Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Grup Modalku Raih Pendanaan US$ 40 Juta

Marketing.co.id –  Perusahaan rintisan pinjaman digital terbesar di Indonesia, Grup Modalku memperoleh komitmen pendanaan Seri C sebesar USD 40 juta (atau sekitar 625 miliar rupiah) dari investor-investor terdahulu yang telah bergabung serta investor baru yang belum bisa diumumkan namanya.

Modalku

Ilustrasi UMKM yang mendapatkan pendanaan dari Modalku.

“Pendanaan ini tentunya akan mendukung strategi perusahaan dan menjadi motivasi untuk tetap mendukung UMKM dalam bertumbuh terutama di masa krisis Corona seperti sekarang ini,” Reynold Wijaya, Co-Founder & CEO Modalku.

Seperti diketahui bersama, kondisi Covid-19 telah menyebabkan beberapa sektor bisnis UMKM ikut terkena dampaknya, termasuk beberapa UMKM yang menjadi peminjam di Modalku.

Salah satu pengalokasian pendanaan ini akan digunakan untuk mendukung UMKM yang saat ini terdampak COVID-19 melalui opsi restrukturisasi serta meningkatkan inovasi ke sektor-sektor yang sedang membutuhkan, seperti sektor kesehatan.

Grup Modalku telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 14 Triliun kepada UMKM di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Modalku di Indonesia sendiri menyumbang kira-kira 60% dari total penyaluran pinjaman.

Sebelumnya, Modalku telah meraih pendanaan Seri B di tahun 2018 senilai USD 25 juta yang didukung oleh SoftBank Ventures Korea, Sequoia India, Alpha JWC Ventures, dan Golden Gate Ventures.

Modalku telah menerapkan dua pendekatan dalam menerapkan restrukturisasi, yaitu “Proaktif dan Kolaboratif”. Konkretnya Modalku menawarkan skema restrukturisasi kredit sesuai dengan kondisi performa bisnis UMKM secara berkala.

Selanjutnya Modalku mengakomodasi skema pembayaran yang diajukan peminjam. Perdagangan eceran menjadi sektor bisnis yang cukup terkena dampak Covid-19. Namun sampai saat ini, masih kurang dari 1% peminjam aktif di Modalku yang mengajukan restrukturisasi.

Pendanaan diperoleh akan digunakan Modalku untuk terus berinovasi dalam meningkatkan user experience dan manfaat dari pengguna, baik dari sisi peminjam maupun pemberi pinjaman.

Sebagai langkah untuk meningkatkan kepercayaan terutama di kondisi ini, Modalku secara aktif mengkomunikasikan penyesuaian yang dilakukan terhadap pinjaman yang didanai oleh pemberi pinjaman tertentu. Penyesuaian tersebut akan berpengaruh terhadap portofolio pemberi pinjaman, seperti waktu.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top