ABC Bersama Yayasan Cempaka Lanjutkan Program Tanam 1.000 Pohon di Jawa Timur

Marketing.co.id – Berita Marketing | ABC Heinz ABC Indonesia (ABC) kembali menunjukkan komitmennya terhadap konservasi lingkungan dengan melanjutkan program penanaman pohon. Kali ini, program tersebut ditujukan untuk mendukung kegiatan Konservasi Hutan dan Daerah Tangkapan Air (KHDTA) di Jawa Timur, khususnya di wilayah Desa Dayurejo, Kabupaten Pasuruan. Sejak 2018, ABC telah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menanam lebih dari 4.000 pohon di berbagai kawasan Daerah Tangkapan Air.

ABC
PT Heinz ABC Indonesia (ABC) kembali melanjutkan program penanaman 1.000 pohon untuk mendukung kegiatan Konservasi Hutan dan Daerah Tangkapan Air (KHDTA), khususnya di wilayah Jawa Timur. Program penanaman 1.000 pohon kali ini dilakukan bersama dengan Yayasan Cempaka di daerah tangkapan air Curah Tangkil, Desa Dayurejo Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Program ini merupakan kelanjutan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Heinz ABC Indonesia yang telah dimulai pada tahun 2018.

Hendry Pranadjaya Oeswadi, Pasuruan Plant Manager Kraft Heinz Indonesia, menjelaskan bahwa komitmen ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sejak awal beroperasi. Program penanaman 1.000 pohon akan dilakukan secara berkala hingga setidaknya sepuluh tahun ke depan, dengan harapan dapat memelihara sumber mata air bagi masyarakat setempat.

Direktur Yayasan Cempaka, Sarifudin Lathif, menjelaskan bahwa dalam program ini akan ditanam berbagai jenis tanaman buah dan lokal, seperti Alpukat, Durian, Kopi, Kayu Manis, dan Pohon Sintok. Selain untuk konservasi area resapan air, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian petani dan masyarakat melalui sistem agroforestri.

Kegiatan penanaman ini melibatkan kolaborasi multi-pihak, termasuk ABC sebagai pelaku usaha dan pemrakarsa, Yayasan Cempaka sebagai mitra pelaksana utama, serta berbagai pihak lain seperti Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan dan Forum Koordinasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Pasuruan. Sugito, Ketua Pengurus Lembaga Pengelola Hutan Desa Lokajaya Binangun, menyambut baik kegiatan ini dan menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat setempat dalam memelihara pertumbuhan pohon.

Muhamad Muhsin, perwakilan Bidang Tata Lingkungan DLH Kabupaten Pasuruan, menjelaskan bahwa hasil monitoring menunjukkan kontribusi positif dari kegiatan penanaman pohon terhadap kestabilan debit mata air Curah Tangkil. Hal ini sangat bermanfaat bagi petani hutan setempat yang menggunakan sumber mata air tersebut untuk irigasi dan ternak mereka.

Untuk memastikan kondisi pohon terpantau dengan baik, dilakukan kegiatan monitoring dan evaluasi dua tahap setiap tahunnya. Semua kegiatan pendataan dan pengukuran dilakukan menggunakan teknologi aplikasi digital (Aplikasi BumiBaik), yang memberikan informasi terkait label pohon, foto pohon, titik koordinat penanaman, dan pertumbuhan pohon dalam bentuk laporan dan peta digital.

Komitmen terhadap konservasi air dan lingkungan merupakan bagian integral dari ABC dalam menjalankan prinsip Environment Social Governance (ESG). Melalui program-program seperti ini, ABC terus berupaya membangun bisnis yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here