Portal Lengkap Dunia Marketing

BERITA

Email Marketing: Panduan Lengkap Bagi Bisnis Kecil

Bisnis yang tak menggunakan email marketing akan kehilangan salah satu cara terbaik untuk menjangkau konsumen.

Panduan Email Marketing

Panduan Email Marketing

Alih-alih berkonsentrasi pada direct marketing, seperti kebanyakan bisnis lain lakukan, banyak bisnis sekarang yang memfokuskan upaya mereka pada kampanye email.

Sebuah studi yang dilakukan iContact mengungkapkan bahwa bisnis kecil dan menengah kini mulai mendedikasikan sebagian besar dari anggaran mereka untuk kampanye email. Entah itu untuk berbagi berita tentang perusahaan, produk dan jasa, atau menarik konsumen baru melalui promosi. Singkatnya, kini bisnis mulai menemukan banyak kegunaan dari email marketing.

Para pelaku bisnis banyak yang melihat manfaat email marketing. Bagi mereka, kampanye email marketing sangat hemat biaya (murah) dan mudah. Berikut panduan lengkap email marketing dilansir BusinessNewsDaily:

Apa itu email marketing?

Pada dasarnya, email marketing adalah versi online direct mail. Tak ada bedanya dengan mengirimkan brosur dan kupon ke rumah pelanggan. Hanya saja, dengan email marketing semua yang dikirimkan dilakukan secara digital melalui inbox pelanggan.

Bedanya, dampak dari direct mail marketing mungkin sulit untuk dilacak, sedangkan email marketing memberi bisnis kesempatan untuk melihat siapa yang sebenarnya membuka email dan siapa yang benar-benar menggunakan serta membaca email yang telah dikirimkan.

Seperti bentuk-bentuk lain dari marketing, pemilik bisnis dapat menggunakan email marketing dengan banyak tujuan, mulai dari membangun loyalitas merek sampai menemukan pelanggan untuk mendorong loyalitas pelanggan.

Di luar sana, banyak sekali strategi dan cara-cara untuk menggunakan email marketing. Setiap jenis bisnis – business-to-business atau business–to-consumer– dapat menemukan cara untuk memasukannya ke dalam rencana pemasaran secara keseluruhan.

Jenis-jenis email marketing

Ada banyak cara bagi perusahaan untuk menggunakan email marketing, antara lain:

Newsletter

Ini adalah cara cepat untuk menjaga pelanggan Anda melalui penggunaan informasi pada setiap berita bisnis atau promosi yang akan datang. Newsletter bisa dikirim secara berulang, misalnya seminggu atau sebulan sekali.

Kampanye promosi

Email marketing dapat digunakan untuk memberitahu pelanggan mengenai penjualan mendatang. Mereka dapat dikirimkan pada hari-hari menjelang penjualan atau selama penjualan, sebagai pengingat bagi pelanggan.

Invitation email

Invitation email digunakan untuk menjaga klien agar selalu update pada acara-acara mendatang. Tipe ini bisa dikirim seminggu atau sehari sebelum kegiatan/acara terjadi sebagai cara untuk mendorong pelanggan agar hadir.

Nah, itulah panduan email marketing. Adakah cara lain yang Anda miliki? Beritahu kami dalam kolom komentar.

Editor: Sekar Ayu

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top