Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Strategi Marketing Dasar Yang Wajib Anda Coba di Tahun 2022

Marketing.co.id – Berita UMKM | Perkembangan teknologi digital yang pesat saat ini sangat memengaruhi berbagai lini bisnis, tak terkecuali dalam ranah marketing. Seperti Diketahui, media digital saat ini telah banyak memberikan impact kepada para marketer. Media sosial, digital advertising, blog, website, semuanya digunakan oleh para marketer untuk mengenalkan produk atau merek. Baca Juga: Strategi Online Marketing Apa Yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Tentunya tidak semua UMKM memiliki bujet marketing seperti perusahaan besar. Lebih seringnya, para pengusaha UMKM tidak memiliki banyak waktu untuk mengenalkan barang dan jasa mereka ke publik karena lebih berfokus ke produksi dan penjualan.

Nah, dalam artikel ini kami telah menyusun beberapa strategi marketing dasar yang bisa Anda coba di tahun 2022, terutama bagi Anda yang baru memulai usaha.

Optimalkan konten

Menyajikan konten sebagai bagian dari strategi digital marketing memang sedang marak dilakukan para pemasar saat ini. Tujuannya satu, membuat orang berbicara tentang merek atau produknya. Untuk mengoptimalkan konten Anda, buatlah konten yang memuat kata kunci yang menarik bagi konsumen kemudian tempatkan di lokasi-lokasi yang strategis di situs web. Pastikan kata kunci tersebut bekerja dengan topik yang dicari para pelanggan. Baca Juga: Storytelling, Kunci Memenangkan Pelanggan di Era Digital

Pasang Iklan Online

Dulu, media beriklan yang digunakan para pemasar hanyalah berkisar antara televisi, radio, koran, majalah, billboard, spanduk atau sejenisnya. Semua itu menuntut para marketer untuk membayar media tersebut. Sekarang, dengan tersedianya media digital, para marketer dapat beriklan di dunia maya sebanyak mungkin yang mereka mau. Bahkan, tanpa perlu membayar sepeserpun.

Iklan di Facebook dan Google misalnya berfungsi dengan sangat baik. Harganya pun lebih murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan beriklan di media cetak, televisi maupun radio. Dan, yang paling penting mereka menarik audiens yang lebih luas. Baca Juga: [Iklan Online] Menjawab Tantangan untuk Menjangkau dan Mengonversi Target Pasar

Buat Blog

Konsumen biasanya akan mencari informasi tambahan sebanyak-banyaknya guna mendapatkan informasi yang akurat tentang suatu produk atau layanan. Salah satunya dengan mencari dari orang-orang yang pernah memakai produk atau jasa tersebut melalui testimoni mereka di blog yang dikelola oleh perusahaan.

Nah, di sinilah pentingnya perusahaan membuat blog. Di blog, Anda dapat berbagi event atau acara spesial yang sedang direncanakan. Ini adalah cara yang bagus untuk memasarkan dengan cara Anda sendiri.

Jika Anda belum memiliki blog ada baiknya segera membuatnya dan mengintegrasikannya ke website perusahaan. Percayalah, Anda akan mendapat respon atau informasi berguna dari konsumen yang tidak Anda peroleh dari website perusahaan.

Terbitkan buku

Menulis sebuah buku dan menerbitkannya sendiri akan memposisikan Anda sebagai seorang ahli dibidangnya. Banyak pelaku bisnis yang membuat buku dan bahkan menjualnya di situs web mereka.

Tentukan kompetisi Anda

Setiap hari adalah kompetisi. Itu terdengar sinis namun suka atau tidak itulah kenyataannya. Para pengusaha bersaing sengit untuk memperoleh sumber daya dan pangsa pasar. Namun yang pasti mereka yang siap umumnya akan menjadi pemenang. Oleh karena itu, menentukan kompetisi Anda adalah cara terbaik untuk memastikan apa yang akan ditawarkan berbeda dengan para pesaing di pasar yang sama. Melakukan sedikit riset akan sangat berharga. Baca Juga: 6 Langkah Mengalahkan Pesaing dan Menjadi Market Leader

Mulai Ngetwit

Media sosial itu gratis. Ini adalah salah satu strategi marketing dasar terbaik yang tersedia. Mulailah membuat kicauan di Twitter karena itu akan membantu Anda terlibat dengan target pasar Anda. Baca Juga: Cara Ngetwit Terbaik dari Ahlinya!

Buat kampanye email

Bisnis yang tak menggunakan email sebagai bagian dari strategi marketingnya akan kehilangan salah satu cara terbaik untuk menjangkau konsumen. Buatlah kampanye email! Membuat kampanye email marketing yang menarik dan unik dapat membuat Anda jadi terlihat lebih menarik di depan target audiens Anda. Baca juga: Panduan Lengkap Email Marketing

Gunakan iklan Facebook

Iklan Facebook akan membantu Anda tampil di depan audiens yang besar. Anda dapat menargetkan iklan ke target konsumen yang lebih spesifik untuk mendapatkan hasil yang optimal. Baca Juga: Iklankan Produk Anda Lewat Social Advertising.

Berikan hadiah

Memudahkan akses konsumen untuk berinteraksi dengan merek adalah cara bernilai tambah untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Baik Anda sedang online atau di toko offline, memberikan sesuatu secara gratis atau hadiah akan menarik pelanggan.

Turunkan Harga

Jika harga para pesaing mendekati harga produk yang Anda tawarkan, menurunkan harga produk Anda akan dapat meningkatkan volume penjualan dan memberi Anda keuntungan. Baca Juga: Perang Harga, Ikut-ikutan atau Acuh Saja?

Sederhanakan merek Anda

Luangkan waktu Anda untuk meneliti siapa sebenarnya yang membeli barang dan jasa Anda. Kemudian, salurkan upaya branding Anda ke dalam bahasa dan visual yang mereka inginkan. Baca Juga: Branding or Not Branding?

Uji kampanye Anda

Media sosial adalah alat yang tepat untuk memantau hasil kampanye Anda. Perhatikan reaksi audiens Anda di laman media sosial yang ditautkan pada kampanye terbaru yang dilakukan.

Buat newsletter

Newsletter adalah cara cepat dan mudah untuk menjaga mailing list Anda tetap up to date tentang produk dan layanan Anda.

Buat kontes atau kuis

Melibatkan calon pelanggan adalah cara yang bagus untuk menarik mereka menjadi pelanggan. Kuis, game atau kontes akan menarik minat para pengunjung sehingga Anda bisa memasukkan mereka ke dalam list target audiens.

Tulis artikel industri

Menetapkan diri sebagai ahli dalam industri yang Anda geluti adalah salah satu strategi pemasaran dasar terbaik. Menulis serangkaian artikel untuk publikasi perdagangan memposisikan Anda sebagai ahli. Dengan menulis artikel mengenai industri yang Anda geluti, audiens yang membaca akan selalu merujuk pada merek Anda untuk mendapatkan saran yang terpercaya. Penulisan artikel tentang industri ini juga dapat diserialkan sebagai posting blog untuk hasil yang optimal.

Buat podcast

Tampil di depan audiens dengan menggunakan suara Anda dengan menambahkan sentuhan pribadi dapat menghasilkan penjualan. Jika tak tahu harus mulai dari mana, Anda bisa mulai dengan hanya membacakan tulisan-tulisan Anda di dalam blog dan dibuat semenarik mungkin.

Buat webinar

Ini adalah cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mempersonalisasi strategi marketing dasar. Membuat sebuah webinar yang merinci cara kerja produk Anda adalah ide yang patut untuk dicoba.

Luncurkan situs web

Terlepas dari barang dan jasa yang Anda jual, memiliki situs web adalah syarat wajib saat ini. Cari dan temukan pengembang yang dapat mengimplementasikan visi Anda menjadi sebuah laman dimana target pasar Anda bisa selalu datang kapan saja untuk mendapatkan informasi penting mengenai produk dan layanan Anda.

Menerbitkan siaran pers

Baik Anda ingin menyebarkan berita tentang acara atau peluncuran produk terbaru, siaran pers bisa membantu Anda untuk memperkenalkan kegiatan atau produk keluaran baru tersebut. Pastikan topik dan isi berita dibuat dengan penulisan yang santai dan tidak terlalu hard-selling.

Tayangkan di YouTube

Saat platform video streaming seperti Youtube semakin digemari, video harus menjadi bagian dari strategi marketing dasar Anda. Buatlah video instruksional yang menarik dan unggah di YouTube untuk mengedukasi target pasar Anda.

Layanan pelanggan

Berikan layanan yang terbaik kepada pelanggan. Karena layanan pelanggan yang baik menciptakan reputasi yang bagus bagi perusahaan dan memberikan efek marketing gratis yang dilakukan oleh para pelanggan Anda tentang produk dan layanan yang dimiliki.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top