East Ventures Laporkan Sustainability Report 2024

Marketing.co.id – Berita Marketing | East Ventures, perusahaan venture capital (VC) yang terbuka pada seluruh sektor (sector-agnostic) dan pelopor investasi startup Indonesia dan Asia Tenggara, kemarin, Rabu (22/4) meluncurkan laporan tahuna East Ventures Sustainability Report 2024.

 

Laporan ini menunjukkan upaya serta kemajuan berkelanjutan East Ventures dalam mengintegrasikan kerangka Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST/Environmental, Social, and Governance (ESG)) baik dalam operasionalnya maupun di seluruh ekosistemnya, untuk menghasilkan dampak positif bagi masyarakat.


“Keberlanjutan selalu menjadi bagian dari DNA East Ventures. Kami memprioritaskan lebih dari sekedar menciptakan keuntungan finansial yang kuat. Misi kami juga mencakup memberikan dampak yang bermakna dan bertahan lama di masyarakat,” kata
Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures.

 

Baca juga: DBS Foundation Hibahkan Rp8,2 Miliar untuk Gencarkan Keberlanjutan dan Dampak Sosial

 

“Dalam merayakan ulang tahun ke-15 East Ventures, komitmen ini semakin kuat. East Ventures Sustainability Report 2024 berfungsi sebagai bukti dan alat penting bagi realisasi visi kami; tidak hanya untuk menunjukkan upaya kami saat ini terhadap kelestarian lingkungan, keberagaman, dan pemberdayaan masyarakat, namun juga memetakan langkah kami dan seluruh ekosistem ke depannya,” imbuh Willson.


Laporan tahunan ini menunjukkan komitmen East Ventures untuk menyediakan laporan yang transparan dan akuntabel mengenai topik-topik yang berkaitan dengan keberlanjutan setiap tahunnya. Laporan ini berpedoman pada Standar Global Reporting Initiative (GRI), kerangka kerja Sustainability Accounting Standards Board (SASB), dan kerangka kerja Task Force for Climate-related Financial Disclosures (TCFD).

 

Selain itu, East Ventures Sustainability Report 2024 menguraikan strategi keberlanjutan dan pencapaian perusahaan dalam konteks lingkungan operasional tahun ini, memberikan gambaran menyeluruh tentang komitmen East Ventures terhadap keberlanjutan dan upaya mengatasi masalah ESG.

East Ventures Sustainability Report 2024
East Ventures Sustainability Report 2024

Beberapa hal penting dari laporan tahun ini antara lain dampak yang diciptakan melalui investasi. Sebagai investor yang menjunjung tinggi keberlanjutan, East Ventures terus berinvestasi pada para founder berkualitas dan mempertahankan pendekatan yang bijak (prudent) untuk berkontribusi terhadap pencapaian tujuan dampak berkelanjutan. Dengan pendekatan investasi yang bersifat sector-agnostic, portofolio perusahaan East Ventures menjangkau berbagai sektor dan menghasilkan solusi penting untuk mendorong dampak pada 16 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). 

 

Baca juga: Bukalapak Ciptakan Dampak Berkelanjutan untuk Pemenuhan ESG dan SDGs PBB

East Ventures juga terus mendorong inisiatif dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan untuk mendorong dampak positif. Hal ini mencakup inisiatif, seperti: Climate Impact Innovations Challenge, ECOVISEA, kalkulator gas rumah kaca berbasis web dan gratis, East Ventures South Korea fund, keterlibatan East Ventures dalam ASEAN Business Entity Hub, dan pemberdayaan ekosistem.

 

Di samping itu, East Ventures menumbuhkan budaya yang mendorong lingkungan yang inklusif dan suportif untuk seluruh karyawan. Upaya tersebut bertujuan untuk mendorong keberagaman dan inklusi, peluang pertumbuhan, etika bisnis, dan manajemen risiko. East Ventures memiliki representasi perempuan yang kuat di timnya: 55% anggota tim, 56.25% pemimpin senior, dan 40% partner investasi. 25% perusahaan portofolio aktif East Ventures didirikan atau didirikan bersama oleh perempuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here