Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

4 Tempat Promosi Paling Efektif

Bank Muamalat, kampanye di Car Free Day, Bandung

Bank Muamalat, kampanye di Car Free Day, Bandung

Bagi merek, memilih tempat promosi memang tidak boleh sembarangan. Karena jika salah, waktu dan biaya hanya akan terbuang percuma. Bagaimana tidak, udah capek-capek kampanye, tapi tak ada sedikitpun makhluk yang melirik.

“Pemilihan tempat promosi memang menjadi salah satu faktor penting dalam berkampanye. Saya pernah punya pengalaman, dari seratus brosur yang saya sebar, cuma satu orang yang registrasi,” kata Ryan Gondokusumo, CEO sekaligus founder Sribu.com.

Nah, agar tidak ada lagi merek yang melakukan kesalahan dalam berpromosi, berikut ada empat tempat yang direkomendasikan ketika ingin melakukan kegiatan kampanye:

  1. Car Free Day

Siapa yang tak kenal dengan ajang mingguan satu ini. Tidak adanya kendaraan bermotor yang melintas, membuat car free day penuh sesak oleh manusia yang ingin berolahraga. Momen ini pun banyak dilirik oleh merek yang ingin meraup awareness, bahkan nggak cuma merek yang berkaitan dengan olahraga.

“Menurut kami car free day efektif, karena di sana ada crowd,” tegas Christophorus Agung Nugroho, Product Manager GoFress, yang pernah kampanye di ajang car free day Bandung.

  1. Mesin Pencari

Apa yang dilakukan orang ketika mencari tahu sesuatu? Yup, mereka mengetikkan kata kunci di sebuah mesin pencari semacam Google. Dan biasanya, yang diklik adalah konten yang tampil di page 1, terutama yang ada di urutan teratas.

Ada dua cara, Anda bisa menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization) atau memanfaatkan google ads agar bisa muncul di urutan teratas. Keduanya sama-sama efektif jika Anda punya kehadiran digital.

“Jika nyari sesuatu, barang misalnya, mereka pasti googling dulu buat dapatkan informasinya. Jika kita tidak hadir di sana, gimana mereka bisa menemukan kita?” terang Willy Winthovany Thomas, Direktur dari FlowerAdvisor.

  1. Forum Online

Sama halnya dengan alasan orang memilih car free day sebagai tempat promosi, keramaian juga ada pada forum diskusi online. Inilah yang membuat kenapa banyak orang yang jualan di forum seperti kaskus. Untuk anak muda yang menggilai fashion, darahkubiru.com mungkin menjadi tempat yang cocok.

“Kami juga promosi di darahkubiru.com, karena kami tahu banyak yang mampir ke sana untuk melihat perkembangan gaya anak muda,” ucap Michael Nugroho, Direktur Smith Pomade.

  1. Komunitas

Jika Anda tergabung dalam sebuah komunitas, maka ini tak hanya menjadi tempat promosi terbaik, tapi juga mungkin Anda bisa menemukan ide bisnis baru dari sini. Komunitas mobil misalnya, para anggotanya pasti punya masalah tentang sesuatu, misalnya spare part yang sulit didapat. Ini tentu menjadi peluang.

“Kami memang mengomunikasikan merek ini sebagai merek yang peduli lingkungan, jadi kami kerap bekerja sama dengan berbagai komunitas yang sevisi dengan kami. Dengan begitu, konsumen merasa memiliki value lebih ketika menggunakan The Body Shop,” tegas Rika Anggraeni, head of corporate communications The Body Shop Indonesia.

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top