Raih Pendanaan Seri A+, KOMUNAL Fokus Garap Kota tier 2 dan 3

Dengan pendanaan ini, KOMUNAL akan terus berkomitmen untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia, mengembangkan produk dan layanan, serta menjalin kemitraan dengan lebih banyak BPR, khususnya di luar Jawa dan Bali.

Marketing.co.id – Berita Marketing | KOMUNAL, perusahaan fintech yang fokus pada upaya peningkatan inklusi keuangan dengan mendorong digitalisasi BPR-BPR di Indonesia, mengumumkan pencapaian kinerja positif yang konsisten serta membukukan profit pada Q3-Q4 2023.

Di akhir 2023, KOMUNAL juga mendapatkan pendanaan seri A+ senilai USD 5,5 juta (Rp 85 Miliar) yang dipimpin oleh Sumitomo Corporation Equity Asia. Beberapa perusahaan modal ventura juga turut berpartisipasi antara lain Jafco Asia, Skystar Capital, Sovereign Capital, dan Gobi Partners.

Alan Tang, perwakilan Sumitomo Corporation Equity Asia, mengomentari, “Komunal memberdayakan BPR (Bank Perekonomian Rakyat) dengan platform One-stop Banking-as-a- Service (BaaS) yang akan berperan penting dalam memperluas ketersediaan kredit untuk UMKM yang dapat membuka potensi ekonomi yang besar di kota tier 2 dan 3 di Indonesia.

Bermitra dengan 376 BPR di seluruh Indonesia, KOMUNAL menyalurkan pinjaman usaha kepada UMKM yang mayoritas berada di kota tier 2 dan tier 3. Melalui anak usahanya, DepositoBPR by Komunal, masyarakat juga dapat menempatkan deposito di BPR secara digital, tanpa tatap muka.

DepositoBPR yang ditawarkan Komunal memiliki bunga yang lebih tinggi dari deposito bank umum, namun tetap aman karena dijamin LPS. Hanya saja, produk ini tidak terlalu dikenal masyarakat perkotaan karena kebanyakan BPR berada di kota tier 2 dan tier 3.

Pada 2023, KOMUNAL berhasil menyalurkan pinjaman dan deposito senilai total Rp 9 triliun, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Melalui KomunalP2P, perusahaan menyalurkan pinjaman usaha senilai Rp 3,8 triliun kepada lebih dari 1.300 proyek UMKM di seluruh wilayah Indonesia. Melalui DepositoBPR by Komunal, perusahaan menyalurkan dana deposito senilai Rp 5,2 triliun ke lebih dari 330 BPR & BPRS.

“Kami sangat bersyukur atas pencapaian ini dan berharap angka-angka ini juga merefleksikan banyak masyarakat yang mendapatkan faedah secara langsung dan tidak langsung,” kata Hendry Lieviant, Co-Founder & CEO KOMUNAL. “Ini merupakan pencapaian kolektif seluruh stakeholder KOMUNAL. Tanpa dukungan Investor, Mitra BPR, Regulator dan seluruh tim KOMUNAL hal ini tidak mungkin dapat terjadi.”

Dengan pendanaan seri A+ ini, KOMUNAL akan terus berkomitmen untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia melalui digitalisasi BPR, yang memiliki jangkauan hyperlocal pada masyarakat setempat. Perusahaan akan terus mengembangkan produk dan layanannya, serta menjalin kemitraan dengan lebih banyak BPR, khususnya di luar Jawa dan Bali.

“Kami percaya bahwa digitalisasi BPR adalah kunci untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia,” kata Hendry Lieviant. “Kami akan terus berinovasi untuk dapat memberikan dampak yang lebih besar lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya UMKM di kota tier 2 dan tier 3 yang memiliki potensi sangat besar namun underserved

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.