Inilah Tantangan Terbesar yang Dihadapi Startup

ecommerceBagaimana start-up yang berkembang pesat dapat mengatasi kesulitan untuk meraih kesuksesan

Memulai bisnis baru bisa jadi sangat menakutkan dan sangat menantang. Seiring waktu, perusahaan baru ini pun pasti akan menemui sejumlah tantangan.

Mulai dari mempekerjakan orang yang tepat, hingga mendefinisikan brand anda, start-up harus mengatasi sejumlah tantangan ini untuk meraih kesuksesan.

Kompetisi

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi start-up adalah kompetisi, khususnya dalam pasar yang didominasi oleh brand yang lebih terkenal dan mapan.

Kuncinya adalah menemukan pasar baru yang belum jenuh dengan berbagai perusahaan dengan produk yang sama. Karena akan selalu ada yang brand yang menawarkan produk yang sama, think outside the box; pastikan Anda membuat target yang jelas dan pesan yang spesifik untuk membedakan start-up Anda.

Proses perekrutan

Mempekerjakan pegawai untuk mendukung usaha Anda bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, namun ini adalah investasi terpenting bagi semua start-up. Untuk menemukan bakat yang tepat namun tetap dalam budget adalah tantangan bagi semua perusahaan, khususnya yang belum mempunyai nama.

Membangun tim yang kuat untuk memelihara dan mengembangkan perusahaan muda adalah kunci kesuksesan; mengingat Anda menaruh waktu, uang dan kepercayaan di dalam tim Anda, ini adalah investasi yang berharga.

Berpacu dengan perubahan

Dengan kemajuan di teknologi dan perpindahan ke online, informasi pun terus berubah. Tidak hanya menjaga agar Anda tidak tertinggal, namun berusaha untuk lebih maju dari kompetisi adalah tantangan yang signifikan untuk perusahaan muda.

Lebih lagi, dengan rencana untuk membuat sebuah start-up yang bisa masuk ke berbagai pasar, setiap negara butuh pendekatan yang berbeda serta strategi individual yang ditentukan oleh kondisi pasar.

Menurut Kian Moini, co-founder portal properti global Lamudi, sangat sulit men-generalisasi setiap pasar karena tidak ada dua negara yang benar-benar sama, meskipun ada beberapa persamaan.

Tantangan utama di beberapa pasar, seperti contoh Myanmar yang termasuk negara dengan penetrasi internet terendah di dunia, adalah untuk meyakinkan konsumen akan nilai internet dan e-commerce – keuntungannya berpindah online.

Di beberapa pasar yang lebih berkembang, yang sudah banyak menggunakan digital, ada kompetisi yang kuat bagi para start-up dari kompetitor yang lebih mapan.

Website

Memastikan bahwa produk tidak tertinggal dengan perubahan di pasar sangatlah vital. Bagi start-up berbasis internet, ini berarti mengadaptasi website-nya. Apakah website Anda ­mobile-friendly? Apakah itu memiliki interface yang menarik dan mudah digunakan?

Dengan sekian banyaknya website, sangat sulit untuk membuat yang paling menonjol di antara yang lain, namun website yang aman dan bisa diandalkan serta berkinerja baik bisa menarik pengguna setianya tersendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.