Gathering Pengguna Motor Listrik: dari Trade in hingga Peluang Bisnis yang Bisa Digarap Komunitas

Marketing.co.id – Berita Otomitif | Produk motor listrik dalam negeri besutan PT Terang Dunia Internusa Tbk (kode saham: UNTD) menggelar acara “United E-Motor Community Gathering” pada Sabtu, 4 Mei 2024. Bertempat di The Spoke Bistro Alam Sutera, Tangerang Selatan, kegiatan yang diikuti oleh para United E-Motor enthusiast ini menjadi wadah bagi United E-Motor untuk memberikan apresiasi kepada para pelanggan setianya serta sebagai wadah silaturahmi dan bertukar pengalaman seputar United E-Motor dan motor listrik pada umumnya.

Head of Marketing Communication PT Terang Dunia Internusa Tbk, Meilany Suryanata mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah ajang yang sangat diperlukan untuk perkembangan United E-Motor di kemudian hari.

Community gathering yang diadakan ini tujuan utamanya untuk menjalin komunikasi dengan para pengguna United E-Motor, serta mendapat feedback dari konsumen langsung yang sekiranya dapat dijadikan bahan perbaikan dan pengembangan terhadap produk dan brand United E-Motor itu sendiri,” ungkapnya.

Gathering kali ini turut dihadiri oleh beberapa komunitas motor listrik, seperti Uevo dan U-More. Uevo (United E-Motor Vehicle Owner) dan U-More (United E-Motor Riders) merupakan komunitas yang terdiri dari para pengguna motor listrik United E-Motor yang anggotanya tidak hanya seputar Jabodetabek, namun tersebar hingga wilayah di Nusantara.

Baca juga: BIKE Masuki Bisnis Baru, Jadi Distributor Tunggal Baterai Motor Listrik

United E-Motor Community Gathering
Para peserta gathering berfoto bersama di The Spoke Bistro Alam Sutera, Tangerang Selatan

“Kehadiran komunitas seperti Uevo dan U-More menjadi kebanggan tersendiri bagi kami, serta membuktikan bahwa para pengguna United E-Motor memiliki koneksi yang begitu erat terhadap motor listrik miliknya, dan secara sukarela menjadi agen perubahan untuk membawa misi terhadap lingkungan yang lebih sehat, bebas polusi, untuk kehidupan yang lebih baik lagi,” tambah Meilany saat ditemui.

Untuk memeriahkan acara, digelar showcase produk-produk United E-Motor keluaran tahun 2024 serta dibuka kesempatan untuk ikut test ride merasakan pengalaman berkendara dengan line-up terbarunya.

United E-Motor meluncurkan warna-warna baru untuk tipe motor listrik MX1200, T1800, TX1800 dan TX3000. Head of Sales & Marketing United E-Motor, Awan Setiawan mengatakan, refreshment pada tipe-tipe yang telah ada sebelumnya merupakan salah satu strategi di tahun 2024 ini, karena permintaan masyarakat terhadap pilihan warna motor listrik cukup tinggi.

“Tidak hanya penerapan warna terbaru saja, namun ada peningkatan secara spesifikasi maupun teknologi yang diterapkan pada tipe-tipe tersebut,” ungkap Awan. Awan juga mengungkapkan, tahun ini United E-Motor berencana akan meluncurkan varian baru motor listrik yang desain dan tampilannya mirip Vespa dengan harga di kisaran Rp20 juta.

Menjawab pertanyaan salah satu angota komunitas yang ingin melakukan trade in motor listrik lama dengan motor listrik keluaran terbaru dari United E-Motor. Awan menuturkan, United E-Motor belum mengeluarkan kebijakan soal itu. “Yang ada adalah trade in dari motor konvensional ke motor listrik kerja sama dengan Adira,” tandasnya.

Baca juga: Asyik, Beli Motor Listrik Dapat Subsidi dan Bebas Pajak

Menyinggung daya tahan baterai yang juga sempat ditanyakan peserta gathering lainnya, Awan antara lain menyarankan agar kondisi baterai jangan sampai nol persen atau mengecasnya terlalu lalu. “Jangan sampe over charging, oleh karena itu perlu timer baterai yang harganya Rp30 ribuan. Pengguna motor listrik wajib punya timer baterai agar tidak cepat ganti baterai,” ungkap dia.

Pertanyaan juga merembet ke soal peluang bisnis yang bisa digarap anggota komunitas, dan apakah PT Terang Dunia Internusa selaku produsen tertarik untuk memberikan pelatihan bisnis untuk mereka. “Peluangnya terbuka lebar melalui program customer loyalty dan kami beri kesempatan untuk membuka showroom kecil-kecilan bagi anggot komunitas,” jawab Awan.

Peluang bisnis lain sebenarnya juga bisa tercipta andaikata United E-Motor benar-benar merealisasikan keinginannya untuk memberikan pelatihan kepada teknisi bengkel sepeda motor konvensional, agar mereka juga memiliki keahlian tambahan merevasi motor listrik. “Rencananya akan kerja sama dengan bengkel umum, kita akan melakukan pelatihan agar bengkel umum juga bisa mereparasi motor listrik,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here