Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Tokopedia dan UI Kolaborasi Kembangkan AI Center

Marketing – Teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan kian digandrungi perusahaan di Indonesia. Pasalnya, AI membantu dan mempermudah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya dengan lebih efektif, efisien dan menguntungkan.  Apalagi masyarakat Indonesia, khususnya generasi Milenial terlihat sudah memahami fungsi dan efek AI dalam hidup mereka.

Ketertarikan dan minat yang tinggi terhadap adopsi AI ini mendorong Tokopedia bersama Universitas Indonesia (UI) untuk mengembangkan Tokopedia-AI Center ofExcellence.

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, menjelaskan, AI Center dapat menjadi wadah bagi akademisi dan praktisi untuk mengembangkan inovasi bidang AI serta penerapannya pada berbagai permasalahan nyata.

“Tokopedia percaya, teknologi seharusnya menjadi enabler yang memberdayakan masyarakat dan tidak menjadi disruptor. Dengan AI semua orang dapat merealisasikan mimpi dan memperluas bisnisnya,” ujar William.

Melalui kolaborasi tersebut, peneliti dari UI akan mengembangkan solusi berbasis AI untuk mengatasi menghadirkan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan industri.

Di industri e-commerce sendiri, AI dapat dikembangkan untuk logistik, manajemen risiko, keamanan siber, serta pembayaran. Peneliti juga dapat meneliti berbagai cara untuk membantu pedagang menghasilkan dan memberikan layanan, serta produk yang lebih baik

Rektor UI Muhammad Anis, berharap kolaborasi ini dapat mencetak lulusan yang unggul dan siap berkompetisi secara global. “Diharapkan menstimulasi semangat berinovasi bagi sivitas akademika UI untuk menghasilkan temuan riset berkelas,” sebutnya.

Pusat pengembangan AI Pertama di Indonesia ini menggunakan teknologi super komputer deeplearning NVIDIA, yakni NVIDIA DGX-1.

“Selain perangkat keras dan perangkat lunak, NVIDIA juga akan berbagi pengetahuan dan terlibat dalam pemeliharaan teknologi super-komputer tersebut untuk mencapai tujuan bersama,” kata Director-SEA Region, NVIDIA, Ettikan Karuppiah.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Mohamad Nasir, mengemukan dukungan atas lahirnya Tokopedia-UI AI Center of Excellence, sebagai pusat pengembangan AI pertama di Indonesia dengan teknologi super-komputer.

“Pusat pengembangan AI ini diharapkan bisa melahirkan putra-putri terbaik Indonesia yang ahli di bidang riset dan teknologi, yang mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat kedepannya,” imbuh dia.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top