Elevenia Maksimalkan Channel Promosi

Elevenia optimistis bahwa e-commerce memiliki masa depan yang cerah di Indonesia. Strategi menggunakan channel konvensional dan digital pun dilakukan bersamaan.

Sebagian orang berpendapat bahwa Indonesia memiliki masa depan yang bagus untuk e-commerce. Apalagi mengingat Indonesia menjadi negara terbesar di dunia ke-16 dari sisi ekonomi. Di sisi lain, pasar ritel di negara ini sudah bertumbuh signifikan. Begitu pun dengan UKM yang perkembangannya sangat pesat. Para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) juga mulai menggunakan alternatif digital sebagai salah satu channel marketing. Faktor itulah yang menjadikan e-commerce memiliki masa depan cerah di Indonesia.

Berbagai fakta menElevenia Maksimalkan Channel Promosiarik itu menjadikan Elevenia dengan alamat situs www.elevenia.co.id begitu optimistis bahwa e-commerce merupakan industri masa depan yang sedang dirintis di Indonesia. “Kami pun percaya dengan kekuatan UKM, dunia e-commerce akan semakin maju. Oleh karena itu, kami membuat ‘Seller Zone’, yakni sebuah area khusus untuk para penjual yang telah bergabung di Elevenia,” kata Madeleine Ong De Guzman, Vice President Marketing Elevenia.

Elevenia merupakan marketplace pertama yang diluncurkan di tahun 2014. Ini merupakan produk dari PT XL Planet, yang merupakan sebuah perusahaan joint venture dari PT XL Axiata Tbk dan SK Planet dari Korea Selatan. Dengan platform marketplace, Elevenia mempertemukan penjual dan pembeli dalam bertransaksi. Hingga saat ini, Elevenia memiliki 2 juta produk dan lebih dari 10.000 penjual. Untuk mendongkrak awareness, Elevenia menggaet aktris dan penyanyi Cinta Laura sebagai brand ambassador.

Sejak Maret 2014, ungkap Madeleine, jumlah traffic, unique visitor, dan transaksi yang terjadi di Elevenia menanjak setiap bulan. Misal pada Juni 2014, jumlah unique visitor mencapai angka 5 juta dan jumlah produk sudah mencapai 2 juta. Tentunya, jumlah ini mengalami kenaikan dibanding pada Maret 2014 yang baru mencapai 600 ribu produk. Adapun sebagian dari produk tersebut available di Elevenia yang dijual oleh penjual individu maupun UKM. Bahkan beberapa partner juga mengizinkan Elevenia untuk melakukan pre-order produk bagi member Elevenia dan juga memberikan promo spesial yang hanya didapatkan di marketplace ini.

Kini Elevenia memiliki 2 juta produk yang tergabung di dalam delapan kategori, yakni fashion, beauty/health, babies/kids, gadget/computer, electronic, home/garden, hobby, dan service/food. Berdasarkan data, saat ini produk yang paling dicari di Elevenia adalah gadget. Sedangkan fashion, kosmetik, maupun tongsis (tongkat narsis) menjadi produk favorit.

Strategi Layanan

Untuk memudahkan para penjual dalam memasang produk, Elevenia juga menyediakan studio foto, ruang seminar, dan training serta area konsultasi bersama para trainer. Studio yang disediakan dapat digunakan oleh para seller secara gratis. Mereka hanya perlu mendaftarkan diri di seller office, membawa produk ke studio, dan produk akan difoto oleh fotografer profesional.

“Bagi kami, Seller Zone ini merupakan salah satu bentuk edukasi mengenai e-commerce, terutama marketplace, kepada publik. Kami percaya bahwa edukasi market merupakan investasi reputasi. Melalui Seller Zone, kami ingin membantu para pelaku bisnis atau UKM untuk mengembangkan bisnis mereka di Elevenia,” kata Madeleine.

Tak hanya itu, bagi seller layanan e-commerce pun bisa menjadi alat untuk mengontrol stok produk. Dengan layanan e-commerce, Elevenia bisa membantu para seller untuk lebih dekat dengan target konsumen mereka. Oleh karena itu, Elevenia membangun layanan customer relationship management (CRM) yang bertujuan menjembatani layanan antara buyer dan seller.

Sedangkan mengenai sistem pembayaran, Elevenia menggunakan Escrow System. Ini akan memastikan keamanan transaksi dari buyer ke seller. Hingga saat ini, pembayaran paling banyak dilakukan melalui bank transfer yang diikuti dengan bill payment. Namun, yang bagus adalah pembayaran dengan menggunakan kartu kredit pun mengalami peningkatan. Tentunya hal tersebut dikarenakan Elevenia mendapatkan dukungan dari beberapa bank yang menjadi partner.

“Ketika berbicara mengenai channel promosi, saat ini kami memaksimalkan semua, baik konvensional maupun digital. Melalui channel konvensional kami menargetkan member baru, sedangkan channel digital menyasar target market yang lebih tersegmen. Sebagai brand baru, kami sangat percaya memaksimalkan kedua channel tersebut akan menjadikan e-commerce sukses dan menjadi bagian dalam keseharian masyarakat Indonesia,” tegas dia.

Fisamawati/Liputan: Dafit Zuhendra
Fotografer : Lilyanti

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.