Strategi Digital Marketing, dari Mana Memulainya?

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

strategi digital marketingMarketing.co.id – Berita UMKM | Salah satu tren yang banyak diperbincangkan saat ini adalah digital marketing. Banyak brand yang berlomba-lomba menggunakan digital marketing, meskipun banyak pula yang gagal. Ada banyak sekali strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan. Saking banyaknya, sampai-sampai Anda bingung harus mulai dari mana?

Strategi digital marketing tak serumit itu, kok. Dalam artikel ini kami akan memberitahu Anda memulai strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan secara organik.

Berikut strategi digital marketing yang bisa langsung Anda terapkan untuk kesuksesan bisnis Anda.

Landing Page

Strategi pertama dari digital marketing yang harus Anda lakukan adalah landing page. Sederhananya, landing page adalah halaman website yang akan dikunjungi oleh konsumen. Baca Juga: 11 Hal Yang Wajib Ada Dalam Website Profesional

Dalam halaman ini, konsumen akan memasukkan email mereka untuk mendapatkan newsletter. Nah, newsletter ini akan membantu konsumen mendapatkan informasi seputar produk terbaru Anda.

Social media marketing

Setelah siap dengan landing page, langkah berikutnya adalah Anda masuk ke social media marketing. Menurut We Are Social, jumlah  pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 139 juta orang pada Januari 2024. Jumlah tersebut setara dengan 49,9% dari populasi Indonesia. Baca Juga: Apa Itu Social Media Marketing?

So, rugi sekali jika Anda tidak memanfaatkan media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Anda bisa memulainya dengan mencari tahu bagaimana cara kerja media sosial, siapa saja penggunanya, dan jenis konten seperti apa yang sesuai dengan media sosial tersebut. Baca Juga: 4 Langkah Menyusun Strategi Social Media Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

SEO (Search Engine Optimizer)

Nah, jika Anda sudah memiliki website dan media sosial, Langkah berikutnya adalah mengiptimasinya dengan Search Engine Optimizer (SEO). Singkatnya, SEO adalah strategi optimasi untuk meningkatkan kualitas website yang bertujuan untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari seperti Google. Baca Juga: 5 Langkah Mudah Mendapatkan Peringkat Tinggi di Mesin Pencari

SEO sangat dibutuhkan untuk membantu Anda berada di peringkat teratas pada mesin pencari seperti Google. Anda bisa menerapkan beberapa Teknik SEO seperti penggunaan keyword yang tepat, backlink, internal link serta menggunakan tools seperti Google Analitics dan Google Search Console untuk Analisa trafik.

Email marketing

Kembali ke langkah pertama, dimana Anda membuat website dan konsumen mendaftarkan email untuk newsletter. Anda bisa menggunakan data email konsumen tersebut untuk menjalankan strategi email marketing. Baca Juga: Praktik Email Marketing: Kelebihan dan Kekuarangnya

Dengan strategi email marketing, Anda dapat mengidentifikasi tipe-tipe konsumen serta menyesuaikan konten email yang akan diberikan kepada mereka. Bagi konsumen yang baru mendaftarkan email untuk newsletter misalnya, Anda bisa memberikan mereka welcome email.

Untuk konsumen yang melakukan transaksi 3-6 kali dalam seminggu Anda bisa memberikan mereka email special gift seperti diskon dan voucher. Sedangkan untuk konsumen yang sudah jarang melakukan transaksi Anda bisa memberikan mereka potongan harga sesuai dengan syarat dan ketentuan. Baca Juga: Inilah Waktu Terbaik Mengirimkan Email Marketing ke Konsumen

Itulah strategi digital marketing yang bisa langsung Anda jalankan secara organik. Kira-kira, strategi mana yang bisa langsung Anda eksekusi? Beritahu kami dalam kolom komentar yah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here