Tren Social Media Tahun 2012

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Sebagai media baru social media tidak bisa lagi dipandang sebelah mata oleh para pebisis atau pemilik merek. Tahun 2012 social media diprediksi akan semakin berkembang dan meluas. Google+ diramalkan akan menemukan mometumnya untuk tumbuh dan berkembang serta melewati Twitter. Benarkah tahun 2012 social media akan mengalami kejenuhan. Bagaimana sebenarnya tren social media tahun 2012, berikut ini pendapat beberapa pakar

Gary Vaynerchuk, Penulis buku dan pendiri VaynerMedia
Situs yang lebih ekslusif seperti Pinterest.com akan semakin diminati. Situs ini akan menjadi social media alternatif dimana penggunanya bisa mengirimkan video dan foto. Ini sebenarnya sesuatu yang alamiah, sebagian orang akan mencoba keluar dari kerumunan, karena situs mapan seperti Twitter atau Facebook sudah terlalu ramai.

Di tengah booming social media merek atau brand masih sering salah paham. Mereka tampak bersemangat menjejali social media dengan info produk, padahal platform social media sangat berbeda dengan media konvensional. Di social media merek harus mampu berkreasi secara kreatif, mau mendengarkan dan bersikap responsif.

Di social media komunitas sangat penting dan Anda harus memperlakukan layaknya pasangan hidup. Realisasinya Anda mesti menawarkan produk dan jasa yang benar – benar berbeda dan terkesan spesial buat mereka.

Chris Brogan, President Human Business Works

Dengan semakin banyaknya konsumen dan bisnis memanfaatkan social media, tahun 2012 akan tahun yang menjenuhkan. Memerlukan usaha yang lebih terarah agar sebuah merek lebih berguna dan bermakna, atau sebuah brand akan dianggap tak lebih dari bagian “kebisingan” di social media.

Guy Kawasaki , Penulis buku dan co-pendiri Alltop.com

Pengguna Google+ akan melampaui pengguna Twitter tahun 2012.

Charlene Li , Pendiri Altimeter Group
Mengingat keterbatasan waktu dan sumber daya yang pengusaha, mereka harus benar – benar berhati-hati  berapa waktu yang dialosikan untuk tren baru ini. Alokasikan sedikit waktu untuk tren social media, tapi alokasikan 90 persen waktu untuk fokus pada social media yang memberi dampak besar pada bisnis Anda.

Banyak yang memprediksi tahun ini akan menjadi tahunnya Google+, hal ini dikarenakan situs ini dirancang untuk mengakomodir kebutuhan – kebutuhan kalangan bisnis. Para pebisnis ingin mendapatkan lebih dari apa yang diperoleh di Twitter.

Shervin Pishevar, Managing Director Menlo Ventures

Tahun ini ditandai dengan kemunculan platform dimana aplikasi, layanan, dan perangkat jaringan akan mengalami sinkronisasi. Aktivitas mobile Anda secara otomatis akan terdaftar di beberapa aplikasi dan perangkat.

Konsumsi kolaboratif, perdagangan sosial, dan layanan untuk mengatasi kelebihan kapasitas akan berkembang pesat. Tahun ini juga akan ditandai dengan gelombang kedua game social dan hiburan di jejaring sosial Facebook, dan pengguna yang mengakses melalui perangkat mobile akan semakin meningkat.

(Tony Burhanudin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here