Monday, October 6, 2025
Home Blog Page 399

Empat Inspirasi Persiapan untuk Membuat Momen Tahun Baru Semakin Berkesan

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id — Berita Lifestyle | Pergantian tahun adalah momen yang dinantikan, terutama untuk merayakannya dengan keluarga dan kerabat. Shopee 1.1 New Year Sale menjadi teman setia pengguna untuk mempersiapkan perayaan malam tahun baru dengan sukacita.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia, menyatakan bahwa Shopee mengerti bahwa tahun baru bukan hanya perpindahan waktu, melainkan momen berkesan untuk menciptakan kebersamaan dengan keluarga dan orang-orang tercinta.

Menyiapkan Pesta Makan Malam Akhir Tahun
Makan malam bersama di malam tahun baru telah menjadi kegiatan favorit. Untuk menciptakan momen berkesan, Shopee menawarkan berbagai perlengkapan masak berkualitas. Mulai dari alat panggang untuk barbeque-an, wajan, kompor gas, peralatan masak multifungsi, hingga bahan baku segar dan camilan lezat dapat ditemukan dengan mudah di Shopee. Promo menarik seperti Gratis Ongkir RP0 Semua Toko, Cuci Gudang Diskon s/d 80%, dan Voucher Diskon 50% s/d 100RB 3x Sehari akan membuat persiapan makan malam lebih seru.

Ciptakan Suasana Hangat dengan Dekorasi
Turut serta mendekorasi rumah dapat menciptakan suasana yang nyaman. Dengan budget terbatas, Shopee menawarkan berbagai produk dekorasi seperti lampu hias, dekorasi dinding, hingga hiasan meja makan. Dengan sentuhan dekorasi yang apik, malam tahun baru di rumah akan terasa lebih istimewa dan berkesan.

Seru-seruan dengan Bermain dan Karaoke
Bermain games menjadi kegiatan seru saat malam tahun baru. Shopee menawarkan perlengkapan berkualitas dan unik seperti speaker, mikrofon untuk karaoke, dan berbagai jenis papan dan kartu permainan. Dengan perlengkapan keren ini, malam tahun baru di rumah akan penuh dengan canda dan tawa.

Buat Resolusi Hidup dan Wishlist Barang Impian
Sambil merayakan tahun baru, Shopee mengajak untuk membuat resolusi hidup dan menyusun wishlist barang impian. Dengan promo menarik seperti Flash Sale Rp 1.000 untuk Iphone 14 128 GB, Philips Rice Cooker, dan Hair Straightener Remington, serta Extra Voucher mulai pukul 18.00 WIB yang menawarkan Flash Sale dari Xiaomi, Anker, Laneige, membuat wujudkan wishlist tahun baru semakin mudah.

Shopee 1.1 New Year Sale pada tanggal 1 Januari 2024 mendatang menawarkan berbagai penawaran menarik, termasuk Flash Sale Samsung Galaxy, Hydro Flask, Nutribullet, Cuci Gudang untuk kebutuhan rumah, dan Voucher Diskon 50% s/d 100RB.

Persiapkan perayaan malam tahun baru dengan matang dan nikmati berbagai penawaran serta promo menarik dari Shopee. Mulai dari pukul 00.00 WIB pada tanggal 1 Januari 2024, Shopee mengajak semua pengguna untuk merayakan pergantian tahun dengan sukacita dan keceriaan.

Smart Home AI Agent, Teknologi Canggih Menjadi Asisten Rumah

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id — Berita Teknologi | LG Electronics (LG) akan memperkenalkan teknologi terbarunya, Smart Home AI Agent, dalam Consumer Electronics Show 2024 (CES 2024) di Las Vegas, Amerika Serikat, mulai 9 Januari 2024. AI Agent ini bukan sekadar asisten rumah, melainkan inovasi canggih yang mengusung konsep ‘Zero Labor Home’, membantu pengguna menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih mudah dan cerdas.

Teknologi AI Terdepan untuk Kehidupan yang Lebih Cerdas

AI Agent dari LG merupakan asisten robot pintar dengan teknologi multi-modal terkini, memungkinkannya bergerak, belajar, memahami, dan berbicara dengan pengguna. Dengan desain roda berkaki dua yang canggih, AI Agent mampu menjelajahi rumah secara mandiri, berinteraksi verbal dengan pengguna, dan bahkan mengekspresikan emosi melalui gerakan dan suara.

Kolaborasi dengan Qualcomm untuk Kecerdasan Lebih Lanjut

Melalui kolaborasi dengan Qualcomm Technologies, Inc., AI Agent dilengkapi dengan Platform Qualcomm® Robotics RB5, membawa fitur-fitur AI canggih seperti pengenalan suara dan wajah pengguna. Teknologi ini memungkinkan AI Agent terhubung dengan peralatan berbasis IoT, beroperasi secara mandiri, dan memberikan kontribusi signifikan untuk menjaga keberlanjutan lingkungan.

Fungsi AI Agent yang Luar Biasa

AI Agent dapat melakukan patroli di rumah saat tidak ada orang, memantau lingkungan melalui kamera, speaker, dan sensor internal untuk data suhu, kelembapan, dan kualitas udara. Selain itu, AI Agent berfungsi sebagai penjaga keamanan, memberikan peringatan atas aktivitas mencurigakan di sekitar rumah. Saat pengguna pulang, AI Agent menyambut dengan musik atau konten yang sesuai dengan suasana hati pengguna, memberikan informasi cuaca, transportasi, jadwal pribadi, dan bahkan mengingatkan untuk minum obat.

AI Agent: Mengubah Paradigma ‘Zero Labor Home’

AI Agent tidak hanya membebaskan pengguna dari tugas rumah tangga, tetapi juga menjelma sebagai pendamping yang cerdas. Mampu mengoperasikan perangkat yang terhubung dengan IoT, mengawasi keamanan rumah, dan memberikan kenyamanan tanpa memerlukan campur tangan pengguna.

“Smart Home AI Agent inovatif kami menggabungkan mobilitas otonom mutakhir dan teknologi kecerdasan buatan yang mampu berkomunikasi dan melayani pengguna sehingga pengguna terbebas dari beban pekerjaan rumah tangga. Sebagai perusahaan solusi kehidupan cerdas, LG akan senantiasa menghadirkan kehidupan yang lebih cerdas dan pengalaman yang lebih menyenangkan di rumah,” ujar Lyu Jae-cheol, Presiden Direktur LG Electronics Home Appliance & Air Solution Company.

 

Gandeng Seasoldier, PIS Gelar Literasi Kelautan dan Penanaman Mangrove di Bali

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | PT Pertamina International Shipping (PIS) menjalin kolaborasi dengan Seasoldier untuk melanjutkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) mereka, mengusung literasi kelautan dan aksi penanaman mangrove di Tanjung Benoa, Bali.

Sebagai bagian dari rangkaian program TJSL PIS dengan tema “berSEAnergi untuk laut,” kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kelestarian laut dan menciptakan kecintaan pada lingkungan, terutama di kalangan anak usia dini dan masyarakat umum.

Kegiatan dimulai dengan literasi kelautan di SD No.1 Tanjung Benoa. PIS memberikan dukungan berupa perpustakaan dan buku tematik kelautan, bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan indeks literasi tetapi juga untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga laut. Vega Pita, Manager Stakeholder Management PIS, menekankan urgensi meningkatkan literasi kelautan mengingat 70% wilayah Indonesia adalah lautan.

“Melalui program ‘berSEAnergi untuk laut’, kami tidak hanya memberikan edukasi kelautan, tetapi juga fokus pada penanaman mangrove untuk menjaga keberlanjutan laut,” ungkap Vega Pita, mewakili komitmen PIS terhadap kelestarian ekosistem laut.

Langkah berikutnya adalah aksi nyata melalui penanaman mangrove di Tahura Ngurah Rai. Kolaborasi ini mendapat dukungan penuh dari komunitas pecinta lingkungan Seasoldier dan dihadiri oleh Founder & COI Seasoldier Foundation, Dinni Septianingrum. Kepala Sekolah SD No.1 Tanjung Benoa dan perwakilan instansi terkait di Bali juga menyambut positif kolaborasi ini.

Sejak tahun 2023, PIS telah aktif dalam kelestarian lingkungan dengan penanaman 6.523 bibit mangrove, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, terutama pendidikan (poin 4) dan menjaga ekosistem laut (poin 14).

Program literasi kelautan ini telah dilaksanakan di 20 sekolah, termasuk renovasi 5 perpustakaan dan pemberian 800 buku tematik kelautan. Lebih dari 2800 pelajar telah menjadi penerima manfaat dari program ini, memberikan dampak positif pada pemahaman mereka tentang keberlanjutan laut.

Dalam konteks Environmental, Social, and Governance (ESG), PIS terus mewujudkan komitmennya untuk menciptakan kecintaan lingkungan, terutama di wilayah pesisir. Program “berSEAnergi untuk laut” menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara perusahaan dan komunitas dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan generasi penerus.

 

Regulasi Over-The-Top Industri Seluler Harus Disegerakan

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Sejumlah pihak terus mendesak pemerintah untuk membenahi tentang regulasi terkait layanan Over-The-Top (OTT) industri seluler yang hingga sekarang masih belum jelas. Hingga beberapa bulan jelang pemilihan umum 2024, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) hingga kini belum menerbitkan aturan yang jelas terkair layanan OTT.

Perusahaan operator telekomunikasi hingga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sudah mendesak pemerintah dalam hal ini Kominfo untuk membuat regulasinya, namun belum ada kepastian yang jelas terkait pengaturannya.

Ketika OTT khususnya dari negara luar menikmati keuntungan dari masyarakat Indonesia, justru perusahaan operator telekomunikasi negeri ini menderita. Hal ini karena mereka dipaksa untuk membangun infrastruktur digital yang cepat dan andal. Padahal membangun infrastruktur digital jelas tidaklah mudah dan tidak murah.

“Saya sudah berulang-ulang kembali bicara over the top karena kita tahu pemerintah ingin internet kita ini cepat. Telkom ditugaskan membangun infrastruktur besar-besaran, tapi yang menikmati Netflix dan Meta tanpa berkontribusi kepada negara dan tidak ada kerja sama,” ujar Andre Rosiade, Anggota Komisi VI DPR RI saat Rapat Kerja Komisi VI DPR RI bersama menteri BUMN di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta (5/6/23).

“Berlatar belakang hal tersebut membuat diskusi Selular Business Forum bertema ‘Urgensi Regulasi OTT  Demi Mengembalikan Kesehatan Industri Seluler’. Kami berharap dengan adanya diskusi ini, bisa menjadi solusi pemerintah segera menerbitkan regulasi terkait OTT untuk turut membantu penyediaan jaringan digital di Indonesia,” kata CEO sekaligus Editor in Chief Selular Media Network, Uday Rayana.

Saat ini operator telekomunikasi dibebani regulatory charge yang besar oleh negara. Mereka menanggung beban besar tapi juga dituntut pemerintah untuk menyediakan infrastruktur terkini seperti 5G. Hal ini lah yang akhirnya dibebankan ke masyarakat dan akhirnya biaya kuota menjadi semakin mahal.

Masyarakat Indonesia semakin bergantung terhadap layanan OTT asing sehingga ketika akses internet terlambat, masyarakat akan mengeluh dan mengajukan komplain ke provider. Padahal di belakangnya masih banyak permasalahan yang harus ditanggung operator telekomunikasi Indonesia termasuk belum adanya regulasi yang jelas terkait layanan Over-The-Top (OTT).

 

ICBP Hadir di Jak-Japan Matsuri 2023 Tampilkan Inovasi Unik Produknya

0
[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Mengukir sejarah di pertengahan akhir tahun 2023, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) menghadirkan inovasi baru dalam kolaborasi Indomie dan Pop Mie yakni Pop Mie Tori Miso Ramen.

Peluncuran dilakukan di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu pada tanggal 1 dan 2 Desember 2023 lalu, dengan serangkaian kegiatan bertema Jepang seperti transformasi media sosial Pop Mie dan pemutaran tiga versi anime versi video digital berbarengan dengan Festival Budaya Jak-Japan Matsuri 2023 yang merupakan perayaan 65 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia.

Mencoba Pop Mie Tori Miso ini, terasa kuah miso kental beraroma ayam dilengkapi dengan nori (rumput laut) dan wijen, yang gurih dan terasa mengenyangkan.

Tidak hanya rangkaian kegiatan saja, ICBP juga membuat Giant Cup Pop Mie Tori Miso setinggi 6,6 meter di lokasi yang sama untuk memberikan pengalaman ‘isekai’ (dunia paralel) selama 3 menit kepada pengunjung yang membeli 1 cup x Pop Mie Tori Miso Ramen.

Anggoro Fajar Yudhantara, Brand Manager Pop Mie – Cup Noodle Category menyatakan bahwa Giant Cup Pop Mie Tori Miso tersebut berhasil menjadi pusat perhatian pengunjung. “Kami menggunakan cara lain untuk merasakan produk baru kami dengan kegiatan interaktif selama 3 menit di dalam Giant Cup yang memberikan pengalaman ‘isekai’. Kami harap strategi tersebut memberikan pengalaman yang berbeda bagi masyarakat.” ujarnya.

Kehadiran member JKT48 menambah semarak suasana, serta kedatangan para influencer pecinta budaya Jepang dan acara coswalk serta main game bareng bersama Esports Team EVOS dan RRQ. (MM/Lya).

 

Tips Perjalanan Hemat Menggunakan Transportasi Online Maxim

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Selama musim liburan akhir tahun, fenomena kenaikan biaya transportasi online menjadi perhatian utama bagi masyarakat yang merencanakan perjalanan ke mal, destinasi wisata, atau kunjungan ke rumah kerabat. Tingginya permintaan terhadap layanan transportasi ini, khususnya melalui aplikasi e-hailing, membuat biaya perjalanan bisa berubah drastis, bahkan mencapai 1,5 hingga 2 kali lipat dari tarif biasa.

MAXIM

Menurut data yang dirilis oleh Maxim, perusahaan pengembang layanan transportasi online di Indonesia, permintaan perjalanan melonjak lebih dari 50% antara 24 Desember hingga 2 Januari. Fenomena ini tidak hanya terjadi pada jam-jam sibuk, tetapi juga mencakup seluruh periode liburan akhir tahun.

Maxim mencatat bahwa pada jam-jam tertentu dengan permintaan tinggi, pengguna layanan transportasi online harus bersiap-siap menghadapi kenaikan harga yang signifikan. Koefisien tambahan yang diterapkan selama periode ini bertujuan untuk memberikan insentif kepada para pengemudi untuk tetap aktif bekerja, bahkan saat banyak orang lain sedang berlibur.

Kenaikan biaya perjalanan ini sejalan dengan upaya Maxim untuk memotivasi pengemudi agar tetap siap melayani penumpang, terutama pada waktu-waktu di mana permintaan sedang tinggi.

Menurut Maxim, pengguna dapat mengantisipasi kenaikan harga dengan memesan transportasi online di luar jam-jam sibuk. Dengan melakukan ini, pengguna dapat menghemat 30% hingga 50% dari biaya perjalanan dibandingkan dengan memesan saat permintaan sedang tinggi.

Tahun ini, Maxim memperkirakan lonjakan permintaan tertinggi akan terjadi pada sore dan malam hari tanggal 30 Desember, mencapai puncaknya pada malam pergantian tahun. Oleh karena itu, mereka memberikan saran kepada pengguna untuk mencoba menghindari jam-jam tersebut dan memilih waktu-waktu lain untuk memesan transportasi online.

Dalam rangka menyambut liburan tahun baru, Maxim juga menghadirkan tema musim dingin di dalam aplikasinya. Pengguna kini dapat merasakan suasana liburan dengan memilih ikon Tahun Baru, logo khas Santa Claus, serta tampilan salju turun di layar aplikasi. Ucapan selamat juga muncul setelah perjalanan, menambah nuansa keceriaan liburan.

Bagi pengguna yang ingin menghitung biaya perjalanan secara tepat, Maxim memberikan fitur kalkulator biaya perjalanan di sepanjang rute yang dipilih. Selain itu, analis merekomendasikan pengguna untuk mempertimbangkan sedikit peningkatan harga perjalanan jika mereka membutuhkan transportasi dengan cepat, karena ini dapat membuat pesanan lebih menarik bagi pengemudi dan dieksekusi dengan prioritas.

Dengan kesadaran akan lonjakan permintaan dan kenaikan harga selama liburan akhir tahun, diharapkan masyarakat dapat lebih bijak dalam merencanakan perjalanan mereka, memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi transportasi online, dan menghindari jam-jam sibuk untuk mengurangi dampak finansial yang mungkin timbul.

Bayer Mendukung Para Ibu, Menyoroti Pentingnya Perencanaan Keluarga

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Peran ibu dalam kesejahteraan keluarga dan kemajuan bangsa tidak bisa dipandang sebelah mata. Menyadari hal tersebut, perusahaan global di bidang life science, Bayer, secara khusus merayakan Hari Ibu dengan mengangkat isu perencanaan keluarga, terutama bagi para ibu yang baru melahirkan. Melalui kampanye “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” Bayer mengadvokasi pentingnya edukasi kesehatan reproduksi perempuan dan perencanaan keluarga melalui program Bicara Kontrasepsi.

bayer

Pentingnya perencanaan keluarga bukan hanya untuk kesejahteraan individu, tetapi juga untuk mendukung peran para ibu dalam membentuk generasi emas penerus bangsa. Pembahasan mengenai perencanaan keluarga sebaiknya dilakukan sejak awal pernikahan, dengan terbuka, saling menghormati, dan tanpa paksaan. Jika tidak direncanakan dengan baik, dapat timbul berbagai konsekuensi merugikan, baik bagi orang tua maupun anak yang dilahirkan.

Penelitian dari Universitas Harvard menunjukkan bahwa kehamilan dengan jarak waktu berdekatan dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu dan anak. Kehamilan yang tidak direncanakan juga meningkatkan risiko komplikasi, perawatan kehamilan tertunda, kehamilan prematur, dan gangguan mental pada ibu. Oleh karena itu, perencanaan keluarga menjadi kunci penting untuk memastikan kesehatan fisik, finansial, dan mental orang tua, serta memberikan pengasuhan yang optimal bagi anak.

“1000 Hari Pertama Kehidupan Anak” menurut lembaga riset gizi dan kesehatan dunia menjadi masa kritis yang menentukan untuk perkembangan anak. Pola pengasuhan dan gizi selama periode ini memiliki dampak besar pada perkembangan anak, yang jika diabaikan dapat membawa efek negatif yang sulit dikoreksi di kemudian hari.

Selain itu, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap perubahan yang dialami ibu saat masa kehamilan dan paska-melahirkan juga turut berkontribusi pada menentukan kualitas periode emas anak. Isu kesehatan mental ibu menjadi sorotan, dengan sekitar 10% wanita hamil dan 13% wanita yang baru saja melahirkan mengalami gangguan mental, terutama depresi. Oleh karena itu, ibu dalam masa ini perlu mendapatkan perawatan dan dukungan yang memadai untuk dapat memberikan yang terbaik bagi pertumbuhan anak.

Dr. Dewi Muliatin Santoso, Head of Medical Department of Bayer Pharmaceutical, menjelaskan, “Selain memastikan anak-anak mendapatkan perhatian penuh, perawatan, dan dukungan semasa awal-awal perkembangan, perencanaan keluarga juga sangat penting bagi kesehatan secara menyeluruh. Dengan mengatur jarak kehamilan, para ibu dapat mempersiapkan kesehatan si ibu, anak, dan keluarga semaksimal mungkin sehingga menciptakan suasana yang mendukung perkembangan optimal anak. Ini adalah pendekatan proaktif yang berkontribusi pada pembentukan keluarga yang sehat dan bahagia.”

Pemahaman mengenai pentingnya mendukung ibu yang baru melahirkan masih minim di masyarakat, yang dapat berdampak fatal. Angka kematian ibu pada masa nifas masih tinggi, mencapai 305 per 100.000 kelahiran di Indonesia pada tahun 2015. Dukungan yang tepat selama periode ini, termasuk perencanaan jarak kehamilan dengan menggunakan kontrasepsi yang sesuai, dapat mengurangi angka tersebut.

Kontrasepsi memungkinkan pasangan mengatur kehamilan sesuai keinginan dan kemampuan mereka. Dalam konteks ini, kontrasepsi hormonal seperti pil KB kombinasi dari Bayer menjadi salah satu pilihan efektif. Meski demikian, konsultasi dengan dokter tetap diperlukan untuk memilih jenis kontrasepsi yang tepat tanpa mengganggu masa menyusui yang penting bagi tumbuh kembang optimal anak.

“WHO menyarankan idealnya, ibu yang baru melahirkan memberi jarak 24 bulan atau 2 tahun sebelum mencoba kehamilan berikutnya. Jadi pilihlah kontrasepsi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dengan berkonsultasi terlebih dulu pada dokter. Mengonsumsi kontrasepsi dengan regimen yang benar dapat berkontribusi pada kesejahteraan ibu, sehingga mereka mampu berdaya untuk memberikan yang terbaik bagi tumbuh kembang anak yang optimal,” pungkas dr. Dewi.

Dengan mengangkat isu perencanaan keluarga, Bayer tidak hanya merayakan Hari Ibu, tetapi juga memberikan kontribusi pada pembentukan masyarakat yang lebih sehat dan berdaya. Edukasi, pemahaman, dan dukungan yang tepat pada masa-masa kritis ini akan membentuk generasi emas penerus bangsa yang tangguh dan berkualitas. (Wahid F)




Data Penjualan Harbolnas 12.12, Sektor FMCG Meningkat 86%

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Penjualan FMCG di e-commerce berhasil mencapai penjualan sebesar Rp279 miliar dari 9 juta transaksi atau meningkat 86%

Marketing.co.id- Berita Marketing | Di momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember 2023, seluruh platform e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan baik nilai penjualan maupun jumlah transaksi. Menilik data Dashboard Compas.co.id, pada periode ini industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di e-commerce berhasil mencapai penjualan sebesar Rp279 miliar dari 9 juta transaksi atau meningkat 86% dari rata-rata nilai penjualan di hari lainnya yang hanya mencapai Rp149 miliar.

Pada periode yang sama Tokopedia mencatatkan peningkatan nilai penjualan sebesar 214% atau meningkat Rp47 miliar, ke angka Rp69 miliar, peningkatan persentase penjualan terbesar setelah Blibli yang meningkat 316% atau Rp6,2 miliar ke angka Rp 8,2 miliar, sementara Lazada meningkat 154% atau Rp18,4 miliar ke angka Rp30,5 miliar dan Shopee meningkat 50% atau Rp57 miliar, ke angka 171 miliar.

“Periode 12.12 merupakan peningkatan penjualan tertinggi sepanjang masa harbolnas di tahun 2023 dengan 86%. Sebelumnya peningkatan tertinggi dicatatkan pada November 2023 dengan 64%.” terang Hanindia Narendrata (Drata), CEO Compas.co.id.

Melalui metode crawling yang merekam setiap penjualan di seluruh marketplace pada sektor FMCG, Drata merincikan bahwa kategori perawatan dan kecantikan berkontribusi besar pada peningkatan nilai penjualan, dengan Rp137 miliar dari 4,2 juta transaksi, kemudian disusul dengan kategori makanan dan minuman dengan Rp60,5 miliar dari 2,4 juta transaksi, kesehatan Rp38 miliar dari 1 juta transaksi, dan ibu & bayi dengan Rp29 miliar dari 575 ribu transaksi.

Mengupas lebih dalam, dari kategori perawatan dan kecantikan La Mei La menjadi brand yang paling diminati konsumen yang berhasil mencatatkan 96.540 transaksi atau meningkat 32%, diikuti oleh Wardah dengan 71.562 transaksi atau meningkat 32% dan Hanasui dengan 68.484 transaksi atau meningkat 29%. Dari kategori makanan dan minuman, ABC menjadi brand yang paling laris yang berhasil mencapai 59.279 transaksi atau meningkat 516%, kemudian Indomie yang mencapai 30.856 transaksi atau meningkat 110%, dan Aoka dengan 27.023 transaksi atau meningkat 652%.

Selanjutnya dari kategori kesehatan, pasta gigi menjadi incaran para konsumen Harbolnas 12.12 2023, dimana Pepsodent mampu mencetak 19.646 transaksi atau meningkat 89%, disusul oleh Ciptadent dengan 14.760 transaksi atau meningkat 81% dan Onemed dengan 13.239 transaksi atau meningkat 83%. Kategori terakhir dari FMCG, yaitu ibu & bayi brand My Baby menjadi pilihan konsumen dengan meraih 22.176 transaksi atau meningkat 17%, diikuti oleh SGM 16.344 transaksi atau meningkat 208%, dan Zwitsal yang meraih 12.653 transaksi atau meningkat 49% pada periode 12.12.

Pada periode ini Compas.co.id juga merekam dampak yang diberikan TikTok Shop pada periode 12 Desember 2023 – 19 Desember 2023. Dimana pada periode ini Industri FMCG di TikTok Shop berhasil meraup nilai penjualan sebesar Rp193 miliar dari 2 juta transaksi, yang didapatkan lebih dari 48 ribu brand yang aktif memasarkan produknya.

“Menariknya, dari nilai penjualan ini kontribusi TikTok Shop cukup besar. Kami akan terus memonitoring performa TikTok Shop, menantikan bagaimana dampaknya setelah aplikasi sosial media dan penjualan dipisah,” terang Drata.

Melihat dari tren peningkatan yang terjadi, terlihat bahwa double date atau Harbolnas secara konsisten meningkatkan jumlah transaksi di sepanjang tahun 2023. Puncaknya terjadi di periode 12.12, yang dimana mengalami peningkatkan nilai penjualan dan jumlah transaksi tertinggi di tahun 2023.

“Informasi selengkapnya mengenai 12.12 dapat diunduh di situs resmi Compas.co.id. Setelah merilis data ini, kami berharap dapat terus memberikan insight bagi para pemilik brand yang fokus untuk mengembangkan usahanya melalui kanal e-commerce. Kami akan berupaya untuk memberikan kualitas informasi secara real-time dan akurat kepada publik,” tutup Drata.

Lanskap Pemasaran Indonesia 2024 Bakal Diwarnai Konten yang Lebih Cerdas & Memprioritaskan Pengalaman Pelanggan

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Twilio (NYSE: TWLO), platform interaksi dengan pelanggan yang menghasilkan pengalaman real-time dan terpersonalisasi untuk brand-brand terkemuka, membagikan pandangan terkait sejumlah tren yang diperkirakan akan memengaruhi strategi pemasaran dan interaksi dengan pelanggan di Indonesia maupun di Asia Pasifik pada tahun 2024.

lanskap pemasaran 2024

Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dan Pembelajaran Mesin (ML) Mendominasi

Teknologi kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) akan menjadi tulang punggung strategi pemasaran di masa depan. Brand-brand terkemuka di Indonesia dan Asia Pasifik akan semakin mengandalkan AI dan ML untuk membantu menetapkan segmentasi pasar dan menciptakan konten yang lebih terarah dan efektif. IDC memproyeksikan bahwa 60% dari 2.000 perusahaan terbesar di Asia akan mengalihkan anggaran penciptaan pengalaman pelanggan ke pemanfaatan AI generatif, menghapuskan perangkat lunak generasi lama hingga 2027.

Melalui analisis data pelanggan individu, AI/ML mampu menciptakan pesan, email, atau rekomendasi produk yang khusus dan disesuaikan dengan profil setiap pelanggan. Pemasar dapat menghasilkan konten dengan tingkat personalisasi tinggi pada skala besar, sementara kemampuan AI untuk memprediksi kebutuhan dan perilaku pelanggan memungkinkan peluncuran kampanye pemasaran yang sangat terarah.

Konvergensi E-commerce dan Pengalaman Pelanggan

Batasan antara belanja daring dan luring semakin kabur di tahun 2024. Brand-brand akan fokus menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan dan bebas masalah di semua platform perdagangan yang tersedia. Realitas tertambah (AR) dan virtual (VR) akan digunakan untuk menciptakan pengalaman imersif dan interaktif. Algoritma AI akan menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih baik, sesuai dengan preferensi dan perilaku individu konsumen.

Pendekatan lintas departemen untuk Pengalaman Pelanggan yang Lebih Personal

Kolaborasi lintas departemen akan menjadi praktik bisnis standar baru. Organisasi bisnis menyadari bahwa pengalaman karyawan terhubung erat dengan pengalaman pelanggan. Dengan menyelaraskan proses internal dan interaksi eksternal, perusahaan akan mengimplementasikan pendekatan terpadu terhadap personalisasi, memperkuat strategi interaksi pelanggan secara keseluruhan.

Twilio melihat bahwa transformasi ini akan membawa revolusi dalam cara brand berinteraksi dengan pelanggan, menghadirkan pengalaman yang lebih personal dan terhubung di Indonesia dan Asia Pasifik. Di tahun 2024, adaptasi teknologi AI dan ML serta kolaborasi lintas departemen akan menjadi kunci keberhasilan dalam memenangkan hati konsumen yang semakin cerdas dan berpengalaman.




Purinusa Group Optimis Penjualan Rumah di 2024 Meningkat

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Property | Sektor properti pada tahun 2024, diyakini akan meningkat walaupun sedikit stagnan. Namun sejumlah segmen properti diproyeksi akan tetap tumbuh apalagi dengan meningkatnya tingkat perekonomian walaupun perlahan.

Dalam diskusi yang mengemuka bersama Purinusa Group yang diadakan di Jakarta, Rabu (27/12), sektor properti bertumbuh dengan sentimen positif masyarakat terutama berkaitan dengan portfolio pengembang yang telah dipercaya oleh konsumen.

Christine Rai Santoso (Managing Director Purinusa Group) terlibat perbincangan dengan Andre Utama (Chief Marketing Officer Purinusa Kembangan) pada acara media lunch yang diadakan oleh Purinusa Group di Jakarta (27/12). Foto: marketing.co.id/lialily.

Seperti halnya PT Purinusa Jayakusuma yang telah dipegang oleh generasi ke-3. Telah berkiprah selama lebih dari 30 tahun, bahkan melewati tahun sulit pandemi Covid-19, hingga saat ini kinerja bisnis yang dicatatkan terbilang terus meningkat.

Menurut Christine Rai Santoso, Managing Director Purinusa Group, hal ini bisa dilakukan dengan fokus pada pasar dan melakukan banyak inovasi maupun strategi yang tepat sehingga perusahaan bisa terus bertumbuh dan mencapai berbagai rencana pengembangan bisnis sejak sebelum hingga situasi pandemi.

Purinusa Group telah berhasil memasarkan 20 ribuan unit rumah yang tersebar di 11 proyek perumahan serta area komersial. Pengembang ini telah melakukan serah terima lebih dari 95% unit terjual.

“Sejak saya kecil, ayah ibu saya sudah mengajari saja “bermain tanah”. Hingga kini bisa memiliki berbagai proyek perumahan yang terjangkau untuk masyarakat, merupakan hasil dari tempaan mereka. Salah satu track record terbaik kami adalah sukses memasarkan perumahan di wilayah Binong, Curug, Tangerang,” ujar Christine.

Hingga saat ini, Purinusa akan mengembangkan secara bertahap kawasan perumahan Aryana Karawaci, di atas lahan seluas 26 hektar yang sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2016.

Tak hanya itu saja, jelang penghujung akhir tahun 2023, Purinusa group pada bulan November 2023, telah memperkenalkan proyek terbarunya, Purinusa Kembangan di Jakarta Barat.

Dengan luas lahan mencapai 6.000 m2, Purinusa Kembangan menawarkan 49 unit hunian yang memadukan desain minimalis dan teknologi mutakhir.

Untuk fase pertama, kata dia, akan dibangun sebanyak 25 unit rumah. Dua tipe unit dibangun, yakni 19 unit dua lantai dan 6 unit 3 lantai dengan luas tanah mulai 60 sampai 250 meter persegi dan luas bangunan 100 sampai 140 meter persegi.

“Rumah-rumah di fase pertama kami pasarkan dengan harga mulai dari Rp2,2– 3,6 miliaran. Kami targetkan sold out pada kuartal kedua 2024 dengan total lebih dari Rp50 miliar” ujar Andre Utama, Chief Marketing Officer Purinusa Kembangan.

Menggandeng 14 bank, Purinusa Group telah siap dalam memberikan fasilitas pembiayaan KPR sekaligus untuk memanfaatkan momentum DPT PPN tahun 2024. Penawaran perdana Purinusa Kembangan akan dimulai pada tanggal 12 Januari 2024, langsung di lokasi. (MM/Lya)

 

Bangun Ekosistem Ekonomi Digital, Metrodata Berpartisipasi di Event Strategis Multi-Sektor

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Dalam menghadapi era digital yang terus berkembang, Metrodata, sebagai pionir penyedia teknologi informasi di Indonesia, memahami betul pentingnya menggalang kerjasama untuk membangun fondasi ekonomi digital yang kokoh. Perusahaan ini mengambil langkah inisiatif dengan memberikan dukungan dan berpartisipasi dalam berbagai bentuk kolaborasi, bersama pemangku kepentingan, serta pelatihan tenaga kerja digital.

Direksi dan Head of Metrodata
Direksi dan Head of Metrodata

Keterlibatan Metrodata dalam rangkaian acara strategis merupakan wujud nyata dari komitmen perusahaan untuk pengembangan ekosistem ekonomi digital yang berkelanjutan di Indonesia.

Foundry Mixer Vol. 2

Pada 12 September 2023, Foundry Mixer Vol. 2 diselenggarakan, dihadiri oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin serta investor dari dalam dan luar negeri. Event ini mengusung tema “Industry Collaboration to Leapfrog Indonesia’s Healthcare Transformation” dan bertujuan untuk mempertemukan investor dan pengusaha terkemuka guna menjelajahi inovasi terbaru.

Metrodata, sebagai Gold Sponsor, dengan bangga mendukung transformasi digital pemerintah Indonesia di sektor kesehatan. Budi Gunadi Sadikin menyampaikan gagasannya mengenai konsep kesehatan berkualitas, dan Metrodata turut berkontribusi melalui pengembangan aplikasi SATUSEHAT, solusi teknologi pengolahan data massif dan aman.

Fordigi Summit 2023

Fordigi Summit 2023, diinisiasi oleh Kementerian BUMN, berlangsung pada 26-27 September 2023. Sebagai Diamond Sponsor, Metrodata memiliki peran signifikan dalam forum ini. Bernardy Suhendra, Head of Data & AI, PT Metrodata Electronics Tbk, menjadi pembicara utama dengan tema “Navigating the Digital Revolution Using Data & AI.” Hamdani Arif, Direktur PT Mitra Integrasi Informatika, juga berbagi pemikiran inspiratif.

National Cybersecurity Connect 2023

National Cybersecurity Connect (NCC) 2023 pada 25-26 Oktober 2023, membahas kejahatan dan ancaman siber. Metrodata menerima Appreciation Award as Leading ICT Company, menegaskan komitmen perusahaan untuk melindungi masyarakat dan dunia bisnis dari ancaman siber.

Indonesia Fintech Summit & Expo

Pada 23-24 November 2023, Metrodata sebagai Platinum Sponsor di Indonesia Fintech Summit & Expo, bersama OJK dan AFTECH, berharap membangun sinergi dan mendukung inovasi serta perkembangan fintech di Indonesia.

Pasar Digital (PaDi) UMKM Business Matching & Showcase

Kementerian BUMN menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan UMKM. Pada 14 Desember 2023, Metrodata melalui PT Sinergi Transformasi Digital berpartisipasi dalam event eksklusif ini, memberikan kontribusi pada sesi Speed Dating dan seller pitching.

“Komitmen kami untuk mendukung terciptanya ekosistem ekonomi digital, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan daya saing global. Diharapkan, kontribusi Metrodata dapat membuka peluang bagi masyarakat Indonesia,” ujar Herryanti Herman, Direktur PT. Mitra integrasi Indonesia, unit solusi PT. Metrodata Electronics Tbk.

Melalui partisipasi aktif dalam berbagai event strategis, Metrodata terus menjadi pemain kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan inovasi di Indonesia.

71% Organisasi Jadi Korban Ransomware, Haruskah Anda Peduli?

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Melawan Serangan Siber ,Praktik Terbaik Pencegahan RansomwareMarketing.co.id – Berita Digital | Di era di mana ancaman digital semakin meningkat, secara mengejutkan 71% organisasi telah menjadi korban serangan ransomware yang mengakibatkan kerugian finansial rata-rata sebesar US$4,35 juta per pelanggaran menurut CheckPoint.com.

Ini bukan sekadar pertempuran sporadis di dunia maya; ini adalah perang habis-habisan melawan pertahanan Perusahaan. Ketika dunia bisnis berupaya memperkuat benteng pertahanan digitalnya, pertanyaannya bukan hanya mengenai cara menangani ransomware namun juga tentang memahami mengapa dan bagaimana ransomware menjadi musuh yang sangat tangguh

Pengertian dan dampak ransomware

Bukan sekadar masuk ke dalam sistem, ransomware adalah predator yang menyandera data-data penting dan menuntut uang tebusan untuk membebaskannya. Dampaknya tentu saja lebih dari sekadar ketidaknyamanan.

Keuangan yang berdarah-darah hanyalah permulaan – kelumpuhan operasional bisnis, kepercayaan pelanggan yang terganggu, dan kerusakan reputasi jangka panjang adalah momok nyata yang bakal menghantui bisnis pasca serangan. Efek riak yang menakutkan dari serangan ransomware dapat menyebar ke seluruh unit bisnis, dan meninggalkan jejak kekacauan strategi dan operasional.

Oleh karena itu, diperlukan strategi pertahanan yang proaktif dan berlapis untuk mengatasi tantangan ini. Termasuk menerapkan teknologi canggih dan menumbuhkan budaya sadar keamanan siber yang bertujuan untuk menggagalkan dan menetralisir taktik ransomware.

Praktik Terbaik Pencegahan Ransomware

Perjuangan melawan ransomware bukan hanya tentang penerapan alat yang tepat; ini juga tentang memupuk kebiasaan yang benar. Pencegahan di dunia siber merupakan perpaduan antara kewaspadaan, edukasi, dan pandangan ke depan yang strategis. Check point Software membagikan praktik terbaik untuk pencegahan ransomware:

Cyber Awareness Training: Latih tenaga kerja Anda tentang dasar-dasar keamanan siber, termasuk pengenalan phishing dan keamanan kata sandi. Untuk memastikan tim tetap waspada dan siap, penting bagi mereka untuk selalu mengetahui perkembangan terkini ancaman keamanan siber.

Regular Data Backups: Terapkan pencadangan data penting yang rutin dan terenkripsi sebagai pengaman dari kegagalan. Pastikan cadangan ini diuji secara berkala untuk keandalan dan pemulihan yang efektif.

System Patching: Pertahankan pola pembaruan sistem yang disiplin, dengan fokus pada penambalan keamanan untuk melindungi dari kerentanan. Terus tingkatkan proses manajemen patch Anda.

Robust Endpoint Protection: Gunakan program antivirus dan anti-malware canggih untuk memastikan pengawasan dan deteksi potensi ancaman yang berkelanjutan dan real-time. Selalu perbarui solusi ini untuk mengatasi ancaman ransomware dan keamanan siber baru.

Ketika ransomware berevolusi menjadi bentuk yang lebih canggih, melindungi organisasi Anda bukan hanya sebuah kebutuhan, namun juga sebuah tanggung jawab.

Misi GIK UGM Membawa Industri ke Lingkungan Kampus: Membangun Ekosistem Startup Masa Depan

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Gelanggang Inovasi & Kreativitas UGM, Innovative Academy UGM, dan Endeavor Indonesia bersatu untuk membangun ekosistem startup masa depan

Marketing.co.id – Berita Digital | Gelanggang Inovasi & Kreativitas Universitas Gadjah Mada (GIK UGM), Innovative Academy Universitas Gadjah Mada (IA), dan Endeavor Indonesia mengumumkan kolaborasi strategis yang memberikan ketiga organisasi akses kepada startup masa depan dan peluang untuk membantu pertumbuhan startup.

Kolaborasi ini menggabungkan fasilitas super creative hub GIK UGM, komunitas pengusaha muda IA yang terdiri dari mahasiswa dan alumni UGM, serta komunitas kuat pengusaha muda Indonesia dan mentor Endeavor Indonesia.

Pekan lalu, GIK, IA, dan Endeavor Indonesia mengadakan Founders Forum yang bertujuan memberikan inspirasi dan wawasan kepada para founder muda mengenai strategi dan pengalaman sukses dalam mengelola dan membangun startup. Kolaborasi ini bertujuan memberikan dampak positif langsung pada mahasiswa startup UGM saat ini dan juga pengusaha muda Yogyakarta, sambil menawarkan mentoring dan pelatihan berkelanjutan oleh jaringan Endeavor bersama Innovative Academy di masa depan.

Melalui kolaborasi ini, GIK UGM memenuhi misinya untuk membawa industri ke lingkungan kampus, dengan fokus khusus pada menciptakan startup berkualitas dari mahasiswa UGM dan juga mahasiswa Yogyakarta. Upaya ini bertujuan memperkuat hubungan antara dunia akademis dan industri sambil memberikan pengalaman praktis berharga bagi mahasiswa di ruang pembelajaran.

GIK UGM secara progresif berkontribusi pada paradigma pendidikan baru yang menghubungkan kesenjangan antara pengetahuan teoritis dan pengalaman praktis, yang sangat penting dalam ekosistem startup dan memberikan mahasiswa kemampuan untuk mencapai potensi penuh mereka.

“Saya berharap bahwa kolaborasi antara Endeavor dan Innovative Academy di GIK UGM dapat melahirkan inovasi yang mendefinisikan batas-batas di dunia startup, mendorong kreativitas tanpa batas, dan memberikan dampak positif yang signifikan,” ujar Khansa Khalisha, Direktur Kurikulum GIK UGM.

“Tempat ini (GIK) memberi Anda kebebasan untuk menjadi diri sendiri. Meskipun jurusan Anda di universitas bukan Ekonomi, tidak masalah, di sini Anda bisa mendapatkan berbagai pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi Anda sendiri terutama dalam pengetahuan startup, jadi silakan manfaatkan banyak acara dengan optimal di GIK,” ungkap Prof. Praktikno, Ketua Majelis Wali Amanat UGM selama kunjungannya ke acara ini.

Direktur Program Innovative Academy UGM Prof. Sang Kompiang Wirawan menambahkan, “Forum ini akan meningkatkan pengetahuan mahasiswa UGM dan pengusaha muda yang ingin membangun startup, bahkan diharapkan menjadi kegiatan yang membimbing startup yang sedang mengembangkan diri mereka menjadi lebih profesional dan siap menghadapi bisnis global.”

“Memberikan dukungan kepada mahasiswa dalam perjalanan mereka menjadi pendiri startup berikutnya dengan memberi mereka bimbingan dan inspirasi melalui jaringan pengusaha berpengalaman dan berdampak telah menjadi semangat Endeavor Indonesia selama lebih dari 10 tahun. Kami berterima kasih atas kesempatan untuk berkolaborasi dengan GIK UGM untuk meningkatkan, terlibat, dan menyaksikan munculnya banyak pendiri startup berpotensi tinggi dari UGM di masa depan,” kata Devina Hartono, Direktur Eksekutif, Endeavor Indonesia.

Biaya Transaksi ATM Internasional dan Tips Hemat Berlibur ke Luar Negeri

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

biaya transaksi atm di luar negeriDalam artikel ini Anda akan menemukan tips hemat berlibur ke luar negeri dan rata-rata biaya transaksi ATM internasional di destinasi liburan favorit orang Indonesia

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Akhir tahun ini berencana liburan ke luar negeri? Jangan lupa ya untuk cerdas mengelola keuangan selama berada di luar negeri, terutama dalam menyiapkan uang tunai.

Beberapa wisatawan memilih untuk tidak membawa uang tunai dalam jumlah banyak saat berwisata ke luar negeri demi keamanan. Salah satu cara yang sering digunakan untuk mendapatkan uang tunai adalah dengan melakukan penarikan ATM di destinasi liburan. Nyatanya, menarik uang di ATM luar negeri dikenakan berbagai macam biaya yang sering kali tidak terduga.

Umumnya, bank akan mengenakan biaya tetap untuk setiap penarikan. Hal yang sering tidak kita ketahui, terdapat biaya konversi kurs mata uang Anda ke mata uang lokal yang merupakan persentase dari jumlah penarikan. Bank Anda mungkin juga akan mengenakan biaya tambahan karena penarikan uang dilakukan di luar negeri. Biaya-biaya ini tentu bervariasi, tergantung jenis bank dan akun yang digunakan. Namun ketika diakumulasi, dapat membuat biaya penarikan menjadi lebih mahal dari yang diharapkan.

Rata-rata biaya transaksi ATM di luar negeri

Biaya ATM dapat bervariasi tergantung dari lokasi, dan ini dapat memengaruhi pengeluaran selama perjalanan. Hal ini juga menyulitkan wisatawan dalam mengatur keuangan selama perjalanan. Di beberapa destinasi liburan, biaya yang dikenakan cukup tinggi. Sebagai contoh, biaya penarikan di ATM Turki bisa mencapai 4,4% per transaksi.

Sementara di Amerika Serikat biayanya lebih rendah, sekitar 1,81%. Meskipun terdengar murah, biaya ini sebaiknya tidak dianggap sepele. Misalnya Anda  menarik $500 USD (sekitar Rp7.752.500), Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp150.000. Oleh karena itu, penting bagi wisatawan untuk waspada dengan biaya-biaya ini agar terhindar dari pengeluaran yang tak terduga.

Wise telah mengumpulkan informasi rata-rata biaya penarikan ATM di destinasi liburan populer warga Indonesia. Daftar biaya rata-rata penarikan uang tunai dari ATM luar negeri ini mencakup biaya di muka (upfront free) dan biaya tersembunyi seperti margin nilai tukar.

Asia Tenggara

Thailand menjadi tempat paling mahal untuk melakukan penarikan ATM di daftar ini, dengan biaya 2,62% per transaksi. Sebagai ilustrasi, menarik Rp 5.000.000 di Thailand akan menelan biaya Rp131.000. Sementara di Singapura dan Malaysia, biaya penarikan ATM lebih rendah, yaitu 1,41% dan 0,03%.

Asia Timur

Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, dan Cina menjadi destinasi populer bagi wisatawan Indonesia. Tentunya destinasi-destinasi tersebut memiliki biaya penarikan ATM yang berbeda-beda. Korea Selatan mengenakan biaya kedua tertinggi setelah Thailand yakni sekitar 2,55% per transaksi. Sementara untuk negara-negara Asia Timur lainnya, Jepang mengenakan biaya yang cukup rendah yakni 0,64%, sedangkan Hong Kong mengenakan 0,05%, dan Cina hanya mengenakan 0,01%.

Amerika Serikat dan Inggris

Amerika Serikat mengenakan biaya 1,81% untuk penarikan ATM, sedangkan Inggris mengenakan 0,16% setiap transaksi.

Tips menghemat anggaran saat berlibur ke luar negeri

Dalam artikel ini Country Manager Wise Indonesia Elian Ciptono membagikan tips untuk membantu wisatawan Indonesia menghemat anggaran mereka saat berlibur ke luar negeri:

Lakukan budgeting dan tukarkan mata uang sebelum berangkat: Rencanakan anggaran liburan jauh-jauh hari dan tukarkan sebagian uang sebelum berangkat. Ini dapat membantu dalam menghindari biaya transaksi ATM internasional yang tinggi saat berada di situasi yang mengharuskan Anda untuk membayar dengan uang tunai.

Periksa biaya yang dikenakan bank: Untuk menghindari biaya yang tidak diharapkan, sangat penting menggunakan penyedia layanan yang memberikan informasi jelas mengenai biaya yang akan dikenakan. Sebagai alternatif, bank setempat yang bermitra dengan bank Anda umumnya menawarkan biaya penarikan lebih rendah.

Hati-hati dengan ATM tanpa logo bank resmi: ATM-ATM tanpa logo ini umumnya terletak di area-area wisata yang sering kali membutuhkan penarikan uang tunai yang cepat. Mereka cenderung mengenakan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan ATM yang dioperasikan langsung bank. Maka, sebaiknya Anda menggunakan ATM resmi milik bank. Bila ada beberapa ATM yang berdekatan di suatu area, bandingkanlah biaya yang mereka tawarkan sebelum melakukan penarikan.

Minta tolong teman atau keluarga yang tinggal di luar negeri: Jika akan mengunjungi keluarga atau kerabat, Anda dapat mengirim uang kepada mereka terlebih dahulu dengan menggunakan layanan seperti Wise. Mereka dapat membantu Anda menarik uang dari ATM setempat. Cara ini efektif untuk menghindari biaya ATM yang tinggi, biaya transaksi internasional, serta nilai tukar yang kurang menguntungkan. Wise menggunakan kurs tengah (seperti yang sering Anda lihat di Google) dan mengenakan biaya rata-rata 0,67% per transaksi.