Sunday, October 5, 2025
Home Blog Page 404

Ini Prediksi Tren Teknologi Terpenting di 2024 versi NTT

[Reading Time Estimation: 5 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | NTT Ltd., perusahaan infrastruktur dan layanan teknologi informasi (TI) global mengeluarkan prediksinya teknologi terpenting di tahun 2024. Ketika tim teknologi informasi membuat perencanaan dan perusahaan beradaptasi dengan Generative AI sebagai disrupsi terbesar sepanjang 2023, maka di tahun baru akan terjadi perpaduan antara tren baru dan tren utama yang semakin berkembang di seluruh jaringan, Edge, 5G Privat, pusat data, dan cloud.

“Adopsi AI tumbuh secara eksponensial dan dengan artificial general intelligence (AGI) dan singularitas teknologi yang masih jauh di masa depan, manusia akan menjadi bagian penting dalam kisah AI,” kata Shahid Ahmed, Group EVP, New Ventures and Innovation, NTT Ltd.

Shahid menegaskan, setiap perusahaan harus melihat lebih jauh ke depan untuk memastikan mereka memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi baru di masa depan dan berupaya mencapai target yang lebih berkelanjutan.

Berikut prediksi tren teknologi terpenting di tahun 2024 dari NTT sebagaimana disampaikan oleh Shahid

  1. ‘Dark NOC’ akan memasuki kosakata dalam dunia jaringan

Dengan kemajuan AI untuk operasi TI (AIOps), gagasan Network Operations Center yang sepenuhnya otomatis dan tanpa intervensi manusia merupakan harapan ideal. Selama 12 bulan ke depan, perusahaan jaringan akan lebih lanjut menanamkan AIOps ke dalam operasi mereka yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas jaringan, mendukung teknisi, dan memodernisasi infrastruktur.

Baca juga: Tren Teknologi Ritel yang Mendominasi Musim Liburan Akhir Tahun 2023

Meskipun otomatisasi merupakan inti dari ‘Dark NOC’, peran manusia tetap akan menjadi kunci keberhasilannya. Penyedia jaringan internet perlu fokus pada peningkatan keterampilan, sekaligus memastikan mereka telah melakukan persiapan yang diperlukan dari sudut pandang teknologi, mulai dari standardisasi API hingga optimalisasi pemrosesan data.

Para spesialis jaringan juga harus memahami bahwa otomatisasi membantu dan kemampuan manusia masih menjadi bagian penting dari fungsi jaringan.

  1. AI akan mendorong investasi pada sumber energi yang lebih inovatif, yaitu infrastruktur data center

Rak data center atau rak server pada umumnya mengonsumsi sekitar 6 hingga 8 kilowatt listrik. AI mempercepat peningkatan kepadatan tersebut, dan sekarang sudah lumrah melihat rak berkapasitas 50 hingga 100 kilowatt, bahkan lebih. Harapannya adalah konsumsi listrik akan berlipat ganda dan tiga kali lipat di tahun-tahun mendatang. Rak-rak server ini, tentunya menghasilkan lebih banyak panas, dan membutuhkan lebih banyak pendinginan, menjadi tantangan bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki target net zero.

Pada 2024, akan lebih banyak perusahaan yang bekerja sama dengan penyedia sumber daya energi listrik untuk mengeksplorasi opsi yang lebih berkelanjutan. Pengetatan peraturan pusat data akan mempercepat tren disruptif ini, karena semakin banyak pemerintah dan pelanggan yang menetapkan penggunaan dan/atau pasokan efisiensi energi tertentu untuk memenuhi tujuan keberlanjutan mereka.

NTT sudah menggunakan teknik-teknik seperti pendinginan dengan menggunakan cairan, proyek pemanas distrik, dan penelitian panel surya di ruang angkasa untuk memberi daya pada pusat datanya, dan lain-lain.

  1. Keberlanjutan akan menjadi bagian utama dari semua solusi teknologi terbaru

Keberlanjutan sebelumnya telah diidentifikasi sebagai tiga pendorong utama inovasi dan pertimbangan utama dalam proses pengadaan teknologi informasi. Tahun depan, keberlanjutan akan memberikan dampak yang jauh lebih besar terhadap teknologi yang diujicobakan, diinvestasikan, dibeli, dan dikembangkan oleh tim TI, terutama seiring dengan berkembangnya peraturan, pengembangan baru, dan pengetatan.

Misalnya, mulai 1 Januari 2024, 50% listrik yang digunakan di pusat data Jerman harus disuplai dari sumber listrik terbarukan yang tidak disubsidi. Mulai 2027, kebutuhannya akan menjadi 100%.

Dalam perjalanan menuju target net zero dan ramah lingkungan, perusahaan akan semakin memanfaatkan teknologi baru seperti jaringan Private 5G, yang digunakan oleh perusahaan global seperti LyondellBasell dan Schneider Electric, untuk mendorong penerapan smart factory yang dapat berkontribusi terhadap inisiatif ESG, mulai dari mitigasi karbon hingga ekonomi sirkular perangkat keras infrastruktur. Tekanan lebih besar terhadap pemasok TI juga akan membantu industri mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) dan key performance indicator (KPI) mereka.

  1. Jaringan kabel optik akan semakin umum digunakan

Meningkatnya fokus pada efisiensi, keandalan, keberlanjutan, dan kesiapan jaringan di masa depan akan membawa jaringan optik ke depan pada tahun 2024. Uji coba terbaru membuktikan potensi tersebut – mencapai tingkat transmisi 1,2Tbps.

Di semua industri, lebih dari 90% eksekutif senior ingin memodernisasi jaringan mereka untuk memastikan mereka siap menghadapi tantangan yang sedang dihadapi serta tantangan yang akan datang.

Ada juga upaya terpadu yang lebih luas untuk mengatasi keterbatasan infrastruktur yang ada dengan teknologi optik. Lebih dari 100 perusahaan kini bermitra untuk memajukan IOWN (Jaringan Optik dan Nirkabel Inovatif) untuk memastikan dunia siap menghadapi teknologi masa depan dan mendorong jaringan optik agar lebih umum digunakan.

  1. Ekosistem IoT akan meningkatkan adopsi P5G dan Edge

Kombinasi IoT, Private 5G, dan edge computing akan memungkinkan perusahaan mendapatkan wawasan secara real-time dan membuat kebijakan yang lebih baik. Ketika perusahaan mempercepat upaya digitalisasi, maka diperlukan lebih banyak konektivitas dan lebih banyak perangkat teknologi terbaru karena perusahaan terus mendigitalkan lingkungan fisik.

Keunggulan ini akan semakin penting karena perusahaan membutuhkan data untuk memenuhi platform analitik yang didukung oleh AI/ML (artificial intelligence/machine learning). Peningkatan otomatisasi karena kekurangan tenaga kerja, computer vision dan digital twins akan menjadi kasus penggunaan utama yang mendorong kebutuhan akan kemampuan edge yang kuat.

Untuk melangkah lebih jauh, Perusahaan memerlukan bantuan dari luar, dengan 8 dari 10 perusahaan memperkirakan ketergantungan mereka pada layanan edge pihak ketiga akan meningkat dalam dua tahun ke depan.

NTT dan mitra-mitranya menggunakan keahlian gabungan mereka untuk memenuhi kebutuhan akan perangkat berkemampuan 5G yang mendukung beberapa contoh kasus. Seperti perangkat push-to-talk, headset augmented reality, kamera dan sensor visi komputer di seluruh sektor manufaktur, otomotif, logistic, dan industri lainnya, khususnya seputar jaringan privat dan P5G.

  1. Keahlian manusia sangat penting untuk menerapkan sistem AI

Laporan Global CX NTT 2023 menemukan bahwa sebagian besar interaksi CX (customer experience) masih memerlukan intervensi manusia, dan para eksekutif sepakat bahwa hal ini akan tetap menjadi bagian penting dalam perjalanan pelanggan. Meskipun 4 dari 5 perusahaan berencana memasukkan AI ke dalam penyampaian CX dalam 12 bulan ke depan, faktor manusia masih menjadi kunci keberhasilannya.

Baca juga: Aspek Rasional dan Emosional dari Customer Experience

Ketika perusahaan mengalihkan perhatian mereka pada otomatisasi agar dapat meningkatkan dan menyempurnakan kemampuan manusia, mereka akan memberikan penekanan lebih besar untuk mengatasi kekurangan keahlian yang semakin meningkat agar dapat mengikuti perkembangan AI. Dasar-dasar AI dan analisis big data akan menjadi keahlian dasar bagi sebagian besar pekerjaan di berbagai industri. Namun, perekrutan karyawan baru bukanlah satu-satunya jalan keluar.

Penelitian yang dilakukan oleh NTT DATA menemukan bahwa para pemimpin dunia usaha cenderung memperoleh profitabilitas lebih dari 25% selama tiga tahun terakhir karena adanya investasi dalam inisiatif pengembangan keterampilan (reskilling and upskilling). Tren ini akan berlanjut hingga tahun 2024, dengan metode pendidikan yang lebih dipersonalisasi untuk mengatasi kesenjangan keterampilan dan memenuhi kebutuhan perusahaan.

  1. Invisible clouds akan mulai bergerak vertikal atau lebih dalam

Ketika berfungsi dengan baik, lingkungan cloud menjadi tidak terlihat, membiarkan aplikasi berada di panggung utama. Manfaat dari cloud sebagian besar telah dirasakan di lingkup perkantoran, project management tools, solusi CRM, dan sejenisnya. Sayangnya, pemanfaatan cloud belum sepenuhnya dikuasai oleh industri tertentu. Namun, semua itu akan berubah tahun depan.

Pada tahun 2024, paket software vertical cloud, PaaS, dan IaaS layer akan lebih banyak digunakan untuk orientasi kebutuhan industri yang berfokus pada target bisnis. Para analis telah memperkirakan hal ini cukup lama, dan kini banyak yang berminat dengan proyek-proyek tersebut.

Penyedia layanan transformasi untuk industri transportasi dan pertahanan telah bertransisi ke pengunaan infrastruktur cloud untuk mengoptimalkan pengeluaran dan mengurangi biaya.

LPEI dan BCA Kembangkan Destinasi Pariwisata Labuan Bajo

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) bersama PT Bank Central Asia (BCA) Tbk berkomitmen untuk mendukung pengembangan Kawasan Marina Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur dengan memberikan fasilitas pembiayaan dan penjaminan kredit (blended financing) senilai Rp1,05 triliun kepada PT Indonesia Ferry Properti (IFPRO).

Dalam proyek ini, LPEI untuk pertama kalinya berperan sebagai Joint Mandated Lead Arrangers and Bookrunners (JMLAB) bersama BCA. IFPRO, anak perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry dan PT PP (Persero) Tbk, memiliki proyek khusus destinasi pariwisata super prioritas di Labuan Bajo.

IFPRO akan menggunakan fasilitas ini untuk berbagai inisiatif, termasuk pembangunan Hotel Meruorah, area komersial, dan proyek baru seperti hotel mid-tier, area komersial tambahan, serta pembangunan dermaga dan marina.

Baca juga: Indonesia Jadi Destinasi Wisata Halal Terbaik di Dunia, Mitra Hotel RedDoorz Syariah Naik 500% 

Direktur Pelaksana Bidang Pengembangan Bisnis LPEI, Maqin U. Norhadi menjelaskan inisiatif ini merupakan bukti bahwa pemerintah melalui Kementerian Keuangan hadir untuk membangun ekspor indonesia, termasuk yang berbasis pariwisata.

“Kawasan Marina Labuan Bajo memiliki potensi developmental impact yang tinggi, terutama kontribusi dalam peningkatan devisa dari para wisatawan mancanegara serta memberikan multiplier effect terhadap industri terkait, khususnya pelaku UMKM yang berada di kawasan tersebut,” jelas Maqin.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi, menjelaskan kehadiran negara sangat terlihat di Labuan Bajo dengan pembangunan yang cepat. “Dulu hanya ada satu hotel yang memiliki pelayanan yang baik dan kini memiliki 6 hotel bertaraf internasional. Ekosistem Manggarai Barat telah berubah dan tumbuh ke arah yang lebih baik. Ini adalah bentuk negara hadir dengan tujuan yang mulia,” tutur Ira.

Labuan Bajo
Seremoni pemberian fasilitas pembiayaan dan penjaminan kredit (blended financing) senilai Rp1,05 triliun kepada PT Indonesia Ferry Properti (IFPRO).

VP Corporate Banking Group BCA Rudy Kurniawan mengatakan, “BCA senantiasa berkomitmen untuk turut membiayai pengembangan destinasi wisata dalam negeri. Kami berharap kredit yang kami salurkan dapat mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi Indonesia, khususnya di wilayah Nusa Tenggara Timur.”

Direktur Utama PT Indonesia Ferry Properti, Ferry Snyders dalam kesempatannya juga mengatakan, “Dengan terlaksananya penandatanganan perjanjian kredit ini selain dapat memperbaiki struktur pendanaan dari IFPRO sendiri juga sangat mendukung pengembangan Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo serta meningkatkan daya tarik wisatawan khususnya wisatawan mancanegara untuk datang ke Labuan Bajo”.

Baca juga: GoTo Impact Foundation & Kemenparekraf RI Siap Luncurkan Inovasi Kelola Sampah di Destinasi Wisata 

Pembiayaan dan penjaminan kredit ini termasuk dalam penugasan khusus kepada LPEI untuk menyediakan pembiayaan ekspor, khususnya dalam mendukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas, yang merupakan inisiatif dari Kementerian BUMN melalui Surat No. S- 1015/MBU/12/2021 tanggal 22 Desember 2021.

Lebih lanjut, Penugasan Khusus kepada LPEI untuk Pengembangan Infrastruktur Marina dan Penunjang Pariwisata pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas diterbitkan melalui Keputusan Menteri Keuangan (KMK) No. 272/KMK.08/2022 pada tanggal 5 Juli 2022.

Total dana Penugasan Khusus Ekspor (PKE) sebesar Rp8,7 triliun juga telah dialokasikan untuk berbagai program PKE, termasuk PKE Pariwisata Mandalika, PKE UKM, PKE Alat Transportasi, dan lainnya. Hingga 30 November 2023, total akumulasi disbursement PKE mencapai Rp12,96 triliun, dengan 80 produk ekspor dan lebih dari 100 negara tujuan ekspor.

Tingkatkan Positioning dan Market Share, SMLE Siap Melantai di BEI

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

positioning, market share,PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk, BEI, MNC Sekuritas, IPO SMLEMarketing.co.id – Berita Marketing | PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE), salah satu distributor bahan baku khusus atau specialty chemical, menggelar public expose dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham (Initial Public Offering/IPO), Selasa (19/12/2023). Public expose ini dilaksanakan bersama penjamin pelaksana emisi efek (underwriter) PT MNC Sekuritas.

Saat ini, Perseroan sedang dalam masa penawaran awal atau periode Bookbuilding yang telah dimulai sejak 15 Desember 2023 hingga 22 Desember 2023. SMLE merupakan distributor bahan baku khusus. Bahan baku khusus adalah jenis bahan kimia yang dirancang untuk tujuan dan aplikasi tertentu dalam sejumlah industri dan produk tertentu, di antaranya produk Kosmetika, Makanan dan Minuman, serta Kimia Industri.

Produk ini merupakan hasil formulasi tim Research & Development (R&D) SMLE dari berbagai zat kimia, seperti bahan aditif, surfaktan, polimer, pewarna, dan bahan baku khusus lainnya yang memiliki karakteristik unik, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggannya.

Direktur Utama SMLE Siu Min menyatakan bahwa dengan melantainya di Bursa Efek Indonesia yang diperkirakan pada awal Januari 2024 mendatang, Perseroan diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya untuk berekspansi. Selain itu, hal ini juga dapat mendorong Perseroan untuk menambah jumlah kemitraan strategis guna meningkatkan positioning dan market share, serta menjaga prospek pertumbuhan jangka panjang.

“Perseroan dalam posisi terbaik saat ini. Hal ini didukung oleh pertumbuhan pendapatan Perseroan yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir dan kekuatan inovasi produk yang sangat baik dan diakui oleh para pelanggan,” ungkap Siu Min.

Untuk diketahui, Perseroan mencatat pertumbuhan pendapatan rata-rata lebih dari 30% setiap tahunnya dalam dua tahun terakhir. Untuk periode Juni 2023, Perseroan bahkan mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 49,35% menjadi IDR 92,3 miliar dibandingkan periode sebelumnya sebesar IDR 61,8 miliar di Juni 2022.

Direktur Investment Banking MNC Sekuritas selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek (underwriter) Hary Herdiyanto menambahkan bahwa SMLE memiliki beberapa keunggulan kompetitif, antara lain tim R&D yang diharapkan akan mampu secara aktif melakukan inovasi secara berkelanjutan untuk menciptakan formula dan produk yang diterima pelanggan, diversifikasi industri pelanggan yang luas, serta performa keuangan yang baik. Dengan keunggulan tersebut, MNC Sekuritas optimis bahwa IPO SMLE akan mendapatkan respon yang baik dari calon investor.

Public expose dalam rangka IPO ini memberikan wawasan komprehensif mengenai perjalanan SMLE sejak awal berdiri pada 2013, hingga posisinya saat ini sebagai distributor untuk bahan baku khusus yang terkemuka. Acara ini memaparkan kinerja inti Perseroan, termasuk portofolio produk yang beragam, hubungan yang kuat dengan pelanggan, dan dedikasinya terhadap keberlanjutan usaha serta inovasi terhadap formulasi produk yang beragam.

SMLE selama ini telah mencapai berbagai tonggak keberhasilan sepanjang perjalanan sepuluh tahun, termasuk membangun model bisnis yang kokoh mencakup berbagai jenis bahan baku khusus. Dengan perluasan operasi ke berbagai sektor industri, SMLE menegaskan kehadirannya di pasar. Mengembangkan jaringan yang luas dengan pelanggan dan supplier dari berbagai negara serta menciptakan formulasi produk inovasi, SMLE terus memperkuat posisinya sebagai Perseroan inovatif di industri bahan baku khusus.

Dalam IPO ini, Perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya 465.625.000 saham baru atau setara dengan 20% dari modal disetor setelah IPO yang ditawarkan dengan rentang harga sebesar Rp175,- s.d Rp190,- per saham pada masa Penawaran Awal. Target dana yang terkumpul yaitu sebanyak-banyaknya sebesar Rp88.468.750.000,-

Sebagian besar dana hasil IPO tersebut rencananya akan digunakan untuk pengembangan usaha, yaitu berupa modal kerja melalui pembelian bahan baku yang akan digunakan pada unit bisnis produk Kosmetika, Makanan dan Minuman, Kimia Industri. Selain itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk belanja modal melalui pembelian gudang yang akan membantu rencana ekspansi bisnis Perseron.

Tidak hanya itu, dana hasil IPO juga akan digunakan untuk pengembangan lab R&D Perseroan, sehingga dapat menghasilkan formulasi dan prototipe yang lebih cepat dan variatif untuk menunjang permintaan dari masing-masing pelanggan terkait spesifikasi bahan baku yang dibutuhkan.

Public expose ini menandai babak baru dalam sejarah SML. IPO ini diharapkan akan memperkuat posisi pasar SMLE dan membuka peluang investasi yang lebih besar, sehingga memungkinkan Perseroan untuk mendukung rencana ekspansi dan mencapai target yang semakin besar.

Media Quality Penting bagi Brand di tengah Keriuhan Kampanye Capres

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Dengan dimulainya kampanye Pemilu dan Pilpres 2024, media dan platform sosial dipenuhi dengan pemberitaan dan perbincangan seputar pemilu. Menimbang hal ini kualitas media (media quality) menjadi faktor penting, bahkan bagi  brand dan marketer untuk menempatkan konten dan iklan mereka di lingkungan yang hiperaktif seperti saat ini.

DoubleVerify, (“DV”) (NYSE: DV) – platform perangkat lunak untuk pengukuran, data, dan analitik media digital, membagikan insight bagi para marketer dan brand untuk menavigasi aktivitas mereka dalam periode yang kompetitif ini.

Seiring berkembangnya siklus pemberitaan, pengiklan juga akan mendapatkan keuntungan dengan memastikan bahwa mereka tidak terlihat mendukung pemberitaan yang berpotensi tidak baik, dengan menghindari konten high-risk hate speech (HRHS) dan inflammatory politics & news (IPN).

Temuan yang dipaparkan pada laporan 2022 Four Fundamental Shifts in Advertising & Media oleh DoubleVerify mengungkapkan dampak brand reputation di kalangan konsumen. Di era ketidakpastian dan ketegangan politik, 68% dari mereka yang disurvei menyatakan keprihatinannya terhadap meningkatnya tingkat konten palsu atau menyesatkan. Selain itu, 69% responden menyukai  brand yang secara aktif memerangi jenis-jenis konten seperti itu.

Baca juga: Marketing Politik: Apa Saja yang Dijual Partai Politik?

“Siklus berita yang terus berkembang merupakan platform menarik yang perlu dievaluasi dengan cermat. Di satu sisi, brand cenderung ingin memanfaatkan tren seputar pemilu untuk mengarahkan perhatian pada kampanye mereka. Namun, periode pemberitaan yang ramai belum tentu menguntungkan mereka,” kata Muhammad Arif Bijaksana, Business Director, Indonesia, DoubleVerify.

Lebih jauh Arif memaparkan ada dua hal yang pertama diperhatikan dari ramainya pemberitaan kampanye Pemilu.

“Pertama, opini konsumen yang kami amati terkait konten politik dan berita yang menghasut menunjukkan bahwa pengiklan harus berhati-hati dengan konten yang akan mereka tampilkan. Kedua, laba atas investasi (ROI) yang sebenarnya selama periode tersebut dapat menjadi tantangan, karena banyak pengiklan yang berebut perhatian dari audiens yang sama. Pengiklan dapat memperoleh  keuntungan dengan  memperhatikan media quality pada kampanye mereka, yang memainkan peran penting dalam efektivitas kampanye iklan. Definisi media quality yang kami miliki di DV adalah bahwa lingkungan media tempat iklan tersebut terlihat aman bagi  brand (brand-safe), bebas dari  fraud, dapat dilihat (viewable), dan sesuai dengan geografi yang dituju,” beber Arif.

Sangat penting bagi para pengiklan untuk memastikan pengukuran media quality  dari iklan mereka, terutama pada momentum khusus seperti pemilihan presiden. Meta menyoroti jumlah belanja iklan oleh calon presiden, partai politik, LSM, media massa, dan lembaga publik dalam laporannya baru-baru ini. Sejak Agustus 2020 hingga 24 Oktober 2023, nilai iklan politik yang tercatat mencapai Rp 70,95 miliar dengan total 272.010 iklan yang ditayangkan. Iklan tersebut berasal dari sekitar 19.000 akun atau identitas pengiklan.

“Penting untuk diketahui, pengiklan juga harus mempertimbangkan penerapan pengukuran attention pada kampanye mereka. Penelitian kami menunjukkan bahwa konsumen di Asia Pasifik, termasuk konsumen Indonesia, menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengkonsumsi konten online saat ini dibandingkan sebelum pandemi. Namun, konsumsi konten terpecah di berbagai platform seperti media sosial dan layanan streaming,” jelas Arif.

Capres
Ilustrasi: JPNN.Com

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh DV mengungkapkan pandangan positif diantara para marketer di Asia Pasifik mengenai pengukuran media quality. Sebanyak 91% responden menegaskan peran penting media quality dalam meningkatkan efektivitas kampanye secara keseluruhan.

Selain itu, 98% menggunakan alat verifikasi iklan dalam kampanye mereka. Namun, terdapat kesenjangan yang mengkhawatirkan antara niat dan tindakan dalam hal verifikasi, di mana hal tersebut tidak diterapkan secara konsisten oleh semua marketer di Asia Pasifik, dengan hanya satu dari tiga marketer yang menggunakan alat verifikasi secara tidak menyeluruh.

Baca juga: Para Pesohor di Panggung Politik dan Fenomena Anti Politisi Selebritas

Sebagian besar marketer gagal mengevaluasi pembelian media digital terhadap metrik kualitas yang utama. Hanya 17% yang mengevaluasi indikator efektivitas yang penting seperti brand suitability (kesesuaian brand), viewability (keterlihatan), fraud (penipuan), atau apakah iklan ditayangkan di wilayah geografis yang dituju.

Pengiklan di Indonesia menghadapi berbagai tantangan dalam hal pengukuran media quality. Seiring dengan pertumbuhan lanskap periklanan digital, pengiklan dihadapkan pada tantangan untuk memastikan, bahwa iklan mereka dilihat oleh audiens yang dituju. Untuk memastikan media quality, sangat penting bagi marketer dan brand untuk fokus pada tiga komponen inti, yaitu: Brand Safety, Ad Fraud Prevention dan Viewability.

  1. Brand Safety: Brand dan pengiklan harus memprioritaskan keamanan untuk melindungi reputasi. Hal ini termasuk memastikan bahwa iklan tidak terkait dengan konten yang berbahaya, menyinggung, atau tidak pantas.
  2. Ad Fraud Prevention: Penipuan iklan adalah masalah serius dalam ruang periklanan digital. Marketer perlu memastikan bahwa konten dapat dilihat oleh real human (audiens nyata).
  3. Viewability: Sejauh mana sebuah iklan benar-benar dilihat oleh pengguna. Marketer harus memastikan bahwa konten mereka dapat dilihat untuk memaksimalkan strategi pemasaran.

Danone Indonesia dan KAGAMA Kolaborasi untuk Lingkungan Berkelanjutan dan Kesehatan Masyarakat

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Danone Indonesia dan Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA) telah menandatangani nota kesepahaman untuk memperkuat kolaborasi dalam mendorong pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dan peningkatan kesehatan masyarakat. Langkah ini merupakan bagian dari inisiatif keberlanjutan Danone, yakni Danone Impact Journey, yang bertujuan memberikan kontribusi positif untuk masyarakat yang lebih sehat dan lingkungan yang lestari.

Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia, menyampaikan, “Isu pengelolaan lingkungan berkelanjutan dan peningkatan kesehatan masyarakat adalah prioritas yang harus terus didorong bersama. Sebagai perusahaan yang telah beroperasi selama beberapa dekade di Indonesia, Danone memiliki tanggung jawab untuk mendukung program-program pemerintah dalam mengelola lingkungan dan pencegahan stunting. Kolaborasi ini dengan KAGAMA diharapkan dapat memperluas edukasi dan menjadi akselerator dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.”

AAGN Ari Dwipayana, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat KAGAMA, menyatakan kegembiraannya atas kolaborasi ini. “KAGAMA sangat senang berkolaborasi dengan Danone Indonesia. Permasalahan lingkungan dan kesehatan masyarakat adalah hal serius dan saling terkait. Melalui sinergi ini, kami berharap dapat memperluas edukasi pencegahan stunting, mendorong akses air bersih, dan mendukung penerapan ekonomi sirkular di masyarakat.”

Masih menjadi sorotan serius di Indonesia, pengelolaan sampah secara berkelanjutan menjadi fokus perhatian. Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022 mencatat bahwa sampah di Indonesia mencapai 70 juta ton, dengan sampah plastik sebagai kontributor terbesar. Danone Indonesia melalui inisiatif #BijakBerplastik dan AQUA telah berhasil mengurangi jumlah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) hingga 14% dan meningkatkan tingkat daur ulang sampah plastik hingga 17%.

Terkait kualitas air, Indeks Kualitas Air Indonesia menunjukkan angka yang mengkhawatirkan. Danone Indonesia berkomitmen dalam pelestarian sumber daya air melalui kebijakan Danone Water Policy. Program Water, Sanitation, and Hygiene (WASH) telah menyediakan akses air bersih dan sanitasi bagi lebih dari 500 ribu orang di lebih dari 44 kota/kabupaten selama 2021-2022.

Dalam upaya pencegahan stunting, Danone Indonesia melalui kampanye Bersama Cegah Stunting telah menjangkau lebih dari 4,5 juta masyarakat Indonesia dengan program Aksi Cegah Stunting, Sehat Bersama Isi Piringku, dan Generasi Sehat Indonesia (GESID). Vera menambahkan, “Kami bangga dapat memperluas kerja sama kami dengan KAGAMA kali ini. Bersama, kami berkomitmen untuk berkontribusi positif dalam peningkatan derajat kesehatan dan kelestarian lingkungan di Indonesia.”

Soinrat Satu-Satunya Desa Wisata Terbaik di Maluku Tenggara, Apa Saja Daya Tariknya?

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing  Desa Wisata Soinrat merupakan salah satu dari 192 desa di Kabupaten Maluku Tenggara yang terletak di Kecamatan Kei Besar. Desa Soinrat dikenal juga dengan nama “Ohoi Soinrat“ ditetapkan menjadi salah satu Desa Wisata di Indonesia. Desa ini menjadi satu-satunya Desa Wisata di Maluku Tenggara yang masuk dalam 75 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI 2023).

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 merupakan salah satu program unggulan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Program ini dirancang sebagai salah satu lokomotif penggerak kebangkitan ekonomi dan pariwisata di Indonesia pasca pandemi.

Tahun ini ADWI digelar untuk yang ketiga kalinya dengan mengangkat tema Pariwisata berkelas dunia untuk Indonesia bangkit. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi  Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat.

Baca juga: Promosikan Desa Wisata ke Turis Eropa, Negeriku Gelar Pameran di Belanda

Kemudahan Akes

Mengunjungi Ohoi Soinrat juga sangat mudah. Dari Jakarta Bandara CGK menuju Bandara Pattimura, Ambon selama 3 Jam 40 Menit, dilanjutkan pesawat kembali menuju Bandara Langgur, -/+ 1 jam 10 menit. Lalu dari pusat Kota Langgur pengunjung bisa mengambil transportasi laut dari pelabuhan Watdek menuju pelabuhan Elat dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan. Dari Elat, sudah banyak tersedia transportasi umum seperti ojek dan mobil angkutan menuju Ohoi Soinrat. Jaraknya 6 Km dari Elat atau 10 menit perjalanan. Total waktu perjalanan dari Ibukota Jakarta -/+ 6 jam 10 menit.

Desa Wisata Soinrat berbatasan dengan beberapa desa, sebelah utara berbatasan dengan desa Bombay dan Wermaf, sebelah selatan berbatasan dengan desa Ngurdu dan sebelah timur berbatasan dengan desa Fako. Ohoi Soinrat masuk pada kawasan adat Hoar Ngutru.

Penduduk Desa Wisata Soinrat berjumlah 440 jiwa yang terbagi dalam 195 KK dengan jumlah penduduk laki – laki sebanyak 211 jiwa dan perempuan sebanyak 245 jiwa. Rata – rata penduduk Desa Wisata Soinrat bekerja sebagai petani dan nelayan, selain itu ada juga PNS dan pensiunan.

Desa Wisata Soinrat
Penduduk Desa Wisata Soinrat menyambut wisatawan

Penduduk Desa Wisata Soinrat menggunakan Bahasa Indonesia lebih tepatnya Melayu Ambon sebagai Bahasa percakapan sehari – hari dan juga menggunakan Bahasa Kei atau Bahasa tradisional suku kei, dan rata – rata memeluk agama Kristen Katolik.

Bird Watching

Wisata minat khusus ini juga dapat ditemukan di Desa Wisata Soinrat. Area hutan yang masih asri menjadi rumah bagi berbagai jenis burung endemik, sehingga menjadi incaran bagi banyak group burung dunia seperti: likes Tours, Bird tour Asia, Bird Guest, Wings Tour, Banking Tour, Indecon Tour.

Selain memiliki burung-burung endemik, Desa wisata Soinrat juga kaya akan flora dan fauna termasuk insect atau serangga, yang masuk dalam catatan naturalis Alfred Wallace. Menariknya ada juga beberapa bird watcher peringkat 10 dunia yang datang berkunjung ke desa wisata Soinrat.

Beberapa jenis burung yang sering dicari di desa wisata Soinrat Great Kei White Eye, Kai Island Coucal, Kai Islands Pygmy Parrot, Kei Monarch dan masih banyak lagi.

Air Terjun AI Moun Ni Ohoi (15 K)

Air terjun Ai Moun Ni Ohoi terletak di sebelah timur Desa Wisata Soinrat. Ketinggian air terjun ini mencapai 15 meter. Berada pada area hutan, untuk mencapai air terjun ini ada beberapa jalur yang bisa ditempuh. Debit air di air terjun ini tergantung curah hujan dan akan menjadi sangat deras pada saat musim penghujan dan akan kering pada musing kemarau. Jalur pertama adalah “Dalam Kampung” dimana perjalanan dimulai dari area dalam kampung menelusuri sungai dengan waktu tempuh 30 menit.

Selain itu ada juga jalur kedua “Wulur Ohoimas” dan Jalur ketiga “Jembatan Satu”. Banyak spot foto menarik di sepanjang jalan menuju air terjun, banyak juga dijumpai air terjun kecil dengan pemandangan alam yang masih asri dengan hutan bambu dan pepohonan yang tinggi.

Baca juga: Inisiatif Pemasaran dan Promosi OYO dalam Menggaet Wisatawan

Pulau Karodi

Pulau kecil yang berlokasi tepat di depan Ohoi Soinrat ini dapat ditempuh hanya 5 menit dengan speedboat kecil. Pulau ini memiliki pantai berbatu, sabana, dan taman laut yang indah. Pulau karodi telah mengalami abrasi selama bertahun – tahun di bagian belakang pulau sehingga bisa menjumpai dinding bebatuan cadas yang tersusun rapih di bagian belakang pulau Karodi.

Di pulau Karodi sudah dibangun beberapa fasilitas berupa toilet dan ruang ganti, kantin, 4 gasebo atau dikenal dengan namanya “Sar” oleh masyarakat lokal, dan beberapa set tempat duduk di seputaran area pantai. Di sekitar pulau Karodi juga terdapat spot snorkeling.

Festival Weer Warat

Weer Warat atau Tarik tali adalah metode penangkapan ikan tradisional yang telah membudaya dalam kehidupan masyarakat Kei. Tradisi ini biasanya dilakukan pada saat Mei Kei/ Met Ev di bulan Oktober sampai November. Pasang surut air laut menjadi keunggulan tersendiri. Dengan memanfaatkan bentangan janur kuning yang dililitkan pada barang rotan sebagai tali, masyarakat akan bersama-sama menarik tali tersebut dari laut. Penggunaan janur kuning bertujuan untuk menarik perhatian dan memudahkan proses menghalau ikan.

Jelang Natal J&T Express Sambangi Komunitas Peduli Disabilitas

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | J&T Express, perusahaan jasa pengiriman berskala global menghantarkan 35 paket kebahagiaan bagi anak-anak yang bernaung di bawah komunitas disabilitas Lovely Hands, Sunter, Jakarta Utara. Paket kebahagiaan ini diberikan dalam rangka melanjutkan dukungan bagi penyandang disabilitas dari kesuksesan acara J&T Connect Run sekaligus memberikan semangat jelang hari Natal.

“Kegiatan donasi kali ini kami kemas secara unik dan fun agar lebih berkesan bagi anak-anak di bawah komunitas Lovely Hands. Sebagai perusahaan pengiriman, kami pun menghadirkan sosok sprinter atau kurir dengan kostum Sprinter Claus sebagai pengantar hadiah itu sendiri. Anak-anak dibebaskan untuk memilih hadiah sesuai keinginan mereka, sehingga lebih terasa personal serta menghadirkan kegembiraan menjelang hari raya Natal,” ujar Herline Septia, Brand Manager J&T Express Indonesia.

Lovely Hands merupakan komunitas peduli disabilitas yang berada di bawah bimbingan Gereja Katolik St. Yohanes Bosco Jakarta Utara. Lovely Hands memberikan pelatihan kepada anak-anak disabilitas dengan ragam kondisi seperti cerebral palsy, down syndrome, retardasi mental, autis, dan speech delay. Meski memiliki identitas agama Katolik, Lovely Hands memberikan pelayanan kepada seluruh anak tanpa memandang latar belakang agama.

Baca juga: Amartha Salurkan Modal untuk UMKM Penyandang Disabilitas

“Terima kasih kepada pihak J&T Express yang telah peduli dengan anak-anak disabilitas. Kami mengapresiasi kegiatan sosial yang diberikan untuk anak-anak. Sekecil apapun hadiah yang diberikan, sangat bermakna bagi mereka,” ujar Maria Lanneke Alexander, Koordinator Lovely Hands.

Pada kegiatan ini, J&T Express memberikan hadiah bagi 35 anak didik Lovely Hands. Mereka diperbolehkan untuk memilih hadiah sesuai keinginan dari beberapa kategori yang diberikan dan kemudian diwujudkan oleh J&T Express melalui pengantaran kado oleh sprinter J&T Express yang berkostum Santa Claus.

CSR J&T Express
&T Express Mengantarkan Paket Kebahagiaan kepada Lovely Hands

Adapun sejumlah kategori hadiah yang tersedia seperti tas sekolah, jaket, tempat makan dan minum, mainan anak, dan crayon set. Penerima hadiah ini memiliki rentang usia antara 5 tahun hingga 27 tahun.

Baca juga: Honest Gelar Program CSR di Bangsring Banyuwangi, Bantu Mewujudkan Ecotourism

Kegiatan sosial yang ditujukan untuk Lovely Hands merupakan rangkaian dari dukungan J&T Express terhadap para penyandang disabilitas. Rangkaian dukungan tersebut dimulai sejak diadakannya J&T Connect Run pada Agustus lalu untuk mengumpulkan dana donasi, berlanjut pada hadirnya program pemberdayaan UKM disabilitas bertajuk “Deliver Possibilities” dan ditutup dengan kegiatan sosial ke Lovely Hands.

 

Benjie Yap Resmi Pimpin Unilever Indonesia, Menggantikan Ira Noviarti yang Sukses Memimpin di Tengah Pandemi

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | PT Unilever Indonesia Tbk (Perseroan) mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di kantor pusatnya di Tangerang, BSD, hari ini. Rapat tersebut menandai persetujuan pengangkatan Benjie Yap sebagai Presiden Direktur Perseroan yang akan mulai efektif pada Januari 2024.

RUPSLB Unilever
RUPSLB Unilever

Nurdiana Darus, Direktur dan Sekretaris Perseroan PT Unilever Indonesia, Tbk., mengungkapkan, “Perubahan kepemimpinan dan kerangka baru organisasi Unilever Compass membawa Unilever Indonesia memasuki babak baru untuk terus memaksimalkan potensi pertumbuhan berkelanjutan. Rapat hari ini secara resmi menyetujui Benjie Yap sebagai Presiden Direktur Perseroan.”

Benjie Yap, yang sebelumnya menjabat sebagai CEO Unilever Filipina, akan menggantikan Ira Noviarti, yang telah berhasil memimpin Perseroan sejak tahun 2020. Ira Noviarti, dengan kepemimpinan tangguhnya, membawa Unilever Indonesia melalui masa-masa sulit selama pandemi global Covid-19 pada 2020-2021, meninggalkan Perseroan dalam posisi yang lebih kuat.

“Saya bersyukur atas kesempatan bersama Unilever untuk, selama hampir 30 tahun, berkontribusi pada bisnis dan masyarakat melalui berbagai peran yang saya jalankan, terutama melalui kepercayaan jabatan sebagai Presiden Direktur selama hampir tiga setengah tahun terakhir,” kata Ira Noviarti.

Unilever
Benie Yap dan Ira Noviarti.

Selama masa jabatannya, Ira Noviarti tidak hanya memperkuat fundamental bisnis Perseroan, tetapi juga aktif dalam berbagai program pemerintah dan asosiasi. Ia memimpin inisiatif Vaksin Gotong Royong bersama Kementerian Kesehatan RI, memimpin Business 20 Women in Business Action Council pada masa Presidensi G20 Indonesia, dan mengetuai Modern Marketing Association Indonesia (MMA).

Prestasi Ira Noviarti mendapat pengakuan luas, termasuk penghargaan sebagai Best CEO untuk perusahaan Konsumen & E-commerce dari CNBC, Top CEO Consumer Goods dari Tempo dan IDN Financials, Most Powerful Women dari Fortune, Pemimpin Perempuan Paling Inspiratif dari Forbes, dan Eksekutif Paling Inspiratif di Asia dari Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards (ACES).

“Saya percaya Unilever Indonesia berada di tangan yang tepat dengan Benjie Yap. Saya menyaksikan rekam jejaknya yang semakin kuat selama bertahun-tahun,” kata Ira Noviarti, menyanjung penerusnya.

Benjie Yap sendiri bergabung dengan Unilever pada tahun 1994 di Filipina dan memiliki pengalaman yang luas di berbagai posisi, termasuk di tingkat internasional. Didorong oleh prinsip Winning with Purpose, Benjie Yap berkomitmen untuk mendorong transformasi produk-produk Unilever menjadi merek-merek dengan tujuan sosial yang lebih dalam.

“Dengan banyaknya potensi yang dapat dikembangkan lebih jauh, Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Unilever. Saya optimis dan semangat untuk bekerja dengan tim di Unilever Indonesia yang luar biasa untuk bersama-sama mencapai kinerja lebih kuat yang didorong oleh pertumbuhan yang konsisten, menguntungkan, kompetitif, dan bertanggung jawab,” ungkap Benjie Yap.

Dengan pengalaman dan dedikasi yang dimiliki Benjie Yap, Unilever Indonesia dapat memandang masa depan dengan optimisme, tetap berkomitmen pada tujuan sosial, pertumbuhan berkelanjutan, dan kepemimpinan yang kuat di pasar yang semakin kompetitif.

Profesi Jurnalis Rentan Mengalami Kesehatan Mental

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Kesehatan mental, sebuah kalimat yang beberapa tahun ini terdengar, merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi setiap individu untuk dapat menyadari kemampuan, potensi yang dimiliki, sehingga dapat produktif dan berperan dalam komunitasnya.

Salah satu profesi yang rentan terkena kesehatan mental adalah profesi jurnalis atau pewarta. Mengapa demikian? karena sifat pekerjaan yang terus mengejar deadline, meliput konflik, bencana, kekerasan, kriminal dan mobilitas tinggi dapat mengakibatkan kecemasan, kelelahan, trauma, depresi bahkan gangguan stress paska trauma (PTSD).

Gejala seperti kecemasan, sedih, murung, suasana hati kosong, putus asa, gelisah, lemah, lesu, dan gejala lainnya terkadang tidak disadari oleh penderita. Hal ini karena kesibukan maupun stigma di masyarakat yang mengakibatkan pasien mengabaikan kondisi kesehatan mentalnya.

Dalam wawancara yang dilakukan oleh Canadian Journalism Forum tentang Kekerasan dan Trauma, kepada 1000 pekerja media menemukan 69% pekerja media melaporkan sendiri bahwa mereka menderita kecemasan dan 46% depresi.

Faktanya, lebih dari 75% orang dengan gangguan kesehatan mental di negara-negara berkembang dan berkembang tidak menerima perawatan sama sekali.

Selama lebih dari 60 tahun, Johnson & Johnson telah berdedikasi untuk meningkatkan hasil bagi mereka yang menderita penyakit mental. Salah satunya dengan memberikan edukasi dan sosialisasi untuk meningkatkan literasi serta menghapus stigma mengenai kesehatan mental di masyarakat.

Johnson & Johnson Indonesia mengadakan kegiatan talk show di penghujung tahun 2023 bersama para jurnalis. Talk show bertajuk “Minds The News: Supporting Mental Health in the Media Landscape”, membahas tentang kesehatan mental yang rentan dialami jurnalis. Foto: marketing.co.id/lialily.

Dalam talk show di penghujung tahun 2023 yang diadakan oleh Johnson & Johnson Indonesia, pekan lalu yang bertajuk “Mind Behind the News”, dihadiri oleh Devy Yheanne (Country Leader of Communications & Public Affairs, Johnson & Johson Pharmaceutical untuk Indonesia, Malaysia & Philipines) dan dr. Lahargo Kembaran, SpKJ membahas mengenai kesehatan mental yang dihadapi oleh para jurnalis, kiat mengatasinya dan komitmen Johnson & Johnson Indonesia dalam mendukung upaya edukasi.

dr. Lahargo Kembaren, SpKJ dalam pemaparannya menyoroti bahwa kondisi kesehatan mental yang buruk berdampak pada kesejahteraan pasien secara fisik dan mental yang akhirnya berdampak pada produktifitas dan kesehariannya.

“Peliputan berita menjadi stressor terhadap kesehatan jiwa. 80-100% jurnalis terekspos dengan peristiwa traumatis. Survey yang dilakukan pada 1000 jurnalis pada tahun 2022 menyatakan bahwa 69% mengalami ansietas dan 46% mengalami depresi. Kurangnya support sysyem pada kesehatan jiwa jurnalis dan kurangnya profesional-personal life balance, menjadi penyebab terjadinya kesehatan mental,” lanjut dr. Lahargo.

Bagaimana cara mengatasinya? Atur pola hidup sehat dengan makanan bernutrisi, tidur cukup, serta menjauhi alkohol dan narkoba. Melakukan manajemen stres dengan teknik nafas dalam dan relaksasi otot selama kurang lebih 5-10 menit. Jika hal-hal di atas belum berhasil dilakukan, maka dibantu dengan psikofarmaka yaitu obat anti depresan, anti ansietas, anti psikotik serta mood stabilizer. Terakhir dengan psikoterapi, yaitu melakukan terapi perilaku kognitif, psikodinamik, psikoanalisa dan terapi inter personal.

“Jurnalis yang sering kali berada di garis depan peristiwa traumatis seperti konflik, bencana alam dan menghadapi tekanan berlebih, kesehatan mentalnya sering luput dari perhatian. Padahal berita yang berkualitas dapat dihasilkan denga baik apabila kesehatan fisik dan mental jurnalis dapat terjaga dengan baik. Kami berkomitmen untuk terus mendukung rekan-rekan media dalam menjalankan profesinya dengan baik salah satunya melalui edukasi yang kami lakukan hari ini,” pukas Devy Yheanne, Leader of Communications & Public Affairs Johnson & Johnson Pharmaceutical for Indonesia, Malaysia & Philippines.

 

Sequis Beri Tips Hadapi Obesitas untuk Hidup Lebih Sehat di Tahun 2024

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Obesitas, sebuah kondisi yang melibatkan penumpukan lemak berlebih dalam tubuh, dapat terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan energi dan penggunaan energi dalam jangka waktu yang lama. Menurut dokter Fridolin Seto, Head of Department Underwriting Sequis, faktor-faktor seperti riwayat keluarga, gaya hidup sedentary, dan konsumsi makanan tinggi gula dan lemak, turut berkontribusi pada meningkatnya fenomena obesitas di masyarakat modern dan urban.

sequis obesitas

 

Dalam menghadapi akhir tahun 2023, Dr. Fridolin Seto mengajak masyarakat untuk menjadikan kesehatan sebagai prioritas resolusi akhir tahun. Terutama dalam konteks pencegahan obesitas, Dr. Seto menekankan pentingnya menurunkan berat badan jika sudah berlebih dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

Orang dengan obesitas memiliki risiko tinggi terkena sindrom metabolik, yang mencakup peningkatan trigliserida, penurunan kolesterol HDL, dan peningkatan tekanan darah. Berbagai penyakit seperti asma, infertilitas, osteoartritis, henti nafas saat tidur, serta penyakit jantung dan stroke, seringkali menyerang individu yang mengalami obesitas.

“Semakin usia bertambah, metabolisme cenderung menurun, sehingga risiko obesitas semakin tinggi,” ujar Dr. Seto. Ia juga mengingatkan bahwa obesitas pada tahap awal sering tidak disadari, dan sangat penting untuk mendorong kesadaran pada keluarga Indonesia, terutama pada anak dan remaja, mengenai kepentingan menjaga berat badan yang sehat.

Dalam upaya pencegahan obesitas, Dr. Seto memberikan beberapa saran praktis. “Mulailah dengan mengurangi ngemil, batasi konsumsi makanan tinggi gula, garam, dan lemak. Tingkatkan asupan sayur, buah, dan biji-bijian. Jika sudah mengalami obesitas dan memiliki riwayat gangguan kesehatan, konsultasikan dengan dokter gizi untuk mendapatkan saran diet dan perawatan yang sesuai.”

Selain mengatur pola makan, Dr. Seto juga menekankan pentingnya aktivitas fisik dan mengurangi waktu penggunaan layar (screen time). “Jadikan olahraga sebagai gaya hidup, baik dijalankan secara individu maupun bersama keluarga. Istirahat yang cukup dan tidur berkualitas juga memainkan peran penting dalam mencegah kenaikan berat badan,” tambahnya.

Asuransi Kesehatan Sebagai Langkah Preventif Kesehatan

Menyadari bahwa obesitas juga berdampak pada keuangan pribadi, Dr. Seto menyarankan masyarakat untuk melengkapi keluarga dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan dapat menjadi langkah preventif dalam mengatasi biaya pengobatan medis, terutama saat diperlukan perawatan intensif.

Bagi mereka yang masih sehat dengan berat badan ideal, memiliki asuransi kesehatan juga dapat menjadi investasi cerdas. Dr. Seto memberikan wawasan bahwa berat badan juga menjadi pertimbangan dalam underwriting asuransi, selain faktor riwayat medis. Oleh karena itu, memiliki perlindungan asuransi sejak dini dapat memberikan manfaat finansial yang signifikan.

Dengan langkah-langkah pencegahan dan perubahan gaya hidup yang disarankan oleh Dr. Fridolin Seto, diharapkan masyarakat umum dapat menghadapi tantangan kesehatan obesitas dengan lebih baik dan menciptakan gaya hidup yang sehat untuk generasi mendatang.

Pertama di Indonesia, Bosch Hadirkan Ganti Aki Mobil Lewat GrabMart

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Bosch dan Grab Indonesia meluncurkan layanan otomotif ganti aki mobil pertama yang bisa dipesan lewat GrabMart. Acara berlangsung pada Senin (18/12/23) di Jakarta.

Kolaborasi Bosch dan Grab menghadirkan layanan otomotif ganti aki mobil pertama yang bisa dipesan lewat GrabMart. Foto: marketing.co.id/lialily.

Kolaborasi dua perusahaan teknologi terdepan ini memungkinkan pemilik mobil mendapatkan aki melalui pengiriman instan lewat aplikasi Grab secara gratis. Fitur Automotive merupakan kategori kebutuhan otomotif pertama yang tersedia di GrabMart.

Layanan yang diberikan tidak hanya penyediaan saja, namun sekaligus juga pemasangan aki mobil secara mudah dan dengan waktu pengiriman yang relatif cepat.

Pirmin Riegger, Managing Director of Bosch in Indonesia menjelaskan, “Kolaborasi Bosch dengan Grab Indonesia merupakan momen transformasi dalam industri otomotif di Indonesia, karena menggabungkan keahlian otomotif dari kami dengan ekosistem layanan on-demand dari Grab.”

Peluncuran dilakukan tepat saat musim libur Nataru untuk mengantisipasi jika mobil mengalami kondisi yang mengharuskan dilakukan penggantian aki sebelum melakukan perjalanan jarak jauh.

Diperkirakan sebanyak 3,8 juta unit kendaraan roda empat di DKI Jakarta akan menuju luar Ibu Kota untuk melakukan perjalanan liburan.

Country Managing Director, Grab Indonesia, mengatakan, “Kami bangga menjadi yang pertama bersama Bosch menghadirkan terobosan layanan terbaru pembelian aki melalui GrabMart dan pemasangannya oleh teknisi andal. Laporan Tren 2022 memperlihatkan rata-rata jumlah pembelanjaan per pesanan menggunakan GrabMart tumbuh 90 persen, lebih besar dibanding tahun 2020.”

Saat ini aki Bosch sudah dapat dipesan langsung melalui GrabMart di aplikasi Grab. Telah tersedia rangkaian aki untuk berbagai merek mobil seperti Avanza, Xenia, Mitsubishi Xpander, Pajero dan Innova dengan harga mulai dari Rp800.000 hingga Rp4.000.000 termasuk instalasi oleh teknisi Bosch. (MM/Lya).

Perumahan Bumi Rakata Asri Sukses Gelar Open House “Special End Year 2023″

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Tawarkan hunian dengan program stimulus dari Pemerintah Free PPN 100%, bebas biaya-biaya dan pilih hadiah suka-suka, perumahan Bumi Rakata Asri kembali menggelar Open House Special End Year  2023

Marketing.co.id – Berita Properti | Mengusung tema “Special End Year 2023”, Open House sukses digelar perumahan Bumi Rakata Asri sebagai ajang jual tutup tahun. Di momen ini perumahan Bumi Rakata Asri memberikan program promo spesial hunian dengan program stimulus dari Pemerintah yaitu Free PPN 100%.

Bukan hanya itu, konsumen juga mendapatkan benefit lainnya seperti free biaya-biaya dan pilih hadiah suka-suka berupa Emas Logam Mulia, voucher sepeda Motor Honda, voucher Furniture TransLiving Transmart dan Potongan Harga/Discount. Konsumen yang booking selama penyelenggaraan open house ini juga mendapatkan Lucky Dip dan hadiah langsung berupa AC yang diberikan setelah akad kredit atau akad jual beli.

Digelaran Open House jelang akhir tahun 2023, perumahan Bumi Rakata Asri menawarkan dua konsep hunian yaitu rumah 1 lantai dan rumah 2 lantai serta Ruko Rakata Run 2 lantai dengan unit yang sangat terbatas. Rumah 1 lantai terdiri dari 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi, ruang serba guna, dapur garasi dan halaman depan belakang, sedangkan rumah 2 lantai terdiri dari 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi, ruang tamu, dapur, ruang makan, garasi halaman depan belakang.

“Tidak kalah menarik, pada kesempatan kali ini kami juga menawarkan Ruko Rakata Run dengan design modern 2 lantai dan design layout open space yang berlokasi sangat strategis tepat di gerbang pintu masuk BBS. Unit rumah dan ruko berada di lokasi yang sudah hidup, benar-benar lingkungan yang sudah siap. Kawasan sudah ramai dihuni, pohon-pohonnya juga sudah rimbun,” jelas Wisnu, Real Estate Manager Krakatau Sarana Properti.

Dalam acara ini, selain memberikan promo spesial, manajemen perumahan Bumi Rakata Asri juga memberikan hadiah langsung serta souvenir menarik untuk setiap konsumen yang closing booking pada saat acara berlangsung. Antusiasme pada acara open house ditunjukkan dengan banyaknya calon konsumen yang hadir pada saat acara berlangsung.

“Para konsumen yang datang terdiri dari tamu yang mendapatkan undangan dari tim marketing, ada juga konsumen yang memperoleh informasi dari media sosial Perumahan Bumi Rakata Asri serta konsumen yang kebetulan melewati kantor pemasaran kami”, tutup Susaedi selaku Marketing Perumahan Bumi Rakata Asri.

JW Marriott Surabaya Hadirkan Tema Candy Wonderland untuk Rayakan Kegembiraan Natal dan Tahun Baru

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Musim liburan telah tiba, menghadirkan momen yang sangat dinantikan bagi keluarga. Meskipun tidak perlu pergi jauh-jauh dari Surabaya, Anda dapat merasakan keindahan liburan Natal dan Tahun Baru di JW Marriott Hotel Surabaya melalui acara Candy Wonderland Christmas and New Year.

Candy Wonderland JW Marriott Surabaya
Candy Wonderland Lobby Decoration at JW Marriott Surabaya

Terletak di pusat Kota Surabaya, hotel bintang 5 ini mengajak Anda menjelajahi pengalaman kuliner yang spektakuler. Pavilion Restaurant menjadi tuan rumah untuk jamuan makan siang dan makan malam all-you-can-eat, serta family Sunday brunch pada tanggal 24-25 Desember 2023. Chef Rio Abednego dan tim kuliner menyajikan sajian kuliner tiada duanya, mulai dari Tom Turkey, hidangan khas Nusantara oleh Chef Rikki, kuliner khas Asia, live cooking, hingga hidangan penutup Internasional, dengan harga mulai dari Rp 458.000.

Bagi para foodie dan penggemar kuliner, restoran khusus di hotel ini menawarkan berbagai pengalaman kuliner yang menggoda. Nikmati masakan kanton otentik di Tang Palace, MB9 Stone Axe di Uppercut Steakhouse, dan sajian istimewa Jepang di Imari Japanese Restaurant.

Selama musim liburan, nikmati diskon 20% di restoran pilihan dan hadirkan kebahagiaan dengan Festive Hampers eksklusif, mulai dari Rp 888.000.

Selain itu, JW Marriott Surabaya mengajak Anda untuk berpartisipasi dalam kegiatan amal ‘Lollipop for Hope.’ Dengan setiap pembelian produk dari SBCo senilai Rp 250.000 atau lebih, Anda akan mendapatkan lollipop senilai Rp 15.000. Seluruh dana yang terkumpul akan didedikasikan untuk mendukung program ‘Sungai Watch,’ pelestarian dan pembersihan sungai di Indonesia.

Selama liburan, abadikan momen istimewa di depan dekorasi lobi hotel yang memukau. Bagikan kegembiraan liburan Anda dengan tagar #JWFestive2023 dan mention @JWMarriottSby di Instagram untuk kesempatan memenangkan voucher Sunday brunch eksklusif untuk dua orang. Setiap peserta juga dapat menikmati penawaran spesial Beli 1, Gratis 1 di Pavilion Restaurant.

Bapak Amol More, General Manager JW Marriott Hotel Surabaya, menyatakan, “Sebagai hotel mewah di Surabaya, kami selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik. Kami mengundang Anda untuk merasakan pesona Candy Wonderland, menciptakan kenangan manis bersama keluarga dan pengalaman visual yang interaktif.”

Kenyamanan menginap dengan harga istimewa melalui paket eksklusif Wonderland Staycation bersama JW Marriott Hotel Surabaya.dapat dipesan melalui situs resmi www.jwmarriottsurabaya.com dan aplikasi Marriott Bonvoy. (Wahid F)

Big Bang MY BABY Momversity Merayakan Pendidikan dan Transformasi Orang Tua

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | MY BABY Momversity, inisiatif yang telah mendukung puluhan ribu ibu di Indonesia dalam perjalanan parenting, merayakan acara Big Bang 5th Anniversary dengan tema #TransformationalParenting di Gandaria City. Acara ini menawarkan 5 kelas inspiratif untuk membantu ibu mengatasi tantangan masa parenting saat ini.

Masa usia dini dianggap sebagai masa yang paling penting dalam kehidupan seseorang, karena pada periode ini terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat. MY BABY Momversity, sebagai pendukung utama orang tua di Indonesia, terus berkomitmen menyediakan sumber daya dan wadah pembelajaran melalui acara tahunan Big Bang MY BABY Momversity.

Dalam Big Bang 5th Anniversary, para orang tua dapat mengikuti berbagai kegiatan, termasuk kelas edukasi, experience booth, cupcake decoration, puppet show, dan penyerahan hadiah kepada MY BABY Momunity 2023. Acara ini dimeriahkan oleh narasumber ahli dan mom influencer ternama, termasuk Kimberly Ryder dan Jennifer Bachdim.

Audrey Gandadjaja, Managing Director Brand Portfolio & Communication MY BABY, menjelaskan, “Beragam topik yang dihadirkan di MY BABY Momversity 5th Anniversary diharapkan dapat membantu orang tua menjawab tantangan parenting masa kini. Topik dipilih sesuai dengan kebutuhan di masa parenting, yang dapat diterapkan oleh orang tua baru maupun sebagai investasi pengetahuan bagi calon ibu.”

Salah satu topik kelas adalah “Technology X Gen Alpha”. Generasi Alpha, yang lahir antara tahun 2011-2025, menjadi generasi paling akrab dengan internet. Nucha dan Ario, Founder @parentalk.id, menekankan pentingnya memahami dan memanfaatkan teknologi dalam parenting. Mereka menyarankan orang tua untuk terlibat dan mengarahkan anak dalam menggunakan teknologi secara positif.

Annisa Steviani, Certified Financial Planner, memberikan wawasan dalam kelas “Financial Hacks”. Pengelolaan keuangan keluarga menjadi kunci penting dalam membentuk masa depan anak. Penyisihan tabungan, pengelolaan dana darurat, dan perencanaan investasi menjadi fokus untuk memberikan pendidikan terbaik.

Dalam “Effective Communication”, Kanti Pernama, Child Psychologist Rumah Dandelion, mengungkapkan pentingnya komunikasi yang efektif dalam membentuk hubungan positif antara orang tua dan anak. Sementara itu, dalam “Mindful Parenting”, Saskhya Aulia Prima, Child and Family Psychologist, menjelaskan bagaimana metode sadar dalam mengasuh anak dapat mengurangi stres dan meningkatkan kualitas komunikasi.

Nutrisi anak juga menjadi perhatian, dan Lenona Victoria, seorang Nutritionist, menekankan pentingnya pemenuhan nutrisi yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

Kimberly Ryder, Brand Ambassador MY BABY, berbagi pengalaman tentang menciptakan lingkungan menyenangkan saat makan. “Melalui sharing pengetahuan dalam kelas edukasi MY BABY Momversity, ibu dapat belajar hal baru dan saling memberdayakan. Acara ini menjadi wadah bagi orang tua untuk mendapatkan fakta seputar parenting dari ahlinya,” tambahnya.

Keberhasilan anak dipengaruhi oleh keluarga, dan MY BABY Momversity terus mendukung perjalanan parenting dengan menyediakan informasi dan kelas-kelas yang relevan. “Usia dini merupakan masa terpenting dalam kehidupan seseorang. MY BABY bangga menjadi bagian dari perjalanan parenting di Indonesia dengan menyediakan produk berkualitas dan acara seperti MY BABY Momversity,” tutup Audrey Gandadjaja.