Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

11 Hal yang Wajib Ada Pada Website Profesional

Cara membuat website profesionalMarketing.co.id – Berita Marketing | Bagi Anda yang baru pertama kali membuat website dan belum memiliki banyak pengetahuan seputar hal itu, tentu akan kesulitan mengisi konten website agar terlihat profesional. Namun, jangan dulu khawatir DomaiNesia memiliki beberapa tips terkait hal yang wajib ada pada website profesional. Simak selengkapnya di bawah ini.

Memilih nama domain dan jenis layanan hosting yang tepat memang menjadi hal utama ketika ingin membuat sebuah website. Jika ingin memiliki jumlah trafik yang cukup tinggi, Anda bisa menggunakan layanan hosting di DomaiNesia.

Namun, tak hanya sekadar itu saja karena Anda juga harus mengisi konten website. Bagi Anda yang masih pemula bisa mulai pelajari  cara membuat blog di sini. Dan agar terlihat profesional, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya ada pada halaman website:

Homepage

Ini merupakan halaman utama ketika pengunjung membuka website, homepage sering juga disebut sebagai beranda. Pada bagian ini biasanya terlihat berbagai berbagai informasi, mulai dari promosi, konten foto maupun video, hingga informasi kontak.

Dan ini konten-konten yang pada umumnya akan masuk dalam halaman homepage website:

Call To Action (CTA)

CTA membantu memandu pengunjung mengetahui tentang langkah selanjutnya. Ini memberikan jalan yang jelas bagi pelanggan untuk mengambil dan menghilangkan ambiguitas pada website.

Informasi kontak atau contact us

Permudah pengunjung menghubungi Anda. Ini sangat penting untuk bisnis lokal karena hal-hal seperti nama, alamat, dan nomor telepon adalah faktor utama agar website terlihat profesional.

Konten foto maupun video

Menampilkan video pada halaman utama website memungkinkan Anda untuk memberi orang pemahaman tentang identitas bisnis. Melalui konten foto atau video dapat membangun hubungan emosional yang ideal dengan calon pembeli.

Menampilkan kredibilitas website 

Demi mendapatkan kepercayaan dari pelanggan kamu harus terlihat menonjol, dengan melakukan yang terbaik seperti menampilkan testimonial, logo klien, hingga beberapa kerjasama dengan media jika ada.

Menampilkan konten-konten terbaru 

Selanjutnya, untuk melayani prospek dan klien dengan sebaik-baiknya, Anda harus selalu memberikan informasi terbaru bagi mereka. Cara ini menunjukkan bahwa perusahaan aktif dan peduli dengan pengalaman audiens dengan merek perusahaan.

Cantumkan produk atau layanan yang ditawarkan 

Salah satu hal yang tidak cukup dilakukan oleh banyak perusahaan adalah mencantumkan layanan atau produk yang mereka jual di homepage. Padahal bagian ini penting, karena bisa menjadi titik diferensiasi tetapi juga dapat membantu meningkatkan SEO dengan baik.

Halaman about us

Hal yang wajib ada pada website profesional selanjutnya adalah halaman about us atau sering juga ditulis dengan “tentang kami”.

Pada halaman ini Anda bisa menunjukkan kredibilitas perusahaan dengan baik. Isi halaman about us bisa diisi sesuai identitas perusahaan. Tak ketinggalan beritahu pelanggan bahwa perusahaan Anda merupakan yang terbaik karena mampu menyediakan kebutuhan dan keinginan mereka.

Fitur bagikan dan pencarian

Sebagai website professional, Anda perlu menyediakan fitur pencarian. Walaupun terlihat tidak begitu berarti, tetapi bagian ini sangat dibutuhkan pengunjung.

Hal itu karena memudahkan pelanggan ketika ingin langsung memasuki konten tertentu pada website atau sesuai dengan kebutuhannya.

Tak hanya sekadar fitur pencarian, bagian share atau bagikan ini juga merupakan faktor pendukung untuk menunjang kualitas website. Hal tersebut karena dengan ada fitur share, Anda bisa mendapatkan traffic web dan semakin terkenal.

Halaman tentang informasi produk atau jasa

Halaman ini yang paling penting ada pada website, pasalnya membuat website bisnis tanpa ada konten yang ingin Anda tampilkan akan menurunkan kredibilitas perusahaan.

Pastikan Anda menampilkan informasi deskripsi yang lengkap mengenai katalog produk atau jasa sesuai dengan tujuan bisnis.

Agar lebih mudah dibaca serta dimengerti banyak orang, sebaiknya gunakan gaya bahasa yang jelas dan sederhana.

Apabila Anda menjual produk barang, pada bagian halaman tentang informasi biasanya akan berisi tentang jumlah stok, ukuran, hingga warna.

Mudah diakses di smartphone 

Terakhir, hal yang wajib ada pada website profesional adalah tampilan untuk diakses di smartphone. Tentu akan ada banyak pengguna website yang mengeluh jika website tidak mobile friendly. 

Smartphone yang saat ini mudah dibawa merupakan alasan lain dari banyaknya orang yang membuka website dari alat tersebut. Oleh karena itu, fitur mobile friendly perlu Anda pastikan agar menjadi fokus perusahaan.

Itulah beberapa hal yang wajib ada pada website profesional. Jadi, tidak hanya sekadar memerhatikan hosting dan domain, setelah Anda membuatnya pastikan konten-konten pada website juga dilengkapi, ya. Melengkapi data atau konten pada halaman yang telah disebutkan di atas, dapat membangun kredibilitas perusahaan secara online.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top