Program BISA Tingkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun untuk Mencegah Stunting

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Melalui program ‘Better Investment For Stunting Alleviation (BISA)’, Save the Children dan mitra konsorsium Unilever Lifebuoy berhasil meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Data survei baseline pada tahun 2018 dan endline program pada tahun 2024 menunjukkan peningkatan dari 54,8% menjadi 81,5%, atau sebanyak 4.187 jiwa di kedua provinsi tersebut.

Mencuci tangan dengan sabun adalah langkah sederhana namun memiliki dampak besar dalam mencegah stunting atau masalah gizi buruk pada anak. Kegiatan ini merupakan teknik dasar yang penting untuk mencegah penyakit menular seperti diare, dengan tingkat keberhasilan hingga 80%. Di Indonesia, diare pada balita menjadi masalah serius, dengan Jawa Barat dan NTT menjadi dua dari provinsi dengan kasus diare tertinggi.

Program BISA, yang fokus pada perubahan perilaku CTPS, berusaha untuk mempromosikan praktik kebersihan di kalangan ibu hamil, pengasuh anak di bawah lima tahun, dan remaja di Jawa Barat dan NTT. Melalui pendekatan modul “Orang Tua Bertangan Ajaib” dari Lifebuoy, program ini menggunakan metode interaktif yang menyenangkan untuk mengajarkan langkah-langkah mencuci tangan menggunakan sabun dan tujuh waktu penting CTPS.

“Program BISA telah menunjukkan hasil yang mengesankan dalam meningkatkan perilaku CTPS di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur. Kami berharap program ini dapat direplikasi di daerah lain di Indonesia untuk membantu mencegah penyakit menular dan meningkatkan kesehatan ibu, anak-anak, dan masyarakat setempat,” jelas Aduma Situmorang, Acting Director of Health and Nutrition Save the Children.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here