan yang terjadi, 2023 dianggap menjadi awal dari penyesuaian diri terhadap kondisi yang baru. Sedangkan, 2024 dianggap sebagai tahun normalisasi.

SEVP Research BNI Sekuritas Erwan Teguh mengungkapkan bahwa pada 2023, gejolak ekonomi diwarnai ketidakpastian. Stimulus ekonomi dari era pandemi mendorong pergerakan di pasar investasi, namun ketakutan akan resesi menjadi fokus bersama, terutama terkait kebijakan suku bunga AS yang menurun di tengah risiko inflasi yang begitu mengkhawatirkan.

Erwan menambahkan bahwa pada Maret 2023, fluktuasi risiko terlihat pada bank-bank kelas menengah AS, yang menambah kekhawatiran pasar. China juga mengalami kesulitan dalam pemulihan ekonominya meskipun telah membuka kembali perekonomian lebih awal dari yang diperkirakan.

Namun, pada paruh kedua 2023, sentimen mulai membaik dengan harapan pasar beralih dari stagflasi ke narasi “soft landing“, meskipun kemudian terdapat kekhawatiran bahwa suku bunga kemungkinan akan berada di level yang tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Sementara itu, Indonesia juga menghadapi tantangan serupa dalam beradaptasi dengan lingkungan pasca pandemi. Penurunan tajam dalam harga komoditas utama dan lonjakan harga beras menjadi penghambat utama, yang memaksa bank sentral untuk meningkatkan suku bunga pada Oktober 2023 secara tak terduga. Namun, pada November 2023, Bank Indonesia menghentikan kenaikan suku bunga karena stabilnya nilai tukar Rupiah yang menguat sekitar 2,5% secara bulanan.

Proyeksi Tahun 2024

Memasuki 2024, optimisme pasar akan kembali naik. Kekhawatiran terhadap inflasi dan resesi mulai mereda, dengan proyeksi pertumbuhan yang diharapkan akan kembali normal seiring dengan tren sebelum pandemi.

“China tetap menjadi perhatian khusus dengan banyaknya konsensus yang pesimis terkait risiko sektor properti, tantangan demografis, dan restrukturisasi rantai pasokan global. Meskipun demikian, hubungan AS-China mungkin telah mencapai titik terendahnya, dan risiko tinggi geopolitik tercermin dalam konflik Israel-Gaza yang berpotensi meluas,” ungkap Erwan.

Pertumbuhan PDB Indonesia juga diperkirakan kembali ke normalisasi sekitar 5%, dengan risiko inflasi yang mungkin meningkat karena fenomena cuaca El-Nino. Namun, Tim makroekonomi kami memperkirakan Bank Indonesia akan melakukan pemotongan suku bunga sebesar 50 bps pada akhir 2024 sebagai langkah dalam mendukung pertumbuhan. Proyeksi pertumbuhan agregat laba bersih diperkirakan sebesar 8%/11% pada FY24F, didorong oleh sektor konsumen dan keuangan, dengan risiko penurunan masih berasal dari perusahaan komoditas.

Pasar Saham dan Politik Indonesia

Di sisi lain, BNI Sekuritas menilai bahwa IHSG akan hijau di tengah gejolak politik Indonesia mengingat akan terjadinya pesta demokrasi pada Februari 2024. Selama ini dampak politik dan pemilu Indonesia memberikan hasil positif, sehingga pasar dipercaya juga akan positif tapi penuh kehati-hatian. Di samping itu, fondasi yang kokoh dalam struktur negara serta dorongan global yang kuat menuju energi terbarukan dan/atau kendaraan listrik telah mengakibatkan banyak perusahaan yang berfokus pada tema tersebut mencari pendanaan dengan tepat waktu.

Harapan akan pemulihan dalam konsumsi dan dorongan investasi, bersama dengan pandangan bahwa pendapatan per kapita negara telah melampaui US$5k juga telah meningkatkan prospek pertumbuhan secara keseluruhan. Oleh karena itu, BNI Sekuritas percaya bahwa kegiatan seperti IPO dan upaya penggalangan dana lainnya akan terus berlangsung dengan semangat tinggi pada tahun 2024.

BNI Sekuritas memperkirakan potensi penurunan JCI (Indeks Harga Saham Gabungan) pada angka 6600, sementara potensi kenaikan bisa mencapai 8400. Hal ini terutama bergantung pada dua hasil keputusan dari Federal Reserve (Fed) terkait suku bunga. Pertama, tidak ada penurunan suku bunga, dan kedua, terjadi penurunan suku bunga yang berhasil mencegah terjadinya resesi di Amerika Serikat.

Strategi Posisi Investasi

Menghadapi tahun yang penuh dinamika ini, ada beberapa strategi yang dapat dipertimbangkan untuk posisi investasi:

Obligasi vs Saham: Obligasi mungkin akan terus mendominasi saham, dengan proyeksi total return sekitar 9% berdasarkan imbal hasil 10 tahun yang stabil di 6,65%. Saham seperti BBCA, TLKM, dan JSMR mungkin menjadi pilihan yang baik sebagai proxy obligasi.

Komoditas: Meskipun terdapat risiko pada laba, valuasi dan arus kas yang kuat di sektor komoditas menawarkan keseimbangan risiko reward yang menguntungkan. Pilihan seperti ADRO & UNTR menjadi pilihan utama.

Pemulihan Konsumsi dan Sektor Keuangan: Dalam konteks yang lebih luas, ASII juga masuk ke dalam pandangan positif jangka panjang mengenai prospek permintaan mobil dalam negeri. Dukungan fiskal yang lebih baik dan perbaikan prospek pekerjaan diharapkan mendukung pemulihan konsumsi domestik. Sektor keuangan dan konsumen seperti KLBF, LPPF, HMSP, dan BBRI diperkirakan akan memperoleh manfaat dari perbaikan ini.

Sebagai penutup, 2024 akan menjadi tahun normalisasi di mana pasar keuangan global bergerak menuju stabilitas setelah masa penyesuaian yang intensif. Meskipun tantangan tetap ada, peluang untuk posisi investasi yang cerdas dan strategis masih tersedia. Kunci utamanya adalah fleksibilitas dan reaksi terhadap perubahan dinamika pasar yang terus berubah.

Jangan Sampai Anjlok! Begini Cara Meningkatkan Penjualan Pasca Liburan

0
[Reading Time Estimation: 7 minutes]

Marketing.co.id – Berita UMKM | Musim liburan akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh bisnis, termasuk UMKM. Biasanya, momen ini memberikan dorongan penjualan yang besar karena banyaknya promo dan diskon yang ditawarkan. Namun, setelah promo dan diskon serta pesta liburan berakhir, penjualan yang tadinya meroket tajam sering kali turun drastis atau melambat secara signifikan.

Hal tersebut seharusnya tidak terjadi, kan? Ada banyak cara yang bisa dilakukan setelah momen liburan berakhir untuk meningkatkan penjualan produk sepanjang tahun. Berikut tips meningkatkan penjualan pasca liburan dikutip Smallbiztrendcom:

Sertakan kupon pasca liburan

Banyak pelanggan yang melakukan pembelian selama musim liburan lantaran banyaknya promo dan diskon yang ditawarkan. Hal tersebut memberikan peluang unik bagi Anda untuk mendapatkan lebih banyak penjualan pasca liburan. Untuk memanfaatkan para pembeli selama momen liburan tersebut, Anda dapat menawarkan mereka kupon atau voucher yang hanya dapat digunakan setelah Natal atau Tahun Baru. Jika Anda belum memulai jenis promosi ini, Anda bisa mengirimkan kupon atau kode diskon melalui email.

Tunjukkan apresiasi

Karena musim liburan sangat sibuk bagi kebanyakan bisnis, mungkin Anda tidak memiliki kesempatan untuk berterima kasih kepada pelanggan atau klien yang paling setia. Namun, saat penjualan melambat ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengadakan acara ucapan terima kasih kepada pelanggan setia Anda, menawarkan penawaran ekslusif melalui email, atau melakukan sesuatu yang istimewa bagi mereka yang telah banyak membantu bisnis Anda selama setahun terakhir.

Sesuaikan ucapan terima kasih Anda. Alih-alih mengadakan acara ucapan terima kasih yang umum, pertimbangkan membuat catatan ucapan terima kasih yang dipersonalisasi melalui email yang mencerminkan riawayat pembelian pelanggan. Tawarkan diskon pasca liburan ekslusif kepada pelanggan setia Anda sebagai bentuk apresiasi.

Follow up pembeli saat musim liburan

Anda bisa menindaklanjuti siapa saja yang melakukan pembelian selama musim liburan. Kirimkan mereka email yang menanyakan tentang pengalamannya dan sertakan juga produk atau promosi baru. Anda bisa memanfaatkan alat bantu manajemen hubungan pelanggan (CRM) untuk mengelompokkan pembeli musim liburan dan mengirimkan pesan yang disesuaikan. Misalnya, untuk pelanggan yang membeli barang hadiah, sarankan juga produk pelengkap yang mungkin mereka sukai.

Tingkatkan ulasan online

Saat menindaklanjuti pembeli saat musim liburan, Anda juga dapat menggunakannya sebagai kesempatan untuk meningkatkan ulasan online di situs seperti Facebook, Instagram, TikTok. Cukup ingatkan mereka yang berbelanja bahwa mereka memiliki kesempatan membagikan pengalamannya saat berbelanja kemudian berikan tautan kepada mereka. Jika Anda mendapatkan lebih banyak ulasan positif Anda berpotensi mendapatkan keuntungan dari ulasan tersebut sepanjang tahun.

Luncurkan kampanya khusus untuk mendorong mereka agar memberikan ulasan. Pertimbangkan menawarkan insentif seperti diskon untuk pembelian berikutnya bagi mereka yang memberikan ulasan secara online. Pantau dan tanggapi ulasan tersebut untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Jaga agar kampanye liburan tetap berjalan

Kampanye liburan Anda sebenarnya tak harus berhenti hanya karena Natal dan Tahun Baru telah berakhir. Ada banyak orang yang mungkin melakukan pembelian di menit-menit akhir atau yang ingin membelanjakan beberapa voucher hadiah liburan tersebut. Jadi, mempertahankan promosi liburan selama satu minggu atau lebih dapat berpotensi membantu Anda mendapatkan lebih banyak penjulanan.

Analisa juga kampanye liburan mana yang paling sukses dan lanjutkan dengan memberikan sentuhan baru. Misalnya, jika produk tertentu menjadi popular tawarkan produk tersebut dengan diskon khusus setelah kampanye liburan berakhir atau gabungkan dengan produk lain.

Adakan kontes yang menyenangkan

Bisnis Anda bukanlah satu-satunya yang merasakan kesedihan pasca liburan karena turunnya penjualan. Konsumen juga ingin sedikit bersenang-senang setelah musim liburan berakhir. Jadi, mengadakan kontes yang menyenangkan di mana Anda meminta orang untuk mengirimkan foto liburan atau rencana mereka untuk tahun baru bisa membuat mereka senang. Mengadakan kontes yang menyenangkan menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan atau bahkan penjualan.

Manfaatkan keuntungan ekstra dengan baik

Anda juga dapat menggunakan yang ekstra yang dihasilkan selama penjualan musim liburan untuk hal-hal yang bermanfaat. Jika memiliki uang lebih, Anda dapat menjalankan beberapa kampanye iklan atau berinvestasi dalam teknologi yang meningkatkan pengalaman pelanggan untuk menjaga penjualan sepanjang sisa tahun ini. Misalnya, jika Anda adalah peritel, pertimbangkan untuk meningkatkan sistem kasir untuk menawarkan pembayaran yang lebih cepat atau berinvestasi pada aplikasi yang dapat meningkatkan pengalaman berbelanja.

Memulai kampanye penargetan ulang (retargeting campaign)

Untuk bisnis online, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan peningkatan trafik selama liburan adalah dengan meluncurkan kampanye pemasaran ulang. Anda dapat menargetkan mereka yang sudah melakukan pembelian atau mengunjungi situs web selama liburan.

Sesuaikan iklan penargetan ulang Anda berdasarkan perilaku pengguna selama liburan. Misalnya, targetkan pengguna yang masih meninggalkan produk Anda di keranjang mereka dengan pesan yang dipersonalisasi atau tawarkan diskon khusus untuk membantu menyelesaikan proses pembelian mereka.

Persediaan konten

Anda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk melakukan beberapa aktivitas pemasaran yang mungkin tidak sempat dilakukan di sisa tahun ini. Misalnya, Anda bisa meluangkan wktu untuk membuat postingan media sosial dan blog yang bisa disimpan saat bisnis sedang sepi sehingga Anda tidak perlu terburu-buru membuat konten tersebut saat sedang sibuk di akhir tahun. Gunakan sisa waktu ini untuk meneliti topik yang sedang tren di industri Anda dan siapkan postingan blog, konten media sosial, dan buletin email yang sesuai dengan tren tersebut.

Buat visual yang unik

Atau, Anda bisa fokus membuat serangkaian visual yang unik untuk kampanye pemasaran sepanjang tahun baru nanti. Dengan begitu, Anda bisa memastikan semuanya kohesif dan mengarah pada tujuan bisnis utama Anda untuk tahun ini. Kembangkan strategi pencitraan merek visual. Gunakan periode ini untuk bertukar pikiran dan membuat grafik atau video unik yang menceritakan kisah brand Anda yang dapat digunakan sepanjang tahun dalam kampanye pemasaran Anda.

Memulai kampanye media sosial baru

Tahun baru juga merupakan waktu yang tepat untuk mencoba sesuatu yang baru. Karena itu, banyak orang melihatnya sebagai awal yang baru, maka wajar jika Anda mengenalkan branding baru atau gaya baru untuk postingan di media sosial.

Bahkan, Anda dapat meluncurkan kampanye baru yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan atau pengikut sehingga Anda dapat terus meningkatkan penjualan sepanjang tahun. Pertimbangkan kampanye yang melibatkan konten buatan pelanggan. Musalnya, dorong pelanggan membagikan bagaimana mereka menggunakna produk dalam kehidupan sehari-hari, dan tampilkan kisah-kisah ini di saluran media sosial Anda.

Luncurkan produk atau layanan baru

Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk meluncurkan produk atau layanan baru. Karena, Anda mungkin tidak sesibuk biasanya. Maka, akan lebih mudah bagi Anda untuk meluncurkan produk baru. Dan, penawaran baru tersebut juga dapat meningkatkan penjualan.

Manfaatkan feedback atau umpan balik pelanggan yang diperoleh selama musim liburan untuk menyempurnakan penawaran baru Anda. Pastikan strategi peluncuran produk baru Anda mencakup rencana pemasaran yang solid yang menyoroti aspek-aspek unik dari produk atau layanan baru.

Pikirkan tentang resolusi tahun baru

Selama tahun baru banyak orang yang memutuskan mencoba hal-hal baru atau menetapkan tujuan baru. Dan, untuk beberapa bisnis ada peluang untuk memasarkan produk atau layanan kepada pelanggan yang fokus pada resolusi tahun baru tertentu. Misalnya, jika Anda menjual aplikasi atau produk yang dapat digunakan untuk melacak aktivitas kebugaran, tahun baru adalah waktu yang tepat untuk memasarkannya kepada para penentu tujuan untuk meningkatkan penjualan.

Selaraskan produk atau layanan Anda dengan resolusi umum. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis kebugaran tawarkan paket atau tantangan khusus yang ditunjukkan untuk mereka yang ingin menjadi bugar di tahun baru.

Anggaran untuk tahun depan

Anda juga dapat menggunakan akhir tahun sebagai kesempatan untuk melihat kembali keuangan sepanjang tahun lalu dan kemudian membuat rencana untuk tahun depan. Membuat anggaran untuk tahun ini mungkin tidak akan langsung meningkatkan penjualan Anda. Namun, ini adalah aktivitas penting yang dapat membantu mengoptimalkan upaya pemasaran sepanjang tahun. Gunakan waktu ini untuk perencanaan strategis. Analisa data penjualan akhir tahun untuk memahami perilaku dan tren konsumen. Gunakan insight ini untuk menginformasikan penganggaran dan strategi bisnis untuk tahun depan.

Manfaatkan kekuatan kolaborasi: bermitra dengan bisnis lain

Kolaborasi memiliki potensi untuk secara signifikan meningkatkan upaya Anda dalam meningkatkan penjualan pasca liburan. Dengan bekerja sama dengan bisnis lain, Anda dapat memanfaatkan basis pelanggan satu sama lain, berbagi sumber daya, dan menciptakan pengalaman unik yang menarik audiens lebih luas.

Berikut cara memanfaatkan pendekatan kolaboratif ini secara maksimal:

Strategi Kolaborasi Deskripsi
Promosi bersama partner Dengan bisnis yang saling melengkapi untuk menciptakan promosi bersama yang menawarkan value bagi kedua kelompok pelanggan. Hal ini dapat berupa penawaran produk atau layanan yang digabungkan dengan harga diskon untuk menarik audiens yang lebih luas.
Membuat acara bersama Rencanakan dan selenggarakan acara bersama yang melayani kedua demografi pelanggan kedua bisnis. Acara ini bisa berupa pesta, kelas atau lokakarya tematik yang menampilkan penawaran Anda dengan cara yang baru dan menciptakan experience yang menarik bagi para peserta.

 

Promosi silang Saling mempromosikan produk atau layanan satu sama lain di berbagai platform. Berkolaborasi dalam postingan media sosial, email brand bersama, atau bahkan menampilkan penwaran satu sama lain di toko fisik untuk meningkatkan jumlah pengunjung
Penawaran bundling Rancang penawaran bundling yang menampilkan produk atau layanan dari kedua bisnis dengan harga diskon. Hal ini dapat mendorong pelanggan untuk menjelajahi beragam pilihan sambil menghemat uang. Dapat mendorong penjualan dan meningkatkan value yang dirasakan.
Program loyalitas Berkolaborasi dalam program loyalitas di mana pelanggan dapat memperoleh hadiah dari kedua bisnis. Hal ini memberikan insentif bagi bisnis yang berulang, mendorong retensi pelanggan dan mendorong klien untuk lebih sering berinteraksi dengan kedua brand
Inisiatif amal (charity) Bermitra dengan bisnis lain untuk tujuan amal, seperti acara penggalangan dana. Dengan mendukung tujuan bersama, Anda tidak hanya meningkatkan citra bisnis, tapi juga menyatukan komunitas dan menciptakan asosiasi yang positif
Pop-Up store Mendirikan pop-up store atau toko sementara di lokasi masing-masing. Hal ini menawarkan eksposur kepada audiens baru sekaligus memberikan kesempatan yang sama bagi partner. Hal ini dapat meningkatkan penjualan dan visibilitas brand kedua bisnis.
Sumber Daya Bersama Secara kolaboratif mengumpulkan sumber daya bersama  untuk membuat materi marketing, perencanaan acara, dan aktivitas terkait bisnis lainnya. Hal ini akan mengurangi biaya dan beban kerja, sehingga kedua belah pihak dapat memanfaatkan kekuatan masing-masing dan menciptakan kampanye yang lebih berdampak
Layanan pelengkap Jika menawarkan pelayanan, bermitralah dengan bisnis berbasis produk yang melengkapi bisnis Anda. Misalnya studio Yoga bisa berkolaborasi dengan brand perawatan kulit untuk membuat paket kesehatan yang memenuhi kebutuhan pelanggan secara holistik.

 

Intinya, kolaborasi menawarkan kehidupan baru dalam upaya Anda meningkatkan penjualan pasca liburan dan menciptakan hubungan yang langgeng dengan bisnis lain dan pelanggan mereka. Dengan berkolaborasi, Anda tidak hanya akan memperluas jangkauan tapi juga memberikan experience yang lebih menyeluruh dan berkesan bagi audiens Anda.

Seiring berakhirnya musim liburan, bisnis sering kali menghadapi tantangan penurunan penjualan pasca liburan. Namun, periode ini seharusnya tidak terjadi. Sebaliknya, ini justru menjadi peluang unik untuk menerapkan taktik strategis yang dapat mendorong pertumbuhan penjualan sepanjang tahun.

Dengan berfokus pada inovasi, keterlibatan pelanggan dan pemasaran yang efektif, Anda dapat memastikan bahwa energi dan momentum yang dihasilkan selama musim liburan dapat terus berlanjut di masa depan. Tips-tips di atas dapat ditindaklanjuti untuk memaksimalkan pertumbuhan penjualan pasca liburan. Mulai dari memanfaatkan kupon pasca-liburan hingga menunjukkan apresiasi kepada pelanggan setia, strategi-strategi ini memberdayakan bisnis untuk memanfaatkan masa transisi dengan sebaik-baiknya.

Ketika menerapkan strategi-strategi ini, ingatlah bahwa kesuksesan terletak pada komitmen Anda untuk memberikan value, membina hubungan, dan mempertahankan pendekaptan yang berpikiran maju. Periode pasca-liburan bukanlah waktu untuk beristirahat melainkan batu loncatan untuk melanjutkan pencapaian.

Dengan merangkul inovasi, rasa syukur, dan kemampuan beradaptasi, Anda bisa mengubah jeda pasca liburan menjadi periode penjualan berulang, menyiapkan panggung untuk kesuksesan dan pertumbuhan yang berkelanjutan sepanjang tahun.

Perkuat Kapabilitas Pemasaran Digital Cerdas, Accenture Berniat Akuisisi Jixie

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Perusahaan konsultan dan layanan profesional global, Accenture (NYSE: ACN), telah setuju untuk mengakuisisi bisnis perusahaan teknologi media dan pemasaran, Jixie, dalam langkah strategis untuk memperkuat kehadiran dan transformasi pemasaran digital di Indonesia.

jixie

Dengan kantor pusat di Singapura, Jixie memiliki fokus layanan yang ditujukan khusus untuk klien di Indonesia. Mereka menyajikan berbagai perangkat monetisasi dan pertumbuhan pemasaran yang komprehensif, menjadi ekosistem periklanan yang kuat menghubungkan antara penerbit (publisher) dan pemilik merek (brand owner). Platform ini tidak hanya mengubah proses pemasaran yang tadinya terfragmentasi menjadi prioritas strategis, tetapi juga memprioritaskan keamanan brand, privasi, dan data konsumen.

Jayant Bhargava, Direktur Managing Accenture Indonesia, menyatakan, “Konvergensi antara pemasaran, data science, dan teknologi menciptakan peluang bagi bisnis untuk mendefinisikan ulang model engagement dengan pelanggan. Solusi pemasaran digital yang cerdas dari Jixie akan melengkapi keahlian kami di bidang teknologi, memberikan proposisi yang unggul bagi para pelaku bisnis untuk memberikan tingkat personalisasi dan efektivitas yang lebih tinggi dalam upaya pemasaran mereka.”

Integrasi platform Jixie ke dalam kapabilitas pemasaran Accenture Song di Indonesia diharapkan dapat membantu klien mengoptimalkan data pelanggan secara efektif dan efisien. Hal ini akan menghasilkan informasi berharga untuk pengambilan keputusan yang lebih baik, memungkinkan klien meraih kembali kendali, kecepatan, dan kepercayaan yang diperlukan untuk memanfaatkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang diproyeksikan mencapai 146 miliar dolar AS pada tahun 2025, meningkat hingga delapan kali lipat pada tahun 2030.

Joseph Tan, Indonesia Lead untuk Accenture Song, menambahkan, “Investasi ini akan memperluas upaya transformasi pemasaran dan perdagangan berbasis data dari Accenture Song di Indonesia, memperkuat para klien dengan solusi yang relevan dan berbasis hasil untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.”

Vincent Martin, Co-founder dan Managing Director Jixie, menyatakan kegembiraannya atas akuisisi ini, “Kami sangat senang dapat bergabung dengan Accenture dan berkontribusi dalam membentuk industri media yang lebih berkelanjutan, membantu perusahaan-perusahaan untuk memanfaatkan data mereka dengan cara yang terpercaya dan menguntungkan dalam melayani para pelanggannya.”

Akuisisi Jixie merupakan investasi kedua Accenture Song di Indonesia setelah akuisisi Romp, menunjukkan komitmen perusahaan untuk terus tumbuh dan relevan dengan kebutuhan pelanggan mereka. Seiring dengan kesepakatan ini, Accenture Song juga baru-baru ini menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi Rabbit’s Tale di Thailand, menunjukkan fokus perusahaan dalam menghadirkan solusi yang relevan di berbagai pasar Asia Tenggara.

Detail lengkap mengenai syarat dan ketentuan akuisisi ini belum dapat diinformasikan, namun penyelesaian akuisisi ini akan mengikuti persetujuan bersama dan peraturan yang berlaku di Indonesia.




Pentingnya Peran AI dalam Menghadapi Serangan Siber

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Fortinet, Serangan Siber, AI, Automasi, Kecerdasan Buatan
[Ki-Ka] Vice President of Marketing and Communications Fortinet Asia Rashish Pandey dan Country Director Fortinet Indonesia Edwin Lim
Marketing.co.id – Berita Digital | Fortinet mengungkap hasil survei terbaru kondisi operasi keamanan (State of SecOps) di Kawasan Asia-Pasifik. Survei ini memberikan wawasan berharga tentang lanskap SecOps saat ini, dengan menekankan peran Kecerdasan Buatan (AI) dan automasi.

Country Director Fortinet Indonesia Edwin Lim menjelaskan bahwa dalam keamanan siber yang terus berkembang, 70,7% perusahaan memprioritaskan deteksi ancaman yang lebih cepat melalui automasi. Pentingnya deteksi dan respons cepat sebagai landasan peningkatan postur keamanan siber dengan rata-rata membutuhkan waktu 22 hari 6 jam.

Satu cyber attack, lanjut Edwin, membutuhkan waktu 21 hari, yang terdiri dari 12 jam menahan serangan, kemudian 6 jam untuk medeteksi dan 12 jam untuk remediasi sehingga total 22 hari 6 jam. Ini belum termasuk pemulihan.

“Pengalaman pelanggan kami mengutamakan urgensi ini, dengan pengurangan transformatif dari rata-rata 21 hari menjadi hanya satu jam untuk deteksi, yang didorong oleh AI dan analisis tingkat lanjut. Hal ini menandakan langkah mendasar dalam memperkuat pertahanan keamanan siber, di mana waktu untuk mendeteksi dan merespons adalah hal yang terpenting. Automasi, dalam konteks ini, muncul sebagai kunci utama dalam menghadapi tantangan lanskap ancaman yang dinamis saat ini,” tuturnya saat sesi temu media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Edwin, saat ini semua orang berbicara tentang AI. Fortinet sendiri telah menggunakan AI sejak tiga tahun yang lalu. “Covid memaksa kita untuk masuk ke dunia digital. Untuk 100% hidup di dunia digital itu tidak mudah. Banyak perusahaan saat ini mengimpelentasikan AI untuk mentransformasi operasional bisnis.”

Survei SecOps memaparkan berbagai temuan antara lain phishing (pengelabuan) dan pencurian identitas adalah ancaman siber paling dominan di Indonesia, dengan 50% perusahaan menempatkannya sebagai ancaman utama. Lima ancaman teratas terdiri dari phishing, pencurian identitas, ransomware, DdoS dan DoS, serta serangan berbasis Internet of Things (IoT). Selain itu, insiden ransomware meningkat dua kali lipat di seluruh Indonesia, dengan 62% perusahaan melaporkan setidaknya peningkatan 2 kali lipat pada tahun 2023, dibandingkan tahun 2022.

Terdapat 92% responden merasa bahwa pekerjaan jarak jauh telah menyebabkan peningkatan insiden ancaman orang dalam. Pelatihan yang tidak memadai, kurangnya kepedulian karyawan, dan komunikasi yang tidak memadai berkontribusi terhadap lonjakan ini, sehingga menekankan perlunya mengatasi faktor manusia dalam keamanan siber.

Hanya 50% bisnis di Indonesia yang mendedikasikan sumber daya TI untuk tim keamanan. Pekerjaan hybrid, AI, dan integrasi sistem IT/OT menimbulkan tantangan yang signifikan. Adopsi teknologi awan muncul sebagai tantangan utama, yang berdampak pada kerentanan perusahaan terhadap ancaman siber (cyber threat).

Kurang lebih 2 dari 5 (42%) perusahaan yang disurvei di seluruh Indonesia mengungkapkan kekhawatiran mereka mengenai kurangnya perlengkapan dalam membendung ancaman. Lebih dari 50% perusahaan yang disurvei mengalami rata-rata 221 insiden per hari dan 2 dari 5 perusahaan menghadapi lebih dari 500 insiden setiap hari, yang menyebabkan kelelahan karena kewaspadaan.

Dua peringatan teratas yang dihadapi adalah email mencurigakan (phishing) dan deteksi malware atau virus, yang menyoroti pentingnya pelatihan yang ditargetkan mengenai kesadaran phishing. Selain itu, perilaku pengguna yang mencurigakan, penguncian akun, dan beberapa upaya login yang gagal berkontribusi terhadap kelelahan peringatan.

Rata-rata, hanya ada satu tenaga ahli SecOps untuk setiap 140 karyawan, yang masing-masing mengelola sekitar 16 peringatan setiap hari. Beban kerja ini memberikan tekanan yang signifikan pada para profesional keamanan siber, sehingga mereka hanya memiliki waktu 30 menit untuk mengatasi setiap peringatan dalam 8 jam kerja.

Tantangan positif palsu (false positive) tetap ada, dengan 70% responden mencatat bahwa setidaknya 25% dari peringatan yang mereka terima adalah positif palsu dengan peringatan keamanan email/phishing, peringatan penguncian akun pengguna, dan peringatan analisis perilaku sebagai kontributor teratas. 82% tim membutuhkan waktu lebih dari 15 menit untuk memvalidasi peringatan, sehingga menyoroti perlunya automasi.

Sebanyak 86% responden di seluruh Indonesia merasa kesulitan untuk selalu memperbarui keahlian tim mereka seiring lanskap ancaman yang berubah dengan cepat. Responden survei memprioritaskan kemampuan mengautomasi (62%) sebagai keahlian utama tim Pusat Operasi Keamanan (Security Operations Centre/SOC), dan menyoroti semakin pentingnya automasi dalam keamanan siber.

Mayoritas (98%) perusahaan telah menggunakan alat automasi dan orkestrasi dalam operasi keamanan mereka, menunjukkan pengakuan luas atas nilai alat tersebut dalam memperkuat strategi keamanan siber. Meskipun alat automasi sudah banyak digunakan, survei menunjukkan bahwa perusahaan belum sepenuhnya memanfaatkan seluruh potensi teknologi ini.

Secara khusus, sekitar 92% responden telah merasakan peningkatan produktivitas yang signifikan, dengan setidaknya 25% peningkatan waktu deteksi insiden berkat automasi. Perusahaan secara aktif mengupayakan optimalisasi proses automasi untuk membangun kerangka keamanan siber yang lebih efisien.

Lebih dari 50% responden mengatakan bahwa area teratas untuk automasi mencakup memaksimalkan visibilitas, respons otomatis, dan inteligensi ancaman, serta mengoptimasi efisiensi operasional dari sumber daya keamanan dan inteligensi yang sudah ada. Perusahaan bersiap memprioritaskan investasi operasi keamanan dalam 12 bulan ke depan.

Lima prioritas utama mencakup peningkatan keamanan jaringan dan titik akhir, pemberdayaan kesadaran siber staf, peningkatan perburuan dan respons terhadap ancaman, pembaruan sistem penting, dan pelaksanaan audit keamanan. Prioritas-prioritas ini selaras dengan lanskap ancaman yang terus berkembang dan mengutamakan fokus strategis pada langkah-langkah keamanan siber yang komprehensif.

Vice President of Marketing and Communications Fortinet Asia Rashish Pandey yang juga hadir dalam sesi tersebut mengatakan bahwa dalam ancaman yang terus berkembang, perusahaan bergulat dengan spektrum ancaman siber yang menargetkan aset digital mereka.

“Solusi Operasi Keamanan Fortinet, yang didukung oleh AI tingkat lanjut, tidak hanya menjawab kebutuhan mendesak akan automasi tetapi juga memberikan strategi komprehensif untuk deteksi dan respons insiden. Komitmen kami untuk memberdayakan perusahaan dalam menavigasi medan keamanan siber yang dinamis ditunjukkan melalui solusi inovatif,” ujarnya.

Madame Tussauds Hong Kong Mengukuhkan Kehadiran Bintang Internasional Rihanna

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Seiring tahun 2023 memasuki babak akhir, Madame Tussauds Hong Kong terus menciptakan gebrakan menarik dengan pengumuman yang memukau. Setelah menambahkan patung lilin penyanyi internasional asal Kanada, Justin Bieber, dan aktor Australia terkenal, Chris Hemsworth, kini Madame Tussauds Hong Kong dengan bangga menyambut bintang internasional lainnya – penyanyi dunia yang diakui secara global, Rihanna.

Madame Tussauds RIHANNA
Patung lilin Rihanna resmi hadir di Madame Tussauds Hong Kong.

Penyanyi andal dengan kekuatan vokal yang luar biasa dan dijuluki ratu versatilitas, Rihanna, kini tampil di Fashion Zone Madame Tussauds Hong Kong dengan patung lilin baru yang memukau. Mengenakan busana berwarna oranye, ia memancarkan aura retro hip-hop yang elegan. Patung ini menampilkan detail siluet Rihanna dengan cermat, dengan tatapan percaya diri dan memikat, ia menyiratkan kedewasaan dan sensualitas, menggambarkan gaya fashion yang anggun dan elegan.

Sejak debutnya pada usia 17 tahun, Rihanna telah meraih berbagai penghargaan di industri musik, termasuk beberapa Grammy Awards, American Music Awards, dan Billboard Music Awards. Dengan lebih dari seratus juta penggemar di seluruh dunia, ia telah mencuri hati banyak orang.

Di luar pencapaiannya di dunia musik, Rihanna telah menunjukkan indera fashion yang unik dan sering muncul di sampul majalah mode ternama di seluruh dunia. Selain itu, ia telah menunjukkan kecerdasan bisnis yang mengesankan dengan meluncurkan merek kosmetiknya sendiri dan menduduki posisi dalam peringkat kekayaan global.

Rihanna juga bersemangat dalam mengatasi isu-isu sosial global. Ia menggunakan platformnya untuk membela komunitas yang terpinggirkan dan telah memperoleh penghormatan dan pengakuan atas pengaruh sosial dan usaha amalnya.

Wade Chang, General Manager Midway Hong Kong, Merlin Entertainments, menyatakan, “Rihanna adalah seorang artis yang sangat menawan, dan melalui pengenalan patung lilinnya, kami bertujuan untuk menyampaikan semangatnya dalam terus menerobos dan tekad yang teguh. Kami berharap setiap tamu yang mengunjungi Madame Tussauds Hong Kong akan menciptakan kenangan tak terlupakan dari pengalaman mereka.”

Patung lilin baru Rihanna telah membuat debutnya di Fashion Zone Madame Tussauds Hong Kong, bergabung dengan figur internasional baru-baru ini seperti Justin Bieber dan Chris Hemsworth. Bersama mereka, terdapat juga tokoh-tokoh global terkenal lainnya di dalam atraksi, seperti Miss Universe Catriona Gray, Jackson Yee, Z. Tao, dan Jackson Wang. Bersama-sama, mereka memberikan kilauan ekstra untuk menyambut musim liburan yang akan datang, dengan harapan dapat menemani semua orang merayakan Natal yang unik dan berkesan.

Mitra Bukalapak Ajak Pemilik Warung Pupuk Semangat di Tahun Baru

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita UMKM | Mitra Bukalapak menggelar acara tahunan, Spesial Kumpul Juwara Akhir Tahun (SPEKTA). Kegiatan ini diikuti oleh ribuan pemilik warung anggota Komunitas Juwara dari seluruh penjuru Nusantara yang hadir langsung di HQ Bukalapak maupun secara daring melalui Zoom, YouTube Bukalapak, dan YouTube Mitra Bukalapak.

SPEKTA bertujuan untuk menyemai semangat bertumbuh di kalangan pemilik warung, khususnya dalam menyambut tahun 2024. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, SPEKTA menyuguhkan berbagai kompetisi yang memacu kreativitas. Di tahun ini, Mitra Bukalapak juga menginisiasi pemberian sejumlah apresiasi kepada anggota Komunitas Juwara.

“Kami ingin mengajak para pemilik warung untuk memaknai momen pergantian tahun dengan semangat yang baru, dan tentunya lewat cara yang seru. Beragam kompetisi dan penghargaan dalam SPEKTA kali ini diharapkan dapat menginspirasi setiap mitra kami untuk senantiasa menjadikan bisnis warungnya semakin baik dari waktu ke waktu. Dengan begitu, rantai transformasi warung yang ada di Indonesia akan terus berlangsung dan berkelanjutan,” jelas Gitaditya Witono, AVP of Brand Marketing, Mitra Bukalapak.

Baca juga: Chatbot LISA Jadi Andalan Seller Lazada dalam Melayani Pelanggan

Terdapat dua kompetisi menarik dalam rangkaian SPEKTA, yaitu “Hias Warung”, di mana mitra diajak merombak tampilan warungnya dengan nuansa merah, ungu, dan emas, serta kontes menyanyi “Idola Juwara”. Achmad Khuzaini atau Jay, mitra asal Surabaya, terpilih sebagai pemenang lomba hias warung, sedangkan Shandra Yovita berhasil menyabet juara pertama di bidang tarik suara.

“Menjadi bagian dari kompetisi hias warung di SPEKTA 2023 memberikan saya kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas dalam menonjolkan daya tarik visual warung. Selain menciptakan atmosfer yang menarik, pengalaman ini juga memberikan dampak positif seperti meningkatkan semangat bersaing dan berinovasi, serta mendorong minat pelanggan untuk berkunjung ke warung saya,” pungkas Jay.

SPEKTA Mitra Bukalapak
Antusiasme para pemilik warung yang tergabung dalam Komunitas Juwara dari seluruh Indonesia meramaikan acara SPEKTA yang diadakan di HQ Bukalapak. Rabu, 20/12.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penganugerahan Mitra Award dengan 12 kategori penghargaan bagi mitra antara Mitra Si Paling Sultan Grosir, Mitra Penjelajah Produk Virtual, Mitra Terinformatif, dan Mitra Terkreatif.

Penilaian dilakukan oleh tim Mitra Bukalapak berdasarkan intensitas transaksi ataupun keaktifan partisipasi dalam kegiatan Komunitas Juwara satu tahun terakhir. Penghargaan lainnya ialah Mitra Persahabatan yang diberikan kepada mitra terbaik yang telah menyebarkan semangat positif dan inspiratif kepada sesama rekan pemilik warung lainnya.

Baca juga: Buktikan Kepercayaan Konsumen, Tekiro Kembali Raih Top Brand Award

Dalam rangka memanfaatkan peluang untuk pertumbuhan selama setahun ke depan, di sesi “Juwara Belajar,” pemilik warung diajak untuk memahami strategi meningkatkan bisnis warung lewat perluasan penjualan produk virtual.

Menghadirkan lebih dari 42 jenis layanan produk virtual, termasuk pembayaran pajak, BPJS, kredit kendaraan, hingga ​​voucher game, para pemilik warung yang berpartisipasi berkesempatan untuk mengulik langsung strategi upselling dari para mentor di Mitra Bukalapak. Dengan langkah ini, diharapkan pemilik warung dapat mengoptimalkan pendapatan mereka secara signifikan.

Sepanjang tahun 2023, Mitra Bukalapak mencatat lebih dari 142.000 pemilik warung tergabung dalam Komunitas Juwara, 14.5% di antaranya berpartisipasi aktif dalam 60 grup online komunitas yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

tSurvey.id dan FEB UGM Kerja Sama di Bidang Riset Akademik

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Telkomsel melalui platform survei digitalnya, tSurvey.id, menjalin kerja sama strategis bersama Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM). Dalam Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Telkomsel dan FEB UGM di Yogyakarta pada Rabu (13/12), kedua pihak berkomitmen untuk mengembangkan layanan riset untuk kalangan akademik guna mendukung kemajuan riset di Indonesia.

Melalui kerja sama strategis ini, FEB UGM menjadi pionir peningkatan kualitas riset akademik bersama tSurvey.id. Beberapa layanan khusus yang dikembangkan tSurvey.id bersama FEB UGM antara lain penyediaan sumber data dalam bentuk survei untuk keperluan penelitian akademik, penyediaan platform survei digital untuk memenuhi kebutuhan data penelitian, serta pembukaan peluang kerja sama penelitian atau riset bersama, baik dengan mahasiswa maupun dosen FEB UGM.

Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang mengatakan, kerja sama strategis Telkomsel melalui tSurvey.id dengan FEB UGM menjadi langkah nyata dalam memaksimalkan potensi dan meningkatkan kualitas riset di lingkungan akademik.

Baca juga: NTMY Resmi Bergabung dengan Frontier Group

Dengan memfasilitasi kebutuhan data penelitian dan membuka peluang kerja sama yang lebih luas antara industri dengan kalangan akademik, yang dimulai bersama salah satu universitas terbaik di Indonesia, Telkomsel berharap dapat mendorong pemanfaatan telco data insight untuk survei akurat dan cepat yang lebih mudah diakses bagi semua kalangan untuk mendukung akselerasi kemajuan pendidikan dan penelitian Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan,” paparnya.

Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Didi Achjari menyampaikan, kerja sama dengan tSurvey, diharapkan dapat mempermudah civitas akademik dalam memperoleh data untuk kebutuhan penelitian.

Telkomsel tSurvey.id
(Kiri-Kanan)
Vice President Data Solutions Telkomsel, Alfian Manullang dan Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Ak., CA. dalam Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Telkomsel tSurvey.id dan FEB UGM di Yogyakarta pada Rabu (13/12), kedua pihak berkomitmen untuk mengembangkan layanan riset untuk kalangan akademik guna mendukung kemajuan riset di Indonesia.

“Dalam lingkup penelitian akademik, data merupakan unsur penting yang pengolahannya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku terkait privasi dan perlindungan data. Kami berharap kekhawatiran mengenai data dapat teratasi dengan adanya kerja sama ini sehingga dapat bermanfaat bagi FEB UGM dan juga tSurvey,” imbuh Prof. Didi.

Baca juga: Perguruan Tinggi Muhammadiyah ITB Ahmad Dahlan dan Unilever Indonesia Dorong Pendidikan, Pemberdayaan Kewirausahaan, dan Perlindungan Perempuan

Sejak Mei 2022, tSurvey.id fokus melayani segmen enterprise atau korporasi besar, dan lembaga kajian sosial masyarakat lainnya. Sejumlah klien telah mendapatkan manfaat dari kapabilitas survei digital yang ditawarkan oleh tSurvey.id dan memberikan umpan balik yang positif, menyatakan kepuasan mereka terhadap hasil riset yang diperoleh.

Menginjak tahun kedua keberadaannya di Indonesia, Telkomsel kini memperluas cakupan tSurvey.id dengan menghadirkan layanan khusus bagi kalangan akademik, membuka peluang akses yang lebih inklusif untuk semua kalangan.

tSurvey.id merupakan platform survei digital dari Telkomsel yang menawarkan solusi data insight bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas.

Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru, PT Kilang Pertamina Internasional Pastikan Ketersediaan BBM dan Elpiji

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Menjelang pergantian tahun, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) kembali menunjukkan komitmennya untuk memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji selama libur Natal dan Tahun Baru. Dalam rangka ini, KPI telah membentuk Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) di seluruh unit operasi kilangnya.

kilang pertamina internasional

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Arifin Tasrif, melakukan kunjungan ke Kilang Cilacap pada Kamis (21/12/2023) untuk memastikan kesiapan kilang terbesar di Indonesia menghadapi libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Dalam konferensi persnya, Arifin menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari persiapan Satgas Nataru untuk memastikan keandalan operasional Pertamina, dari unit produksi hingga distribusi, guna merespons kebutuhan pemudik selama libur Nataru.

Arifin menegaskan bahwa stok BBM yang disampaikan oleh KPI dan Pertamina Patra Niaga (PPN) mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Meskipun terjadi lonjakan permintaan, Arifin menyebut bahwa pergerakan logistik telah diintensifkan untuk menghindari masalah dalam pasokan. Koordinasi juga dilakukan dengan lintas instansi seperti Kementerian Perhubungan, Kepolisian, dan Pemerintah Daerah setempat.

Direktur Utama KPI, Taufik Aditiyawarman, menekankan kesiapan Kilang Cilacap dalam menghadapi momentum Nataru. Kilang ini merupakan yang terbesar di Indonesia, dan KPI telah melakukan upaya, termasuk peningkatan aspek keamanan (safety) dari sistem dan peralatan, serta pengerahan personel Satgaspam.

Taufik menyatakan bahwa KPI berkomitmen untuk menjaga ketahanan energi selama periode Nataru, mengingat lonjakan permintaan LPG dan BBM di akhir tahun. Kapasitas produksi KPI saat ini mencapai 1 juta barrel per hari, dengan proyeksi ketahanan stok minyak mentah mencapai 23,5 hari sepanjang periode Nataru 2023.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri ESDM juga mendapatkan penjelasan terkait kesiapan distribusi BBM dan LPG dari Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan. Riva memprediksi kenaikan permintaan Pertalite sebesar 6,6%, Pertamax sebesar 8,4%, dan Pertamax Turbo sebesar 20,6%. Proyeksi ini mengacu pada perkiraan arus mobilisasi masyarakat selama Nataru yang masuk Jateng sebanyak 14,8 juta orang atau setara dengan 1,33 juta kendaraan, meningkat 11% dari tahun 2022.

Milla Suciyani, Pjs Corporate Secretary KPI, menambahkan bahwa enam Refinery Unit (RU) di Indonesia, termasuk Kilang Cilacap, memiliki Satgas Nataru yang berperan dalam menjaga keandalan operasional kilang. Keandalan kilang, yang mencerminkan komitmen Manajemen ESG KPI, diperoleh dengan menjunjung tinggi aspek Health, Safety, Security, dan Environment (HSSE). KPI terus melakukan operational excellence melalui kegiatan seperti Management Walk Through (MWT) untuk memastikan operasional kilang berjalan optimal.

Saat ini, KPI mengelola enam unit operasi kilang di Dumai, Plaju, Cilacap, Balikpapan, Balongan, dan Kasim. Dalam menjalankan Satgas Nataru, KPI terus memperkuat sinergi dengan berbagai pihak terkait seperti Pemerintah Daerah, TNI, dan Polri. Milla mengajak semua pihak untuk mendukung upaya ini agar seluruh kegiatan berjalan lancar, sebagai bentuk dedikasi Pertamina dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) sebagai anak perusahaan Pertamina, dengan bisnis utama pengolahan minyak dan petrokimia, terus berkomitmen pada prinsip ESG (Environment, Social & Governance). KPI, yang terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC), telah mengadopsi Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi operasionalnya.

BCA Mobile Memudahkan Pemesanan Tiket Desa Wisata Bakti BCA untuk Liburan Akhir Tahun

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memperkenalkan fitur baru pada aplikasi BCA Mobile yang memungkinkan nasabah untuk memesan tiket paket wisata Desa Wisata Binaan Bakti BCA secara mudah dan cepat. Fitur ini dihadirkan sebagai upaya BCA untuk terus mendukung pengembangan desa wisata binaan dan memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya, terutama dalam merencanakan liburan akhir tahun.

Layanan pemesanan tiket paket wisata Desa Wisata Binaan Bakti BCA dapat diakses melalui menu “Wisata Indonesia” yang terdapat dalam fitur “Lifestyle” di BCA Mobile. Nasabah BCA kini dapat dengan sederhana menjelajahi informasi seputar Desa Wisata Binaan Bakti BCA, memilih destinasi impian, dan melakukan reservasi tiket paket wisata yang melibatkan beragam kegiatan, mulai dari daya tarik alam, homestay, hingga atraksi budaya dan tradisi.

Hera F. Haryn, EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA, menyampaikan bahwa inovasi ini merupakan bagian dari komitmen BCA dalam memberikan dukungan menyeluruh kepada desa wisata binaan. “Dengan inovasi ini, kami berharap dapat memudahkan nasabah kami dalam merencanakan liburan, sambil turut mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa,” kata Hera.

Saat ini, BCA memiliki 14 Desa Wisata Binaan dan 12 Desa Wisata Mitra Bakti BCA yang tersebar di seluruh Indonesia. Setiap desa wisata memiliki konsep, potensi, dan daya tarik unik yang terus dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Berikut adalah enam rekomendasi Desa Wisata Binaan Bakti BCA yang dapat menjadi destinasi liburan akhir tahun:

Desa Wisata Pentingsari, Yogyakarta
Desa ini menawarkan nuansa pedesaan dan alam yang asri di lereng Gunung Merapi. Wisatawan dapat merasakan kehidupan desa, berlatih gamelan, menanam padi, dan belajar memasak kuliner tradisional Jawa.

Desa Wisata Kreatif Terong, Kabupaten Belitung
Terletak di koridor utama Pariwisata Belitung, desa ini menggabungkan keindahan alam, seni, budaya, dan kearifan lokal. Atraksi melibatkan wisata belajar masak gangan Belitung, musik gambus, menganyam, wisata hiking, dan lainnya.

Wirawisata Goa Pindul, Yogyakarta
Menawarkan keindahan stalagtit dan stalagmit di Goa Pindul, disertai dengan aktivitas menyusuri Sungai Oyo, kunjungan ke Goa Crystal, dan offroad menggunakan Jeep.

Wisata Wayang Desa Wukirsari, Yogyakarta
Fokus pada paguyuban pengrajin wayang kulit, desa ini menyediakan paket edukasi membuat wayang, belajar filosofi wayang, dan pertunjukan wayang kulit dan wayang orang.

Desa Wisata Hijau Bilebante, Lombok
Terletak di Lombok Tengah, desa ini menawarkan panorama asri dengan persawahan hijau. Aktivitas mencakup susur trek dengan ATV atau sepeda, layanan spa di sawah, dan paket wisata outbound.

Desa Wisata Taro, Bali
Desa tertua di Bali ini memungkinkan wisatawan untuk menikmati wisata edukasi kerajinan perak, kelas memasak kuliner tradisional, trekking atau cycling, hingga melihat taman konservasi kunang-kunang.

Melalui fitur “Lifestyle” di BCA Mobile, nasabah juga dapat memesan tiket pesawat, tiket kereta api, hotel, taksi, tiket bus dan shuttle, tiket event, hingga paket wisata di daerah lain di Indonesia. Fitur ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan mendukung pertumbuhan destinasi wisata lokal.

BCA mengajak seluruh nasabah dan masyarakat umum untuk merasakan kemudahan fitur pemesanan tiket Desa Wisata Binaan Bakti BCA hanya melalui BCA Mobile. Fitur ini tidak hanya menjadi sarana kemudahan bagi nasabah dan masyarakat Indonesia, tetapi juga mendukung perkembangan destinasi wisata lokal, sesuai dengan semangat program pemerintah Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja.

 

Shipper dan Honeywell Menghadirkan Sistem Manajemen Gudang Terkini

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Shipper telah menjalin kemitraan strategis dengan Honeywell Logistics Solutions (HLS) untuk mengotomatisasi operasional 300 gudangnya di 35 kota di Indonesia. Melalui penerapan Meson Warehouse Management System (WMS) dari Honeywell, Shipper bertujuan meningkatkan efisiensi, akurasi, dan produktivitas dalam rantai pasoknya.

Meson WMS memberikan dukungan menyeluruh, mencakup penerimaan, penyimpanan, pemilihan, pengepakan, dan operasi pengiriman. Dengan kompatibilitas penuh terhadap perangkat radio frequency (RF), sistem suara, printer, barcode dan QR code, robotika, serta teknologi lainnya, Meson WMS menjadi solusi yang tangguh untuk kebutuhan logistik yang kompleks.

Kemitraan ini bukan hanya sekadar implementasi teknologi tetapi sebuah langkah strategis. Shipper dan Honeywell telah bekerja sama sejak tahun 2021, dan saat ini, keduanya resmi menjadi mitra. Kemitraan ini memberikan peluang bagi Shipper untuk menjadi bagian integral dari jaringan mitra Honeywell di Asia Tenggara.

Jonathan Kwok, General Manager Honeywell Logistics Solutions, menyatakan, “Kolaborasi ini menandakan komitmen Honeywell untuk mentransformasi digital industri rantai pasok di Indonesia. Meson WMS memberikan solusi komprehensif yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan gudang yang terus berkembang, meningkatkan efisiensi, akurasi, dan produktivitas.”

Honeywell memiliki minat yang kuat untuk memperluas penetrasi pasar dan bisnisnya di Indonesia. Indonesia dianggap sebagai pasar yang strategis untuk pertumbuhan bisnis Honeywell, dan kemitraan dengan Shipper di bidang WMS mencerminkan tekad Honeywell untuk beradaptasi dengan kebutuhan bisnis lokal.

Meson WMS dari Honeywell tidak hanya mengurangi kesalahan manusia dan mengoptimalkan alur kerja gudang, tetapi juga meningkatkan akurasi inventaris, mengurangi risiko kehilangan stok atau overstock, serta mengurangi biaya tenaga kerja melalui otomatisasi tugas-tugas gudang.

Budi Handoko, Chief Operating Officer Shipper, menyatakan, “Keputusan ini memungkinkan kami untuk memperluas layanan yang kami tawarkan kepada pelanggan dengan menyediakan solusi WMS berkualitas tinggi yang meningkatkan efisiensi layanan pelanggan.”

Dengan tekad untuk menciptakan ekosistem logistik yang lebih efisien, Shipper secara konsisten mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan Ekosistem Logistik Nasional yang lebih baik. Kemitraan ini menjadi langkah nyata dalam mewujudkan visi tersebut.

 

Yuk, Telusuri Hidden Gem dan Pengalaman Liburan Khas Warga Lokal Britania Raya

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Bagi sebagian orang, berlibur tidak hanya untuk sekadar refreshing dan menghilangkan penat. Sebagian lainnya berlibur untuk mencari dan merasakan berbagai pengalaman baru yang belum dinikmati sebelumnya. Destinasi yang ingin dituju pun kian beragam, mulai dari destinasi domestik hingga destinasi luar negeri.

Salah satu destinasi luar negeri yang banyak diminati adalah Britania Raya atau lebih dikenal dengan United Kingdom yang terdiri dari empat negara, yaitu Inggris (England),  Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Keberagaman budaya dari negara-negara tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi turis, terutama turis dari luar Britania Raya.

Namun, sayangnya dari sekian banyak paket tur berlibur  ke Inggris, masih jarang paket liburan yang menyajikan pengalaman unik layaknya penduduk lokal. Sehingga tidak banyak turis yang melancong ke UK dapat mengunjungi hidden gem di sana.

Untuk menyiasati hal tersebut, Golden Rama Tours & Travel menyediakan paket tour Signature England Scotland Ireland, The Dark Hedges Carrick-A-Rede Rope Bridges & Harry Potter Studio Tour untuk jadwal keberangkatan 6 April 2024.

Baca juga: Mau Liburan ke Luar Negeri? Ini 4 Negara Bebas Visa di Luar Asia Tenggara

Ricky Hilton, Head of Marketing Communications Golden Rama Tours & Travel mengatakan, berbeda dengan paket tur reguler Golden Rama lainnya, di dalam paket Signature ini, pelanggan akan merasakan pengalaman unik dan menarik, yaitu mengunjungi hidden gem yang jarang dikunjungi oleh turis di negara yang menjadi destinasi.

Selama 14 hari perjalanan, pelanggan akan diajak untuk mengunjungi destinasi baru nan unik. Ricky pun membeberkan beberapa itinerary list yang ditawarkan. Antara lain Harry Potter Studio, dimana pengunjung dapat menikmati dunia sihir dan melihat bagaimana proses pembuatan film Harry Potter.

Ada juga London Eye, bianglala terbesar di Eropa yang terletak di tepi Sungai Thames, London dan Bustronome Fine Dining London, sebuah restoran di atas bus tingkat yang menyajikan menu mewah dan lezat.

Tak kalah menariknya destinasi The Dark Hedges, jalan yang dipenuhi oleh deretan pohon tua dari abad ke-18. Jalanan ini semakin terkenal sejak menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar untuk film series Game of Thrones dalam episode “King’s Road”.

 London Eye, bianglala terbesar di Eropa
London Eye, bianglala terbesar di Eropa

Deretan spot lainnya yang sayang untuk dilewatkan yakni Carrick-A-Rede Rope Bridge, jembatan tali dengan pemandangan pantai indah dan satwa liar yang berlokasi di Irlandia Utara dan Isle of Skye dengan pemandangan lanskapnya yang terjal serta kastil yang indah. Isle of Skye menjadi lokasi syuting film Transformers dan juga Game of Thrones.

Sementara di York Minster Abbey, perbatasan Skotlandia dengan Inggris, wisatawan akan diajak berkeliling kota yang sangat terkenal dengan Gereja York Minster dan jalanan abad pertengahan, The Shambles.

Baca juga: Adopsi Konsep Wisata Berlanjutan, Desa Jeruju Besar Raih ADWI 2023

 “Dengan mengikuti tour Signature tentunya pelanggan akan mendapatkan pengalaman berbeda, seperti mengunjungi dan menjelajah destinasi hidden gem layaknya warga lokal hingga menikmati hidangan spesial di restoran pilihan Michelin star,” ucap Ricky.

Ricky menambahkan, keistimewaan lainnya dari paket tour signature Golden Rama adalah pengalaman menginap dengan cara yang unik dan berbeda dari paket tour reguler lainnya, seperti menginap di kabin tengah hutan dengan pemandangan yang menakjubkan, hotel terapung di pinggir danau, hingga hotel berbintang di pusat kota untuk menambah kenyamanan berlibur.