Monday, October 6, 2025
Home Blog Page 418

Prestasi Gemilang Murid Sampoerna Academy di World Scholar’s Cup 2023

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Puluhan murid Sampoerna Academy mencatatkan prestasi gemilang di World Scholar’s Cup 2023

Marketing.co.id – Berita Marketing | Sampoerna Academy mengumumkan pencapaian luar biasa di World Scholar’s Cup 2023. Prestasi yang melibatkan puluhan murid ini membuktikan komitmennya sebagai sekolah interkultural berbasis Science, Technology, Engineering, Arts, & Mathematics (STEAM) yang terus mendorong keunggulan akademis dan partisipasi global para peserta didiknya.

Diselenggarakan di Universitas Yale, New Haven, Connecticut, Amerika Serikat,  World Scholar’s Cup 2023 adalah turnamen akademis bergengsi yang diikuti siswa lebih dari 50 negara di seluruh dunia serta menjadi platform pengembangan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi bagi para pelajar.

Tournament of Champions (ToC) adalah tahap puncak dari kompetisi World Scholar’s Cup 2023. Di ToC, pemenang dari berbagai babak kualifikasi global berkumpul untuk bersaing dalam berbagai lomba akademis. ToC 2023 menjadi pengalaman transformatif bagi siswa Sampoerna Academy. Mereka terlibat dalam pelatihan lintas institusi pendidikan dan berinteraksi dengan mahasiswa Yale dalam acara College Panel, yang tentunya semakin memperkaya pengalaman belajar mereka.

Principal Sampoerna Academy Surabaya Grand Pakuwon Campus, Anushia Senthevadivel mengungkapkan antusiasmenya terhadap keikutsertaan peserta didik dalam turnamen akademis bergengsi ini. “World Scholar’s Cup merupakan salah satu kegiatan super-kurikuler yang memberikan manfaat besar bagi siswa Sampoerna Academy. Tentunya, kami berharap partisipasi yang lebih banyak dari seluruh siswa kami setiap tahunnya,” tambahnya.

Prestasi tim Sampoerna Academy merupakan upaya bersama yang menghasilkan total 42 medali Emas dan 47 medali Perak. Bila dijabarkan berdasarkan asal sekolah adalah Sampoerna Academy Lavenue Campus: 22 medali Emas & 33 medali Perak (Tim Junior dan Senior), Sampoerna Academy Sentul Campus: 17 medali Emas & 10 medali Perak (Tim Junior dan Senior), dan Sampoerna Academy Grand Pakuwon & Medan Campus: 3 medali Emas & 4 medali Perak (Tim Senior).

Beberapa siswa langsung lolos ke Global Round 2024, melewati babak lokal di Jakarta. Mereka merupakan perwakilan dari Sampoerna Academy Sentul Campus, Sampoerna Academy L’Avenue Campus, serta tim campuran Vito, Gab, dan Marco yang merupakan delegasi dari China. Performa yang gemilang membuat mereka dapat mengamankan tempat dalam Global Round yang akan datang pada 2024 di Bangkok.

Menurut Anushia, acara ini bukan hanya tentang penghargaan akademis; tetapi juga merupakan perayaan keberagaman dan pertukaran budaya. Pada Cultural Fair, peserta dari berbagai sekolah dapat memamerkan kekayaan budaya negara asal mereka melalui sajian makanan, musik, dan pertunjukan khas. Lebih menarik lagi, gelaran Tournament of Champions 2023 digelar di lapangan Yale Old Campus, menjadi panggung bagi berbagai pertunjukan dan apresiasi terhadap keberagaman budaya serta persatuan global.

Di samping itu, para siswa juga mendapat kesempatan unik untuk menjelajahi sejarah Boston melalui tur yang meliputi landmark seperti Faneuil Hall Marketplace, MIT, dan Harvard University sehingga dapat memperkaya pengalaman mereka secara keseluruhan.

“Sampoerna Academy terus mengedepankan keunggulan akademis, partisipasi global, dan penghargaan terhadap keanekaragaman budaya. Harapan kami dengan keikutsertaan peserta didik di World Scholar’s Cup 2023 akan menambah landasan siswa untuk meraih kesuksesan di dunia yang terus berubah dan saling terkoneksi,” tutup Anushia.

[Survei] Dampak Positif Investasi Keberlanjutan Pada Kinerja Keuangan Bisnis

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]
Sumber gambar: Freepik.com

90% bisnis di Indonesia melihat hubungan positif keberlanjutan dan profitabilitas, di atas rata-rata Asia Pasifik dan Jepang

Marketing.co.id – Berita Marketing | Perusahaan-perusahaan di Indonesia menyatakan bahwa kinerja bisnis mereka secara keseluruhan terkait erat dengan penerapan keberlanjutan sebagai prioritas strategis yang menghasilkan peningkatan investasi.

Sebuah studi terbaru SAP menemukan bahwa rata-rata 90% bisnis di Indonesia melihat adanya hubungan yang moderat hingga kuat antara keberlanjutan dan profitabilitas organisasi mereka, sementara 91% mencatat adanya hubungan antara keberlanjutan dan daya saing. Angka ini lebih tinggi daripada hasil di seluruh Asia Pasifik dan Jepang (71% daya saing, 68% profitabilitas).

Dampaknya terhadap hasil bisnis mendorong investasi. Di Indonesia, 66% perusahaan berniat meningkatkan investasi mereka di bidang keberlanjutan dalam tiga tahun ke depan, yang mengindikasikan adanya hubungan kuat antara keberlanjutan dan prioritas bisnis.

Studi yang melakukan survei pada 250 orang di Indonesia ini menemukan bahwa 93% bisnis di Indonesia melihat strategi keberlanjutan memberikan kontribusi positif pada hasil seperti pertumbuhan pendapatan atau laba pada tingkat sedang atau kuat. Bahkan, 92% responden Indonesia melihat adanya peningkatan moderat atau kuat dalam efisiensi proses bisnis dari kegiatan keberlanjutan.

Lebih dari separuh (55%) perusahaan di Indonesia berharap dapat menunjukkan keuntungan finansial yang positif dari investasi keberlanjutan mereka dalam lima tahun ke depan, dibandingkan dengan 61% responden global.

“Keberlanjutan tidak dapat lagi dianggap terpisah dari kinerja keuangan bisnis yang lebih luas karena semakin jelas bahwa organisasi yang lebih berkelanjutan adalah organisasi yang lebih sukses,” kata Gina McNamara, Regional Chief Financial Officer, SAP Asia Pacific and Japan.

Menurut Gina McNamara, saat ini 2% bisnis di Indonesia menyatakan keberlanjutan merupakan hal yang penting bagi hasil bisnis mereka, dan 36% lainnya menyatakan bahwa hal tersebut akan menjadi penting dalam lima tahun ke depan.

“Sekarang adalah waktunya untuk menggabungkan pengambilan keputusan keuangan dan lingkungan dalam setiap proses bisnis, jadi kami memperlakukan data karbon sama seperti kami memperlakukan data keuangan,” ungkap Gita McNamara.

Meski begitu, masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Kurangnya strategi dampak lingkungan merupakan penghalang utama dalam mengambil tindakan hijau dengan 42% perusahaan di Indonesia menganggap hal tersebut sebagai tantangan, angka ini berada di atas rata-rata dunia yang hanya terhitung 32%.

Masalah penting lainnya termasuk ketidakpastian yang disebabkan pandemi COVID-19 (40%), keraguan terhadap kemampuan mengukur dampak terhadap lingkungan (34%), dan kurangnya kejelasan tentang bagaimana tindakan potensial akan selaras dengan strategi organisasi (32%).

Oleh karena itu, mengekstrak nilai dari data keberlanjutan akan menjadi kunci untuk memungkinkan bisnis Indonesia membuktikan laba atas investasi. Sebanyak 40% perusahaan di Indonesia merasa sangat puas dengan kualitas data keberlanjutan yang mereka kumpulkan, naik 10 poin dari tahun lalu (30%) dan berada di atas angka global sebesar 23%.

Namun, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengukur data keberlanjutan secara langsung tanpa mengandalkan asumsi dan perkiraan. Perusahaan-perusahaan di Indonesia masih tertinggal dari perusahaan-perusahaan lain di dunia dalam hal mengukur polusi air secara langsung (23% di Indonesia vs 31% di dunia), polusi udara (11% vs 13%), dan kerusakan alam (18% vs 22%).

“Jika data keberlanjutan kita tidak lengkap, maka keputusan yang kita ambil untuk meningkatkan kesehatan planet dan bisnis kita akan diragukan,” lanjut McNamara. “Kuncinya adalah mencatat dan melaporkan data keberlanjutan yang akurat, terperinci, dan dapat diaudit, serta mengintegrasikannya dengan data keuangan untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat.”

Bisnis di Indonesia menggunakan data keberlanjutan di seluruh ekosistem mereka

Hal ini menjadi sangat penting mengingat bisnis di Indonesia menggunakan data keberlanjutan untuk mengambil keputusan saat ini. Sembilan dari sepuluh (92%) perusahaan di Indonesia menggunakan data keberlanjutan untuk menginformasikan pengambilan keputusan strategis dan operasional pada tingkat yang cukup kuat. Hanya 1% yang tidak menggunakan data keberlanjutan dalam pengambilan keputusan sama sekali.

Namun, ada tanda-tanda kemajuan yang positif. Delapan dari sepuluh (84%) perusahaan di Indonesia melaporkan bahwa mereka melakukan pelacakan emisi Cakupan 1 dengan tingkat sedang atau kuat, sementara itu, angka tersebut mencapai 81% untuk emisi Cakupan 2, dan 80% untuk emisi Cakupan 3.

Demikian pula, bisnis di Indonesia membuat tuntutan keberlanjutan di seluruh ekosistem mereka. Lebih dari tiga perempat (84%) responden mengatakan bahwa mereka membutuhkan data keberlanjutan dari pemasok mereka dan 82% meminta data dampak lingkungan dari mitra seperti logistik dan pemenuhan pada tingkat yang moderat hingga kuat.

“Manfaat mengintegrasikan data keberlanjutan dan hasil ke dalam bisnis inti sudah jelas. Namun masih banyak hal yang harus dilakukan. Bekerja dengan mitra teknologi seperti SAP akan membantu lebih banyak bisnis mengukur data keberlanjutan yang akurat, menindaklanjutinya secara strategis, dan mendorong daya saing, keuntungan, dan pendapatan mereka sendiri,” pungkas McNamara.

Danamon dan Adira Finance Bersatu untuk Menyelamatkan Mangrove di Batam

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) telah menjalin kemitraan yang kuat untuk menjadi solusi terhadap perubahan iklim dan mendukung bisnis berkelanjutan. Dalam langkah konkret menuju net zero emisi karbon pada tahun 2030, keduanya berkolaborasi dalam Pengembangan Kawasan Mangrove Tanjung Piayu, Batam, sebuah inisiatif yang menandai komitmen mereka dalam menjaga ekosistem pesisir.

adira finance dan bank danamon

Pada acara seremonial yang diadakan pada Sabtu, 2 Desember 2023, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Unit II Batam, Lamhot Sinaga, Regional Corporate Officer Danamon Region Sumatera 1, Riana Suagiat, dan Awal Diyananda selaku Head of HCGA Share Service Adira Finance turut hadir bersama relawan Danamon dan Adira Finance.

Menanggapi ancaman kenaikan permukaan air laut yang diakibatkan oleh perubahan iklim, Riana Suagiat menjelaskan, “Perubahan iklim telah menyebabkan Pulau Batam mengalami ancaman kenaikan permukaan air laut. Sayangnya, seperti daerah lainnya, hutan mangrove yang menjadi pertahanan alamiah mengalami penjarahan dan alih fungsi lahan. Kolaborasi Danamon dan Adira Finance dengan pemerintah setempat diharapkan bisa menahan laju perubahan iklim dan kerusakan hutan mangrove yang terjadi.”

Berdasarkan data Badan Restorasi Gambut dan Mangrove, sekitar 27% kawasan mangrove di Kepulauan Riau berada di Pulau Batam, dengan mayoritas kerusakan terjadi di kawasan hutan. Jumlah kerusakan mangrove di Kepulauan Riau mencapai 37.364 hektar, di mana 24.624 hektar di antaranya terletak di kawasan hutan.

Dalam upaya untuk merestorasi dan melindungi kawasan mangrove yang terdampak, KPHL Batam dan komunitas lokal bekerja sama dengan aparat penegak hukum. Danamon dan Adira Finance, bersama dengan Kelompok Rumpun Bakau Indah (RBI), ikut serta dalam inisiatif ini. Selain penanaman mangrove, mereka juga membangun jembatan dan posko monitoring untuk meningkatkan pemantauan dan pengamanan kawasan mangrove, terutama di dalam kawasan hutan.

Head of HCGA Share Service Adira Finance, Awal Diyananda, menjelaskan bahwa program dekarbonisasi ini adalah bagian dari sustainability finance dan mendukung program pemerintah menuju Indonesia Net Zero Emission (NZE). “Dengan kolaborasi ini diharapkan kawasan mangrove di Tanjung Piayu, Batam dapat pulih dan tumbuh menjadi lingkungan yang lestari, sehingga bisa menjadi lahan hijau yang efektif menyerap emisi karbon.”

Mangrove bukan hanya menjadi pertahanan alami dari ancaman kenaikan air laut, tetapi juga memberikan tempat berlindung bagi berbagai jenis hewan dan tanaman di ekosistem pesisir. Selain itu, keberadaan mangrove memiliki manfaat ekonomi signifikan, membantu menjaga keberlimpahan ikan dan udang, serta menjadi daya tarik wisata alam bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Kolaborasi Danamon dan Adira Finance dalam pengembangan Kawasan Mangrove Tanjung Piayu, Batam adalah contoh nyata dari upaya bersama untuk menjaga ekosistem pesisir dan mengurangi efek perubahan iklim. Melalui penanaman ribuan pohon mangrove dan pembangunan fasilitas pendukung, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitar dan masyarakat setempat,” tambah Riani Suagiat.

Dengan semangat tinggi dan komitmen yang kuat, Danamon dan Adira Finance membuktikan bahwa kolaborasi antar perusahaan dapat menjadi katalisator untuk perubahan positif dan keberlanjutan. Upaya ini diharapkan dapat menginspirasi berbagai gerakan dalam menjaga lingkungan demi masa depan yang lebih baik.

Dari Rendang hingga Rempah, Produk Sumatera Barat Berani Mendunia!

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita UMKM | Sama seperti provinsi-provinsi lainnya di Indonesia, Sumatera Barat dengan kekayaan budayanya memiliki potensi besar dalam pasar ekspor. Keberagaman kulinernya seperti rendang, serta beragam kerajinan, fashion, dan rempah-rempah, memberikan berbagai peluang bagi pelaku usaha berorientasi ekspor.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor Sumatera Barat mencapai USD193,53 juta pada Oktober 2023. Produk unggulan ekspor meliputi Crude Palm Oil (CPO), produk kimia, dan karet. Pakistan tetap menjadi tujuan utama ekspor Sumatera Barat pada triwulan II 2023, dengan pangsa sebesar 34,53%, diikuti India dan Bangladesh dengan masing-masing 31,80% dan 9,71%.

Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekspor yang lebih besar dari Sumatera Barat, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melakukan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding). LPEI dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sepakat berkolaborasi dalam pengembangan kapasitas Industri Kecil dan Menengah (IKM), Koperasi, BUMDesa, BUMDESMA, serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berorientasi ekspor.

“Saya berharap implementasi MoU ini dapat berjalan dengan cepat karena kerja sama ini akan meningkatkan ekspor produk Sumatera Barat ke mancanegara, sehingga akan memberikan penguatan pada perekonomian di daerah,” kata Mahyeldi Ansharullah, Gubernur Sumatera Barat.

Kementerian Keuangan, melalui Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan Provinsi Sumatera Barat, Syukriah HG, juga menegaskan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. MoU antara LPEI dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat diarahkan untuk memberdayakan UMKM yang siap ekspor.

“Mimpi kita bersama menjadikan tidak hanya satu nagari (desa) devisa di Sumatera Barat, namun banyak nagari (desa) menjadi kota dan kabupaten devisa di Sumatera Barat. Insya Allah bisa,” kata Syukriah.

Direktur Pelaksana Hubungan Kelembagaan LPEI, Chesna F. Anwar, menjelaskan potensi besar Sumatera Barat untuk pasar ekspor. Salah satunya adalah rendang yang telah diakui menjadi salah satu makanan terlezat di dunia. Contohnya, di Bulgaria terdapat satellite kitchen yang memiliki kebutuhan memproduksi 30 ton rendang per bulan untuk didistribusikan ke berbagai negara di Eropa.

Untuk itu, LPEI akan memberikan pendampingan kepada pelaku ekspor di Sumatera Barat lewat Coaching Program for New Exporters (CPNE), Program Desa Devisa untuk pengembangan ekspor dan pendapatan devisa yang berkelanjutan melalui komoditas unggulan desa, dan Marketing Handholding untuk membuka pasar ekspor.

“Tentunya, pendampingan kepada pelaku usaha berorientasi ekspor di Sumatera Barat tidak dapat LPEI lakukan sendiri. Diperlukan kolaborasi yang apik semua pihak untuk dapat membangun fondasi program-program pengembangan ekspor untuk menjadikan Desa Devisa yang ada di Sumatera Barat dapat merebak dan sukses mengangkat ekonomi masyarakat.” pungkasnya.

Moorlife Resmikan Pabrik Kedua & Terbesarnya di Nganjuk, Jawa Timur

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Moorlife Indonesia, brand premium plasticware 100% buatan Indonesia, merayakan peresmian pabrik kedua dan terbesarnya yang berlokasi di Nganjuk, Jawa Timur. Acara bersejarah ini bertema “Kontribusi Moorlife Banggakan Indonesia” sebagai bukti nyata komitmen Moorlife untuk menjadikan Indonesia lebih bangga dengan kualitas produk buatan dalam negeri.

Pabrik terbesar Moorlife ini dioperasikan oleh MMM Plastic yang juga menaungi produksi untuk berbagai merek plastik lainnya. Selain itu, pabrik ini juga dirancang dengan teknologi terkini dan investasi Moorlife sebanyak 60 mesin sehingga memiliki kapasitas produksi yang lebih besar untuk memenuhi permintaan pasar global yang semakin meningkat.

Pada Agustus tahun lalu, Moorlife melakukan ekspor ke Filipina dengan muatan senilai Rp50 miliar. Tidak hanya ke Filipina, Moorlife juga melakukan ekspor ke Malaysia dan Singapura, serta aktif ikut pameran di negara lain, seperti Madagaskar, Nigeria, Republik Chili, Rusia, Hong Kong dan Vietnam.

“Ini adalah langkah penting dalam perjalanan Moorlife untuk terus berkontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi Indonesia. Kami berkomitmen untuk menghasilkan produk plasticware premium berkualitas tinggi yang 100% buatan Indonesia dan membuat masyarakat bangga dengan produk buatan dalam negeri,” ujar Hermanto Tanoko, Founder & President Moorlife.

Acara peresmian ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur a.n Dr. Iwan, S.Hut., M.M., Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Dr. Ir. Ali Murtopo Simbolon, ST. S.Si. MM. MT, IPU, Sekretaris Daerah Nganjuk Drs. Nur Sholekan, AKBP Muhammad, S.H., S.I.K., M.Si, Letkol Inf Dandim Sasmito, DPRD Nganjuk M.Fauzi Irwana SE, Kepala Disnaker Nganjuk Samsul Huda, pejabat pemerintah terkait, mitra bisnis, stakeholder perusahaan, dan media. Para undangan yang hadir juga diajak tur mengelilingi pabrik untuk memberikan wawasan langsung tentang proses produksi dibalik kualitas produk Moorlife yang tinggi.

“Dengan dibukanya pabrik terbesar ini, Moorlife akan terus berinovasi dan membanggakan Indonesia lewat produk berkualitas tinggi yang sudah BPA-free, foodgrade, dan bergaransi seumur hidup. Selain lewat produk-produk premium kami, Moorlife juga akan terus berkontribusi lewat berbagai kegiatan yang berdampak positif untuk masyarakat luas,” imbuh Adi Suhono, Direktur Moorlife.

Pabrik Moorlife Nganjuk saat ini dibangun di atas tanah seluas 3,5 ha, dengan proyeksi luas total yang akan mencapai 10 ha. Dengan luas tersebut, Moorlife menargetkan setiap bulannya mampu memproduksi hingga 800 ton plasticware yang dioperasikan oleh 350 pekerja secara keseluruhan. Investasi dengan nilai ratusan miliar tersebut dilakukan oleh Moorlife untuk lebih berkontribusi bagi perekonomian Indonesia, serta dalam rangka memenuhi permintaan produk yang semakin masif di dalam negeri hingga ekspor ke mancanegara.

Melalui kesempatan kali ini, Moorlife juga secara resmi meluncurkan produk inspiratif terbarunya, Moorlife Tumbler Penyemangat. Peluncuran dilakukan secara simbolis oleh Founder & President Moorlife Hermanto Tanoko dengan peletakan tumbler di puncak menara tumbler. Hal ini juga menandai resmi dibukanya pabrik terbesar Moorlife di Indonesia tersebut.

Setelah kemunculan pertamanya di acara puncak donor darah Moorlife September lalu, Tumbler Penyemangat ini mendapat respon positif dari para pendonor. Dilengkapi dengan pesan inspiratif di tiap desainnya, tumbler ini menjadi simbol dari semangat Moorlife untuk hadir di setiap rumah dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu, tumbler ini juga dirancang dengan perhatian khusus untuk menyampaikan pesan #AdaLebih yang bermakna bahwa melalui Moorlife, masyarakat Indonesia bisa jadi #LebihSehat, #LebihPeduli, #LebihBaik, dan #LebihSemangat.

Moorlife menjadi salah satu perusahaan directselling terbesar di Indonesia yang memasarkan produk-produk wadah plastik premium asli karya putra-putri bangsa Indonesia. Tidak hanya itu, Moorlife juga menawarkan banyak peluang bisnis untuk menjadi entrepreneuryang sukses dan bisa meraih penghasilan tak terbatas.

Dengan dibukanya pabrik kedua dan adanya peluncuran produk terbaru ini, Moorlife berharap bisa memberikan sumbangsih lebih dan meningkatkan kualitas hidup untuk masyarakat Indonesia #LebihBangga dan #LebihMaju.

 

 

Igloo Dapat Pendanaan Pra-Seri C Senilai US$ 36 Juta

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Perusahaan insurtech regional Igloo hari ini mengumumkan kesuksesannya menggalang dana senilai US$ 36 juta pada putaran pendanaan Pra-Seri C. Perusahaan investasi global Eurazeo dan perusahaan asuransi BNP Paribas Cardif, memimpin pendanaan tersebut. Openspace dan La Maison, yang sebelumnya turut berpartisipasi dalam penggalangan dana Seri B dan Seri B+ Igloo, juga ikut serta dalam babak pendanaan ini, menegaskan kepercayaan mereka terhadap model bisnis perusahaan yang kuat.

Matthieu Baret, Managing Partner – Venture Eurazeo mengatakan “Kami sangat senang dapat berinvestasi di Igloo dengan perusahaan asuransi BNP Paribas Cardif. Dengan investasi kami di Tiongkok, Indonesia, India, dan Singapura, kami memperluas jejak kami dengan ambisi untuk menjadi pemain terkemuka di Asia.”

Investasi Eurazeo berfokus pada perkembangan teknologi inovatif dan ide bisnis yang mendisrupsi industri asuransi, sementara investasi Openspace yang berasal dari pendanaan tahap menengahnya, OSV+, berfokus pada putaran Seri C dan D untuk mendanai perusahaan-perusahaan teknologi transformatif di Asia Tenggara.

Baca juga: WE+ Hadirkan WINA, Customer Service 24 Jam Berbasis Artificial Intelligence

“Kami telah memantau performa Igloo dan terkesan dengan evolusi mereka menjadi platform berbagai asuransi dalam berbagai jalur distribusi dan produk. Kami yakin Igloo berada dalam posisi yang kuat untuk membantu mengatasi penetrasi pasar asuransi yang rendah di Asia Tenggara dengan membuat asuransi lebih mudah diakses dan dipahami oleh konsumen,” ujar Albert Shyy, Managing Director, Eurazeo.

Pendanaan ini hanya berselang 10 bulan setelah penggalangan dana Seri B+ yang dipimpin InsuResilience Investment Fund II yang dikelola oleh BlueOrchard, Secara keseluruhan, Igloo sukses mengumpulkan dana sebesar US$ 100 juta. Igloo berhasil mengamankan pendanaan ini dengan valuasi perusahaan yang berhasil meningkat sebesar 50 persen dibanding seri B+ di 2022 sejalan dengan semakin dekatnya profitabilitas di 2024. Igloo dalam posisi untuk menggandakan nilai Gross Written Premium (GWP) dengan tingkat burn rate rendah, model bisnis perusahaan yang berfokus pada engineering dan data, membuat Igloo selangkah lebih dekat menuju profitabilitas pada 2024.

Igloo
[Kiri-Kanan] Raunak Mehta – Co-Founder & CEO – Igloo; Zhu Liliang – Chief Technology Officer – Igloo; Sandra Ernst – Chief Operating Officer; Wilson Tseng – Chief Business Officer; Roshan Mahtani – Chief Financial Officer
Pada 2022, perusahaan ini meluncurkan Ignite by Igloo, sebuah platform digital yang meningkatkan produktivitas mitra penjualan asuransi. Ignite telah bekerja sama dengan 22.000 mitra di Indonesia dan Vietnam, dan memiliki target untuk mencapai 50.000 mitra pada akhir 2023, seiring rencana ekspansi ke negara-negara lain.

Selain itu, sejalan dengan visi Igloo untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi segmen masyarakat yang kurang terlayani, lebih dari 60 persen mitra Ignite adalah adalah perempuan.

Inovasi lainnya dari Igloo adalah Weather Index Insurance, sebuah asuransi parametrik berbasis teknologi blockchain yang dapat membantu kelompok petani. Produk ini berhasil menarik minat berbagai mitra di Vietnam karena potensi dan manfaatnya bagi sektor pertanian. Meskipun produk ini merupakan hal baru di sektor yang sangat tradisional, Weather Index Insurance telah diadopsi oleh ribuan petani Vietnam sejak diluncurkan November tahun lalu, dan melindungi setidaknya 20.000 hektar lahan pertanian kopi dan padi.

Igloo telah memfasilitasi lebih dari 500 juta polis dan menargetkan untuk menggandakan Gross Written Premium (GWP) dari tahun 2022. Kini, Igloo telah menjalin lebih dari 75 kemitraan di enam negara, memperluas penawaran produknya untuk mencakup pembiayaan konsumen, e-commerce, dan logistik. Pada Agustus 2023, Igloo menerima penghargaan sebagai ‘Insurtech of the Year‘ oleh Asia Fintech Awards.

Baca juga: Artarindo Kucurkan Klaim Rp 6,8 Miliar kepada Nasabah yang Membeli Asuransi Melalui Fuse

Dana tambahan kali ini memungkinkan Igloo untuk membuka peluang merger dan akuisisi di level horizontal dan vertikal – setelah menambah lisensi sebagai broker di seluruh kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Igloo juga akan meningkatkan jumlah tenaga kerja sebesar 20 persen di bidang engineering, komersial, strategi, dan produk asuransi. Pada aspek peningkatan produk dan rantai nilai, Igloo akan menambah fokus pada produk asuransi kendaraan bermotor, kesehatan, produk yang berhubungan dengan iklim, digitalisasi penjaminan dan klaim, serta teknologi AI dan blockchain.

“Dukungan dari para investor ini akan membantu memperluas kemampuan Igloo untuk menyediakan layanan asuransi di seluruh Indonesia, dan kemudian memberikan lebih banyak perlindungan kepada para pelanggan kami. Hal ini akan dilakukan melalui peningkatan kemitraan dengan para pelaku industri, perluasan penawaran B2C melalui website, dan pertumbuhan vertikal baru,” ujar Country Manager Igloo Indonesia, Henry Mixson.

Perlukah Pengusaha dan Eksekutif Indonesia Mencemaskan Perlambatan Ekonomi?

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Zurich Insurance Group baru-baru ini merilis hasil Survei Opini Eksekutif 2023 (Executive Opinion Survey, EOS), yang dilakukan bekerja sama dengan World Economic Forum (WEF). Survei ini memberikan gambaran risiko-risiko utama yang dihadapi oleh Indonesia dan negara-negara lain dalam dua tahun ke depan.

Zurich Asuransi Indonesia
(Kiri ke kanan) Chief Risk Officer PT Zurich Asuransi Indonesia Wayan Pariaman bersama dengan Chief Financial Officer PT Zurich Asuransi Indonesia Musi Samosir dalam sesi diskusi media terbatas Zurich di Jakarta, (4/12). Zurich menyampaikan hasil Survei Opini Eksekutif 2023 (Executive Opinion Survey, EOS) yang disusun oleh Zurich Insurance Group bekerja sama dengan World Economic Forum (WEF).

Menurut hasil survei, kemerosotan ekonomi, mulai dari resesi hingga stagnasi, menduduki peringkat risiko tertinggi yang dapat menimbulkan ancaman bagi Indonesia. Temuan serupa juga terlihat di tingkat Asia Tenggara hingga secara global. EOS 2023 melibatkan lebih dari 11.000 pemimpin bisnis dari 110 negara, termasuk Indonesia, yang memberikan tanggapan mereka mengenai risiko-risiko yang mungkin dihadapi oleh negara mereka.

Salah satu sorotan utama dari survei ini adalah fokus pada risiko pelemahan ekonomi. Meskipun Indonesia diperkirakan akan menutup tahun 2023 dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 5,1%, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia menyatakan bahwa perlambatan ekonomi global dan ketidakpastian dapat menjadi tantangan pada pencapaian target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024.

Dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global, terutama setelah masa pemulihan dari dampak pandemi COVID-19, pelaku industri, terutama industri asuransi, diharapkan memainkan peran yang lebih besar dalam memberikan perlindungan keuangan kepada masyarakat. Chief Risk Officer PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, Wayan Pariama, menekankan pentingnya mengenali potensi risiko dan menjadi adaptif terhadap perubahan dinamis di masyarakat.

“Sebagai elemen penopang pertumbuhan ekonomi di Indonesia, pelaku bisnis harus bisa mengidentifikasi potensi risiko dan bersiap untuk perubahan yang dinamis. Peranan industri asuransi dapat memberikan dampak positif yang signifikan agar masyarakat terlindungi dari ketidakpastian tersebut,” ungkap Wayan.

Selain risiko ekonomi, risiko lingkungan juga menarik perhatian besar pengusaha dan eksekutif di Indonesia. Isu cuaca ekstrem menduduki posisi kedua dalam risiko-risiko yang paling diwaspadai. Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa tahun 2023 menjadi tahun terpanas sepanjang sejarah perubahan cuaca di Indonesia. Ini menjadi perhatian serius, terutama karena isu ini tidak mencapai 5 besar risiko global.

Risiko ketiga tertinggi yang dihadapi Indonesia adalah dari penyakit menular. Ini sejalan dengan sentimen Asia Tenggara dan mencerminkan fokus masyarakat Indonesia terhadap kewaspadaan terhadap penyakit menular. Kementerian Kesehatan baru-baru ini mengeluarkan surat edaran tentang kewaspadaan terhadap kejadian Mycoplasma Pneumonia di Indonesia, menanggapi peningkatan kasus infeksi bakteri di saluran pernapasan, terutama pada anak-anak di Tiongkok Utara.

Selain ketiga risiko tersebut, survei ini juga mencatat bahwa kekurangan pasokan energi dan pengangguran menempati urutan keempat dan kelima sebagai risiko paling dikhawatirkan oleh pemimpin bisnis di Indonesia.

“Dari perspektif global, termasuk Indonesia, tantangan ekonomi tetap menjadi isu utama dalam lima risiko tertinggi. Namun, kekhawatiran atas risiko terkait cuaca ekstrem dan penyakit menular di Indonesia telah meningkat, berpotensi berdampak ke berbagai sektor,” tambah Wayan.

OS 2023 diselenggarakan oleh World Economic Forum untuk Pusat Ekonomi dan Masyarakat Baru. Marsh McLennan dan Zurich Insurance Group adalah mitra dari seri Pusat dan Laporan Risiko Global. Dalam menghadapi risiko-risiko ini, Zurich menyatakan kesiapannya untuk meningkatkan kolaborasi dengan pemangku kepentingan, pelaku bisnis, dan pihak terkait lainnya guna mengelola risiko dan mengurangi dampak bagi masyarakat, sebagai bagian dari komitmen mereka dalam menciptakan masa depan yang lebih baik.

Gandeng Xurya, Trans Shopping Mall Group Resmikan PLTS Terbesar di TSM Cibubur

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Trans Shopping Mall Group, bekerjasama dengan Xurya, mengukuhkan komitmen pada pemanfaatan energi terbarukan dengan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbesar di atap Trans Studio Mall Cibubur. Ini menjadi langkah bersejarah setelah suksesnya PLTS pertama di Trans Studio Mall Bandung pada 27 November 2023.

Dengan kapasitas lebih dari 2,1 juta kWh energi bersih per tahun, PLTS Trans Studio Mall Cibubur tidak hanya mengurangi emisi karbon sebanyak 1,9 juta kilogram setiap tahunnya, tetapi juga setara dengan manfaat lingkungan dari menanam lebih dari 24.000 pohon. Hal ini menciptakan dampak positif yang signifikan bagi lingkungan sekitar.

Penerapan PLTS kedua ini terus memperkuat momen Trans Shopping Mall Group dalam mendukung energi terbarukan. Ini adalah lanjutan dari serangkaian langkah-langkah keberlanjutan yang telah diambil oleh grup ini, termasuk penggunaan lampu hemat energi, pendingin ruangan berbasis water cooling, manajemen sampah mandiri, hingga pengelolaan ruang terbuka hijau.

“Kami bangga dapat memberikan kontribusi nyata dalam pemanfaatan energi terbarukan dan menjadi bagian dari komunitas yang peduli terhadap lingkungan. Ini menunjukkan bahwa keberlanjutan lingkungan dan bisnis dapat berjalan bersama menuju masa depan yang lebih baik untuk kita semua,” tambah Linda Tampi, Chief Executive Officer Trans Shopping Mall Group.

Kemitraan strategis antara Trans Shopping Mall Group dan Xurya tidak berhenti di sini. Proyek selanjutnya, PLTS Xurya, akan segera terpasang di beberapa lokasi Trans Shopping Mall Group, termasuk Makassar, Surabaya, dan lokasi lainnya. Dengan target total daya lebih dari 7,5 juta kWh per tahun, hal ini setara dengan pengurangan emisi karbon lebih dari 6,6 juta kilogram per tahun.

Realisasi pemasangan PLTS atap ini juga merupakan bukti nyata komitmen dalam hubungan strategis antara CT Corpora dan Mitsui & Co., Ltd. di Indonesia. Trans Shopping Mall Group sebagai bagian dari CT Corpora dan Xurya sebagai afiliasi Mitsui & Co., Ltd. bersama-sama berperan dalam mendorong peralihan ke energi bersih di Tanah Air.

Integrasikan Blockchain dengan Gaming, Sekuya Raih The Best Pitch Program ICP 2023

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Pada gelaran inkubator pertama Internet Computer Protocol (ICP) yang diadakan baru-baru ini di Bali, Sekuya, perusahaan gaming social world yang diprakarsai oleh talenta-talenta lokal berhasil meraih gelar Best Pitch. Prestasi ini sebagai bukti dari pendekatan inovatifnya dalam mengintegrasikan teknologi blockchain dengan gaming.

Program ICP mempertemukan 15 proyek yang bersaing selama 7 minggu, dimana hanya 12 proyek yang berkesempatan untuk melakukan pitch dan Sekuya mencetak skor mengesankan 4.85 dari skor maksimal 5. Raihan ini mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin di ranah gaming blockchain.

“Kami senang dapat menjadi bagian dari program inkubasi ICP, dan meraih peringkat teratas. Pencapaian ini adalah bukti dari dedikasi kami untuk memajukan inovasi Web3 di tanah air. Pendekatan holistik program ini, mencakup aspek teknis dan bisnis, dan tentunya memberikan pengalaman yang berkesan selama kami mengikuti program tersebut,” ujar Joshua Budiman, Co-founder & CEO Sekuya.

ICP, sebagai jaringan blockchain canggih, bertujuan merevolusi Internet konvensional dengan memperkenalkan efisiensi, kecepatan, dan desentralisasi. Mengatasi isu-isu kritis seperti monopoli layanan, keamanan sistem yang lemah dan penyalahgunaan data pribadi, ICP berkomitmen untuk membentuk kembali lanskap digital di Indonesia dengan memberdayakan generasi muda melalui program Indonesia On-Chain di mana ICP bermitra dengan universitas dan sekolah dan berbagai komunitas akademisi di tanah air.

Baca juga: Bidik Gamers, POLYTRON Rilis Monitor Gaming Gahar Terbaru

Sementara Bruno Calabretta, Co-Founder Disruptives ICP. Hub Indonesia menyatakan bahwa, “Keberhasilan Sekuya dalam Program Inkubator ICP pertama kami menunjukkan potensi blockchain di dunia gaming. Mereka memimpin dan membuktikan bahwa ide-ide hebat dapat berkembang di Internet Computer, memamerkan bagaimana teknologi revolusioner ICP ternyata dapat memfasilitasi gagasan-gagasan inovatif di dunia digital.”

Sekuya, sebagai Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) Multiverse yang menawarkan petualangan fantasi epik di empat dunia, mencari adopsi massal di pasar gaming web2. Dengan kehadiran kuat di 91 komunitas dan lebih dari 1 juta anggota, Sekuya siap memberikan dampak signifikan. Saat ini Sekuya sedang membuka ruang investasi pertama di Seed Round.

Sekuya

Dengan menargetkan pasar gaming Indonesia senilai $2 miliar, yang dihuni oleh 180 juta gamer, Sekuya berniat untuk memperluas jejaknya di Indonesia. Komitmen Sekuya untuk mendorong keterlibatan komunitas dan menyediakan pengalaman gaming yang mendalam sejalan dengan pertumbuhan pesat pasar gaming di Indonesia.

Salah satu alasan utama Sekuya tertarik pada ICP adalah “reverse-gas model”, sebuah pendekatan inovatif yang mirip dengan model Web2 yang sudah familiar, dimana pengguna tidak perlu membayar setiap biaya transaksi di blockchain; sebaliknya, biayanya ditanggung oleh pengembang dApp.

Baca juga: Fitur mgames Hadir di Aplikasi LinkAja

Model ini memfasilitasi pengalaman yang mulus dan hemat biaya bagi pengguna, mendorong adopsi massal. Selain itu, Sekuya menghargai ICP karena harga penyimpanan yang terjangkau. Dengan perkiraan biaya di bawah $5/GB per tahun, ICP memungkinkan konstruksi seluruh infrastruktur, termasuk penyimpanan, di blockchain.

Joshua menambahkan, Sekuya memiliki visi untuk menjadi proyek web3 asal tanah air yang dapat bersaing di kancah Internasional. Platform ini ditujukan bagi para gamers dan individu yang tertarik dengan dunia metaverse multi dunia bertema petualangan fantasi.

“Penghargaan di ajang ICP ini adalah bentuk komitmen Sekuya untuk dapat terus memberikan potensi dan prestasinya di mata para investor dan komunitas kripto, baik dalam negeri maupun dunia internasional dan memberikan dedikasi nyata terhadap inovasi dan komitmen Sekuya untuk membangun industri Web3 di Indonesia,” tutup Joshua.

Sambut Musim Tanam Baru, Pupuk Kaltim Pastikan Distribusi Stok Pupuk Aman

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Pada setiap pergantian musim tanam, peran pupuk dalam mendukung produktivitas pertanian menjadi krusial. Pasokan stok pupuk menjadi fokus utama para petani yang tengah bersiap menyongsong musim tanam berikutnya. Ketersediaan dan kualitas pupuk memiliki dampak langsung terhadap hasil panen yang diharapkan. Oleh karena itu, sebagai anak perusahaan BUMN, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) memiliki komitmen untuk terus menjaga produktivitas pertanian nasional dengan turut memastikan keamanan distribusi pupuk, terutama pupuk subsidi agar dapat disalurkan dan diterima oleh petani secara tepat sasaran. Semua terangkum dalam prinsip 6 Tepat yang dijalankan Pupuk Kaltim yakni Tepat Jenis, Jumlah, Harga, Tempat, Waktu dan Mutu.

pupuk kaltim 2023
Pupuk Kaltim di bawah kepemimpinan Direktur Utama, Budi Wahju Soesilo (kanan) terus berupaya mengoptimalkan distribusi stok pupuk agar dapat tersalurkan dengan baik dan diterima secara tepat sasaran oleh para petani Tanah Air, khususnya di wilayah-wilayah tanggung jawab Pupuk Kaltim. (dok Pupuk Kaltim)

Stok Pupuk Melimpah untuk Musim Tanam

Melalui produksi di lima pabrik amonia, lima pabrik urea, dan tiga pabrik NPK serta 137 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia, per November 2023, Pupuk Kaltim memastikan ketersediaan sebanyak 244,937 ton stok pupuk urea bersubsidi, 10.991 ton stok pupuk NPK Phonska, dan 45.490 ton NPK Formula Khusus. Selain itu, terdapat 422.681 ton pupuk urea non-subsidi dan 24.586 ton NPK non-subsidi. Di bawah kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir, jumlah stok pupuk yang disiapkan oleh Pupuk Kaltim untuk musim tanam ini berada di atas batas yang ditentukan dan telah tersedia di gudang-gudang perusahaan yang tersebar di berbagai wilayah tanggung jawabnya, mencakup seluruh wilayah Kalimantan, Sulawesi, NTB, dan NTT.

Realisasi Penyaluran Pupuk Subsidi yang Signifikan

Hingga November 2023, Pupuk Kaltim telah menyalurkan 757.480 ton pupuk bersubsidi. Jumlah tersebut terdiri atas 670.455 ton urea bersubsidi dan 54.014 ton NPK Phonska serta 33.011 ton NPK Formula Khusus bersubsidi. Realisasi ini mencapai 60,47%, 57,84%, dan 28,95% dari amanat penyaluran pupuk subsidi oleh pemerintah. Dengan capaian ini, Pupuk Kaltim memastikan bahwa pupuk subsidi mencapai petani secara merata, mendukung keberlanjutan pertanian nasional.

Komitmen Direktur Utama dan Sinergi Distribusi Pupuk

Budi Wahju Soesilo, Direktur Utama Pupuk Kaltim, menegaskan, “Memasuki masa musim tanam yang krusial ini, kami akan berusaha dan berkomitmen untuk memastikan pasokan pupuk subsidi yang memadai untuk para petani Indonesia, terutama dalam wilayah-wilayah tanggung jawab Pupuk Kaltim.” Pupuk Kaltim juga memahami bahwa pupuk adalah faktor kunci keberhasilan pertanian, dan komitmen mereka adalah menjadi bagian dari solusi untuk mendukung pertanian berkelanjutan dan menjaga ketahanan pangan nasional.

Inovasi Teknologi dalam Distribusi Pupuk

Guna memastikan distribusi pupuk subsidi yang baik, Pupuk Kaltim menerapkan inovasi dan teknologi melalui Distribution Planning & Control System (DPCS). DPCS memungkinkan pengawasan distribusi secara real-time dari lini 1 hingga lini 4, dilengkapi dengan early warning system untuk memberikan peringatan jika stok menipis pada tingkat daerah. Data yang dikumpulkan mencakup stok pupuk, penjualan, alokasi di setiap daerah, kapasitas gudang, posisi pupuk dalam perjalanan darat dan laut, serta informasi kontak staf pemasaran, distributor, dan pengecer. Pupuk Kaltim juga menggunakan Retail Management System (RMS) untuk mengawasi stok dan transaksi pupuk di tingkat kios atau pengecer, memastikan distribusi pupuk berjalan efisien dan transparan.

Peningkatan Kualitas Produk dan Program MAKMUR

Pupuk Kaltim terus meningkatkan kualitas produk pupuknya melalui proses produksi dan pengawasan yang ketat, memastikan petani mendapatkan pupuk berkualitas sesuai standar nasional. Perusahaan ini juga aktif berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak lain untuk mengoptimalkan sistem distribusi pupuk subsidi. Pupuk Kaltim tidak hanya fokus pada distribusi pupuk subsidi, tetapi juga melalui program MAKMUR (Mari Kita Majukan Usaha Rakyat), inisiatif yang mendukung petani dengan menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan mereka. Hingga November 2023, program MAKMUR telah merealisasikan 69.294 hektar lahan dengan 23.100 petani tergabung, mencerminkan komitmen Pupuk Kaltim dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo, menyatakan bahwa tujuan program MAKMUR adalah “membangun kemandirian bagi para petani untuk tidak hanya berfokus pada pupuk subsidi.” Dengan ekosistem MAKMUR, petani diberdayakan untuk menggunakan pupuk sesuai kebutuhan tanaman, meningkatkan produktivitas, kesejahteraan petani, dan kontribusi pada perekonomian nasional.

Sebagai pemangku kepentingan utama dalam mendukung ketahanan pangan nasional, PT Pupuk Kalimantan Timur terus menjalankan komitmennya dalam memastikan pasokan pupuk yang memadai dan berkelanjutan bagi petani Indonesia. Inovasi, teknologi, dan sinergi dengan berbagai pihak menjadi landasan bagi perusahaan ini untuk tetap menjadi garda terdepan dalam mendukung pertanian dan ketahanan

Keamanan Siber dan Perlindungan Data Pribadi di Era Digital

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Tech | Menurut laporan terbaru dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Indonesia mengalami sebanyak 361 juta serangan siber atau anomali traffic hingga Oktober 2023. Angka yang mengkhawatirkan ini menjadi sorotan utama, terutama karena nilai transaksi digital nasional, seperti yang diungkapkan oleh Bank Indonesia, tumbuh lebih dari 158% dalam 5 tahun terakhir.

VIDA
(ki-ka): Abynprima Rizky, Director of Marketing, Communications & Community Development AFTECH; Ahmad Taufik, SVP Product VIDA; Ardi Sutedja, Chairman of Indonesia Cyber Security Forum.

Risiko kejahatan siber yang semakin tinggi mendorong para pakar dan pemangku kebijakan, seperti Ardi Sutedja, Chairman of Indonesia Cyber Security Forum, untuk mengingatkan pentingnya penanggulangan segera. Dalam Media Clinic AFTECH bersama VIDA pada tanggal 30 November lalu, Ardi Sutedja menyatakan, “Terdapat 1.900 kelompok pelaku kejahatan siber yang termonitor secara global dengan ancaman seperti ransomware hingga phishing. Dampaknya, infrastruktur tidak bisa lagi dimanfaatkan dan menyebabkan ketidakpercayaan publik.”
Solusi Melalui Digital Identity

Dalam upaya melindungi data pribadi dan hak privasi pengguna, serta meningkatkan kepercayaan dalam bertransaksi digital, solusi digital identity menjadi semakin penting. Ahmad Taufik, SVP Product VIDA, mengungkapkan bahwa tahun lalu, tanda tangan digital menjadi solusi digital identity yang paling banyak digunakan dan diproyeksikan akan naik 9x lipat hingga 2030.

“Tata kelola tanda tangan digital sudah sesuai dengan UU Perlindungan Data Pribadi (PDP), sehingga terjamin keamanannya. VIDA Sign sendiri menawarkan kelebihan dengan proses onboarding yang lebih cepat dan mudah bagi pengguna individu maupun bisnis. Kekuatan hukum VIDA Sign pun sama kuatnya dengan tanda tangan basah,” kata Ahmad Taufik.
Peran VIDA sebagai Solusi Digital Identity

Sebagai PSrE yang berinduk di bawah KOMINFO, VIDA hadir sebagai solusi penyedia layanan digital identity yang aman, mudah, dan memberikan kepastian hukum. Melalui layanan verifikasi identitas, tanda tangan digital, dan otentikasi multifaktor, VIDA memberikan kontribusi dalam menjaga keamanan data pribadi masyarakat di era digital.

Bersama AFTECH, VIDA menggelar Media Clinic AFTECH dengan tema “Tingkatkan Kesadaran Data Pribadi: VIDA Ajak Pengguna Untuk Menjaga Keamanan Data Masing-Masing”. Dalam acara ini, Aries Setiadi, Executive Director AFTECH, menekankan pentingnya langkah-langkah keamanan siber dari berbagai pihak, termasuk konsumen, pelaku industri, asosiasi, regulator, dan pemerintah.
Peningkatan Literasi Keuangan Digital

Gajendran Kandasamy, Co-Founder and Chief Product & Innovation Officer VIDA, dalam sambutannya menyoroti peran VIDA dalam mendorong peningkatan literasi keuangan digital di Indonesia. “Kami senantiasa mendorong peningkatan literasi keuangan digital di Indonesia serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya implementasi pelindungan data pribadi. Harapannya, Indonesia dapat menjadi negara yang unggul di antara negara-negara ASEAN dalam hal implementasi perlindungan data pribadi,” ucap Gajendran Kandasamy.

Dengan perkembangan pesat teknologi dan ekosistem digital, langkah-langkah preventif dan solusi seperti digital identity menjadi krusial. Diharapkan, upaya bersama dari berbagai pihak dapat menciptakan ekosistem digital yang aman dan dapat dipercaya bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Terpilih Menjadi Ketua JCI Femme 2024, Ana Agustine Fokus Program Stunting

0
[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Junior Chamber International (JCI) Femme, organisasi pengusaha muda internasional yang mewadahi perempuan Indonesia, baru saja melantik Ana Agustine sebagai Local President JCI Femme untuk masa kepengurusan tahun 2024 di Jakarta, Sabtu (2/12/23).

Ana Agustine, Ketua JCI Femme terpilih periode kepengurusan tahun 2024. Foto: Ist.

JCI Femme merupakan organisasi nirlaba yang terdiri dari pemuda aktif berusia 18-40 tahun untuk melahirkan para pemimpin muda dan menciptakan dampak positif di komunitasnya.

Organisasi ini berfokus pada pemberdayaan perempuan dan anak dan merupakan local chapter pertama serta satu-satunya yang hanya beranggotakan perempuan saja.

Sebagai pemimpin baru JCI Femme, Ana Agustine menyiapkan program pendorong untuk menjawab tantangan di tahun 2024 serta melakukan kerjasama dengan pemerintah guna mensukseskan program zero stunting.

Ana yang juga berprofesi sebagai lawyer tersebut menyatakan akan melakukan sosialisasi mengenai recycle dan stunting yang termasuk salah satu point SDGS. “Kita akan melakukan kerjasama dengan lembaga perempuan untuk memberikan dampak nyata bagi para wanita di sekeliling kita, sekaligus berkolaborasi dengan JCI chapter international untuk mendapatkan input dan sharing pengalaman dari luar Indonesia,” ungkap Managing Partner pada Kantor Hukun Indonesia Global Lawfirm ini.

Program-program JCI Femme yang akan dilaksanakan di tahun 2024 bakal mengusung tema Shine bright, lead with purpose. Diharapkan dengan tema tersebut akan membentuk karakter masing-masing anggota menjadi lebih kuat terlepas dari latar belakang yang berbeda-beda dan juga tantangan dalam lingkungan yang dihadapi. (MM/Lya)

 

Erafone & More Buka Gerai Ke-11 di EDC

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Retail | Erajaya Digital meresmikan gerai ke-11 Erafone & More yang berlokasi di Erajaya Digital Complex (EDC), kawasan PIK 2, Jakarta Utara pada Sabtu (2 Desember 2023). Gerai seluas 830 m2 ini menawarkan produk elektronik lengkap dari brand-brand ternama mulai dari gadget hingga perangkat rumah tangga.

Erajaya Digital resmi menambah gerai Erafone & More yang ke-11 di EDC, kawasan Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta Utara pada Sabtu (2/12/23). Foto: marketing.co.id/lialily.

Erafone & More pertama kali hadir pada Desember 2022 di Margonda, Depok yang kemudian diikuti dengan pembukaan gerai di beberapa wilayah serta di kota Medan dan Makasar.

“Gerai Erafone & More yang terletak di kawasan EDC ini, hadir dengan suasana berbeda dari gerai Erafone & More lainnya. Kami meyakini bahwa gerai ini akan menjadi rekomendasi utama bagi pelanggan yang ingin berbelanja kebutuhan home appliances dan smart appliances. Selagi berbelanja, konsumen juga dapat menikmati pengalaman yang ditawarkan di kawasan PIK 2,” ujar Joy Wahyudi, CEO Erajaya Digital.

Pada tanggal 16 September 2023 lalu, telah dilakukan soft opening EDC PIK 2, dimana gerai ini merupakan retail space seluas 2 hektar yang menjadi pusat gaya hidup digital pertama dan terlengkap di kawasan Jakarta Utara.

Dengan mengusung konsep open air, pengunjung EDC bisa berbelanja sambil menikmati suasana santai menyusuri koridor yang menghubungkan gerai-gerai di dalamnya.

Grand Opening EDC menghadirkan Maliq & D’Essentials serta berbagai promo menarik, termasuk diskon hingga Rp14 juta. Serangkaian aktivitas bagi pengunjung pada tanggal 2-3 Desember 2023 seperti kompetisi simulator balap dan test drive yang bekerja sama dengan komunitas M Owner Club Indonesia (MOCI). (MM/Lya)

Terobosan Baru! Speaker PASPRO F6 Series Dukung Fitur TWS dengan Kualitas Suara Stereo

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Portabilitas, konektivitas dan kualitas suara adalah tiga poin penting yang harus ada dalam speaker masa kini. Kombinasi ketiganya merupakan investasi dan manfaat untuk jangka panjang yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, baik di dalam ruangan maupun ruang terbuka. Saat ini Anda tidak perlu membeli banyak speaker untuk segala keperluan acara, cukup dengan satu speaker saja segala aktivitas dan acara menjadi lancar dan sukses.

Belakangan ini, teknologi populer dengan nama TWS yang merupakan teknologi nirkabel antar speaker atau perangkat diadopsi POLYTRON pada speaker-nya demi menghasilkan kualitas suara stereo yang lebih imersif untuk memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih maksimal.

Felita Septian Giovani, Product Manager Audio POLYTRON menyampaikan bahwa fungsionalitas dan portabilitas pada speaker PAS PRO F6 series sangat mendukung penggunaan yang lebih fleksibel. Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, PAS PRO F6 series dapat digunakan baik untuk indoor maupun outdoor.

PAS PRO F6 series merupakan professional trolley speaker yang dirilis dengan dua ukuran, yakni woofer 10 inci dan 12 inci. Keduanya dapat digunakan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Dual power yang dimilikinya sangat memungkinkan untuk dimainkan di ruang terbuka tanpa listrik. Kekuatan power pada baterai yang tertanam di dalamnya mampu bertahan hingga 5 jam pemakaian dengan pengoperasian normal, yaitu pada level volume dan tone control di kisaran 50%.

“PAS PRO F6 series memiliki keandalan pada mobilitas dan portabilitas karena dilengkapi dengan roda pada kakinya, dan pegangan handle trolley. Sehingga, PAS PRO10F6 sangat cocok digunakan untuk berbagai acara, misal bisa untuk pesta kebun, olahraga, rapat atau pertemuan, ulang tahun, dan lain sebagainya,” jelas Felita.

Secara teknis, PAS PRO F6 series bisa dikoneksikan dengan speaker PAS PRO F6 lainnya dengan ketentuan berlaku untuk 2 speaker. Misal, antara PAS PRO10F6 (10 inch) dengan PAS PRO12F6 (12 inch). Keduanya bisa disambungkan tanpa kabel dengan keluaran suara stereo yang mantap dengan fitur atau teknologi TWS yang ada di dalamnya.

Bisa juga dengan sesama PAS PRO10F6. Dengan demikian, speaker yang tersambung tersebut bisa mengeluarkan musik yang sama, dan secara sistematis speaker yang tersambung tersebut menjadi otomatis stereo system.

Koneksi lainnya tetap ada yaitu USB input dan aux input. Sedangkan koneksi bluetooth-nya sudah memiliki sambungan bluetooth terkini versi 5.0. Untuk melengkapi kemeriahan acara, PAS PRO F6 series memungkinkan koneksi 2 wireless microphone dan 1 mic input untuk wired microphone lengkap dengan pengaturan mic level dan echo level untuk fungsi karaoke, serta fitur mic priority untuk mengatur suara vokal menjadi lebih dominan dibandingkan musik yang diputar sehingga cocok digunakan MC di berbagai perhelatan acara.

Setiap pembelian PAS PRO F6 series gratis mendapatkan 2 wireless microphone. Untuk microphone tersebut juga bisa dioperasikan dengan smooth tanpa hambatan karena memiliki pengaturan multi channel tersedia hingga 99 channel yang dapat dipilih, dengan demikian kemungkinan kebocoran suara dari channel microphone  ‘tetangga’ tidak akan mempengaruhi kemeriahan acara Anda.

Sedangkan fungsi lain pada PAS PRO F6 series juga sudah dilengkapi dengan FM radio dengan sistem digital. Untuk tuning control-nya, PAS PRO ini memiliki 3-Band Tone Control yaitu bass, middle dan treble. Pengaturan volume, sumber musik yang akan dimainkan, memilih lagu dari USB juga bisa Anda kontrol secara digital melalui smartphone via aplikasi POLYTRON Audio Connect, aplikasi ini dapat diunduh di Google PlayStore.