Diminati Pedagang, GudangAda Logistik Luncurkan Sistem Pembayaran COD

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Sistem pembayaran COD menghasilkan multiplier effect, yaitu meningkatkan jangkauan pelanggan, meningkatnya kepercayaan dan kenyamanan para pedagang, mendorong pembeli melakukan repeat order. Penggunaan sistem pembayaran COD sangat diminati pedagang dengan tingkat adopsi di wilayah Jabodetabek sekitar 50%-70% pesanan.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Perusahaan marketplace B2B GudangAda resmi menawarkan sistem pembayaran cash on delivery (COD) untuk memberikan kemudahan transaksi bagi para pedagang.

Fitur bayar di tempat ini dihadirkan untuk mengakomodasi permintaan para pedagang yang sebagian besar masih menggunakan uang tunai saat melakukan transaksi meskipun pemesanan telah dilakukan secara online.

Hal tersebut berdasarkan data GudangAda yang menunjukkan bahwa penggunaan sistem COD sangat tinggi di wilayah Jabodetabek sekitar 50%-70% pesanan.

Peluncuran sistem pembayaran COD ini menjawab kebutuhan para pedagang yang lebih menyukai transaksi pembayaran offline. Tak hanya itu, GudangAda Logistik juga memberikan paket promo gratis ongkir dengan minimal transaksi Rp200.000 dan same-day delivery untuk order maksimal pukul 11.00, serta garansi pengiriman dan perlindungan produk.

Pengiriman barang akan diantar oleh driver dari vendor-vendor rekanan ketika mendaftarkan diri menjadi mitra. GudangAda Logistik memberikan garansi 100% penggantian apabila ada kekurangan atau kerusakan barang disebabkan kelalaian driver yang dilaporkan dalam 1 x 24 jam.

Fitur COD terbukti mendorong para pedagang lebih percaya diri memasukkan pesanan ke keranjang, menurunkan jumlah pesanan yang ditinggalkan di keranjang, meningkatkan konfirmasi pembelian, hingga menyelesaikan pembayaran secara COD. Sistem pembayaran COD ini mendongkrak permintaan sebab pedagang dan penjual sama-sama diuntungkan oleh fleksibilitas transaksi ini.

Dari sisi pembelian, fitur COD meningkatkan transaksi pembeli baru dua kali lipat. Jumlah transaksi pembelian juga meningkat 105%. Demikian juga transaksi pembeli lama juga meningkat 26,65%. Repeat order meningkat 38,73% karena fitur COD.

Fitur COD ini menghasilkan multiplier effect, yaitu meningkatkan jangkauan pelanggan karena menawarkan kepada pembeli cara pembayaran yang aman dan mudah, meningkatnya kepercayaan dan kenyamanan para pedagang, mendorong pembeli untuk melakukan repeat order.

Chief Commercial Officer GudangAda Budianto Hariadi mengatakan, GudangAda ingin memanjakan para pedagang dengan memberikan kemudahan sistem pembayaran tunai konvensional. Diharapkan, fitur COD akan menjadi andalan para pedagang untuk bertransaksi memanfaatkan platform GudangAda yang menghubungkan produsen, pedagang grosir, dan pedagang eceran.

“Sistem pembayaran COD ini menjadi fitur integrasi sistem pembayaran multimoda, baik dengan layanan pembayaran digital maupun pembayaran tunai konvensional dalam ekosistem belanja. Ini merupakan inovasi yang kami hadirkan agar dapat memenuhi kebutuhan para pedagang untuk belanja secara online dengan pembayaran tunai,” tuturnya.

“Ke depannya kami akan terus mendengarkan dan memperhatikan kebutuhan langsung para pedagang untuk pengembangan product development dan implementasi go to market strategy di GudangAda platform,” lanjutnya.

Lebih lanjut Budianto menambahkan, opsi pembayaran COD menjadi bagian dari strategi GudangAda untuk mencetak pertumbuhan secara konsisten. Selain menambah fitur pembayaran, GudangAda akan terus ekspansi membangun ekosistem digital yang mencakup layanan transaksi (pengadaan, pencarian, dan pembelian), logistik (pengiriman dan pergudangan), sistem manajemen toko (sistem transaksi/POS, inventaris, dan akuntansi), layanan keuangan (sistem pembayaran dan kredit), dan layanan pemasaran.

Saat ini aplikasi GudangAda tercatat telah mengalami lebih dari 1 juta unduhan (download) di Google Store per akhir April 2022, tumbuh 33,33% dari sebelumnya 750.000 pada akhir tahun 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here