SheHacks 2023: Saatnya Perempuan Indonesia Bersaing di Bidang Teknologi

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Gelaran tahunan bagi perempuan Indonesia, “SheHacks 2023” kembali diadakan oleh Indosat Ooredoo Hutchinson (Indosat). Program CSR ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan digital bagi perempuan Indonesia di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan lewat pemanfaatan teknologi.

Tampak pada gambar dari kiri ke kanan: Vikram Sinha (President Director & CEO IOH), Yuana Rochma Astuti (Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf Indonesia), Najwa Sihab (Founder of Narasi) dan Reski Damayanti (Chief Legal Officer IOH) berfoto bersama usai peluncuran program “Shehacks” di Jakarta, Jumat (14/04/23). Indosat mengadakan program CSR, ‘Shehacks’ yang bertujuan mengurangi kesenjangan digital bagi perempuan Indonesia di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lingkungan. Foto: marketing.co.id/lialily.

Pada peluncuran yang dilakukan di Kantor Pusat IOH, Jakarta Pusat, Jumat (14/04/23), Presiden Director & CEO IOH, Vikram Sinha mengatakan bahwa perempuan adalah pelaku utama UMKM Indonesia. Pada tahun 2027 nanti, diproyeksikan 64% UMKM akan go digital sehingga akses digital yang setara bagi perempuan perlu diupayakan agar memiliki dampak yang besar.

Program SheHacks 2023 merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang menghadirkan tiga program yaitu SheHacks Innovate, SheHacks Impact dan SheHacks Improve. Rangkaiannya terdiri dari masa inkubasi, pelatihan, bimbingan dan pendampingan.

SheHacks Innovate merupakan workshop offline dua hari untuk membantu wirausahawan pemula mengembangkan inovasi berfokus pada pelanggan. Indosat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia untuk program ini.

Adapun SheHacks Impact, merupakan program selama enak bulan bagi para pendiri startup yang meluncurkan produk dalam kategori Minimum Variable Product (MVP) stage untuk ditingkatkan.

Sedangkan SheHacks Improve lebih memberikan akses kepada peserta untuk menggunakan berbagai video pembelajaran sesuai pengetahuan yang perlu diketahui demi mengembangkan usaha yang dijalani.

Ada juga SheHacks People’s Choice dengan berbagai kriteria yang dipilih berdasarkan 10 proposal terbaik yang diambil dari She(Hacks) Improve, dan 6 ide terbaik dari SheHacks Innovate. Peserta terpilih akan mempresentasikan gagasan mereka di website SheHacks dengan presentasi selama 5 menit yang kemudian akan dipilih oleh audiens. Nantinya, 3 peserta terbaik akan mendapatkan apresiasi serta memenangkan hadiah.

SheHacks 2023 juga didukung oleh Indosat Digital Ecosystem (IDE), platform terpercaya dari Indosat Business yang akan membantu entrepreneur dan pelaku bisnis. IDE by Indosat Business memberikan akses komunitas dan solusi kelas enterprise untuk mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia, yang memiliki tiga fitur, IDE Academy, IDE Advisory, dan IDE Marketspace.

Sejak diluncurkan pada tahun 2020 lalu, SheHacks telah menerima lebih dari 1.300 proposal dan berhasil memberdayakan lebih dari 8.600 perempuan di bidang teknologi di seluruh Indonesia. KUMPUL.ID menjadi mitra strategis penyelenggaraan SheHacks 2023.

Jika berminat, para perempuan Indonesia dapat berpartisipasi baik secara individu maupun berkelompok, dengan jumlah maksimal 3 orang. Periode pengiriman proposal dari tanggal 14 April hingga 9 Juni 2023.

Proposal berupa ide-ide solutif atau prototipe produk yang dapat meningkatkan kesetaraan perempuan di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan.

Saatnya perempuan Indonesia bersaing di bidang teknologi. Kamu adalah perempuan inspirasi, kuatkan inovasi dan wujudkan kesetaraan.

Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here