Pertimbangkan faktor-Faktor ini saat menentukan waktu terbaik untuk mengirim email marketing
Marketing.co.id – Berita UMKM | Setiap harinya setiap orang menerima email, termasuk email marketing. Biasanya, email marketing disebar para pemasar sepanjang hari dan beberapa di antaranya diterima pada jam-jam tertentu seperti dini hari, atau malah di malam hari.
Namun, pernahkan Anda menerima beberapa email dalam waktu bersamaan? Pernahkan Anda menerima notifikasi dari smartphone tentang pemberitahuan email masuk beberapa kali secara berturut-turut?
Nah, ini ada penjelasannya: email timing (email terjadwal). Melalui berbagai pengujian, sesi analisis data, dan pengalaman-pengalaman mengirim email sebelumnya, banyak pemasar yang menjadi tahu waktu terbaik untuk mengirim email.
Mengapa waktu terbaik mengirim email begitu penting? Sebuah studi melaporkan bahwa waktu pengiriman email memainkan peran penting agar target membukanya, rasio klik tinggi, dan lain sebagainya. Untuk membantu Anda menemukan waktu terbaik mengirim email, Scrista Tuttle dalam tulisannya di business2community.com membagikan 3 waktu terbaik untuk mengirim email.
Berikut faktor-faktor yang bisa Anda pertimbangkan saat akan mengirim email marketing:
#Hari di minggu ini
Mungkin Anda berpikir bahwa hari apa pun dalam seminggu sama saja untuk mengirim email. Namun, kenyataannya tidak demikian. Jika Anda mempertimbangkan bagaimana kebiasaan setiap individu bekerja setiap harinya dalam seminggu, ini dapat membantu Anda membuat keputusan mengenai hari apa dalam seminggu yang merupakan hari terbaik untuk mengirim email. Berikut adalah rincian hari-hari dalam seminggu:
Senin: merupakan hari di mana setiap individu memulai kembali aktivitas kerjanya setelah menghabiskan waktu libur bersama keluarga. Terkadang, mereka juga datang terlambat yang membuatnya tak sempat memeriksa email dari kolega atau kliennya. Sehingga, email marketing atau promosi biasanya mereka abaikan, belum/tidak dibuka, atau bahkan langsung dihapus. Namun, data terbaru menunjukkan bahwa hari Senin bukan hari yang buruk juga untuk mengirim email karena potensi dibuka selalu sama dengan hari-hari lainnya dalam seminggu.
Selasa-Kamis: para pemasar cenderung menganggapnya sebagai hari terbaik untuk mengirim email. Alasannya, setiap orang sudah terbiasa dengan rutinitas kerja mingguannya, termasuk memeriksa email. Artinya, mereka cenderung membuka dan mengklik email apapun yang ada di inbox email-nya.
Jumat: dengan banyaknya orang yang siap menyambut libur akhir pekan, banyak tugas atau proyek kerja yang tidak dimulai pada hari ini. Mereka menganggap hari Jumat sebagai hari untuk menyelesaikan tugas atau proyek kerja. Data terkini menunjukkan bahwa kemungkinan email dibuka dan diklik tetap sebanding dengan hari-hari lain dalam seminggu.
Sabtu dan Minggu: dalam banyak kasus, orang tidak memeriksa email di akhir pekan dan menggunakan dua hari ini sebagai waktu istirahat dari pekerjaan atau memilih menghabiskan waktu untuk keluarga. Ketika mereka fokus ke kehidupan pribadi, waktu untuk memeriksa email menjadi berkurang, kan? Meski begitu, ini tergantung pada budaya kerja, geografis, dan jenis pekerjaannya, ya. Yang jelas, para pemasar sering kali menghindari mengirim email di waktu ini. Memang masih banyak orang yang membuka dan mengklik email di hari Sabtu dan Minggu tapi tak setinggi hari kerja.
#Jam dalam sehari
Jam adalah faktor lain yang memengaruhi dalam memilih waktu terbaik mengirim email marketing atau campaign. Dalam banyak kasus, pengiriman email pada jam kerja biasa merupakan hal yang paling masuk akal karena sebagian besar sedang online dan aktif memeriksa email. Namun, hal ini juga dapat tergantung pada hari dalam seminggu. Terkadang, dalam sehari ada jam-jam tertentu yang lebih baik. Berikut rincian hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih jam terbaik untuk mengirim email marketing:
Pagi ( 07.00 hingga 10.00): waktu ini bisa menjadi waktu yang optimal jika perusahaan Anda ingin menarik perhatian seseorang saat mereka sedang online untuk memulai aktivitas kerja atau mengecek email masuk.
Siang (11.00 hingga 13.00): waktu ini bisa optimal karena pada saat inilah banyak orang sedang istirahat makan siang. Namun, tergantung pada kebiasaan kerja mereka. Banyak yang menghabiskan jam makan siangnya jauh dari komputer sehingga mereka tidak memerika email. Sementara yang lain tetap bekerja sambil makan siang dan tetap memeriksa email serta membukanya saat istirahat makan siang.
Sore (15.00 hingga 17.00): jam ini bisa menjadi waktu yang optimal jika Anda ingin mencuri perhatian seseorang menjelang rutinitas pekerjaannya berakhir. Banyak orang yang menyelesaikan tugas kerja mereka, atau mulai membuat rencana kerja untuk hari berikutnya. Sehingga, mengirimkan email pada jam tersebut bisa menjadi waktu terbaik.
Sore/Malam (18.00 hingga 21.00): waktu ini bisa optimal jika Anda ingin menjangkau audiens di luar jam kerja. Orang-orang cenderung masih memeriksa email di waktu ini. Mungkin, ini saat yang tepat untuk mengirim email marketing atau campaign jika Anda ingin target mendapatkannya di luar jam kerja.
#Demografi dan perilaku audiens
Meskipun hari dan jam penting bagi sebagian individu, jam dan hari dalam seminggu yang dipilih untuk mengirim email sangat dipengaruhi oleh demografi dan perilaku target audiens. Berikut rincian mengapa demografi dan perilaku audiens penting ketika menentukan waktu terbaik mengirim email:
Data keterlibatan email sebelumnya dapat memberikan insight tentang hari apa yang terbaik dalam seminggu, dan jam dibuka serta rasio klik yang tinggi. Peran dan jabatan yang berbeda juga memiliki perilaku buka dan klik email yang berbeda. Anggota eksekutif atau C-Level mungkin tidak terlalu sering memeriksa email karena padatnya agenda dan selalu memeriksa email di akhir pekan. Sementara, anggota tim di tingkat manajer mungkin lebih cenderung selalu memeriksa email karena memiliki lebih banyak fleksibilitas agenda dan tidak memeriksa email setelah jam kerja atau di akhir pekan.
Target market yang berbeda berdasarkan segmentasi dapat memengaruhi waktu terbaik mengirim email marketing.
- Jika ingin meningkatkan awareness, mungkin yang terbaik adalah fokus pada hari-hari dalam seminggu dan jam-jam yang sebelumnya menunjukkan tingkat pembukaan email yang tinggi.
- Jika ingin menghasilkan prospek atau peluang, mungkin yang terbaik adalah fokus pada hari-hari dalam seminggu dan jam-jam yang sebelumnya menunjukkan rasio klik yang tinggi.
Ciptakan dampak dengan email melalui pengoptimalan waktu pengiriman
Menggunakan data keterlibatan masa lalu dan memiliki pemahaman lengkap tentang demografi dan perilaku target audiens dapat membantu Anda membuat rencana strategis dalam pengiriman email marketing dan campaign. Dengan mempersempit waktu, beberapa hari dalam seminggu, dan beberapa jam dalam sehari yang memberikan kinerja terbaik, sesuai dengan tujuan marketing Anda akan sangat membantu kesuksesan aktivitas pemasaran dan bisnis.