Uni-Charm Umumkan Pembelian REC Pada Peresmian PLTS Terbesar untuk Produsen Produk Fast Moving

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | PT Uni-Charm Indonesia Tbk mengadakan acara peresmian PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dengan total 12 MWp yang terpasang di 3 pabrik, pada 30 April 2024 di Factory 1 Karawang yang terletak di KIIC (Karawang International Industrial City) Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pada acara peresmian ini, PT Uni-Charm Indonesia Tbk juga mengumumkan pembelian REC (Renewable Energy Certificate) sejumlah 143 unit dari PLN untuk Factory 1 Karawang per Januari 2024. Jumlah REC ini akan terus ditambah secara bertahap sesuai dengan peta jalan Energi Baru Terbarukan (EBT) PT Uni-Charm Indonesia Tbk yang sudah ditentukan. Dengan upaya ini, maka 16,000,000 kWh/tahun energi yang dihasilkan dari 3 pabrik berhasil dialihkan ke green energy, dan berkontribusi mengurangi lebih dari 14,000 ton CO2 yang dihasilkan dalam 1 tahun.

Sebagai mitra pemasangan PLTS, Eka Himawan, Managing Director Xurya, mengutarakan antusiasmenya, “Kami sangat bangga dapat terlibat dalam perjalanan PT Uni-Charm Indonesia Tbk untuk berkomitmen dan berkontribusi menjaga lingkungan demi masa depan melalui berbagai upaya ramah lingkungan salah satunya pemasangan PLTS Atap ini.”

Pemasangan PLTS Atap di 3 Pabrik PT Uni-Charm Indonesia Tbk merupakan proyek PLTS terbesar di Indonesia, khususnya di industri FMCG (Fast Moving Consumer Goods). Berharap, PLTS PT Uni-Charm Indonesia Tbk dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk mulai menggunakan energi terbarukan dan mendukung target pemerintah dalam program Net Zero Emission.

Presiden Direktur Takumi Terakawa mengungkapkan, “Perusahaan kami memiliki slogan Ethical Living for SDGs, yaitu melakukan kebaikan kecil di kehidupan sehari-hari yang bertujuan untuk merealisasikan 17 tujuan SDGs (Sustainable Development Goals), dimana kami turut berkontribusi melalui berbagai kegiatan dan inovasi Perusahaan.”

Pemasangan PLTS dan pembelian REC kali ini pun merupakan salah satu bagian dari slogan tersebut, dimana secara proaktif mengupayakan penggunaan energi baru terbarukan secara maksimal. Lalu, Perusahaan juga memiliki target untuk menggunakan 100% energi baru terbarukan sampai dengan tahun 2030.

Untuk itu, selain memasang dan memaksimalkan penggunaan PLTS di 3 pabrik, juga mempertimbangkan berbagai upaya lain salah satunya pembelian REC untuk 2 pabrik di Jawa Timur. Jumlah REC yang dimiliki akan terus bertambah demi mewujudkan 100% pemanfaatan EBT sesuai dengan peta jalan yang sudah kami tentukan.

“Ini merupakan komitmen konkrit Perusahaan kami terhadap pelestarian lingkungan. Kami akan terus berkontribusi demi lingkungan dan demi generasi masa depan melalui produk dan pelayanan yang kami berikan,” tegas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here