Tren Teknologi Ritel yang Mendominasi Musim Liburan Akhir Tahun 2023

 

retail 2023

Marketing.co.id – Berita Ritel | Musim liburan akhir tahun 2023 semakin mendekat, dan para peritel tengah bersiap-siap untuk menyambut lonjakan aktivitas belanja dengan menggabungkan inovasi teknologi. Menurut laporan Outbrain 2023, holiday retail season diperkirakan akan mencapai pertumbuhan sebesar 4,5%, mencapai angka fantastis sekitar $1,3 triliun, dengan e-commerce memimpin pertumbuhan sebesar 11,9%. Dalam menghadapi lanskap konsumen yang terus berkembang, peritel dituntut untuk mengadopsi tren teknologi terkini guna menciptakan pengalaman berbelanja yang tak terlupakan dan meningkatkan penjualan.

  1. Personalisasi Berbasis AI

Tren personalisasi berbasis kecerdasan buatan (AI) semakin menjadi fokus peritel. Teknologi AI tidak hanya memberikan rekomendasi produk berdasarkan preferensi pelanggan, tetapi juga menciptakan perjalanan belanja yang personal. Analisis perilaku konsumen oleh AI membantu peritel menyediakan konten yang relevan dan terpersonalisasi, meningkatkan kemungkinan pembelian produk.

  1. Virtual Try-On

Virtual try-on menjadi kunci penting di musim liburan ini. Melalui augmented reality (AR) dan AI, pelanggan dapat mencoba produk secara virtual dengan menggunakan kamera smartphone mereka. Inovasi ini mengatasi kebutuhan akan pengujian fisik produk, meningkatkan konversi pembelian, kepuasan pelanggan, dan mengurangi pengembalian produk.

  1. Sustainability dan Teknologi Ramah Lingkungan

Dengan 78% konsumen yang sadar akan keberlanjutan, peritel semakin mengadopsi teknologi ramah lingkungan, seperti pencahayaan hemat energi dan kemasan ramah lingkungan. Virtual try-on membantu misi keberlanjutan dengan mengurangi sampah dari sampel fisik, sementara peritel menyediakan produk eco-friendly.

  1. Gamifikasi

Penggunaan gamifikasi dengan poin loyalitas atau tantangan interaktif dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan. Melalui gamifikasi, peritel menciptakan pengalaman berbelanja yang seru dan memotivasi pelanggan untuk menjelajahi lebih banyak produk, menghabiskan lebih banyak waktu di platform mereka, dan berbagi saran.

  1. Robot dan Otomasi

Robot dan otomasi digunakan untuk manajemen inventaris, order fulfillment, dan customer service. Dukungan AI membantu peritel mengelola inventaris secara efisien, memprediksi tren, dan menghemat biaya. Adopsi robot di dalam toko juga menjadi tren, menarik perhatian pelanggan dan memberikan kebaruan.

Salah satu perusahaan terkemuka dalam personalisasi berbasis AI adalah Perfect Corp. (NYSE: PERF), didirikan pada 2015. Solusi AI dan AR mereka, seperti virtual try-on dan AI Skin Analysis, membantu peritel memberikan rekomendasi yang sesuai dengan preferensi pelanggan. Solusi ini terintegrasi dengan platform e-commerce untuk meningkatkan dan menyederhanakan pengalaman berbelanja pelanggan.

Dengan mengikuti tren ini, para peritel dapat memastikan bahwa mereka tidak hanya menyambut musim liburan dengan penuh semangat, tetapi juga memberikan pengalaman berbelanja yang tak terlupakan dan meningkatkan daya saing mereka di pasar yang semakin ketat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.