Rahasia Sukses Duolingo Menjadi Aplikasi Bahasa No. 1 di Dunia

Seorang pelajar sedang menggunakan aplikasi bahasa Duolingo
Seorang pelajar sedang menggunakan aplikasi bahasa Duolingo

Saat ini aplikasi Bahasa Duolingo memiliki 500 juta pengguna, serta 41 bahasa untuk dipelajari termasuk bahasa fiksi seperti  Klingon dan High Valyrian

Marketing.co.id – Berita Digital | Belajar bahasa dengan Duolingo menjadi kegiatan yang tengah populer di Indonesia. Aplikasi bahasa dengan maskot ikonik burung hantu ini telah memasuki usianya yang ke-10 tahun dan memiliki 500 juta pengguna, serta 41 bahasa untuk dipelajari.

Pada tahun 2022, Duolingo menawarkan lebih dari 100 total kursus untuk 41 bahasa yang berbeda, mulai dari Spanyol, Prancis, Jerman, dan Jepang hingga Navajo dan Yiddish. Bahkan, ada bahasa buatan atau fiksi, seperti  Klingon dan High Valyrian.

Lalu, apa yang menjadi rahasia kesuksesan aplikasi bahasa Duolingo dalam 10 tahun terakhir ini?

Belajar sambil bermain, membuat belajar bahasa menjadi sangat menyenangkan

Sebagian besar orang masih mengira bahwa belajar bahasa hanya dapat dilakukan secara tradisional dan melelahkan seperti tatap muka berjam-jam dengan guru, atau menghafal tabel kata kerja. Pada tahun 2012, Luis von Ahn, yang pada saat itu merupakan seorang profesor dan pengusaha dengan latar belakang ilmu komputer, yakin bahwa ada cara yang lebih baik untuk belajar bahasa. Ia kemudian meluncurkan Duolingo, menjadikan belajar bahasa sebagai “game of tongue“.

Alih-alih menghafal dan berlatih berulang kali, dengan aplikasi baru ini pengguna dapat belajar dengan memenangkan gems, mendapatkan poin, naik level dan belajar kosakata dari topik yang berbeda. Bahkan Duo, si maskot ikonik, menyemangati pengguna, dengan mengatakan seperti “Kamu hebat!”, atau “Kamu pasti bisa!”

Burung Hantu yang paling bersemangat – Duo telah mendapat popularitas dari mulut ke mulut

Maskot ikonik Duolingo dikenal dengan notifikasinya yang aktif dan penuh semangat. Di manapun Anda berada dan apapun yang Anda lakukan, si imut Duo akan muncul dan mengingatkan Anda tentang pelajaran harian yang belum diselesaikan. Pengguna pun menyukainya! Pengguna berbagi meme dan fanart di media sosial tentang bagaimana mereka diingatkan oleh Duo untuk terus belajar.

Duolingo memberikan pembelajaran gratis untuk semua kontennya

Salah satu keputusan terbaik yang pernah dibuat Duolingo adalah memberikan produk secara gratis, sehingga mendukung perusahaan berkembang dengan pesat dan berhasil memiliki total 500 Juta pengguna pada tahun 2022. Duolingo menjaga semua kursusnya tetap gratis. CEO dan salah satu pendiri, Luis von Ahn, menggambarkan misi Duolingo untuk “mengembangkan pendidikan terbaik di dunia dan membuatnya tersedia secara universal”.

Tampilan baru dari aplikasi berusia 10 tahun

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-10, Duolingo meluncurkan “desain ulang terbesar yang pernah ada” untuk mendesain kurikulum pembelajarannya. Tujuannya untuk membuatnya lebih mudah dan bahkan lebih bermanfaat. Perubahan ini terdiri dari desain antarmuka pengguna yang efisien, instruksi yang lebih jelas untuk memandu pengguna, beranda baru yang juga mendapatkan tampilan baru, serta penambahan fitur seperti Stories sehingga pengguna dapat membaca dan mendengarkan secara bersamaan. Luis juga menggambarkan ambisi perusahaan untuk berkembang melampaui pembelajaran bahasa, dengan matematika sebagai pelajaran selanjutnya, dengan pendekatan gamifikasi yang sama.

Masa depan yang cerah Duolingo di Indonesia dan Asia Tenggara

“10 tahun adalah pencapaian besar bagi Duolingo. Sebagai salah satu pangsa pasar internasional utama kami, pengguna aktif bulanan di Indonesia meningkat sebesar 40% YoY pada Januari 2022 dengan rata-rata waktu tertinggi yang dihabiskan dalam menggunakan aplikasi, yaitu 19,5 menit sehari. Sekarang, Duolingo juga telah digunakan sebagai standar tes kecakapan bahasa Inggris untuk persyaratan pendidikan di Indonesia,” kata Haina Xiang, Marketing Director of APAC, Duolingo.

Menurut data Duolingo, alasan utama mengapa orang Indonesia suka belajar melalui aplikasi adalah karena menurut mereka Duolingo dapat menunjang kebutuhan sekolah, pekerjaan, atau untuk membantu menyegarkan ingatan tentang kosakata bahasa lain. Mereka percaya bahwa aplikasi pembelajaran bahasa dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan bahasa mereka. Belajar bahasa juga dapat membangun fondasi pengetahuan yang kuat yang dapat memberi mereka kesempatan yang lebih baik untuk masa depan.

Kehadiran Duolingo membantu pengguna mendapatkan semua konten yang diperlukan dalam genggaman tangan. Transfer pengetahuan baru dalam bentuk gamifikasi pembelajaran multimedia interaktif ini juga memungkinkan untuk menjelaskan berbagai topik dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, dapat membawa aspek positif lain bagi pengembangan diri pengguna.

“Kami sangat berbahagia melihat banyak pengguna yang merasa terbantu dengan kehadiran Duolingo dan kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik hingga 10 tahun berikutnya untuk mendukung mereka dalam mencapai tujuan dari proses belajar mereka”, tutup Haina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.