Platform Mobile Bakal Banyak Mengambil Peran

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

[dropcap]S[/dropcap]aat ini orang-orang seakan-akan tidak bisa lepas dari telepon genggamnya, terutama para pengguna ponsel pintar yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, seperti terkoneksi dengan email maupun keluarga dan teman-teman melalui berbagai jenis aplikasi dan media sosial dengan mudah. Kehidupan sehari-hari mereka terus menerus ter-update oleh gadget seakan-akan merangkum kegiatannya dan membagikannya kepada setiap orang yang berada di dunia digital, terutama internet.

Menurut hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2012 sudah mencapai angka 63 juta di mana penetrasinya sudah mencapai 24,23% dari total populasi penduduk Indonesia. Hal lain yang menarik adalah 65% pengguna internet di Indonesia tersebut lebih sering mengakses internet melalui ponsel mereka, terutama ponsel pintar (smartphone).

Informasi-informasi tersebut dapat dipertimbangkan dalam Channel Mix Plan maupun Strategi Pemasaran Digital bagi perusahaan-perusahaan untuk mencapai objektif mereka melakukan strategi-strategi tersebut. Namun informasi-informasi apa saja yang berguna untuk mengembangkan strategi pemasaran apabila memakai kanal ponsel ataupun smartphone? Perusahaan dapat menggunakan informasi seperti search traffic, total download aplikasi serta total user apabila perusahaan membuat aplikasi, frekuensi akses melalui ponsel dan durasi pengunjungan website maupun aplikasinya.

Mempertimbangkan semua data tersebut, fakta bahwa orang-orang sulit lepas dari penggunaan ponsel mereka serta tingginya tingkat akses internet melalui ponsel akan menjadi salah satu peluang perusahaan-perusahaan untuk memilih kanal mobile ataupun ponsel sebagai kanal yang menjanjikan untuk lebih dekat dan lebih memahami pasar mereka masing-masing.

Nike sukses melakukan mobile marketing campaign menggunakan Nike Air Max di mana mengajak customer mereka untuk bangun pagi dan berolahraga yang menggunakan rekaman wake-up call atlit terkenal yang berkerja sama dengan Nike, seperti Maria Sharapova. Di Indonesia, Blue Bird dan Garuda Indonesia membuat aplikasi di ponsel pintar seperti Blackberry, Android, dan iPhone untuk memudahkan customer mereka untuk mengakses website mereka maupun melakukan pemesanan online. Pocari Sweat membuat aplikasi Pocarian bagi pengguna Android dan iPhone yang juga terintegrasi dengan game online IONOPOLIS untuk mengumpulkan poin guna mendapatkan hadiah menarik dari Pocari Sweat.

Mobile platform dapat menjadi the next big thing dalam digital atau internet marketing dengan semakin meningkatnya tingkat akses internet mereka melalui ponsel ataupun gadget mereka yang biasa mereka bawa sehari-hari.

Aplikasi ataupun permainan dengan mobile platform akan semakin menarik untuk digunakan sebab dengan adanya dua contoh alat ini menunjukkan bahwa konsumen memiliki tingkat ketertarikan yang tinggi untuk terlibat dalam bisnis yang terkait. Selain itu aplikasi-aplikasi ini akan lebih memudahkan untuk memonitor behavior maupun traffic customer guna referensi memperbaiki strategi pemasaran.

Namun perlu diingat bahwa belum tentu target pasar yang dituju menggunakan kanal mobile seluruhnya. Oleh karena itu diperlukan Channel Mix Plan yang menggunakan beberapa kanal untuk merangkul target pasar selain target pasar yang aktif menggunakan ponsel dan gadget semacamnya.

Oleh: Amandia Nugrahani – STIE Prasetiya Mulya

Amandia Wahyu Nugrahani (biasa dipanggil Mandi atau Dea) ini memiliki hobi mendengarkan musik, bermain game komputer online maupun offline jenis apapun yang penting menarik untuk dimainkan (bukan seorang penggila 100%), melakukan hal yang tidak dipikirkan sebelumnya, lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencari tempat yang menarik untuk dikunjungi dan ditelusuri dan makanan yang menarik untuk dicoba dan dihabiskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here