Marketing.co.id – Berita UMKM | Di saat ekonomi sulit, banyak perusahaan yang mengurangi bahkan menghilangkan bujet marketing mereka. Untuk itulah dalam artikel ini kami akan membagikan beberapa tips yang akan membantu menghasilkan word of mouth marketing untuk bisnis Anda.
Memang, word-of-Mouth marketing susah untuk diukur karena sulit dipengaruhi. Namun, ini merupakan salah satu cara pemasaran yang paling efektif karena tidak membutuhkan biaya. Para pelanggan Anda merupakan “kendaraan” terbaik yang positif untuk menciptakan word-of-mouth marketing, tapi bagaimana cara membuat mereka membicarakan Anda?
Berikut lima cara menciptakan word of mounth marketing:
Minta pelanggan mencoba produk
Jika Anda ingin pelanggan membicarakan produk Anda, mintalah mereka mencoba dan kemudian menceritakannya hasilnya kepada orang lain. Ini merupakan cara yang efektif untuk membangun semangat serta rekomendasi yang otentik.
Buat pelanggan merasa menjadi orang dalam perusahaan
Libatkan pelanggan, mintalah pendapatnya dan kemudian dengarkan. Buatlah daftar pelanggan untuk Anda undang dalam acara peluncuran produk terbaru atau apapun. Kemudian, minta mereka datang membagikannya.
Buat forum atau komunitas atas nama brand
Berikan para influencer sebuah forum untuk berbagi pendapat dan tanggapan. Anda bisa membuat sebuah forum online yang sederhana untuk para pelanggan yang sudah dipilih.
Berikan layanan berkualitas dan perlakukan setiap pelanggan dengan hormat
Tunjukkan pada mereka kualitas pelayanan Anda dan memperlakukan setiap pelanggan dengan hormat. Sebagai contoh, Startbuck awalnya populer karena mereka membuat sebuah effort untuk mengetahui nama-nama pelanggan dan mengingat minuman favorit mereka. Mereka memberikan layanan dan pengalaman yang berkualitas, itulah mengapa pelanggan rela membayar mahal hanya untuk secangkir Latte. Mungkin, jika Anda melakukan hal yang sama Anda bisa melihat masa depan yang cerah untuk bisnis Anda.
Tetap berhubungan atau berkomunikasi dengan pelanggan, menyediakan penawaran khusus bagi mereka yang bersedia
Informasikan penawaran khusus Anda kepada mereka, seperti mengirim kupon, dan apa pun itu agar terus berhubungan dengan Anda. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kunjungan mereka, namun juga membuat mereka berbicara tentang Anda. (About.com)
Strategi yang baik untuk diterapkan, tapi bagaimana jika produk kita bukan makanan/minuman? dalam hal mencoba produk