Strategi FIF Mempertahankan Pelanggan dan Unggul

MKT_0058
Antony Sastro J. Senior AVP, NMC Financing Marketing Division, PT Federal International Finance menerima penghargaan Service Quality Award 2013 dari Yuliana Agung, MBA, CEO CCSL. Photo: Asep Tony K/Majalah MARKETING

Era globalisasi menyebabkan persaingan antar perusahaan semakin tinggi hampir di semua sektor industri. Hal ini membuat  setiap perusahaan harus berpikir kreatif dalam menghadapi persaingan tersebut.

Salah satu industri yang menunjukkan persaingan tinggi adalah industri pembiayaan konsumen (leasing). Banyak pemain baru yang masuk ke sektor ini, sehingga persaingannya benar-benar tinggi. Mereka akan selalu berusaha mengembangkan dan merebut market share.

Meski begitu, sektor ini masih didominasi oleh beberapa perusahaan besar, salah satunya FIF (Federal International Finance).

FIF sudah 24 tahun berkecimpung di sektor bisnis pembiayaan sepeda motor, elektronik, dan perabotan rumah tangga. Perusahaan sadar betul bahwa tingkat persaingan di sektor ini sangat tinggi dan perpindahan konsumen sangat mudah.

“Perpindahan konsumen ke tempat lain di sektor ini sangat mudah dan kompetitornya banyak sekali,” ujar Antony Sastro J., Senior AVP Head, NMC Financing Marketing Division ketika ditemui di sela-sela malam penganugerahan Service Quality Award 2013 di Hotel Mulia, Jakarta (29/5).

FIF memiliki strategi jitu guna mempertahankan pelanggan. Di antaranya:

Mengelola database

FIF saat ini memiliki pelanggan aktif sekitar 3,5 juta. Jumlah tersebut belum seberapa jika ditambah dengan pelanggan yang sudah tidak aktif. Jika digabung jumlahnya bisa mencapai 7 hingga 8 juta.

“Daripada berusaha meraih pelanggan baru, perusahaan lebih memilih maintenance pelanggan yang sudah ada. Kami coba membangun kembali database pelanggan,” ujar Anthony. “Agar lebih unggul dibanding competitor, perusahaan juga terus berusaha memperkuat service, sistem, database, dan pengelolaan,” imbuhnya.

One Stop Shopping

Perusahaan memakai konsep one stop shopping – sebuah konsep berbelanja apa pun kebutuhan dalam sekali pemberhentian guna mempermudah pelanggan. “Kalau ada konsumen datang, apa pun keperluannya, mereka tidak harus berpindah-pindah tempat. Cukup dengan satu orang saja,” Antony menerangkan.

Penghargaan Service Quality Award

Berkat segala upaya yang dilakukan, FIF berhasil unggul dibanding pesaingnya – khususnya dalam hal pelayanan. Untuk itu, FIF sukses meraih penghargaan Service Quality Award 2013. Penghargaan ini diberikan Majalah Service Exellence dan Carre-CCSL.

Service Quality Award merupakan ajang penghargaan tahunan terbesar di Indonesia bagi dunia service Indonesia. Penghargaan tersebut diselenggarakan oleh  Majalah Service Exellence dan Carre-CCSL.

Guna mempertahankan penghargaan ini, FIF terus berbenah diri ke arah yang lebih baik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengubah logo perusahaan dengan sidik jari.

“Sidik jari adalah komitmen perusahaan untuk memberikan service yang terbaik, memberikan hasil yang terbaik sesuai dengan visi perusahaan ‘memberikan kehidupan yang lebih baik’,” tutup Antony.

1 COMMENT

  1. Selamat untuk FIFGROUP atas penghargaan yang telah dimenangkan tersebut. Semoga ke depan selalu bisa lebih baik lagi dalam segala hal.

    Jaya terus FIFGROUP!

    @spektramagelang | @SpektraJogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.