Monday, October 6, 2025
Home Blog Page 398

Mobil Terendam Banjir Masih Bisa Klaim Asuransi, Ini Caranya

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Otomotif | Jika musim penghujan tiba banyak daerah di Indonesia yang rawan terendam air alias kebanjiran. Hal ini otomatis juga potensial untuk mendatangkan masalah lainnya, yakni mobil akan ikut terendam banjir.

Ketika menghadapi hal ini sebaiknya jangan panik, lakukan beberapa hal berikut untuk meminimalisir risiko kerusakan pada mobil dan tetap bisa melakukan klaim asuransi kendaraan Anda.

  1. Selalu pastikan posisi mobil aman

Pastikan ada opsi untuk memindahkan dan mengevakuasi mobil ke posisi yang lebih tinggi pada saat banjir. Apabila tidak sempat melakukan pemindahan atau evakuasi mobil, Anda bisa menutup knalpot terlebih dahulu supaya air tidak masuk ke dalam mesin mobil dan merusak mesin. Bagi Anda yang memiliki asuransi Garda Oto, dapat langsung menghubungi Garda Siaga melalui aplikasi myGarda atau Garda Akses 24 Jam untuk layanan darurat.

  1. Lepaskan kabel negatif aki untuk mencegah korsleting listrik

Pemilik mobil jangan ragu untuk melepaskan kabel negatif pada aki/baterai guna mencegah korsleting listrik. Pelepasan kabel ini mencegah rusaknya berbagai macam komponen listrik di dalamnya. Lakukan pencabutan kabel negatif ketika mobil sebelum terendam. Ciri-ciri kabel negatif pada aki / baterai ditandai dengan simbol – ( minus / kurang ). Kabel yang menempel pada terminal negatif aki / baterai adalah warna hitam polos atau yang sejenisnya.

  1. Cek kondisi oli

Pengecekan kondisi oli harus dilakukan, karena ada kemungkinan oli sudah tercampur dengan air banjir. Ketika sudah tercampur dengan air banjir, tangki oli harus dikuras habis terlebih dahulu baru kemudian diisi kembali. Pengurasan sebaiknya dilakukan oleh pihak bengkel resmi. Ciri-ciri oli sudah tercampur air yaitu warna oli berubah menjadi putih seperti susu

Baca juga: Tips Membeli Mobil Baru dengan Bijak di Akhir Tahun

  1. Jangan menyalakan kendaraan dalam posisi sudah terendam

Apabila mobil kita sudah dalam posisi terendam banjir, jangan langsung menyalakan mesin. Mesin terendam banjir jika dinyalakan bisa mengakibatkan korsleting pada aki/baterai. Selain itu, air banjir yang masuk ke dalam mesin dapat merusak komponen yang ada di dalamnya. Sebaiknya Anda menghubungi bengkel resmi untuk mengecek kendaraan yang terendam banjir. Pelanggan Garda Oto dapat dengan mudah meminta pertolongan Garda Siaga secara gratis.

Beberapa pemilik kendaraan terkadang tidak memiliki banyak waktu untuk memindah kendaraan mereka ketika banjir melanda. Terkadang, air naik dengan cepat sehingga mengakibatkan pemilik kendaraan tidak sempat menyelamatkan kendaraan mereka.

Mobil Kebanjiran
Foto: Carmudi

Bagi pemilik kendaraan sebaiknya langsung menghubungi Garda Akses guna dapat melakukan pengecekkan kerusakan mobil. Jangan sampai pemilik kendaraan melakukan perbaikan sendiri sebelum menghubungi pihak asuransi. Keadaan ini memungkinkan terjadinya gagal klaim.

Merujuk pada penjelasan di Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 3 ayat 4 yang mengatakan kalau asuransi tidak menjamin kerugian, kerusakan dan biaya atas kendaraan bermotor tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan (ayat 4.4).

Baca juga: Begini Toh Cara Kerja Asuransi Mobil Syariah, Bebas Riba?

L Iwan Pranoto, Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra menjelaskan bahwa kendaraan yang terendam banjir sebaiknya tidak dipaksa jalan karena bisa merugikan keselamatan pengemudi.

“Kami sangat berkonsentrasi dengan keselamatan pelanggan kami, sebaiknya ketika mengetahui mobil sudah terendam banjir, pelanggan langsung menghubungi Garda Siaga melalui aplikasi myGarda atau Garda Akses 24 Jam. Tim kami akan senantiasa membantu pelanggan kapan saja. Jangan melakukan perbaikan sendiri atau menyalakan mesin kendaraan yang baru saja terendam banjir, sebaiknya tunggu tim kami datang memeriksa” papar Iwan.

 

Perpanjangan Visa bagi Orang Asing Kini Bisa Dilakukan secara Online

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Menyambut tahun baru 2024, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI memberi kado istimewa bagi Warga Negara Asing yang berkunjung ke Indonesia. Kini mereka bisa mengurus perpanjangan izin tinggal secara online melalui website evisa.imigrasi.go.id. Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, menjelaskan layanan baru ini diperuntukan bagi orang asing pemegang visa kunjungan yang berada di Indonesia.

“Imigrasi terus melakukan perbaikan layanan melalui strategi digitalisasi. Layanan baru ini dibuat dengan tujuan memudahkan dan mempercepat proses perpanjangan izin tinggal yang semula harus datang ke kantor imigrasi, sekarang bisa melalui online dan tidak diperlukan lagi peneraan pada paspor karena langsung dikirim ke email pemohon. Jadi mulai dari proses pengajuan visa dan perpanjangan izin tinggal bisa secara online, cukup melalui website yang disediakan oleh Ditjen Imigrasi,” jelas Silmy dalam siaran pers, 31 Desember 2023.

Baca juga: Perluas Layanan, NusaTrip Membuka Kantor Regional di Filipina

Beberapa jenis visa yang dapat diperpanjang secara online saat ini adalah visa dengan tujuan kunjungan wisata (indeks C1), pengobatan (indeks C3), urusan pemerintahan (indeks C4), kursus singkat (indeks C9), dan kunjungan bisnis (indeks C11).

Adapun izin tinggal kunjungan yang perpanjangannya dapat diproses melalui evisa.imigrasi.go.id untuk jenis-jenis visa yang disebutkan sebelumnya yakni Extend Tourism Stay Permit (indeks C1A1), Extend Medical Treatment Stay Permit (indeks C3A2), Extend Government Business Stay Permit (indeks C4A3), Extend Short Course Stay Permit (indeks C9A3), serta Extend Exhibitor Stay Permit (indeks C11A4).

Warga Negara Asing
Foto: imigrasi.go.id

Layanan baru tersebut telah melalui proses uji coba dan akan diterapkan mulai tanggal 31 Desember 2023 sekaligus menandai pergantian tahun. Melalui evisa.imigrasi.go.id orang asing dapat lebih nyaman tinggal di Indonesia melalui seamless experience dalam pengurusan visa dan izin tinggal.

Baca juga: Yuk, Telusuri Hidden Gem dan Pengalaman Liburan Khas Warga Lokal Britania Raya

“Pengembangan sistem pelayanan keimigrasian secara online yang dilakukan oleh Imigrasi secara berkelanjutan merupakan komitmen kami dalam hal digitalisasi. Tim kami terus melakukan studi, observasi, dan evaluasi terhadap perkembangan kebutuhan masyarakat agar bisa mempersembahkan yang terbaik,” pungkas Silmy.

Selesaikan Kasus Kehilangan Barang Pribadi dengan Pendekatan Kekeluargaan

0
[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | PT Rosalia Indah Transport berkomitmen menyelesaikan secara kekeluargaan kasus kehilangan barang pribadi yang menimpa Widino, seorang pengguna jasa bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Rosalia Indah. Kasus ini mencuat setelah Widino mengaku kehilangan iPad dan menyuarakan kejadian tersebut melalui media sosial.

Manajemen PT Rosalia Indah Transport bertemu dengan Widino di Jakarta pada 24 Desember 2023 untuk mendengarkan aspirasi dan tuntutan. Dalam pertemuan tersebut, Widino memberikan kuasa pada kuasa hukumnya dan menyampaikan empat tuntutan, termasuk permintaan maaf terbuka, dukungan kepada pihak kepolisian, kompensasi atas kehilangan iPad, dan perbaikan layanan.

Manajemen Rosalia Indah merespons tuntutan tersebut dengan mengundang Widino ke Kantor Pusat PT Rosalia Indah Transport di Karanganyar, Jawa Tengah, untuk melanjutkan proses penyelesaian secara kekeluargaan. Meskipun kuasa hukum Widino menginginkan pertemuan di tempat lain, manajemen tetap terbuka untuk menyelesaikan masalah ini.

Terkait tuntutan kompensasi atas kehilangan iPad, manajemen menegaskan bahwa berdasarkan aturan perusahaan yang tercantum pada tiket bus Rosalia Indah, kehilangan barang bawaan penumpang (non bagasi dan non label) bukan tanggung jawab perusahaan. Hal ini merujuk pada Pasal 192 Ayat (4) Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Manajemen PT Rosalia Indah Transport memberikan dukungan kepada pihak kepolisian untuk mengungkap dan menuntaskan kasus ini. Melalui akun Instagram @rosaliaindah.official, mereka juga menyampaikan permohonan maaf secara terbuka. Manajemen terus berupaya melakukan perbaikan layanan, termasuk pemasangan CCTV dan Kotak Aman Rosalia Indah (KARI) di setiap bus.

 

Mengedukasi dan Melindungi Ibu dan Balita dari Ruam Popok

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Merawat bayi membawa sejumlah tanggung jawab, dan salah satu masalah umum yang dihadapi para orang tua adalah ruam popok. Edukasi mengenai penanganan ruam popok bayi memiliki dampak besar tidak hanya pada kesehatan si kecil tetapi juga pada kesejahteraan keluarga secara keseluruhan.

Edukasi yang baik membantu orang tua mengidentifikasi tanda-tanda awal ruam popok dan langkah-langkah pencegahan yang efektif. Dengan mengetahui cara menjaga kebersihan dan kesehatan kulit bayi, orang tua dapat menghindari infeksi dan iritasi kulit yang mungkin terjadi akibat penggunaan popok.

Pengetahuan tentang penyebab ruam popok memungkinkan orang tua untuk menanggapi dengan cepat jika si kecil mengalami masalah ini. Langkah-langkah penanganan yang tepat, seperti penggantian popok secara teratur dan pembersihan area popok dengan lembut, dapat membantu mencegah ruam popok menjadi lebih parah.

Edukasi merangsang kesadaran orang tua terhadap pentingnya perawatan kulit bayi. Dengan memahami bahwa ruam popok bukan hanya masalah kecil, orang tua cenderung lebih berhati-hati dan penuh perhatian dalam merawat bayi mereka, menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bersih.

Pengetahuan tentang produk perawatan bayi, seperti popok dengan teknologi canggih, membantu orang tua memilih produk yang tepat. Penggunaan popok yang sesuai dengan kebutuhan si kecil dapat mengurangi risiko ruam popok dan memberikan kenyamanan ekstra.

Dengan mencegah atau mengatasi ruam popok, bayi cenderung tidur lebih nyaman dan pulas. Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil, serta membantu orang tua mendapatkan istirahat yang cukup.

Sejalan dengan komitmennya untuk mendukung kesehatan bayi dan keluarga di Indonesia, MAKUKU telah berhasil memberikan edukasi kepada ribuan ibu sepanjang tahun 2023 mengenai penanganan ruam popok. Dengan terus berinovasi, MAKUKU meluncurkan 7 produk terbaru yang menjadi solusi cerdas dengan memanfaatkan teknologi SAP (Super Absorbent Polymer) dan menggabungkannya dengan pengetahuan perawatan bayi.

Pengetahuan yang diberikan kepada para ibu tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam merawat bayi, tetapi juga mengurangi penggunaan metode tradisional yang mungkin tidak tepat dan berisiko. Dalam upaya ini, MAKUKU melakukan edukasi melalui berbagai saluran, termasuk kerja sama dengan rumah sakit, posyandu, dan dokter ahli.

Titi Nurmalasari, Public Relations Manager MAKUKU Indonesia, menekankan, “Edukasi adalah fondasi utama untuk perawatan bayi yang baik. Kolaborasi dengan pihak kesehatan dan pembentukan MAKUKU Community adalah langkah konkret kami untuk memberikan pengetahuan yang dapat diandalkan kepada para ibu di Indonesia.”

MAKUKU memposisikan diri sebagai pionir dalam industri popok Indonesia dengan menggunakan teknologi inti struktur SAP. Hal ini menjadi kunci keberhasilan MAKUKU dalam memberikan perlindungan maksimal terhadap ruam popok pada bayi. Teknologi SAP memberikan daya serap super dan anti gumpal, menjadikan MAKUKU sebagai salah satu merek popok bayi terbaik yang direkomendasikan oleh dokter.

Selain edukasi, MAKUKU memberikan solusi melalui peluncuran 7 produk terbaru. Antara lain, MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit, MAKUKU Air Tissue, MAKUKU SAP Diapers Slim Care, MAKUKU SAP Diapers Grow Care, MAKUKU Facial Towel, MAKUKU SAP Diapers Soft Care, dan MAKUKU Dry Care. Varian produk ini memberikan pilihan terbaik kepada para ibu yang menginginkan kualitas terbaik untuk perawatan bayi mereka.

“MAKUKU tidak hanya melihat ke belakang dengan bangga akan pencapaiannya, tetapi juga melihat masa depan yang optimis. Dengan fokus pada inovasi dan edukasi, MAKUKU berkomitmen untuk menjadi brand kepercayaan Ibu di Indonesia pada tahun 2024,” imbuh Titi.

 

Di Penghujung Tahun Midea Adakan Brand Campaign Dekati Konsumen

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Penghujung tahun 2023 menjadi waktu yang tepat bagi brand untuk mengadakan berbagai rangkaian kegiatan bersama konsumen maupun pelanggan setia. Tak terkecuali Midea dengan Midea for My Dear yang diadakan mulai hari ini hingga 1 Januari 2024 di Main Atrium Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.

Chef Jesselyn (kanan) tengah berinteraksi dengan pengunjung yang mencoba hasil masakan menggunakan Midea dalam rangkaian kegiatan Midea My Dear di Jakarta (30/12). Foto: Ist.

Midea ingin memberikan dorongan positif pada aktivitas penjualan sekaligus lebih dekat dengan konsumennya. Berbagai aktivitas dilakukan mulai dari cooking class, lomba mewarnai, hingga permainan bagi para pengunjung.

Acara ini bertujuan untuk menarik perhatian konsumen potensial, menciptakan kesan positif terhadap produk, dan pada gilirannya, meningkatkan penjualan.” Ujar Jack Ding selaku President Director Midea Indonesia.

Salah satu kegiatan utama dalam rangka mencapai tujuan ini adalah lomba foto dengan menghadirkan produk andalan Midea, yaitu AC Outdoor Raksasa yang baru diluncurkan dengan menggunakan teknologi terbaru Black Fin.

Agar konsumen yakin dengan produknya, Midea menyelenggarakan Live Cooking dengan kehadiran Chef Jesslyn yang aktif melakukan interaksi dengan pengunjung sekaligus mencoba hasil masakannya.

Berbagai macam tantangan dirancang sebagai aktivitas hiburan untuk kegembiraan dan keterlibatan konsumen, sekaligus untuk menonjolkan daya tahan dan kinerja produk Midea.

Melibatkan konsumen secara langsung melalui kegiatan kreatif dan menarik menjadi kunci utama dalam mencapai tujuan meningkatkan kesadaran dan penjualan produk Midea.

“Langkah ini membangun hubungan positif antara merek dan konsumen. Dengan menggelar berbagai kegiatan yang bertujuan langsung pada peningkatan penjualan, kami ingin menciptakan strategi pemasaran yang berkesan,” tutup Jack Ding.(MM/Lya)

 

 

Warisi Keterampilan Dari Jepang, Tostem Kenalkan Grants,Atis,Ariflow dan Giesta

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Property | Sejak didirikan tahun 1923 oleh Takejiro Ushioda dengan nama Myokenya Shoten di Tokyo, Jepang; Tostem, sebuah brand pintu dan jendela aluminium, telah dikenal dengan akurasi dan kualitas terbaik dalam standar tertinggi untuk solusi konstruksi hunian.

Tostem Corner Sliding Door dengan sudut terbuka sehingga penghuni dapat menikmati panorama tanpa batas. Foto: ist.

Turut berpartisipasi dalam pameran IndoBuildTech 2023 beberapa waktu lalu di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Tostem memperkenalkan inovasi terbaiknya mencakup Grants, Atis, Airflow dan Giesta. Masing-masing dirancang untuk menjadi solusi dalam kegiatan sehari-hari dan meraih kualitas hidup terbaik berdasarkan inovasi dan kualitas yang tinggi.

Tidak hanya itu saja, Tostem sekaligus memperkenalkan warna anodisasi Dusk Gray, yang terinspirasi dari nuansa senja di Jepang. Warna ini mewujudkan keunikan pada ruang hunian.

Masakatsu Kudo, President Director PT Lixil Aluminium Indonesia yang memegang brand Tostem menyatakan bahwa sebagai bagian dari Lixil Corporation, ingin membuat rumah yang lebih baik menjadi kenyataan bagi semua orang, di mana pun.

“Dengan satu abad penuh pengalaman, Tostem akan terus berkarya dalam merancang pintu dan jendela yang tanggap dengan segala perubahan. Kami ingin memastikan semua orang dapat menikmati keselarasan antara alam dan manusia untuk hidup berdampingan menghadapi cuaca yang terus berubah,” pukas Masakatsu Kudo.

Tak hanya warna anosidasai yang menjadi inovasi saja, namun ada pula corner sliding door dengan sudut terbuka hingga penghuni dapat menikmati panorama tanpa batas. Selain itu ada pula pintu dengan ketinggian hingga 4,5 meter yang memberikan pengalaman visual terbaik, dilengkapi dengan rel ambang bawah yang rata untuk transisi paling halus antara ruang luar dan dalam.

 

Layanan Bus AKAP Terus Membaik dengan Tren Penumpang yang Meningkat

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
 

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Bus penumpang Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) semakin menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan antarkota. Menurut Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Kurnia Lesani Adnan, tren jumlah penumpang bus AKAP terus meningkat secara nasional. Ini disokong oleh perbaikan infrastruktur dan peningkatan kualitas kendaraan, termasuk ketersediaan bus kelas premium.

“Sekitar 60% kenaikan penumpang terjadi dari 2021 ke 2022 setelah pemulihan pasca COVID-19, dan dari 2019 hingga 2023, peningkatan mencapai 35%,” ungkap Kurnia Lesani Adnan atau Sani, sapaan akrabnya.

Pada masa liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), tercatat peningkatan signifikan jumlah penumpang bus AKAP di sejumlah terminal di Jakarta, baik yang datang maupun berangkat. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, melaporkan peningkatan jumlah penumpang datang sebesar 26,04% dan berangkat sebesar 5,45% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Meskipun viral di media sosial terkait pengalaman penumpang kehilangan barang saat menumpang bus Rosalia Indah, Sani menyatakan bahwa hal tersebut tidak berpengaruh pada minat masyarakat untuk menaiki bus AKAP. Rosalia Indah dikenal sebagai operator yang concern terhadap pelayanan profesional.

Sani menjelaskan bahwa operator bus selalu mengingatkan penumpang untuk menjaga barang bawaan mereka, sesuai dengan regulasi yang berlaku. Penumpang bertanggung jawab atas barang bawaan pribadi di kabin, dan operator tidak memiliki hak untuk memeriksanya.

Menanggapi aspek keamanan, Direktur Angkutan Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Hubdar), Kemenhub, Suharto, menyatakan bahwa tanggung jawab operator melibatkan aspek keselamatan seperti laik jalan dan persyaratan teknis. Adapun barang berharga yang dibawa penumpang menjadi tanggung jawab pribadi masing-masing.

Suharto juga menyampaikan harapannya agar operator memasang CCTV dalam bus untuk meningkatkan keamanan penumpang. Beberapa operator, termasuk Rosalia Indah, sudah memasang CCTV, meskipun Sani mengakui bahwa teknologi ini juga memiliki kelemahan.

“Masyarakat dapat membantu kru bus dengan meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian, yang merupakan cara paling efektif dalam menghadapi tantangan keamanan ini,” tambah Sani.

Dengan tren peningkatan penumpang dan upaya terus membaiknya layanan, bus AKAP terus menjadi solusi transportasi yang diandalkan masyarakat Indonesia.

Mendekatkan Ekosistem Ethereum di Indonesia Melalui Roadshow “Halo Ethereum”

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | PT Pintu Kemana Saja turut mensponsori rangkaian event “Halo Ethereum” yang diselenggarakan di tiga universitas Indonesia, yaitu Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Institut Pariwisata Trisakti.

Jonathan Hartono, Head of Community PINTU, menyampaikan bahwa PINTU menjadi exchange pertama di Indonesia yang mendukung sponsori dari Devcon untuk event “Halo Ethereum.” Acara ini membuka pintu bagi para pengembang, penggemar, dan siapa pun yang ingin mendalami dan berbagi wawasan tentang ekosistem Ethereum. Jonathan menjelaskan bahwa “Halo Ethereum” merupakan bagian dari Road to Devcon Ethereum 2024 yang akan digelar di Asia Tenggara.

Devcon, sebuah konferensi Ethereum untuk pengembang, peneliti, dan periset, memiliki misi untuk mendorong batas-batas melalui protokol terdesentralisasi. Devcon ke-7 direncanakan akan berlokasi di Asia Tenggara, mendukung pertumbuhan Ethereum di wilayah tersebut.

Rangkaian acara dimulai di ISTTS, Surabaya, dengan pembicara seperti Prof. Nota yang membahas fundamental Ethereum, Eko dari Metapool, serta perwakilan komunitas PINTU Ivan Kwananda dan Haiqal yang membahas NFT dan Liquidity Staking. Event di Medan, USU, memfokuskan pada konsep dasar Ethereum, smart contract, dan decentralized application (dApps). Sementara di Jakarta, di Institut Pariwisata Trisakti, tiga pembicara membahas konsep dasar blockchain hingga ERC 4337 & 6551.

Jonathan menambahkan, “Melalui rangkaian ini, kami berharap dapat meningkatkan pemahaman tentang ekosistem Ethereum di Indonesia.”

Sebagai informasi, Ethereum Foundation meluncurkan Road to Devcon (RTD) Grants untuk mendukung acara-acara Ethereum baru, komunitas akar rumput, dan inisiatif pendidikan di berbagai wilayah. Devcon ke-7 dipilih untuk diselenggarakan di Asia Tenggara karena potensi dan perkembangan pesat di kawasan ini.

Presiden Jokowi Tinjau Langsung Penyaluran BLT El Nino di Kantorpos Utama Manado

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Dalam upaya membantu menaikkan daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga yang diakibatkan kekeringan yang panjang, Pemerintah menyalurkan Bantuan Sosial BLT EL Nino. Presiden Jokowi meninjau langsung  penyaluran BLT El Nino ke Kantorpos KCU Manado kamis 28 Des 2023.

Sebanyak 300 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) datang ke Kantorpos KCU Manado untuk menerima bansos BLT EL Nino. Di Kota Manado sendiri total ada 829 KPM, dan sebanyak 650 KPM sudah menerima bantuan tersebut.

Di hadapan para KPM, Presiden Jokowi mengatakan kedatangannya ke Kantorpos Manado untuk meninjau penyaluran BLT untuk warga Kota Manado yang terdampak fenomena El Nino. “Saya mengecek tentang pembagian BLT El Nino dan saya melihat semuanya lancar, semuanya sudah diterima,” kata Presiden Jokowi.

Selain meninjau bantuan berupa uang tunai (BLT), Presiden Jokowi juga meninjau penyaluran beras sebanyak 10 kilogram kepada masyarakat terdampak fenomena El Nino yang telah disalurkan sejak bulan September 2023 lalu.

Presiden mengatakan, bantuan beras tidak hanya sampai Desember 2023 namun akan dilanjutkan hingga Januari, Februari dan Maret 2024 dan semoga bantuan tersebut membantu masyarakat di Sulawesi Selatan. “Penambahan kuota bantuan beras tiga bulan ke depan sudah pasti,” kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Sebanyak 1.290 KPM di Tangsel Diguyur Bansos

Presiden menambahkan, bahwa pemerintah akan melihat anggaran APBN, apabila masih memungkinkan bantuan beras untuk penerima manfaat akan ditambah tiga bulan lagi, yakni April, Mei, dan Juni 2024.

 BLT El Nino
Presiden Jokowi meninjau langsung penyaluran BLT El Nino ke Kantorpos KCU Manado kamis 28 Des 2023.

Pada kesempatan yang sama, Mensos Tri Rismaharini mengungkapkan untuk program BLT El Nino yang akan dibagikan kepada 18,8 juta KPM di seluruh Indonesia. Setiap KPM akan menerima Rp200 ribu per bulan. Untuk Periode ini KPM akan menerima sebanyak Rp400 ribu periode November Desember 2023

Untuk mempercepat proses penyaluran, pemerintah memilih PT Pos Indonesia (Persero) sebagai kanal distribusi utama. Kecepatan penyaluran menjadi fokus utama, dengan harapan program BLT El Nino rampung sebelum akhir tahun 2023.

“BLT El Nino kami usulkan (penyalurannya) melalui PT Pos. Kami berani (mengalokasikan anggaran) dua bulan karena dengan PT Pos itu lebih cepat, supaya tuntas sebelum akhir tahun ini,” kata Mensos Risma.

Mensos Risma pun menyebut sistem pendataan yang dilakukan Pos Indonesia dengan memotret wajah penerima beserta KTP dan uang bantuan, layak diacungi jempol. Sebab, foto tersebut dapat menjadi bukti bahwa bantuan telah diterima KPM.

“Kalau di Kantorpos untuk pengambilan dana bantuan harus menunjukkan KTP. Kita tidak pakai kartu. Kalau kartu itu untuk pengambilan di bank. KTP itu menjadi bukti pengambilan di Kantorpos. Saya butuh bukti untuk pertanggungjawaban saya. Kadang ada yang mengaku di media, tidak pernah terima bansos. Kita cek ternyata dia penerima bansos aktif. Kemudian kita telusuri kita punya datanya dari PT Pos bahwa dia ada buktinya difoto KTP-nya terima uang. KTP menjadi bukti bahwa dia sudah menerima dana bantuan,” kata Mensos Risma.

PosIND Gunakan Aplikasi PGC untuk Optimalkan Penyaluran Bansos

Penyaluran bansos BLT El Nino menggunakan aplikasi Pos Giro Cash (PGC) sebagai tools pembayaran yang bisa secara langsung mengirimkan konfirmasi ke dashboard basis data.

Saat ini, aplikasi PGC digunakan untuk mendistribusikan bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat kurang mampu. Bantuan ini termasuk dalam kriteria yang ditentukan oleh Kementerian Sosial. Aplikasi ini juga berfungsi secara cepat dan tepat untuk menyalurkan pembayaran dari satu pihak ke pihak lain hingga ke daerah 3T (terdepan, tertinggal, terpelosok).

Dilengkapi dengan fitur scan QR, face recognition, hingga geo tagging, aplikasi Pos Giro Cash ditampilkan pada dashboard sebagai laporan progres pekerjaan. PGC tidak bisa diakses secara umum dan hanya bisa diakses oleh petugas yang ditunjuk khusus oleh PT Pos Indonesia sebagai juru bayar dalam pekerjaan distribusi pembayaran.

Baca juga: Pos Indonesia dan BPJS-TK Lanjutkan Joint Marketing Periode II

Direktur Utama PT Pos Indonesia (persero) Faizal Rochmad Djoemadi yang ikut menyaksikan penyaluran BLT EL Nino dan bantuan beras menyampaikan, bahwa teknologi PGC adalah mobile app untuk membantu para petugas merekam data para penerima bantuan El Nino.

“Jadi setiap orang yang menerima bantuan akan difoto uangnya, KTP-nya, kalau misalkan diwakilkan ya harus anggota keluarga, kakaknya, itu kita rekam dan wajahnya juga. Sehingga nanti kita laporannya sangat akurat ya, detail, termasuk geotagging di mana bantuan disalurkan ya, di titik mana, ini penting sekali karena ini terkait dengan akutabilitas ya. Nanti pada saat bantuan El Nino ini di audit oleh BPK, semua data dapat kita sajikan secara akurat, tepat dan dapat dipertanggungjawabkan. Saya rasa itulah gunanya teknologi digital dalam penyaluran berbagai bantuan ini,” terang Faizal.

Terkait bantuan beras, Faizal menambahkan, bahwa pada saat bersamaan pihak PosIND juga menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

“Cadangan Beras Pemerintah yang disalurkan dari Bulog, kami juga ada alokasinya cukup besar, sekitar 40 persen secara nasional. Dan juga secara bersamaan, di akhir tahun ini ada juga bantuan alat masak listrik, alat masak listrik berupa Rice Cooker, sebanyak 500 ribu dari kementerian SDM. Jadi ini memang di akhir tahun banyak sekali bantuan untuk masyarakat tidak mampu yang mudah-mudahan itu bisa membantu perekonomian mereka, sehingga bisa menikmati akhir tahun dan tahun baru, sebagai mana saudara-saudara lainnya,” jelas Faizal.

PT Pupuk Indonesia Siapkan Stok 1,7 Juta Ton Demi Menjaga Ketersediaan Pupuk di Akhir Tahun 2023

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Dalam menghadapi akhir tahun 2023, PT Pupuk Indonesia (Persero) telah melakukan langkah strategis dengan menyiapkan stok pupuk bersubsidi dan nonsubsidi sebesar 1.741.050 ton. Langkah ini diambil untuk memastikan ketersediaan pupuk yang cukup bagi para petani di seluruh penjuru tanah air.

PT Pupuk Indonesia 2023

Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia (Persero), Tri Wahyudi Saleh, memberikan himbauan kepada seluruh distributor dan kios resmi yang telah ditunjuk oleh perusahaan. Ia menekankan pentingnya mematuhi ketentuan yang tertuang dalam Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) dan ikrar distributor yang diucapkan saat penandatanganan SPJB di Batam beberapa waktu lalu.

“Sebagai eksekutor dalam pendistribusian pupuk bersubsidi maupun nonsubsidi, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memastikan proses distribusi berjalan lancar dan tepat sasaran,” jelasnya.

Hingga tanggal 29 Desember 2023, ketersediaan pupuk bersubsidi dan nonsubsidi mencapai angka 1.741.050 ton. Jumlah ini terdiri dari pupuk subsidi sebesar 1.213.609 ton dan pupuk nonsubsidi sebesar 527.441 ton. Pupuk subsidi melibatkan urea sebanyak 782.796 ton dan NPK sebanyak 430.813 ton, sementara pupuk nonsubsidi mencakup urea sebanyak 439.127 ton dan NPK sebanyak 88.314 ton. Angka ini setara dengan 200 persen dari ketentuan stok minimum yang ditetapkan Pemerintah.

Per 28 Desember lalu, sebanyak 6.175.494 ton pupuk bersubsidi telah disalurkan kepada petani di seluruh Indonesia. Rinciannya mencakup pupuk urea sebanyak 3.668.872 ton dan NPK sebanyak 2.506.623 ton. Kinerja penyaluran pupuk bersubsidi yang baik ini menjadi upaya Pupuk Indonesia dalam mendukung program Pemerintah mengenai percepatan tanam untuk meningkatkan produktivitas tanaman pangan.

Pupuk subsidi diberikan kepada petani terdaftar yang memenuhi syarat sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 10 Tahun 2022. Para penerima pupuk subsidi harus menjadi anggota kelompok tani, terdaftar dalam Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian (SIMLUHTAN), dan e-Alokasi sistem Kementerian Pertanian. Selain itu, mereka harus memiliki luas lahan maksimal dua hektar. Pupuk ini diperuntukkan bagi jenis tanaman strategis seperti padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, kopi, tebu, dan kakao.

Pupuk Indonesia mengimbau kepada seluruh distributor dan kios untuk mematuhi aturan yang berlaku, terutama terkait penyaluran atau penebusan pupuk bersubsidi. Tri menegaskan bahwa pupuk bersubsidi hanya bisa ditebus di kios resmi sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Perusahaan siap memberikan sanksi tegas kepada distributor dan mitra kios yang terbukti melanggar peraturan.

“Ketersediaan dan penyaluran pupuk bersubsidi yang tepat sasaran merupakan bagian penting dalam mendukung tingkat ketahanan pangan nasional, khususnya di tengah musim tanam ini. Sebagai komitmen kami dalam mendukung tingkat ketahanan pangan nasional, Pupuk Indonesia akan menindak tegas, memberikan sanksi serius kepada pihak-pihak yang terbukti menyalahgunakan kewenangan dalam proses pemenuhan kebutuhan pupuk bersubsidi nasional. Kami telah berkoordinasi baik dengan pemerintah maupun pemangku kepentingan lain untuk memastikan pupuk bersubsidi tersalurkan tepat waktu dan tepat sasaran,” tegas Tri.

Keunggulan Daun Sirih dalam Menyerap Bau pada Pembalut Wanita

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Daun sirih, yang dikenal memiliki sifat antibakteri dan penyegar alami, kini menjadi bahan inovatif pada pembalut wanita. Penggunaan daun sirih dalam pembalut membawa sejumlah keunggulan yang tidak hanya menjaga kebersihan, tetapi juga memberikan pengalaman yang nyaman dan segar bagi para pengguna.

Daun sirih telah lama dikenal sebagai antiseptik alami. Kandungan senyawa aktif pada daun sirih, seperti eugenol dan tannin, memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap. Dengan demikian, pembalut yang mengandung daun sirih dapat memberikan perlindungan ekstra dari risiko infeksi dan bau tidak sedap.

Keunggulan lain dari daun sirih adalah aroma segar alaminya. Saat digunakan pada pembalut, aroma daun sirih memberikan sensasi kesegaran yang tahan lama. Hal ini tidak hanya menyamarkan bau tidak sedap, tetapi juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih positif dan nyaman.

Daun sirih juga memiliki kemampuan menyerap kelembaban yang dapat membantu menjaga kulit tetap kering dan bebas dari kelembaban berlebih. Pembalut dengan kandungan daun sirih dapat membantu mengurangi risiko iritasi dan memberikan kenyamanan maksimal selama pemakaian.

Penggunaan daun sirih sebagai bahan pembalut juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Daun sirih merupakan bahan alami yang dapat terurai dengan lebih cepat, mengurangi dampak limbah plastik yang dihasilkan oleh pembalut konvensional. Inisiatif ramah lingkungan semacam ini semakin mendapat perhatian, mengingat kebutuhan akan produk-produk berkelanjutan.

Selain keunggulan fisiknya, daun sirih juga dikenal memiliki manfaat kesehatan untuk organ intim wanita. Sifat antimikroba daun sirih dapat membantu menjaga keseimbangan flora bakteri di area tersebut, mengurangi risiko infeksi dan iritasi.

Pembalut dengan kandungan daun sirih memberikan solusi holistik bagi para wanita dengan menyatukan keunggulan antibakteri, aroma segar, pengendalian kelembaban, ramah lingkungan, dan dukungan terhadap kesehatan organ intim. Seiring dengan tren produk ramah lingkungan dan berbasis alam, pembalut berbahan daun sirih menjadi pilihan yang semakin diminati oleh para konsumen yang peduli terhadap kesehatan dan lingkungan.

Salah satunya diterapkan Lifree, merek  dalam produk perawatan dewasa, kini melangkah lebih jauh dengan meluncurkan popok dewasa tipe perekat dan pad perlak pertama di Indonesia yang mengandung ekstrak daun sirih. Produk inovatif ini bertujuan untuk memberikan solusi tidak hanya dalam menyerap urin, tetapi juga mengatasi masalah bau yang seringkali dihadapi oleh para caregiver dan orang tua.

Riset Lifree menunjukkan bahwa selain kriteria “serap banyak” dan “anti bocor,” ada peningkatan signifikan dalam kebutuhan konsumen akan fungsi “serap bau.” Lebih dari 50% konsumen menyatakan ketidakpuasan terhadap popok dewasa yang ada dalam hal mencegah bau tidak sedap. Keadaan ini sering kali menjadi masalah bagi orang tua yang memerlukan perawatan dan bergantung pada bantuan orang lain, seperti perawat atau keluarga.

Dengan meluncurkan popok tipe perekat dan pad perlak yang mengandung ekstrak daun sirih, Lifree berharap dapat memberikan solusi terhadap permasalahan ini. Daun sirih telah lama dikenal memiliki sifat anti-bakteri dan mampu menghilangkan bau tidak sedap. Lifree menawarkan produk inovatif ini sebagai solusi nyaman dan efektif bagi para caregiver dan orang tua yang berada dalam kondisi bedridden.

Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, dalam menyikapi perubahan kebutuhan konsumen, menyatakan komitmen untuk memberikan produk terbaik. Lifree menghadirkan solusi inovatif untuk mengatasi masalah bau urin dan keringat, dengan produk yang mendapat respons positif dari pengguna. Hasil uji lab menunjukkan bahwa aroma daun sirih tetap terasa, dan 70% konsumen merasa produk ini efektif menghilangkan bau di ruangan.

Melalui peluncuran produk ini, Lifree berupaya untuk berkontribusi pada target ke-3 SDGs, yakni “Memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia.” Dengan memadukan teknologi tercanggih, Lifree berkomitmen untuk terus memberikan produk yang dapat menghilangkan ketidakpuasan dan ketidaknyamanan konsumen.

 

(Foto) Rayakan Pergantian Tahun Dengan Pertunjukan Video Mapping 3D

0
[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketing.co.id – Berita Gellery | Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan menjadi lokasi pusat pergantian tahun di Jakarta.

Nantinya pada tanggal 31 Desember 2023 akan ada berbagai macam hiburan serta pertunjukan light show drone, water mist, dan video mapping 3D pertama dan terbesar di Indonesia dari City Vision. Persiapan telah dilakukan beberapa hari sebelumnya hingga pada saat berlangsungnya pergantian tahun.

Beberapa pekerja dari City Vision tengah melalukan persiapan untuk pertu jukan laser dan air mancur di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta (29/12). Foto: marketing.co.id/lialily.

5 Travel Umroh yang Bisa Anda Pilih dan Cek Harganya

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Markerting | Sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2024. Mungkin sudah ada yang menetapkan berbagai resolusi di tahun 2024, dimana salah satu resolusinya yakni menunaikan ibadah umroh ke tanah suci.

Tentunya ada banyak hal yang harus  dipersiapkan untuk beribadah umroh. Selain mempersiapkan biaya, mental, dan fisik, kita juga mesti mencari perusahaan travel haji dan umroh yang memiliki reputasi baik. Karena kita sudah sering mendengar pelayanan yang kurang memuaskan dari travel haji dan umroh, bahkan sampai ada yang tega menelantarkan jamaahnya di tanah suci.

Nah, jika Anda memang berniat melakukan ibadah umroh dan masih mencari perusahaan penyelenggara perjalanan ibadah tersebut, berikut lima travel haji dan umroh yang dapat Anda pertimbangkan:

Maktour Tour & Travel

Dimiliki oleh Fuad Hasan Masyhur yang mendirikan PT Maktour pada 1980 atau tidak lama setelah ia pulang menunaikan ibadah haji. Alasan pria keturunan Arab ini mendirikan biro perjalanan haji dan umrah adalah karena ia merasa kurang puas dengan pengalaman pelayanan yang ia dapatkan di biro perjalanan yang ia pilih saat berangkat haji.

Harga yang ditawarkan oleh Maktour terbilang tinggi namun sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Perusahaan ini mematok biaya umroh USD4400 – USD4950.

Baca juga: Target Transaksi Rp30 Miliar, Ini Ragam Promo di Garuda Indonesia Umroh Fair 2023

Patuna Travel

PT Patuna Tour & Travel adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa ticketing, tour, pengurusan dokumen perjalanan (paspor dan visa) serta Pelayanan Haji dan Umrah atau dikenal dengan PPIH (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji) khusus. Patuna dimiliki oleh Syam Resfiadi. Berdiri sejak tahun 1972, kini Patuna memiliki beberapa cabang di beberapa kota di Indonesia. Untuk melakukan umroh bersama Patuna jamaah mesti merogoh kocek antara Rp26 Juta –  Rp80 Juta.

Kautsar Motivatour

Travel Kautsar Motivatour didirikan dengan nama resmi PT. Kautsar Grup Internasional oleh Edvan M Kautsar, seorang motivator muuda Indonesia. Nama Motivatour berasal dari kata Motivasi dan Tour.

Kelebihan travel ini sebelum berangkat, jamaah akan mendapatkan informasi maksimal dan bisa menikmati training dan manasik yang berbeda dengan travel lainnya karena memiliki standar training dan pelatihan dari seorang motivator nasional.

travel haji dan umroh
Jamaah berfoto di Masjidil Haram

Kautsar Motivatour membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin bergabung menjadi agen dan bisa mensyiarkan program-program yang dimiliki travel, diantaranya Program Umroh Corporate (Perusahaan Swasta/Instansi Pemerintah), Umroh Custom, Umroh Private dll. Paket umroh di Kautsar Motivatour mulai dari  Rp26 Juta hingga Rp45 Juta.

Dream Tour

Dream Tour and Travel melayani banyak jamaah haji dan umrah ke Arab Saudi. PT. Dream tours & travel didirikan oleh Halid Umar Bakadam pada 5 Desember 2013. Dalam mendirikan perusahaan ini Halid dibantu oleh tim profesional yang bergerak dbidang tour & travel.

Dream Tours & Travel telah memiliki ijin resmi sebagai penyelenggaa perjalanan haji dan umroh. Layanan yang diberikan mencakup visa, jasa perjalanan haji dan umroh, serta berbagai layanan pendukung lainnya. Perusahaan ini menawarkan harga paket umroh Rp 29,5 Juta – Rp55 Juta.

Baca juga: Bank Muamalat dan GohalalGo Jalin Kerja Sama Pembiayaan Haji dan Umrah via Digital

Arminareka Perdana

Arminareka Perdana merupakan perusahaan jasa travel umroh yang didirikan oleh H. Gurril Mz. Sejak tahun 1990 travel ini melayani haji plus dengan memberangkatkan jamaah haji plus dari berbagai kota di Indonesia.

Arminareka resmi terdaftar pada Kementrian Agama RI dan AMPHURI. Dalam waktu lebih dari 20 tahun, Arminareka telah mendapatkan berbagai penghargaan dan prestasi di bidang umroh dan haji. Arminareka menawarkan paket  umroh mulai Rp34 Juta  hingga Rp60 Juta.

Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi Bisnis Pertanian dengan Transformasi Digital

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Teknologi | Sebelum mengadopsi solusi digital, kenali tantangan bisnis yang dihadapi perusahaan. Salah satunya yang diterapkan PT Batu Gunung Mulia Putra Agro (BGMPA) melalui kerja sama dengan SAP Indonesia dan TMS Consulting menyadari bahwa kesulitan menghasilkan laporan terintegrasi secara akurat memperlambat pengambilan keputusan. Identifikasi masalah utama untuk merancang solusi yang sesuai.

Pemilihan solusi digital yang terbukti dapat meningkatkan keberhasilan transformasi. BGMPA memilih SAP S/4HANA Cloud, public edition, yang dipimpin oleh mitra implementasi TMS Consulting. Pastikan solusi yang dipilih telah sukses diimplementasikan dalam industri serupa dan memiliki reputasi yang baik.

BGMPA memilih TMS Consulting sebagai mitra implementasi karena reputasi kredibel dan pengalaman panjangnya di industri kelapa sawit. Pilih mitra implementasi yang memiliki rekam jejak yang baik dan memahami kebutuhan khusus industri pertanian.

PT BGMPA menekankan kebutuhan akan sistem yang akurat dan cepat guna mencapai target penjualan. Saat memilih solusi, prioritaskan kecepatan dalam pengambilan keputusan dan akurasi laporan untuk mendukung pertumbuhan bisnis.

Keberhasilan transformasi digital memerlukan keterlibatan manajemen yang kuat. Direktur Utama BGMPA, Angga Yudha, menekankan pentingnya menerapkan sistem yang dapat diandalkan untuk memperkuat manajemen bisnis. Pastikan semua lapisan manajemen terlibat aktif dalam proses transformasi.

Pilih solusi yang menyeluruh untuk menangani seluruh aspek bisnis. Implementasi SAP S/4HANA Cloud di PT BGMPA mencakup modul Financial Management, Supply Chain, Manufacturing Logistic, SAP Analytics Cloud, dan Change Management untuk memastikan integrasi yang menyeluruh.

Komitmen PT BGMPA terhadap transformasi digital mencerminkan pendekatan progresif terhadap digitalisasi di industri kelapa sawit. Buat inisiatif bersama yang mendukung keberlanjutan, optimalisasi operasi, pertumbuhan, dan pemberdayaan komunitas.

VP Enterprise Solution TMS Consulting, Rahmat Heri Wibowo, menekankan keberhasilan SAP S/4HANA Cloud dan GROW with SAP sebagai produk terbaru dari SAP. Pelajari dari implementasi yang sudah terbukti berhasil.

Selain menyediakan solusi keuangan dan manajemen rantai pasok, pastikan solusi yang diadopsi dapat mengoptimalkan data dan proses bisnis. SAP S/4HANA Cloud di PT BGMPA tidak hanya meningkatkan manajemen data tetapi juga mengoptimalkan operasi pabrik kelapa sawit.

Transformasi digital bukanlah akhir perjalanan. BGMPA dan TMS Consulting berkomitmen untuk terus berkolaborasi dan bersinergi, menciptakan sistem yang jauh lebih baik. Terus tingkatkan dan berinovasi guna tetap unggul di pasar yang semakin kompetitif.

Dengan mengikuti ini, perusahaan di sektor pertanian dapat memaksimalkan manfaat dari transformasi digital GROW with SAP, meningkatkan produktivitas, dan bergerak menuju keberlanjutan dalam operasional bisnis mereka.