Monday, October 6, 2025
Home Blog Page 397

Raih Pendanaan Seri A+, KOMUNAL Fokus Garap Kota tier 2 dan 3

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Dengan pendanaan ini, KOMUNAL akan terus berkomitmen untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia, mengembangkan produk dan layanan, serta menjalin kemitraan dengan lebih banyak BPR, khususnya di luar Jawa dan Bali.

Marketing.co.id – Berita Marketing | KOMUNAL, perusahaan fintech yang fokus pada upaya peningkatan inklusi keuangan dengan mendorong digitalisasi BPR-BPR di Indonesia, mengumumkan pencapaian kinerja positif yang konsisten serta membukukan profit pada Q3-Q4 2023.

Di akhir 2023, KOMUNAL juga mendapatkan pendanaan seri A+ senilai USD 5,5 juta (Rp 85 Miliar) yang dipimpin oleh Sumitomo Corporation Equity Asia. Beberapa perusahaan modal ventura juga turut berpartisipasi antara lain Jafco Asia, Skystar Capital, Sovereign Capital, dan Gobi Partners.

Alan Tang, perwakilan Sumitomo Corporation Equity Asia, mengomentari, “Komunal memberdayakan BPR (Bank Perekonomian Rakyat) dengan platform One-stop Banking-as-a- Service (BaaS) yang akan berperan penting dalam memperluas ketersediaan kredit untuk UMKM yang dapat membuka potensi ekonomi yang besar di kota tier 2 dan 3 di Indonesia.

Bermitra dengan 376 BPR di seluruh Indonesia, KOMUNAL menyalurkan pinjaman usaha kepada UMKM yang mayoritas berada di kota tier 2 dan tier 3. Melalui anak usahanya, DepositoBPR by Komunal, masyarakat juga dapat menempatkan deposito di BPR secara digital, tanpa tatap muka.

DepositoBPR yang ditawarkan Komunal memiliki bunga yang lebih tinggi dari deposito bank umum, namun tetap aman karena dijamin LPS. Hanya saja, produk ini tidak terlalu dikenal masyarakat perkotaan karena kebanyakan BPR berada di kota tier 2 dan tier 3.

Pada 2023, KOMUNAL berhasil menyalurkan pinjaman dan deposito senilai total Rp 9 triliun, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Melalui KomunalP2P, perusahaan menyalurkan pinjaman usaha senilai Rp 3,8 triliun kepada lebih dari 1.300 proyek UMKM di seluruh wilayah Indonesia. Melalui DepositoBPR by Komunal, perusahaan menyalurkan dana deposito senilai Rp 5,2 triliun ke lebih dari 330 BPR & BPRS.

“Kami sangat bersyukur atas pencapaian ini dan berharap angka-angka ini juga merefleksikan banyak masyarakat yang mendapatkan faedah secara langsung dan tidak langsung,” kata Hendry Lieviant, Co-Founder & CEO KOMUNAL. “Ini merupakan pencapaian kolektif seluruh stakeholder KOMUNAL. Tanpa dukungan Investor, Mitra BPR, Regulator dan seluruh tim KOMUNAL hal ini tidak mungkin dapat terjadi.”

Dengan pendanaan seri A+ ini, KOMUNAL akan terus berkomitmen untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia melalui digitalisasi BPR, yang memiliki jangkauan hyperlocal pada masyarakat setempat. Perusahaan akan terus mengembangkan produk dan layanannya, serta menjalin kemitraan dengan lebih banyak BPR, khususnya di luar Jawa dan Bali.

“Kami percaya bahwa digitalisasi BPR adalah kunci untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia,” kata Hendry Lieviant. “Kami akan terus berinovasi untuk dapat memberikan dampak yang lebih besar lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya UMKM di kota tier 2 dan tier 3 yang memiliki potensi sangat besar namun underserved

Jakarnaval: Parade Kreatif Mewarnai Malam Muda Mudi Jakarta Rayakan Pergantian Tahun

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Setiap tahun, pergantian tahun di berbagai kota di seluruh dunia diwarnai dengan perayaan khas yang mencerminkan budaya dan kreativitas setempat. Di Brazil, pantai menjadi pusat perhatian, sementara di New York, bola raksasa menandai dimulainya tahun baru. Jakarta, sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia, merayakan Malam Muda Mudi dengan keceriaan dan inovasi, salah satunya adalah Jakarnaval, parade kreasi dari industri kreatif yang semakin berkembang.

Jakarnaval

Pertumbuhan kreatif di Indonesia telah menunjukkan lonjakan signifikan, dan Jakarta sebagai pusatnya, terus mengukuhkan posisinya sebagai kota kreatif dan inovatif. Data dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia menunjukkan bahwa kontribusi industri kreatif terhadap perekonomian Indonesia mencapai 7,4% dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2020. Pemprov DKI Jakarta, melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, memberikan dukungan penuh pada tim kreatif untuk menciptakan perayaan tahun baru yang mencerminkan kekayaan intelektual.

Creative Director SENIOR, Celerina Judisari, yang dipercayakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov DKI Jakarta, bersama dengan tim kreatif PT Rahedira Reka Cipta, menggabungkan semua potensi acara menjadi satu kesatuan meriah. Parade Jakarnaval, yang melibatkan beragam karakter lokal dan kreatif, menjadi wujud nyata dari pertumbuhan Intellectual Property (IP) lokal.

“Jakarta, sebagai kota kreatif, mendukung pertumbuhan Intellectual Property lokal. Jakarnaval bukan hanya sebuah parade, tapi juga medium interaktif yang langsung berhubungan dengan masyarakat, menciptakan kegembiraan dan menggambarkan Jakarta sebagai pusat kreativitas,” papar Celerina Judisari.

Jakarnaval melibatkan karakter-karakter seperti JeKaTe, ikon kreatif dari Pemda DKI Jakarta, Fun Cican, karakter imajinatif berupa kelinci berambut poni sahabat anak Indonesia, hingga karakter legendaris seperti Si Unyil dan Si Buta dari Gua Hantu. Bahkan, maskot Dufan turut ambil bagian dalam menambah daya tarik parade.

Respon luar biasa dari masyarakat tidak hanya terlihat dari jumlah pengunjung yang mencapai lebih dari 700 ribu orang, tetapi juga atmosfer “mengglobal” yang berhasil diciptakan. Malam Muda Mudi di Jakarta disebut-sebut mirip dengan suasana di Times Square, New York.

Celerina menambahkan, “Perayaan tahun baru di Malam Muda Mudi tidak hanya sekadar acara, tapi juga upaya untuk memberdayakan berbagai pihak. Siswa dari berbagai sekolah di Jakarta, seperti SMKN 59, SMKN 43, dan SMKN 41, turut ambil bagian dalam Jakarnaval, menciptakan keragaman yang memukau dalam parade.”

Selain Jakarnaval, berbagai kegiatan menarik seperti Gemilang Silang Monas, 12 Panggung Hiburan, Kirana Jakarta, puluhan pertunjukan musik unplugged, dan pameran UMKM turut memeriahkan Malam Muda Mudi. Semua kegiatan ini diatur dengan sempurna, membentuk satu kesatuan harmonis di sepanjang Silang Monas, Jl M.H. Thamrin, dan Jl Jend. Sudirman.

Diharapkan, Jakarnaval akan terus berkembang menjadi parade hasil kreasi industri kreatif Indonesia yang kuat dan dinanti setiap tahunnya, memancarkan pesona Jakarta sebagai kota kreatif dan inovatif yang tidak hanya diakui secara lokal, tetapi juga internasional.

Ingin Wujudkan Resolusi di Tahun 2024? Simak 5 Alasan Bibit.id Bisa Bantu Mewujudkannya

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Resolusi Tahun Baru, investasi, Bibit.id, Marketing.co.id – Berita Financial Services | Di momen pergantian tahun 2023 menuju tahun 2024, sebagian orang suka melakukan napak tilas atas perjalanan yang mereka lalui, termasuk dalam hal berinvestasi. Tidak terkecuali para investor di aplikasi investasi digital Bibit.id.

Sepanjang 2023, Bibit mencatat bahwa sekitar 70% penggunanya merupakan investor muda. Dari lebih dari lima juta pengguna, terdapat lebih dari 19 juta tujuan keuangan yang direncanakan bersama Bibit dengan 41 ribu di antaranya berhasil tercapai di 2023. Sementara itu, lebih dari empat juta pengguna sudah berinvestasi untuk dana pensiun dan sekitar 200 ribu investor tengah mempersiapkan tabungan untuk pernikahan dan rumah impian mereka.

Menyikapi hal ini, PR & Corporate Communication Lead Bibit, William, mengatakan bahwa budaya sadar investasi di tengah masyarakat Indonesia semakin terasa, khususnya bagi mereka yang berusia 18-35 tahun. “Banyak anak muda yang sadar bahwa mereka adalah bagian dari sandwich generation, oleh karena itu mereka mulai berinvestasi sedari muda untuk memutus mata rantai sandwich generation ini agar kelak bisa terbebas dari kesulitan finansial,” jelas William.

Dalam menyikapi tahun 2024 yang digadang-gadang sebagai tahun politik, William mengajak masyarakat Indonesia untuk konsisten dan bijaksana dalam membuat keputusan investasi. Ia juga memaparkan lima alasan mengapa Bibit.id adalah partner yang tepat bagi masyarakat untuk berinvestasi.

Pertama, dari segi legalitas, Bibit adalah perusahaan yang berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh karena itu, masyarakat dapat berinvestasi dengan tenang. Kedua, siapapun, termasuk investor pemula dan yang belum punya pengalaman sama sekali, dapat berinvestasi dengan aman, nyaman, dan seamless.

Dengan Robo Advisor yang dimilikinya, Bibit membantu para investor untuk berinvestasi sesuai dengan profil risiko mereka. “Produk reksa dana yang kami tawarkan juga aman. Kami sudah mengkurasi, menyeleksi, dan memilih produk-produk reksa dana terbaik dari manajer investasi yang memiliki reputasi baik,” terang William.

Ketiga, Bibit menyediakan berbagai macam instrumen investasi bagi masyarakat, mulai dari reksa dana, surat berharga negara yang dapat dibeli di pasar primer dan sekunder seperti Obligasi Negara Ritel (ORI), Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), Sukuk Ritel (SR), Fixed Rate (FR), Project Based Sukuk serta saham. Banyak pilihan instrumen investasi memudahkan masyarakat untuk memiliki berbagai portofolio investasi hanya dalam satu aplikasi. Dari segi produk, masyarakat yang ingin berinvestasi di produk yang 100% dijamin oleh negara bisa pula berinvestasi di Obligasi Fixed Rate atau Stable Earn, yang baru-baru ini Bibit luncurkan.

Keempat, dari segi reputasi dan track record, lewat berbagai solusi investasi yang dihadirkan, Bibit telah mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak. Yang teranyar, Bibit memperoleh empat penghargaan bergengsi dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang meliputi Mitra Distribusi (Midis) Surat Utang Negara (SUN) Ritel Terbaik Tahun 2022, Midis Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel Terbaik Tahun 2022 dan 2023 Kategori Fintech serta Midis SUN Ritel Terbaik Kategori Fintech dan Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik Tahun 2023. Bibit juga meraih Gold Champion untuk kategori aplikasi investasi pada ajang Indonesia WOW Brand 2023 yang diselenggarakan oleh MarkPlus, Inc.

Kelima, selain produk investasi konvensional, terdapat berbagai pilihan produk reksa dana Syariah di Bibit. Untuk memulai investasi, para pengguna bisa mulai dengan Rp100 ribu. “Bibit menyediakan pula fitur Goal Setting yang dapat dimanfaatkan untuk menjadikan investasi lebih terarah dalam rangka mencapai tujuan keuangan. Misalnya, kalau kamu ingin membeli rumah seharga Rp500 juta dalam waktu lima tahun ke depan, fitur Goal Setting Bibit dapat menghitungkan berapa jumlah uang yang perlu diinvestasikan setiap bulannya,” tutup William.

Arab Saudi, Mesir, Iran, UEA, dan Ethiopia Resmi Bergabung dengan BRICS

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Pada awal tahun 2024 ini, Arab Saudi, Mesir, Iran, Uni Emirat Arab, dan Ethiopia secara resmi bergabung dengan kelompok negara BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan), menandai perluasan signifikan bagi organisasi non-formal ini yang awalnya terdiri dari lima negara pendiri.

BRICS

BRICS didirikan oleh Rusia pada tahun 2009 dengan tujuan memberikan platform bagi anggotanya untuk menantang dominasi Amerika Serikat dan Barat dalam urusan geopolitik dan ekonomi. Menurut Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al-Saud, BRICS dianggap sebagai saluran yang bermanfaat dan penting untuk memperkuat kerja sama ekonomi di antara anggota-anggotanya.

Proyeksi IMF pada tahun 2023 menunjukkan bahwa total Produk Domestik Bruto (GDP) dari kesepuluh anggota BRICS mencapai 28,3 triliun dolar AS, setara dengan sekitar 27% dari total GDP global. Dengan bergabungnya lima negara baru, BRICS semakin kuat dalam mengejar tujuannya untuk menciptakan keseimbangan baru dalam politik dan ekonomi global.

Kelima negara tersebut secara resmi menyatakan keanggotaannya setelah konferensi BRICS di Johannesburg pada Agustus 2023. Sebelumnya, Argentina juga diundang untuk menjadi anggota baru, tetapi menolak tawaran tersebut pada November 2023.

Indonesia, yang sempat didekati untuk bergabung dengan BRICS, masih menilai dan mempertimbangkan keikutsertaannya dalam organisasi ini. Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa keputusan tersebut akan diambil setelah kajian mendalam.

Dengan bertambahnya anggota BRICS, terdapat potensi pengurangan dominasi dolar AS dalam perdagangan internasional. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan pelemahan mata uang dolar AS. Dampaknya akan beragam, dimana perusahaan importir di Indonesia dapat merasakan dampak positif, sementara perusahaan eksportir mungkin menghadapi tantangan baru.

Selain itu, perusahaan emiten yang terkait dengan industri minyak dan gas di Indonesia juga dapat merasakan dampak tidak langsung dari dinamika baru pada harga minyak dunia yang mungkin terjadi akibat keanggotaan BRICS.

Dampak yang lebih langsung dari keanggotaan BRICS baru akan terasa jika Indonesia memutuskan untuk bergabung. Ini akan membuka akses pasar yang lebih luas melalui perjanjian dagang komprehensif, memberikan peluang besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam skenario global yang terus berubah. Sebuah keputusan strategis yang tentu akan menjadi fokus perhatian pemerintah dan pelaku bisnis di tanah air.




Layanan SMS Telkomsel Masih Diminati, Masih Bisa Tumbuh di Momen NARU

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Pada momen Hari Raya Natal dan Tahun Baru (NARU) 2023/2024, Telkomsel mencatatkan lonjakan trafik akses broadband hingga 14,08 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa sepanjang 2023 atau melonjak hingga 11,88 persen dibandingkan dengan periode NARU 2022/2023 sebelumnya, dengan total trafik layanan data (payload) pada puncaknya mencapai 55,73 PB.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital selama periode NARU 2023/2024 tersebut didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial melonjak 17,80 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) naik 23,27 persen, video streaming sekira 11,31 persen, mobile gaming melonjak hingga 47,83 persen, dan akses browsing tumbuh hingga 9,44 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp (naik 21,43 persen), TikTok (naik 11,73 persen), Instagram (naik 24,26 persen), YouTube (naik 19,84 persen), dan Facebook (naik 13,21 persen).

Lalu bagaimana dengan trafik layanan SMS dan suara (voice) yang di masa lampau menjadi lumbung pendapatan operator telco? Ternyata layanan SMS operator telco pelat merah ini masih mampu bertumbuh meskipun hanya single digit, yakni 8,38 persen. Sementara layanan suara anjlok sekira 2,23 persen.

Didukung IoT Connect, Indosat Ooredoo Hutchison Luncurkan Layanan NEXTfleet 

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen NARU 2023/2024 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Simalungun (Provinsi Sumatera Utara) tumbuh 44,56 persen, Garut (Provinsi Jawa Barat) naik sekira 24,92 persen, Bogor (Provinsi Jawa Barat) tumbuh sekira 20,03 persen, Bandung (Provinsi Jawa Barat) sebesar 16,81 persen, dan Deli Serdang (Provinsi Sumatera Utara) tumbuh 16,79 persen.

Selain itu, pada periode tersebut, di mana masyarakat banyak melakukan mobilisasi untuk mudik atau berlibur jelang perayaan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Telkomsel menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan ke sejumlah daerah yang menjadi tujuan mudik dan berlibur di akhir tahun seperti Provinsi Sumatera Utara (tumbuh 135,65 persen), Jawa Tengah (tumbuh 103,76 persen), Jawa Timur (tumbuh 101,40 persen), dan Jawa Barat (tumbuh 95,08 persen).

 Trafik Layanan Broadband Telkomsel
Telkomsel mencatatkan peningkatan akses layanan media sosial mencapai 17,80 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) mencapai 23,27 persen, streaming video naik 11,31 persen, mobile gaming melonjak hingga 47,83 persen, akses browsing tumbuh 9,44 persen.

Selama momen NARU 2023/2024, Telkomsel telah memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam menjalani beragam aktivitas digital dan komunikasi melalui berbagai langkah antisipatif yang telah dilakukan terutama di 427 lokasi khusus di seluruh Indonesia.

Lokasi khusus tersebut mencakup 321 area spesial (mal, alun-alun, dan pusat keramaian), 48 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, dan stasiun), 29 area di rute mudik (jalur mudik, rest area, dan SPBU), 27 area residensial, dan 2 gereja/rumah ibadah. Secara keseluruhan, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan dengan meningkatkan kapasitas 21 unit BTS 4G/LTE, penambahan 53 unit BTS 4G/LTE baru, penambahan 55 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), sehingga menggenapi lebih dari 233 ribu BTS yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jangkauan hingga 97 persen wilayah populasi.

Baca juga: Kolaborasi CIMB Niaga dan XL Axiata untuk Sinergikan Layanan Perbankan dan Telekomunikasi

Untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas GGSN (Gateway GPRS Support Node) hingga 13,21 Tbps dan kapasitas IX (Internet Experience) hingga 11,08 Tbps, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/virtual.

“Dalam momen Hari Raya Natal 2023 dan pergantian tahun 2024, semoga kontribusi Telkomsel dengan menghadirkan konektivitas yang andal hingga pelosok negeri dapat membangkitkan optimisme masyarakat menyambut berbagai peluang baru. Ke depannya, Telkomsel akan terus mendampingi masyarakat Indonesia melalui berbagai terobosan yang didukung oleh konektivitas digital berteknologi terdepan untuk menghadirkan ragam produk dan layanan solutif bernilai tambah bagi seluruh masyarakat serta berbagai potensi kemajuan bangsa,” tutur Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono.

Tebar Ancaman ke Kompetitor Brand ini Siap Hadirkan Produk High-End Premium di 2024

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Tahun baru 2024 baru saja berlangsung beberapa hari. Namun brand elektronik ini sudah menebar ancaman ke kompetitor. AQUA Elektronik sudah berancang-ancang akan merilis produk baru. Tak tanggung-tanggung yang bakal dilepas ke pasar yakni produk high-end premium.

Meiriano Ullman, Head of Product Planning Department AQUA Elektronik Indonesia, mengatakan tahun ini AQUA Elektronik akan melakukan high-end premium transformation. AQUA Elektronik akan terus melayani kebutuhan keluarga Indonesia dengan fokus pada high-end dan premium produk.

”Pada tahun 2024, AQUA Elektronik akan meluncurkan lebih dari 73 SKU produk High-end models dengan berbagai inovasi unggulan yang dipastikan akan memudahkan konsumen dan mendukung gaya hidup masyarakat,” ujar Meiriano.

Baca juga: Boyong R8s Series Ke Indonesia, Sharp Optimis Bisa Rayu Penggemar Fotografi

Lalu dari dari sisi komunikasi dan pemasaran, AQUA Elektronik, tegas Meiriano juga akan melanjutkan dan memperluas kegiatan sponsorship badminton yang merupakan olahraga yang sangat populer di Indonesia. AQUA Elektronik dikabarkan akan kembali menggandeng atlet badminton tunggal putra Indonesia Anthony Ginting sebagai Brand Ambassador.

Keberhasilan AQUA Elektronik tentu tidak lepas dari peran para dealers. Untuk memberikan apresiasi atas kerja sama yang telah terjalin, AQUA Elektronik menggelar AQUA National Dealers Gathering 2023, yang bertempat di Rama Shinta Resto, Kinara Kinari Stage, Prambanan, Yogyakarta. Pada kesempatan ini, seluruh dealer atau mitra bisnis AQUA Elektronik yang berada di seluruh Indonesia diundang untuk hadir dan menikmati rangkaian acara yang telah disiapkan.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para dealer atas kontribusi yang selama ini diberikan, oleh karena itu acara ini diadakan untuk memberikan apresiasi dan semakin mempererat hubungan antara AQUA Elektronik dengan para dealer atau mitra bisnis di seluruh Indonesia,” ujar Kenji Sadayuki President Director AQUA Elektronik Indonesia, saat acara dealers gathering, pada 2 Januari 2024 lalu.

AQUA Elektronik
Suasana gathering AQUA Elektronik

Pada acara gathering bertema Inspire Future Dreams with AQUA, para dealer di hari pertama diajak untuk menikmati gala dinner di Rama Shinta Resto sambil melihat kemegahan Candi Prambanan. Di lokasi ini, para dealer pun dapat melihat dan merasakan pengalaman  melalui product tour yang menampilkan berbagai produk unggulan dari AQUA Elektronik.

Baca juga: POLYTRON Hadirkan Solusi Penyimpanan Makanan Terbaik dengan Kulkas Belleza Jumbo

Pada momen gathering ini, AQUA Elektronik juga memberikan berbagai penghargaan kepada para dealer atas pencapaian dan kerjasama yang terjalin selama periode 2023. Head of Sales Department AQUA Elektronik, Luminto Aribowo Purnomo mengatakan, bahwa dia ingin para dealer dapat terus bertumbuh bersama AQUA. ”Tahun depan ada berbagai program yang kami berikan kepada para dealer. Harapannya hal ini dapat memberikan benefit positif yang saling menguntungkan”, ujar Bowo.

Kenji Sadayuki menambahkan, walaupun tahun 2023 ini penuh dengan tantangan, namun AQUA Elektronik tetap berhasil mencatatkan pertumbuhan positif dibandingkan tahun lalu. “Tahun ini meskipun market sedang menurun, berkat dukungan besar dari dealer dan mitra bisnis terhadap AQUA, kami berhasil growth dan optimis di tahun 2024 nanti dapat terus memperoleh hasil positif,” tambah Sadayuki.

Di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global East Ventures akan Terus Berinvestasi secara Agnostik

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Industri teknologi dihantam badai krisis yang bertubi-tubi selama dua tahun terakhir. Ketidakpastian ekonomi global membuat valuasi perusahaan startup melemah, kelesuan ekonomi dunia, tekanan inflasi tanpa henti, dan potensi resesi global membayangi sektor ini.

Namun di tengah iklim yang kurang kondusif tersebut kepercayaan para investor (Limited Partners/LPs) terhadap strategi investasi East Ventures justru semakin kuat. Tahun 2023 lalu, perusahaan venture capital ini (VC) berhasil menutup tiga dana baru.

Pada Mei 2023, East Ventures berhasil mengantongi US$250 juta dari penutupan pertama dan terakhir dari dana Growth Plus. Dana ini ditujukan untuk mendukung perusahaan portofolio tahap lanjutan (growth stage) dalam ekosistem kami yang berpotensi tinggi.

Lima bulan kemudian, East Ventures mengidentifikasi adanya peluang membangun koridor investasi antara ekosistem bisnis di Asia Tenggara dan Korea Selatan, dan akhirnya mengumumkan “East Ventures South Korea fund in partnership with SV Investment” senilai US$100 juta. Dana ini diharapkan mencapai penutupan perdana pada semester pertama 2024.

Baca juga: TMI Berubah Jadi Telkomsel Ventures, Apa Bedanya dengan VC lain?

Baru-baru ini, East Ventures mengumumkan dana pertama yang berfokus pada layanan kesehatan (Healthcare) sebesar US$30 juta yang didedikasikan untuk mendorong solusi layanan kesehatan inovatif di Indonesia. East Ventures Healthcare fund akan memainkan peran penting dalam mendorong dan mengkatalisasi inovasi layanan kesehatan di Indonesia – yang merupakan bukti komitmen jangka panjang kami terhadap sektor kesehatan.

Dengan total penggalangan dana US$380 juta dari berbagai jenis dana, East Ventures menunjukkan komitmen kuat pada tiga hal utama: diversifikasi sektor, kolaborasi regional, dan membangun Asia Tenggara yang produktif dan sehat untuk saat ini, esok, dan generasi mendatang.

Perlombaan belum selesai. Sebagai pemain aktif, East Ventures terus berinvestasi pada para founder berkualitas tinggi dan tetap cermat melihat situasi. Pada tahun 2023, East Ventures berhasil menyelesaikan 63 deal, menyambut 29 perusahaan portofolio baru dan menginvestasikan hampir US$80 juta ke perusahaan portofolio tahap awal (seed) dan lanjutan (growth). Investasi tersebut tersebar di berbagai sektor, termasuk perusahaan pendukung e-commerce, biotech, Software as a Service (SaaS), kendaraan listrik, teknologi iklim, dan banyak lagi.

Tahun 2024 Masih Diliputi Ketidakpastian

Bank Sentral Amerika Serikat (AS) berpotensi menurunkan suku bunga acuan pada tahun 2024, memberi harapan pertumbuhan ekonomi AS lebih tinggi. Hal ini bisa menjadi ‘angin segar’ bagi industri teknologi. Ibarat melihat secercah langit biru di antara awan tebal – sesuatu yang menjanjikan.

Meski begitu East Ventures tetap waspada melihat rintangan di depan. Ketegangan geopolitik di beberapa wilayah masih berpotensi menimbulkan gejolak pasar yang besar. Selain itu, momen pemilihan umum di Amerika dan Indonesia yang semakin dekat mengakibatkan jalan ke depan masih butuh kewaspadaan dan fokus.

“Memasuki 2024 pasti banyak ketidakpastian. Ketegangan geopolitik di beberapa negara dan ketidakstabilan ekonomi global menyebabkan volatilitas yang besar. Namun, kami melihat tanda-tanda positif. Kami tetap waspada, memantau dengan cermat, dan fokus pada tujuan kami terlepas dari fluktuasi eksternal,” kata Roderick Purwana, Managing Partner East Ventures.

Tahun ini, East Ventures memasuki tahun ke-15. Perusahaan ini mulai membangun ekosistem digital di Indonesia pada tahun 2009 ketika belum banyak yang melihat potensi besar dari rendahnya penetrasi internet di Indonesia saat itu. Dengan populasi besar lebih dari 270 juta jiwa dan sebagian besar masuk dalam kategori usia produktif, ekonomi digital Indonesia telah tumbuh pesat dengan penetrasi ponsel mendekati 80%. Indonesia telah menjadi penggerak ekonomi di ASEAN dan Asia Tenggara.

Baca juga: Strategi D3 Labs Perkenalkan Jaringan Perbankan Berbasis Blockchain di Kawasan ASEAN

 

Strategi East Ventures tetap sama: mengidentifikasi dan berinvestasi pada founder dan peluang terbaik, terlepas dari kondisi baik atau buruk. Di sisi lain, meski East Ventures melihat banyak prospek investasi di berbagai sektor, termasuk iklim (seperti transisi energi dan proyek terkait iklim), kesehatan, dan rantai pasokan, East Ventures terus berinvestasi secara agnostik.

Dalam 10 tahun ke depan, Indonesia akan memasuki era dividen demografi dini dan akan mencapai puncaknya sekitar 20 tahun dari sekarang. Pada saat itu, hampir 206 juta orang akan berada dalam usia produktif dan secara teoritis mampu menghidupi tanggungan mereka. Mayoritas angkatan kerja dalam 10 hingga 20 tahun ke depan adalah generasi digital yang dipimpin oleh Generasi Z dan didukung oleh generasi Milenial yang matang. Sebagian besar penduduk produktif memasuki usia dewasa. Kondisi ini memberikan peluang sekali seumur hidup untuk mengubah Indonesia menjadi negara berpendapatan tinggi dan mendorong munculnya peluang bisnis baru.

“Apakah generasi mendatang ini dapat mencapai visi Indonesia Emas 2045 atau menjadi beban demografi, itu tergantung pada kesiapan kita untuk bersiap dan bertindak sekarang,” pungkas Willson Cuaca, Founding Partner East Ventures.

PropertyGuru Asia Real Estate Summit 2023 Ciptakan Masa Depan Kota yang Berdaya Saing

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
 

Marketing.co.id – Berita Properti | Pada tanggal 15 Desember 2023, PropertyGuru Asia Real Estate Summit (ARES) menutup edisi kesembilannya dengan sukses, mengangkat tema “Empowering Community”. Platform pemikiran ini, yang diadakan oleh PropertyGuru Group, perusahaan teknologi properti terkemuka di Asia Tenggara, menyatukan pemikir global dan pemimpin industri untuk menggali gagasan dan solusi terkini guna membangun kota-kota masa depan yang berdaya saing.

ARES 2023 berhasil menarik lebih dari 400 delegasi dari seluruh dunia, membahas tantangan dan peluang yang dihadapi kota-kota modern. Dengan hampir 40 pembicara, konferensi ini menjadi ajang yang memadukan ide-ide inovatif dan memberikan wawasan tentang masa depan komunitas, bisnis, rekreasi, dan inovasi.

CEO & Managing Director PropertyGuru Group, Hari V. Krishnan, dalam sambutannya, menegaskan komitmen perusahaan untuk memberdayakan masyarakat dalam perjalanan properti mereka. Dalam perayaan ulang tahun ke-16 PropertyGuru Group, Hari menyampaikan visi perusahaan dalam memberikan layanan terbaik dan membantu setiap pemangku kepentingan dalam setiap langkahnya.

Menggali Masa Depan Kota dalam Segmen “Live: Future of Communities”

Segmen pertama konferensi, “Live: Future of Communities,” membahas pendorong ekonomi baru dan prospek Asia pada tahun 2024. Dalam pidato utama, Sumana Rajarethnam dari Economist Intelligence Corporate Network membahas prospek Asia. Dr. Edlam Abera Yemeru dari UN-Habitat membahas tentang komunitas adopsi dan pembentukan SDG Cities, sedangkan David Gissen dari Parsons School of Design menyajikan pemikiran tentang pemikiran ulang bangunan dan konsep kota satu lantai.

Pandangan Teknologi pada “Work: Future of Business”

Segmen “Work: Future of Business” membahas evolusi ruang kerja dan pengaturan kerja hybrid. Diskusi panel teknologi dipimpin oleh Manav Kamboj dari PropertyGuru Group, membahas penggunaan kecerdasan buatan (A.I.) dalam desain, data, kembaran digital, dan teknologi blockchain metaverse.

Inovasi Digital dan Inspirasi “Thrive: Future of Leisure”

Sesi “Thrive: Future of Leisure” membahas tema membangun keterjangkauan di kota-kota besar. Diskusi panel melibatkan topik destinasi kuliner, budaya hewan peliharaan di perkotaan, dan perubahan demografis yang membentuk pasar properti. Andrea Savage dan Cameron Richards menyampaikan Design Keynote tentang bahasa universal ruang dan pengalaman transformatif.

Mengakhiri dengan “Thrive: The Future of Innovation”

Segmen terakhir, “Thrive: The Future of Innovation,” membahas desain berkelanjutan dengan penerima PropertyGuru Visionary Award, Vinu Daniel, dan studi kasus tentang penggunaan kembali limbah dari lokasi konstruksi oleh Colin Chee.

 

Inovasi Terkini LG: DukeBox, Bon Voyage, dan Lainnya di CES 2024

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id — Berita Teknologi | LG Electronics (LG) memulai tahun baru dengan penuh semangat melalui penampilan istimewa di Consumer Electronics Show 2024 (CES 2024) di Las Vegas, Amerika Serikat, pada 9-12 Januari 2024. Pada ajang ini, LG menyajikan beragam produk inovatif yang mencerminkan komitmen perusahaan terhadap penemuan teknologi yang menghadirkan solusi cerdas bagi berbagai gaya hidup.

Area Pameran LG Labs: Kreativitas yang Berkembang

LG menunjukkan perhatian khusus pada area pameran LG Labs, platform eksperimental yang menyajikan produk dan layanan inovatif. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, area pameran ini kali ini menggandakan ukurannya, menampilkan lebih banyak teknologi kreatif yang disesuaikan dengan gaya hidup pelanggan.

DukeBox by LG Labs: Meretas Batas Pemutaran Audio

Salah satu sorotan dalam pameran ini adalah peluncuran DukeBox, perangkat pemutar audio unik berbentuk tabung vakum dengan teknologi panel OLED transparan. Menyuguhkan kombinasi elegan antara teknologi klasik dan inovasi terkini, DukeBox memberikan pengalaman mendengarkan musik dan menonton video yang tak terlupakan. Dilengkapi dengan speaker depan dan belakang 360 derajat, perangkat ini menciptakan pengalaman audio imersif. Keistimewaan lainnya, transparansi layar OLED dapat disesuaikan untuk menciptakan efek visual yang memukau.

Bon Voyage by LG Labs: Kenyamanan Rumah di Alam Terbuka

Dengan menghadirkan kenyamanan rumah saat berada di alam terbuka, Bon Voyage menjadi sorotan berikutnya. Berfungsi sebagai living space portabel, camping trailer ini didesain optimal dengan ukuran yang lebih kecil, tetapi tetap memanfaatkan ruang secara efisien. Dengan panjang 3,8 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2,2 meter, Bon Voyage dapat menampung berbagai perabotan rumah tangga seperti tempat tidur, lemari es, kompor listrik, hingga peralatan perawatan pribadi. Dengan fleksibilitasnya, camping trailer ini bisa diparkir di garasi atau dihubungkan ke mobil untuk pengalaman outdoor yang nyaman.

DUOBO by LG Labs: Kopi Lebih dari Satu Rasa

Dipresentasikan sebagai mesin kopi inovatif, DUOBO dapat mengekstrak dua kapsul kopi berbeda secara bersamaan. Dengan desain yang terinspirasi dari robot eksplorasi luar angkasa, DUOBO menambah sentuhan futuristik dalam penyajian kopi. Proyek crowdfunding ini juga melibatkan CUBO, karakter hewan peliharaan luar angkasa yang lucu untuk mempercantik area pameran.

Produk Lainnya: Dari CineBeam Qube hingga LG tiiun Mini

Tak hanya itu, LG memamerkan sejumlah produk menarik lainnya seperti LG CineBeam Qube, proyektor portabel yang inovatif, LG gram Fold, laptop lipat dengan desain revolusioner, LG XBOOM, sistem audio yang powerful, LG StanbyMe Go, baterai portabel dengan desain minimalis, dan LG tiiun Mini, teknologi konsep untuk menciptakan suasana yang tenang dan nyaman di dalam ruangan.

LG terus membuktikan diri sebagai pemimpin inovasi dengan menghadirkan berbagai solusi yang menggabungkan kreativitas dan teknologi canggih. Dalam pernyataan resminya, Hyo-eun Kim, Wakil Presiden dan Kepala Divisi Manajemen Merek LG, menyatakan komitmen LG untuk memberikan produk dan layanan inovatif secara langsung kepada pelanggan global, menggambarkan semangat “Pioneering DNA” perusahaan.

 

Bos realme Layangkan Surat Terbuka, Ada Apa?

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Sky Li, Pendiri dan CEO realme membuat surat terbuka di awal tahun ini yang mengumumkan bahwa 2024 akan menjadi tahun rebranding bagi realme. Surat terbuka tersebut mengungkapkan misi, posisi merek, dan semangat baru yang akan diusung oleh realme. realme akan mengubah orientasinya dari “opportunity-oriented” menjadi “brand-oriented”. Perubahan ini juga akan menjadi fondasi pengembangan strategis realme di masa depan.

realme pertama kali hadir di tengah pasar smartphone yang sangat kompetitif, namun dengan cepat berhasil memantapkan posisinya melalui strategi pengembangan yang berbeda: menghadirkan teknologi dan desain yang lebih baik untuk anak muda di seluruh dunia.

Dalam lima tahun terakhir, realme mendapatkan wawasan yang mendalam tentang generasi muda dan terus menghadirkan produk dengan performa serta desain yang luar biasa kepada lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia.

“Fokus dari posisi merek baru kami bukan untuk menjadi pengalihan, tetapi menuju kepada keterbukaan. Hal tersebut akan memandu investasi dan pengembangan jangka panjang yang akan membantu kami terhubung lebih baik dengan lebih banyak anak muda, di lebih banyak pasar, dan lebih banyak wilayah di dunia,” kata Sky Li.

Baca juga: Kuasai Pangsa Pasar 15,6%, Infinix Capai Posisi 3 Besar Pasar Smartphone Indonesia

Melalui pengalaman dan pengakuan dari para anak muda selama lebih dari 5 tahun ke belakang, realme menetapkan tujuan yang lebih tinggi dari sebelumnya. realme akan berfokus untuk menghadirkan brand dan product experience yang melampaui ekspektasi anak muda, menjadikan hal yang dirasa mustahil menjadi mungkin.

Oleh karena itu, realme mengubah misinya untuk lebih ringkas dalam menangkap aspirasi anak muda dalam hal pengembangan di masa depan: memungkinkan anak muda di seluruh dunia menikmati pengalaman teknologi yang melebihi ekspektasi.

Untuk menghadirkan terobosan dalam kekuatan produk, realme terus berpegang pada strategi “Simply Better” dan “No Leap, No Launch” sembari memperjelas positioning dari tiga lini produknya: GT Series diposisikan sebagai Next-level Performance Flagship, Number Series diposisikan sebagai Next-gen Imaging, dan C Series diposisikan sebagai Essential Plus.

Sky Li, Pendiri dan CEO realme
Sky Li, Pendiri dan CEO realme. Foto whatphone.net

Selain itu, realme akan fokus untuk meningkatkan pengalaman produk di tiga sektor yaitu performa, fotografi, dan desain, berkolaborasi dengan lebih dari 30 mitra teknologi terkemuka serta berinvestasi lebih besar dalam penelitian dan pengembangan.

Dari sisi merek, realme akan tetap berfokus untuk menjawab kebutuhan para anak muda dan menjangkau lebih banyak generasi muda di seluruh dunia dengan mengoptimalkan mekanisme customer insight agar lebih adaptif dan responsif dalam pendekatannya.

Baca juga: 2 Alasan Konsumen Indonesia Membeli Smartphone Baru

Sky Li mengatakan, realme akan dapat secara langsung mengimplementasikan masukan pengguna baru ke dalam pengembangan merek dan produknya, walaupun saat sedang berada di tengah-tengah proyek demi membuat pengalaman merek yang terasa lebih dekat, dinamis, dan menyentuh ke segala sisi.

Dengan berfokus pada produk, teknologi, dan merek sebagai daya saing utama, hal tersebut memungkinkan realme untuk menghadirkan kemajuan teknologi terkini secara langsung kepada para anak muda, sehingga dapat memperkuat posisinya sebagai merek teknologi yang lebih memahami para anak muda dan menjadikan ide mereka menjadi kenyataan.

Melengkapi strategi baru tersebut, realme turut memperkenalkan slogan baru: Make it real. Slogan baru ini mewarisi semangat “Dare to Leap” dengan lebih berfokus pada anak muda, dan membawa manfaat yang nyata, jelas, dan dapat dirasakan secara langsung.

PFpreneur Beri Pelatihan ke Pengusaha UMKM Perempuan, Ada yang Sukses Jadi Eksportir

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita UMKM | Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perempuan merupakan penopang perekonomian Indonesia. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menyatakan sekitar 64 persen UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan dan berkontribusi 61 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Melalui program PFpreneur, PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan UMKM.

PFpreneur merupakan program pemberdayaan perempuan dengan mengembangkan kewirausahaan perempuan berbasis pengelolaan usaha modern dan berdaya saing tinggi serta akses permodalan dari CSR PT Pertamina. Tiga tahun berjalan, PFpreneur memberikan pelatihan kepada lebih dari 3.000+ womenpreneur. Sepanjang tahun 2023 lalu PFpreneur memberikan pelatihan terhadap 1.388 womenpreneur dengan tiga jenis usaha, yakni kerajinan, fesyen, dan kuliner.

Manager Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP) PT Pertamina (Persero) Dewi Sri Utami mengatakan, PFpreneur merupakan salah satu program Pertamina yang mendorong pelaku UMKM untuk bisa nak kelas hingga melebarkan ke pasar ekspor.

Baca juga: Pembiayaan Ekspor untuk UKM dari LPEI Surakarta Tembus Rp495 Miliar

”Pertamina terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh lewat program-program pendampingan. Salah satunya ialah melalui PFpreneur yang secara khusus mendorong UMKM perempuan untuk bisa naik kelas melalui berbagai kegiatan pelatihan.  Setelahnya, binaan PFpreneur dapat mengikuti kelas pembinaan lanjutan di Pertamina melalui UMK Academy, dengan kurikulum Go Modern, Go Online, Go Digital, Go Global serta Go Green secara intens selama 5 bulan, agar dapat naik kelas ke jenjang lebih tinggi  sekaligus mengembangkan kolaborasi dan networking,” ujar Dewi.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari mengatakan, ketika sudah menjadi binaan PFpreneur para womenpreneur akan mendapatkan 4P, yakni permodalan, pendampingan, pameran, dan promosi.

“Setelah mengikuti pelatihan intensif dan ujian sebagai seleksi, womenpreneur terbaik akan menjadi binaan PFpreneur. Menjadi binaan PFpreneur, womenpreneur akan memperoleh stimulan permodalan usaha, pendampingan lanjutan, akses pameran mewakili Pertamina, dan promosi serta business matching sehingga womenpreneur bisa naik kelas. Naik kelas dari hiperlokal menuju lokal, lokal menuju nasional, dan nasional menuju internasional,” ungkap Agus, pada pelatihan TOP 1000 PFpreneur 2023 secara daring, Selasa (05/12/2023).

PFpreneur
UMKM binaan PFpreneur asal Kebumen, Mutiara Handycraft

Selain pelatihan TOP 1000 PFpreneur, sedang berlangsung juga coaching clinic untuk 82 womenpreneur binaan PFpreneur tahun 2022. Bekerja sama dengan P2EB Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, diberikan pelatihan tentang fotografi produk, cara menjalin hubungan dengan pelanggan, strategi penentuan harga, penghitungan pajak untuk UMKM, desain dan kemasan hingga public speaking dan menjalin networking.

Sepanjang tiga tahun berjalan, terdapat lebih dari 200 UMKM menjadi binaan PFpreneur. Kisah sukses binaan PFpreneur datang dari UMKM binaan asal Kebumen, Mutiara Handycraft milik sobat istimewa (penyandang disabilitas) Irma Suryati. Dengan memberdayakan 300 disabilitas di daerah asalnya, kerajinan kain perca Mutiara Handycraft tampil di pameran INACRAFT, Trade Expo Indonesia, dan Pertamina SMEXPO 2023. Berkat manfaat yang diperoleh lewat program PFpreneur, Mutiara Handycraft kini bisa meraih omset 400 hingga 600 juta per bulan.

Ada juga UMKM binaan yang memiliki konsep ramah lingkungan, yakni Agrominafiber Handicraft yang tampil di Pertamina SMEXPO pada November 2023 lalu. Produk kerajinan tangan dan home décor nya memiliki kualitas ekspor hingga tembus pasar ASEAN dan Amerika dengan bahan baku pelepah pisang dan pandan.

Baca juga: Pelaku UMKM Harus Melek Keamanan Digital

Di bidang kuliner, terdapat binaan PFpreneur yang memiliki inovasi dengan membuat abon yang terbuat dari jantung pisang. Produk abonnya bernama Abon Daun Emas karya pengusaha perempuan asal Yogyakarta, Anis Riyati. Lewat program PFpreneur, produknya berhasil tampil di booth Pertamina pada pameran Trade Expo Indonesia.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina, berkat program PFpreneur, karya para perempuan disabilitas bisa tampil di pameran-pameran bergengsi dan bertemu dengan banyak potential buyer dari luar negeri sekalipun. Lewat program ini, kami memperoleh pendampingan terus menerus dan tentunya akses-akses yang bisa membuat usaha naik kelas,” ujar Irma.

Kenali Warna Kepribadian untuk Karier Cemerlang

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial | Menyambut Tahun Baru, Allianz Indonesia menghadirkan perspektif segar bagi para profesional yang ingin mengoptimalkan karier mereka. Dalam acara NgobrAZ (Ngobrol Bareng Allianz Citizens): Kenali Personality-mu, Kembangkan Karirmu, Samanta Elsener, seorang psikolog dan content creator, membuka rahasia sukses dengan mengenali warna kepribadian.

Menurut Samanta, setiap individu memiliki warna kepribadian yang mencerminkan karakteristik dan kekuatan khusus. Berdasarkan konsep Taylor Hartman, kepribadian dibagi menjadi empat warna dominan: merah, biru, putih, dan kuning. Masing-masing warna memiliki kelebihan dan tantangan yang perlu dipahami untuk meraih karier yang lebih cemerlang.

Warna Merah
Orang dengan kepribadian merah cenderung berkomitmen tinggi, dinamis, dan berorientasi pada prestasi. Namun, mereka perlu belajar menjadi lebih sabar dan terbuka terhadap pendapat orang lain.

Warna Biru
Kepribadian biru menonjolkan ketelitian, kedisiplinan, dan orientasi tujuan. Tantangannya adalah menjadi lebih fleksibel dan berani mengambil risiko.

Warna Putih
Orang dengan kepribadian putih cenderung damai, terbuka terhadap masukan, dan sabar. Mereka perlu belajar untuk lebih bersikap proaktif dan berani menghadapi konflik.

Warna Kuning
Kepribadian kuning identik dengan semangat tinggi, kemampuan mengambil risiko, dan kerjasama yang baik. Tantangannya adalah mengelola waktu dengan lebih baik dan konsisten dalam menyelesaikan tugas.

Samanta juga menekankan pentingnya self-discovery dalam mengembangkan karier. Enam langkah self-discovery yang disarankan termasuk mengenali diri, melepaskan yang tidak perlu, mencari apa yang diperlukan untuk peningkatan diri, menemukan visi hidup baru, menemukan keyakinan baru, dan menentukan tindakan selanjutnya.

Selain itu, Samanta menyarankan agar para profesional melakukan evaluasi mendalam terhadap faktor-faktor seperti latar belakang personal, nilai hidup, keterampilan teknis dan interpersonal, serta kepuasan pribadi. Dengan memahami diri dan lingkungan kerja, seseorang dapat membuat rencana tindakan yang tepat untuk meraih kesuksesan dalam karier.

Allianz Indonesia, sebagai mitra dalam pengembangan karier, berkomitmen untuk terus memberikan wadah bagi karyawan dan masyarakat umum untuk menggali potensi diri. Dengan berbagai kegiatan seperti NgobrAZ, Allianz menciptakan ruang untuk pembelajaran dan pertukaran ide, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan profesional.

Dengan melihat ke dalam diri dan memahami warna kepribadian, seseorang dapat membuka pintu menuju karier yang lebih cemerlang. Allianz Indonesia hadir sebagai mitra setia untuk membantu para profesional meraih impian karier mereka di tahun yang baru.

 

PT Pupuk Indonesia Pastikan Distribusi Pupuk Lancar, Dukung Percepatan Musim Tanam

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Pada hari kedua tahun 2024, PT Pupuk Indonesia (Persero) telah meluncurkan langkah-langkah proaktif untuk memastikan musim tanam awal tahun ini dapat berjalan dengan maksimal. Kerjasama erat dengan Kementerian Pertanian (Kementan) menjadi kunci, di mana Pupuk Indonesia fokus pada peningkatan distribusi, menjaga ketersediaan pupuk, serta mendorong petani untuk melakukan pembelian dan penebusan pupuk secara lebih awal.

PT PUPUK INDONESIA 2024

Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia, Tri Wahyudi Saleh, menyatakan kesiapannya untuk memberikan dukungan penuh terhadap program percepatan musim tanam. Salah satu strategi yang diimplementasikan adalah percepatan penyaluran pupuk bersubsidi. Pada awal tahun 2024, Pupuk Indonesia memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi di seluruh kios, dapat ditebus oleh petani yang sudah terdaftar.

Tri mengapresiasi petani yang telah melakukan penebusan pupuk bersubsidi lebih awal pada tahun ini. Hal ini memungkinkan pupuk bersubsidi dapat segera digunakan oleh petani, terutama yang menanam komoditas strategis nasional seperti padi, jagung, kedelai, dan lainnya. Pupuk Indonesia berkomitmen untuk menjaga ketersediaan pupuk bersubsidi sesuai dengan arahan pemerintah, sambil terus meningkatkan ketersediaan pupuk non-subsidi di berbagai kios, termasuk kios komersial.

“Sebagai BUMN yang memiliki mandat dari pemerintah untuk berkontribusi dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan nasional, kami memberikan dukungan penuh terhadap kesuksesan musim tanam kali ini. Bukan hanya dengan memastikan penyaluran pupuk subsidi berjalan lancar, tetapi juga memberikan kemudahan akses pupuk, baik pupuk bersubsidi maupun pupuk non-subsidi,” ujar Tri di sela-sela acara Bazar Pupuk di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (3/01/2024).

Sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat penyaluran pupuk bersubsidi dan mempermudah petani dalam membeli pupuk non-subsidi, Pupuk Indonesia menggelar Bazar Pupuk. Acara ini dihadiri oleh sekitar 50 ribu petani di GOR Satria, Kota Purwokerto, Jawa Tengah. Pupuk Indonesia berharap bahwa petani dapat memperoleh kemudahan tidak hanya dari segi ketersediaan pupuk, tetapi juga dari segi harga yang lebih menguntungkan.

Di samping memudahkan akses pupuk, dalam Bazar Pupuk ini, Pupuk Indonesia juga menyelenggarakan sosialisasi dan edukasi terkait dosis pemupukan dengan menghadirkan Mobil Uji Tanah. Mobil Uji Tanah berperan sebagai sarana riset, memiliki kemampuan untuk menganalisis sampel tanah dan memberikan rekomendasi pemupukan yang tepat secara spesifik, baik untuk lokasi maupun komoditas tertentu. Harapannya, petani dapat melakukan pemupukan secara presisi dengan tingkat produktivitas yang optimal.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga melakukan sosialisasi Program MAKMUR, yang bukan hanya tentang pemupukan tetapi juga memberdayakan petani melalui pendampingan intensif, akses permodalan, perlindungan risiko, hingga jaminan pasar. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa produktivitas pertanian dan ketahanan pangan terus meningkat, memberikan dampak positif bagi petani dan masyarakat setempat.

Hingga tanggal 31 Desember 2023, ketersediaan pupuk bersubsidi dan pupuk non-subsidi mencapai 1.744.302 ton. Rinciannya, pupuk bersubsidi sebanyak 1.215.280 ton dan pupuk non-subsidi sebanyak 529.022 ton. Dari jumlah tersebut, urea subsidi mencapai 783.317 ton, NPK subsidi sebanyak 431.963 ton, urea non-subsidi sebanyak 436.984 ton, dan NPK non-subsidi sebanyak 92.038 ton. Ketersediaan stok pupuk bersubsidi sudah mencapai 236 persen dari ketentuan stok minimum yang ditetapkan pemerintah.

Pupuk Indonesia telah menyiapkan fasilitas distribusi lengkap untuk mendukung penyaluran pupuk kepada petani, terutama di wilayah Jawa Tengah. Fasilitas ini mencakup 78 gudang lini 3, 238 distributor, dan 5.075 kios resmi. Sebagai langkah pengawasan, Pupuk Indonesia menugaskan 70 petugas lapangan yang bertanggung jawab untuk berkoordinasi secara teknis dengan berbagai pihak di lapangan.

“Kami berkomitmen memenuhi mandat pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pupuk bagi para petani di penjuru Indonesia dengan memastikan bahwa pupuk bersubsidi dan nonsubsidi tersedia dengan cukup di kios resmi dan melalui kios-kios baru,” tambah Tri. Dengan langkah-langkah ini, Pupuk Indonesia menunjukkan dedikasinya dalam mendukung sektor pertanian dan ketahanan pangan nasional.

Rayakan Tahun Baru 2024 dengan Pertunjukkan Kelas Dunia

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Pristine8.6+ berbagi kebaikan dengan puluhan ribu masyarakat di bundaran HI, rayakan 2024 dengan pertunjukan tahun baru kelas dunia

Marketing.co.id – Berita Marketing | 2024 telah tiba! Tahun 2023 sudah berlalu, kini saatnya untuk refleksi diri dan menyiapkan resolusi di 2024. Resolusi dijadikan sebagai perbaikan dari hal-hal buruk yang telah terjadi di tahun sebelumnya, agar bisa melalui tahun baru dengan lebih baik lagi.

Salah satu contoh resolusi yang bisa dilakukan oleh siapapun adalah mejalani gaya hidup yang lebih sehat. Semudah dengan mengatur pola makan yang baik, istirahat yang cukup, dan tidak lupa untuk minum air yang cukup dan baik untuk tubuh.

Pada kesempatan ini, Pristine8.6+ turut berbagi kebaikan kepada puluhan ribu orang di bundaran HI pada momen malam tahun baru 2024 bersamaan dengan pertunjukan World Class New Year’s Eve pertama di Indonesia dari Kirana Jakarta. Ini adalah salah satu bentuk dukungan Pristine8.6+ mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup lebih sehat.

Acara ini sukses digelar pada malam tahun baru, Minggu 31 Desember 2023 mulai pukul 20.00 WIB hingga perayaan hitung mundur tengah malam dalam acara Malam Muda Mudi oleh Pemprov DKI.

Aktivitas ini juga mencakup delapan segmen, termasuk Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama di Bundaran HI, Kirana Jakarta by City Vision, dan Panggung Hiburan di Jl. Thamrin dan Jl. Sudirman.

Dalam perhelatan kali ini, ada pertunjukan light show dengan sentuhan kelas dunia yang menampilkan sebanyak 500 drone, efek water mist dengan 4 layar yang terbuat dari air, dan 3D video mapping yang ditayangkan pada gedung The Plaza, menciptakan pengalaman awal tahun yang tak terlupakan.

“Untuk menyambut tahun baru 2024, Pristine8.6+ senang dan bangga bisa ikut berpartisipasi pada perayaan Tahun Baru yang spektakuler bersama City Vision yang berlokasi di pusat area Jakarta yaitu Bundaran HI dengan membagikan produk kepada puluhan ribu orang. Hal ini adalah bentuk dukungan kami untuk mengingatkan masyarakat untuk dapat atau terus hidup lebih sehat,” ujar Merliana, Head of Marketing Pristine8.6+.

Minum air yang baik secukupnya merupakan salah satu hal penting untuk menjaga gaya hidup yang lebih sehat. Pristine8.6+ adalah salah satu pilihan tepat yang dapat membantu #Seimbangkantubuhmu untuk tubuh lebih sehat. Selamat tahun baru 2024! Mari kita menjalani hidup lebih baik bersama Pristine8.6+. Karena kalau ada yang lebih baik kenapa pilih yang biasa?