Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Ecomobi: Kombinasikan Media Sosial dengan Marketplace

Marketing, Jakarta – Bukan hanya sekadar media untuk berkomunikasi, media sosial telah berevolusi menjadi marketplace untuk transaksi jual beli untuk barang apa saja.Namun, potensi media sosial sebagai media commerce belum digarap optimal. Menimbang hal ini Ecomobi berupaya mengkombinasikan media sosial dengan marketplace.

Didirikan di Singapura pada tahun 2016, Ecomobi memiliki misi untuk merevolusi berjualan online. Sepanjang perjalanan, Ecomobi telah membuat kemajuan besar dan menempatkan namanya di antara perusahaan start-up teknologi terkemuka di dunia. Sebelum menaklukkan pasar potensial lainnya, Ecomobi terlebih dahulu hadir di Asia Tenggara dan telah membuktikan keahliannya dalam penjualan sosial, yang membuka jalan bagi era baru belanja online.

Dengan visi penjualan sosial, Ecomobi telah menarik banyak investor yang percaya pada potensi bidang ini dan pergeseran pasar dari e-commerce ke social commerce. Ecomobi telah menerima pendanaan baru dari investor besar termasuk VinaCapital Ventures, GS Shop, Naver Corporation, dan LINE Ventures. Selain itu, Ecomobi masih mendapat dukungan dari investor yang sudah ada sejak awal yaitu STI, ESP Capital dan Nextrans. Social Selling Platform ini dijanjikan akan merevolusi pasar penjualan online.

Ecomobi menyediakan Social Selling Platform (SSP) – platform paling inklusif dan unik untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan melalui media sosial. Platform ini juga mengintegrasikan data influencer yang lengkap dan handal (profil, performa, dan tingkat pemesanan) serta smart chatbot AI untuk membantu merek dalam melakukan  penjualan sosial secara efektif. “Dengan tracking system transparan dan modern yang terintegrasi ke dalam platform, merek dapat dengan mudah mengukur kinerja pemasaran merek secara komprehensif,” tutur Elvin Saputra, Country Manager Ecomobi Indonesia.

Sistem pelacakan cerdas

Dengan sistem tracking yang transparan dan modern, merek dapat melacak dan mengukur kinerja campaign dari semua sumber trafik hanya dalam satu layar. Laporan pesanan dan  tingkat konversi, dan jumlah penjualan akan diperbarui secara otomatis. “Melalui data ini, merek akan mengetahui efektivitas setiap campaign dan memiliki solusi untuk mengoptimalkan kinerja. dan juga anda hanya perlu membayar jika produk anda terjual,” lanjut Elvin.

Sementara chatbot akan mengambil alih banyak tugas seperti menjawab pertanyaan pelanggan, menyelesaikan transaksi, dan mengkonversi follower menjadi konsumen. Chatbot ini sangat cerdas sehingga dapat memandu pembeli dari memilih detail produk (seperti warna, ukuran) hingga menambahkan nomor telepon dan alamat pengiriman.

Ecomobi Indonesia

Kemudian, Social Selling Platform(SSP) Ecomobi dapat membantu merek untuk menghasilkan penjualan nyata dari berbagai sumber traffic social media seperti Facebook, Youtube, dan Instagram.  Jumlah trafik ini berasal dari jaringan besar KOL yang berkoordinasi dengan Ecomobi. Mereka adalah influencer yang memiliki banyak follower yang dapat dikonversi menjadi konsumen potensial untuk merek. “Fitur yang paling memudahkan Anda adalah semua data tentang KOL (Key Opinion Leader) seperti profil, kinerja, dan tingkat pemesanan merek sepenuhnya diintegrasikan ke dalam Social Selling Platform (SSP). Merek dapat memilih KOL yang sesuai untuk produk dan campaign brand,” jelasnya lagi.

Masih menurut Elvin, tidak hanya merek dan merchant saja yang mendapatkan keuntungan dari SSP ini,, tetapi juga KOL dapat memperoleh banyak manfaat SSP. Dengan menggunakan platform ini, KOL yang memiliki potensi besar untuk menjual produk dan akan memiliki peluang untuk bersaing dengan KOL yang memiliki banyak follower.

Selain itu, fleksibilitas skema pembayaran yang didasarkan pada biaya pemesanan dan komisi memungkinkan KOL untuk mendapatkan income tinggi yang sustainable. “Ini berarti juga KOL dapat aktif dan kreatif dalam membuat dan membangun konten mereka sendiri karena komisi yang mereka terima didasarkan pada performa mereka dalam memasarkan produk dari brand yang bekerjasama dengan mereka,” pungkas Elvin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top