4 Pertanyaan yang Akan Mengubah Bisnis Anda

mengubah bisnis

Akhir tahun kian mendekat. Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu mulai berpikir tentang tahun depan. Apa rencana yang akan dibuat, tujuan, dan sasaran baru Anda. Tentunya, semua itu dilakukan untuk mengubah bisnis menjadi lebih baik dan lebih menguntungkan di tahun mendatang.

Nah, untuk membantu dan membuat Anda berpikir lebih strategis tentang rencana bisnis, berikut empat pertanyaan yang akan membantu mengubah bisnis Anda.

Apa tantangan terbesar bagi pelanggan saat ini dan siapa pelanggan potensialnya?

Mengidentifikasi tantangan yang dihadapi pelanggan dan pelanggan potensial akan membantu Anda mengembangkan produk dan layanan yang lebih sesuai. Di samping itu juga penting untuk mengidentifikasi cara untuk upsell, cross-sell, atau menjual kepada pelanggan Anda. Tentunya hal itu akan mempermudah produk atau jasa memosisikan diri terhadap kebutuhan pelanggan Anda.

Selain itu, juga akan membantu Anda membentuk aliansi yang menguntungkan dan kemitraan rujukan dengan bisnis lain dari pelanggan – yang berarti membuka lebih banyak kesempatan dan sumber pendapatan lain.

Apa yang pelanggan sampaikan secara verbal dan non- verbal?

Pelanggan adalah sumber terbesar untuk belajar, jadi dengarkan dengan baik apa yang mereka katakan dan juga lihat apa yang tidak mereka katakan.

Apakah beberapa produk atau jasa Anda lebih menjual dibanding yang lain? Apakah mereka memuji Anda di wilayah tertentu secara konsisten? Apakah mereka mengeluh secara konsisten di wilayah tertentu? Apakah mereka datang kembali dan membeli secara teratur? Apakah mereka merujuk orang lain?

Dengan mendengarkan pelanggan, Anda akan mulai mengidentifikasi daerah mana saja yang harus Anda tingkatkan, memperbaiki produk yang kurang menguntungkan, dan mencari tahu cara membuat pelanggan lebih bahagia, lebih setia, dan ingin membeli lagi dan merekomendasikannya kepada orang lain.

Bagaimana saya bisa menukar waktu menjadi uang?

Ini adalah salah satu tantangan terbesar yang sering dihadapi para pemilik bisnis, terutama bagi mereka yang menjual layanan. Dengan sumber daya terbatas, hal terakhir yang mereka inginkan adalah penghasilan mereka dibatasi oleh berapa banyak waktu yang bisa mereka curahkan untuk pekerjaan.

Dengan mulai berpikir tentang apa lagi yang bisa dilakukan, Anda seharusnya mulai mengembangkan produk berbeda dan mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan lain – terutama pendapatan masif.

Bagaimana saya bisa memanfaatkan waktu, pengetahuan, uang, sumber daya, kontak, dan upaya saya untuk memajukan bisnis?

Ini harus menjadi salah satu pertanyaan yang paling kuat yang Anda tanyakan. Memperbaiki hal tersebut akan membantu Anda mengembangkan bisnis lebih cepat dengan upaya dan biaya yang lebih sedikit.

Wirausahawan sejati menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk menjawab pertanyaan ini dengan satu tambahan – bagaimana saya bisa meningkatkan waktu, pengetahuan, uang, sumber daya, kontak dan upaya orang lain juga?

Jika Anda mulai mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang akan dilakukan untuk perencanaan bisnis tahun depan, Anda akan optimis untuk membuat tahun terbaik.

Editor: Wahid FZ | Sekar Ayu | Sumber: StartupSmart

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here