Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

6 Tips Jitu Kelola Stres dan Lebih Produktif saat di Rumah

Marketing.co.id – Berita Lifestyle| Riset PPM Manajemen mencatat 80 persen pekerja mengalami gejala stres selama pandemi COVID-19 sejak Maret 2020. Kondisi ini dipicu oleh tidak adanya ruang pembeda antara pekerjaan dan kehidupan personal serta minimnya interaksi dengan rekan kerja yang dapat memicu kondisi stres atau burn out.

Tips Jitu Kelola StresBaca Juga: Lelah dan Bosan di Tempat Kerja? Berikut Cara Agar Tetap Termotivasi

Cindy Candiawan, Marketing Manager ShopeePay menyatakan, bekerja dari rumah memiliki banyak keuntungan, seperti fleksibilitas tinggi, lebih banyak waktu bersama keluarga dan tidak perlu melakukan perjalanan pulang-pergi kerja.

Namun di saat yang bersamaan juga terasa menantang karena besarnya perubahan yang dirasakan terutama pada kebiasaan sehari-hari. Tidak sedikit karyawan yang merasa kewalahan akibat situasi ini, terlebih yang memiliki fasilitas minim untuk menunjang aktivitas WFH.

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Yang Membuat Para PR Stress

Apabila dibiarkan terus menerus, sisi negatif WFH dapat memberikan berbagai dampak seperti kesehatan yang menurun, emosi yang tidak stabil, dan stres berlebih. Untuk mengatasi hal ini, berikut 6 tips jitu mengelola setres dan lebih produktif selama Work from Home.

Kelola waktu dengan membuat daftar prioritas

Daftar prioritas dibutuhkan untuk mengatur pekerjaan dari yang memiliki urgensi tertinggi dan dapat mencegah adanya pekerjaan yang terlewat. Melalui daftar prioritas, pekerja dapat mengelola waktu untuk bekerja dan keluarga sehingga interaksi tetap terjaga.

Pertahankan mood dan semangat

Suasana hati merupakan faktor psikologis yang berperan penting saat bekerja karena mood yang baik akan mendorong semangat dan produktivitas kerja. Ada banyak cara untuk membangkitkan mood, salah satunya menikmati beragam jajanan menarik yang dapat menjadi teman selama WFH.

Jaga kesehatan dan cukup istirahat

Selama masa pandemi semua pihak setuju bahwa menjaga kesehatan merupakan prioritas dan harus terus ditingkatkan. Konsumsi makanan sehat dan vitamin dapat diterapkan sehari-hari selama berada di rumah. Masyarakat pun disarankan melakukan olahraga untuk meningkatkan imunitas dan memiliki istirahat yang cukup agar kinerja tubuh semakin baik.

Apresiasi diri dengan memberikan hadiah

Memberikan hadiah kepada diri sendiri merupakan apresiasi pekerja atas kerja kerasnya selama WFH. Hadiah yang diberikan dapat bermacam-macam tergantung ketertarikan, misalnya makanan enak, voucher game, hingga perlengkapan hobi lainnya.

Mediakan waktu untuk interaksi virtual

Interaksi dan tetap terhubung dengan kerabat di luar lingkup pekerjaan dapat menjadi pelipur lara. Para pekerja disarankan menyediakan waktu bertukar cerita dengan sanak saudara atau kerabat agar keluh kesah dapat dilepaskan sehingga mengurangi beban pikiran.

Bangun lingkungan kerja yang menyenangkan 

Lingkungan kerja yang kondusif dapat meningkatkan efektivitas pekerjaan sehingga sangat disarankan memiliki ruang kerja khusus yang didesain dengan baik. Untuk berbagai kebutuhan selama bekerja, seperti meja lipat, dekorasi ruangan, maupun alat tulis kantor dapat dibeli secara online atau di gerai favorit.

“Kami berharap situasi ini cepat berlalu dan kembali ke keadaan semula sehingga aktivitas di luar rumah dapat kembali normal. Semoga tips yang kami bagikan dapat berguna dan membantu para pekerja,” pungkas Cindy.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top