Marketing.co.id — Berita Teknologi | AEON Mall Deltamas memperkenalkan komplek Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) berbasis teknologi ultra-fast charging. Dalam upaya mendukung mobilitas bersih dan berkontribusi pada akselerasi penggunaan kendaraan listrik, AEON Mall Deltamas bekerjasama dengan provider SPKLU Utomo Chargeplus untuk menyediakan fasilitas pengisian daya yang mampu menangani 8 mobil listrik secara bersamaan.
Pengumuman kehadiran komplek SPKLU ini disampaikan saat acara penanaman pohon “AEON Tree Planting Ceremony” pada tanggal 9 Desember 2023. Menurut Sri Prayogi, General Manager AEON Mall Deltamas, kehadiran fasilitas ini sejalan dengan visi pusat perbelanjaan sebagai bangunan ramah lingkungan (greenship building). “Fasilitas SPKLU menjadi syarat utama untuk mendapatkan sertifikat greenship building, dan kami berkomitmen mendukung mobilitas bersih dengan menyediakan teknologi ultra-fast charging,” ungkapnya.
Komplek SPKLU Utomo Chargeplus di AEON Mall Deltamas direncanakan akan dibuka pada bulan Maret 2024. Keunikan lainnya adalah penggunaan panel surya di titik SPKLU, menegaskan komitmen AEON Group dalam menyelaraskan pertumbuhan ekonomi dengan pelestarian lingkungan.
Anthony Utomo, Managing Director PT Utomo Chargeplus Indonesia, menyampaikan kegembiraannya terkait perluasan SPKLU. “Teknologi SPKLU Utomo Chargeplus yang akan dipasang di AEON Mall Deltamas adalah tipe ultra-fast charging Inferno. Kami senang melihat semakin banyak pihak swasta yang peduli dengan mobilitas bersih dan menyediakan SPKLU di lokasi bisnis mereka. Hal ini akan berdampak positif terhadap pencapaian target net-zero emission,” tambahnya.
Dengan upaya peningkatan jumlah titik pengisian daya, Utomo Chargeplus berkontribusi aktif terhadap target pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yang menargetkan 1.558 unit SPKLU di seluruh Indonesia.
Marketing.co.id – Berita Marketing | J&T Express menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika. Penghargaan diraih dalam kategori Pelaksanaan Wajib Bayar PNPB (Penerimaan Negara Bukan Pajak) Kontribusi Penyelenggara Layanan Pos Universal (KPLPU) Terbesar Tahun Buku 2022.
Sejumlah penyelenggara layanan telekomunikasi dan pos hadir pada acara bertajuk “InterAKSI: Indonesia Terkoneksi dan Siap Beraksi” yang diselenggarakan oleh Kominfo. Acara penghargaan tersebut menetapkan beberapa kategori penghargaan yang dibagi dalam lima Satuan Kerja yang meliputi Direktorat Pos, Direktorat Telekomunikasi, Direktorat Penyiaran, Direktorat Pitalebar, dan Direktorat Pengendalian Pos dan Informatika.
“Kami sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan, ini melengkapi prestasi dalam 8 tahun perjalanan melayani pengiriman di Indonesia. KPLPU merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh penyelenggara pos, dan kami terus berupaya dalam berkontribusi mendukung pelaksanaan penyedia layanan khususnya jasa pengiriman di Indonesia. Harapannya dengan konsisten memenuhi kewajiban ini J&T Express dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi semua pihak,” tutur Komisaris J&T Express, Iwan Senjaya.
Pada acara yang berlangsung di 12 Desember 2023 tersebut, penghargaan diberikan secara langsung oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen PPI Kominfo), Wayan Toni Supriyanto.
Iwan Senjaya, Komisaris J&T Express menerima simbolis penghargaan dari Dirjen PPI Kominfo, Wayan Toni Supriyanto
Prestasi yang diraih J&T Express memperkuat perannya sebagai jasa pengiriman yang berkontribusi dalam visi transformasi digital pemerintah dan industri terkait. Lebih lanjut, penghargaan ini menunjukkan tekad kuat J&T Express dalam menerapkan teknologi manajemen logistik, utamanya pengaplikasian sistem trace and track secara real-time untuk menjamin kualitas layanan secara digital.
Pencapaian ini membuktikan bahwa J&T Express tidak hanya menjadi penopang dalam industri jasa pengiriman di Indonesia, tetapi juga berkontribusi dalam memberikan standar pelayanan unggul dalam era digitalisasi yang semakin berkembang.
Marketing.co.id — Berita Consumer Goods | OT Group kembali berinovasi melalui merek OOPS FUGU & FRIENDS dengan meluncurkan kemasan dan varian baru. Pada peluncuran ini, OOPS FUGU & FRIENDS menyasar segmen Generasi Alpha, berbagi kebahagiaan dengan anak-anak Rumah Harapan Indonesia (RHI), mengajak mereka berwisata dan bermain di Jakarta Aquarium & Safari.
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2020, sekitar 29 juta jiwa penduduk Indonesia dikategorikan sebagai Generasi Alpha, yang lahir di atas tahun 2010. Dengan menggabungkan jumlah ini dengan Generasi Z yang berjumlah 75 juta jiwa, keduanya menjadi mayoritas penduduk Indonesia saat ini.
Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group, menjelaskan, generasi Alpha dikenal sangat akrab dengan gadget dan teknologi informasi, trendi, up to date, dan suka berpetualang. Segmen ini menjadi target utama dari produk crackers kami, OOPS FUGU & FRIENDS.
“Pada penghujung tahun 2023 ini, kami kembali berinovasi dengan merubah packaging dan menambahkan sejumlah varian rasa. Tetapi bentuknya tetap mengambil tema hewan laut. Bekerjasama dengan JAKARTA AQUARIUM & SAFARI, kami meluncurkan varian baru ini dengan tema petualangan, bermain, dan belajar mengenal biota laut,” ujar dia.
Pada peluncuran ini, OOPS FUGU & FRIENDS juga melakukan aksi sosial, mengajak anak-anak asuh Rumah Harapan Indonesia untuk berwisata dan menikmati petualangan seru di Jakarta Aquarium & Safari. Valencia Mieke Randa, Founder RHI, menyampaikan apresiasi, “Anak-anak asuh kami adalah mereka yang berpenyakit berat dan tidak menular, sebagian besar berasal dari keluarga kurang mampu. Selain pengobatan yang layak, mereka juga butuh hiburan agar tidak terlalu fokus pada penyakit yang mereka derita.”
Natalia Poetri Handayani, Marketing Communication Manager Jakarta Aquarium & Safari, menyambut baik kegiatan sosial ini. Dimana, Jakarta Aquarium & Safari merupakan wahana akuarium indoor terbesar di Indonesia, tujuan wisata keluarga sejak 2017.
OOPS FUGU & FRIENDS hadir dengan dua varian yang sudah dikenal, yaitu Seaweed Flavour dan Grilled Lobster Flavour, serta varian rasa baru yaitu Garlic Butter dan Choco Blast. OOPS FUGU & FRIENDS merupakan satu-satunya snack crackers yang dipanggang, bukan digoreng, dengan keunikan berbentuk hewan laut, menjadi ciri khas yang disukai konsumen.
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | OPPO kembali mengukuhkan keberadaannya di pasar premium Indonesia dengan meresmikan OPPO Experience & Service Store terbarunya di Delipark, Medan. Dibuka pada Minggu, 10 Desember 2023, toko ini menjadi yang terbesar dan terlengkap di Indonesia, menawarkan luas 420m2 pengalaman berbelanja yang tak tertandingi.
Flagship store ini tidak hanya menawarkan produk OPPO terkini tetapi juga menyediakan area OJ Coffee, area bermain anak, service center, hingga toko buku. Area OJ Coffee memberikan pengalaman unik dalam memilih perangkat OPPO sambil menikmati minuman dan pastry. Toko ini juga memperkenalkan konsep “Old Phone Showcase,” yang memungkinkan pengguna mengubah ponsel lama menjadi karya seni. Dengan toko buku di satu area, OPPO Experience & Service Store Delipark menjadi one-stop gadget shopping.
Menurut Patrick Owen, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia, hadirnya toko ini adalah respons terhadap karakteristik konsumen Medan yang menghargai inovasi dan teknologi. Dengan produk unggulan dan layanan premium, OPPO berupaya memudahkan konsumen dalam memilih produk terbaik.
“Kami berharap kehadiran OPPO Experience & Service Store Delipark Medan ini dapat memberikan rasa nyaman kepada konsumen saat berkonsultasi maupun saat mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan,” ujar dia.
Pada peresmian, OPPO Family dan Morgan Oey memberikan dukungan. Morgan Oey menyatakan bahwa kondisi toko yang nyaman dan layanan ramah membantu konsumen dalam memilih gadget sesuai kebutuhan.
Sebagai bagian dari pembukaan, konsumen dapat menikmati promo menarik, termasuk diskon hingga Rp4.000.000, cicilan 0% dengan tenor hingga 24 bulan, diskon pembelian Enco buds2 untuk 50 pembeli HP pertama, diskon buku hingga Rp500.000, diskon pembiayaan senilai Rp1.600.000, diskon produk IoT hingga 80%, lelang produk, hingga buy 1 get 1 coffee di OJ Coffee. Pengunjung juga berkesempatan memenangkan undian sepeda listrik.
Marketing.co.id – Berita UMKM | Hadir dari tahun 2018, pioneer platform securities crowdfunding terbesar untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta franchise di Indonesia, Bizhare mencatatkan sejumlah pencapaian luar biasa selama tahun 2023.
Jumlah pengguna terdaftar hingga November 2023, lebih dari 200 ribu, sementara nilai investasi telah mencapai lebih dari 200 miliar rupiah yang naik lebih dari 150% dibanding tahun 2022.
Tak hanya itu saja, di penghujung tahun 2023, Bizhare sukses meraih pendanaan lanjutan yang dipimpin oleh Kejora Capital dan SBI Holdings melalui SBI-Kejora Orbit Fund. Pendanaan ini kemudian diikuti oleh Telkomsel Ventures, AngelCentral dan beberapa investor lain.
Founder & CEO Bizhare, Heinrich Vincent (kiri) bersama Co-Founder & CTO Bizhare, Giovanni Umboh (kanan) berpose usai menyampaikan pemaparan terkait kinerja Bizhare di tahun 2023 serta inisiasi program pada tahun 2024 di Jakarta (13/12). Foto: marketing.co.id/lialily.
Heinrich Vincent, CEO Bizhare mengatakan, “Banyak yang mengira kami adalah bagian dari Biznet, namun saya tegaskan bahwa kami tidak terafiliasi dengan perusahaan tersebut. Bizhare merupakan solusi pendanaan dan investasi bisnis yang memahami kebutuhan UMKM di Indonesia. Sejak awal berdiri, kami fokus untuk membantu masyarakat Indonesia bebas secara finansial dengan menciptakan ekosistem bisnis dan investasi yang menguntungkan bagi penerbit dan investor.”
Adapun total penerbit yang terdiri dari UMKM dan franchise ternama di Indonesia sudah mencapai lebih dari 130 penerbit yang menghasilkan total omset hingga mencapai 600 miliar rupiah. Jumlah penerbit ini juga mengalami peningkatan sebesar lebih dari 135% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Bizhare menargetkan pada tahun 2024 akan berkolaborasi dengan investor institusi, meluncurkan inovasi barunya yaitu fitur “Instrumen Investasi”, mengembangkan fitur dan teknologi untuk penerbit dan pemodal serta melakukan ekspansi ke beberapa kota.
“Pendanaan yang kami dapatkan akan didedikasikan untuk memperluas layanan Bizhare, mengembangkan sistem teknologi serta menghadirkan banyak peluang investasi bisnis. Kami optimis pada tahun 2024 akan dapat menghadirkan berbagai inovasi tersebut untuk memberikan nilai tambah bagi pihak yang terlibat, mitra terpercaya dan pelaku bisnis UMKM di Indonesia,” tutup Heinrich.
Alfamart, Holycow, Bam Cargo, Sour Sally, hanya beberapa bisnis yang telah menjadi besar basis penggunanya karena penggunaan platform ini.
Masyarakat tak perlu ragu karena platform Bizhare telah memperoleh sertifikasi ISO 27001 pada September 2019 untuk tingkat keamanannya.(MM/Lya)
[Ki-Ka] Head of Product Development PT Asuransi Tokio Marine Indonesia Djoko Mulyono, President Director PT Asuransi Tokio Marine Indonesia Sancoyo Setiabudi dan Digital Strategy PT Asuransi Tokio Marine Indonesia Foster KurniawanPT Asuransi Tokio Marine Indonesia melaporkan kinerja keuangan yang kuat dan komitmen untuk memperkuat segmen ritel melalui inovasi produk dan digital
Marketing.co.id – Berita Marketing | Tokio Marine Indonesia (TMI), perusahaan patungan antara Tokio Marine Asia Pte Ltd dan PT Asuransi Jasa Indonesia baru saja mengumumkan kinerja keuangan yang kuat selama lima tahun terakhir (2018 – 2022). Sebagai salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia, TMI mempunyai posisi yang strategis di pasar, menekankan pertumbuhan yang impresif dan dedikasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang.
TMI melaporkan pertumbuhan dalam pendapatan premi (gross written premiums) mencapai IDR 2,28 triliun pada 2022, dengan tingkat pertumbuhan per tahun atau CAGR sebesar 9,5% dari IDR 1,59 triliun pada 2018. Perusahaan juga mencatatkan peningkatan keuntungan bersih dengan CAGR 19.5%, dari IDR 130 miliar pada 2018 menjadi IDR 265 miliar pada 2022.
Presiden Direktur Tokio Marine Indonesia Sancoyo Setiabudi menyampaikan bahwa prestasi ini menegaskan ketangguhan dan kekuatan keuangan TMI, tercermin dalam peringkat kekuatan keuangan A- (Excellent) oleh A.M. Best selama tujuh tahun berturut-turut—sebuah bukti akan kapitalisasi yang solid, kinerja operasional yang menguntungkan, dan posisi pasar yang mapan.
Sebagai bagian dari komitmen terhadap bisnis lokal dan Jepang, Sancoyo mengatakan bahwa TMI mencapai pertumbuhan sebesar 17% di bisnis lokal dan pertumbuhan sebesar 7% di bisnis Jepang selama lima tahun terakhir. Bisnis lokal telah tumbuh signifikan sebesar 47% dari total pendapatan premi pada 2017, menjadi 58% pada 2022.
Untuk mendukung tren pertumbuhan ini, TMI telah mengimplementasikan berbagai inisiatif dalam pengembangan produk dan transformasi digital. Menurut Head of Product Development PT Asuransi Tokio Marine Indonesia Djoko Mulyono, TMI saat ini menawarkan perlindungan untuk sektor korporat dan ritel.
Bagi klien korporat, di samping menyediakan produk-produk asuransi tradisional seperti PAR (Property All Risks) dan Cargo, TMI juga mengenalkan produk untuk memitigasi risiko seperti asuransi Directors & Officers (D&O), Cyber Security, dan Trade Credit Insurance. Asuransi D&O melindungi pemimpin dari risiko tanggung jawab pribadi yang timbul dari keputusan yang diambil dalam peran manajerial, memastikan kelangsungan operasional perusahaan bahkan ketika menghadapi tuntutan hukum.
Asuransi ini mencakup biaya hubungan masyarakat untuk memperbaiki reputasi perusahaan yang diasuransikan dan menyediakan perlindungan untuk berbagai jenis kegiatan usaha. Selain itu, Cyber Security (Keamanan Siber) dan Trade Credit Insurance (Asuransi Kredit Dagang) TMI didesain secara strategis untuk mendukung pertumbuhan dan ketahanan entitas korporat di tengah ancaman keamanan siber dan ketidakpastian perdagangan.
Di sisi ritel, TMI mengenalkan Tokio Marine Travel Partner (TMTP) dengan opsi perlindungan yang dipersonalisasi, termasuk penjadwalan ulang visa. Pelanggan dapat menyesuaikan perlindungan yang dibutuhkan dengan rencana perjalanan mereka.
Sejalan dengan pergeseran ke arah digital, Djoko mengenalkan produk terbaru TMI yaitu Personal Cyber untuk melindungi pelanggan dari pencurian identitas dan penipuan online, Tyre Insurance (asuransi ban), Electronic Extended Warranty (Jaminan Perpanjangan Garansi Elektronik), dan Buyer Protection (Perlindungan Pembeli) yang memenuhi berbagai kebutuhan ritel.
Digital Strategy PT Asuransi Tokio Marine Indonesia Foster Kurniawan menambahkan, perjalanan transformasi digital Tokio Marine Indonesia berfokus pada pendekatan yang berorientasi pada pelanggan dan rekan bisnis, dengan komitmen kuat untuk mengadopsi teknologi digital terbaru dan inovatif. Tujuannya adalah untuk menyediakan pengalaman dan kemampuan digital yang baru, meningkatkan keseluruhan pengalaman bagi pelanggan dan rekan bisnis.
Di sektor korporat misalnya, TMI menghadirkan Worksite Marketing 2.0, sebuah platform digital yang dirancang untuk memberikan manfaat perlindungan khusus bagi karyawan. TMI juga mengintegrasikan sistem kemitraan digital melalui API untuk proses bisnis yang lebih efisien dan otomatis. Guna meningkatkan efisiensi operasional back-office, TMI menerapkan Robotic Process Automation (RPA). TMI juga memanfaatkan analisis data untuk wawasan mendalam dan rekomendasi strategis, meningkatkan strategi bisnis dan kolaborasi dengan klien.
Sedangkan untuk pelanggan ritel, TMI mengenalkan platform online mandiri yang intuitif https://bebascemas.tokiomarine.co.id berbasis teknologi Progressive Web Application (PWA). Platform ini memudahkan pelanggan dalam menjelajahi, membeli produk serta mengakses layanan lainnya dari TMI tanpa perlu menginstal aplikasi.
Lebih lanjut Foster menjelaskan bahwa TMI menerapkan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi penipuan pada klaim otomotif dan e-commerce. Penerapan teknologi voicebot AI, HIKARU, menawarkan interaksi dengan pelanggan layaknya manusia, tidak hanya mengingatkan jatuh tempo polis namun juga memberikan rekomendasi produk.
Selain itu, Tokio Marine Agency Application (TAPPS) memberdayakan agen dengan fleksibilitas dalam proses penjualan, memungkinkan agen membuat penawaran, memproses pembayaran, dan menerbitkan polis asuransi secara instan. Inisiatif digital ini mencerminkan komitmen TMI terhadap inovasi dan layanan berorientasi pelanggan dalam lanskap digital yang terus berkembang dengan cepat.
“Ini merupakan strategi kami untuk menciptakan nilai baru dalam memberikan perlindungan dengan memanfaatkan teknologi digital terkini guna menciptakan cara bisnis yang inovatif, efisien, dan interaktif dengan pelanggan dan rekan bisnis. Kami yakin dengan mengimplementasikan hal ini, bersama dengan komitmen kami pada transformasi digital, akan memungkinkan kami menyediakan lebih banyak layanan kepada pelanggan kami saat ini dan di masa depan,” pungkas Sancoyo.
TMI berkomitmen untuk menyediakan layanan dan perlindungan terbaik kepada pelanggan dan rekan bisnis dalam berkontribusi pada pengembangan industri asuransi dan masyarakat di Indonesia. Sebagai bagian dari Tokio Marine Group, salah satu grup asuransi terbesar di dunia, TMI mematuhi filosofi perusahaan “kepercayaan pelanggan sebagai dasar dari semua kegiatan” dan berusaha menjadi “Good Company” yang memainkan peran penting dalam Masyarakat.
Marketing.co.id — Berita Marketing | PT Pertamina International Shipping (PIS) mencapai tonggak sejarah dengan meraih peringkat investment grade Baa3 dari lembaga pemeringkat internasional Moody’s Investor Service (Moody’s). PIS, yang merupakan bagian integral dari Pertamina Group, kini menjadi lebih menarik bagi investor dengan peringkat ini.
Analisis Moody’s menyoroti peran strategis PIS sebagai penyedia logistik maritim terintegrasi dalam rantai energi komoditas minyak dan gas di Indonesia. Maisam Hasnain, Analis Senior dan VP Moody’s, menyatakan, “PIS efektif berperan sebagai virtual pipeline, mengangkut energi ke banyak pulau di Indonesia, mencerminkan stabilitas dan visibilitas yang tinggi dalam arus kas perusahaan.”
Peringkat Baa3 mencerminkan kekuatan arus kas perusahaan, yang didukung oleh bisnis captive jangka panjang dari Pertamina Group. Keberhasilan PIS dalam mengelola armada 869 kapal, terdiri dari 95 kapal tanker milik, 315 kapal tanker sewa, dan 459 kapal support, juga menjadi faktor penting dalam pemeringkatan ini.
Diah Kurniawati, Direktur Keuangan PIS, menekankan transparansi perusahaan dengan rutin menerbitkan laporan kinerja keuangan kepada publik. “Pemeringkatan oleh Moody’s menunjukkan bahwa fundamental bisnis PIS dinilai menjanjikan bagi investor, terutama dengan kinerja perusahaan yang terus bertumbuh,” ujarnya.
PIS, sebagai anak perusahaan Pertamina, memiliki akses yang memadai ke industri perbankan, terbukti dengan keberhasilan mendapatkan pinjaman sindikasi senilai US$ 750 juta dari bank nasional dan internasional dalam dua tahun terakhir.
Dalam konteks ekspansi global, PIS telah melipatgandakan rute pelayaran internasionalnya menjadi 50 rute dalam beberapa bulan terakhir. Diah Kurniawati menyatakan rencana ekspansi ini akan terus dilakukan untuk meningkatkan porsi pasar non-captive PIS dan mendukung pertumbuhan pendapatan perusahaan.
“Dalam rangka ekspansi ini, PIS berkomitmen untuk tidak hanya mengangkut komoditas energi konvensional, tetapi juga energi dan komoditas ramah lingkungan, mendukung transisi energi di Indonesia,” tutup Diah Kurniawati.
Marketing.co.id – Berita Marketing | Memasuki musim tanam awal tahun 2024, PT Pupuk Indonesia (Persero) menegaskan komitmennya untuk menyediakan jumlah pupuk yang cukup bagi petani di seluruh Indonesia. Hingga 6 Desember 2023, lebih dari 5,802 juta ton pupuk telah disalurkan kepada petani terdaftar di 38 provinsi.
Stok Pupuk di Gudang Pupuk Indonesia.
Pentingnya ketersediaan pupuk, baik subsidi maupun non-subsidi, menjadi perhatian utama Pupuk Indonesia. Untuk memastikan kebutuhan petani terpenuhi, perusahaan ini memiliki stok sebesar 1,2 juta ton yang tersedia di gudang lini III dan siap ditebus oleh petani terdaftar. Dari jumlah tersebut, 839,693 ribu ton adalah stok pupuk urea bersubsidi, dan 424,692 ton adalah NPK. Bagi petani tanpa alokasi subsidi, Pupuk Indonesia juga menyediakan 500,934 ton pupuk urea non-subsidi dan 92,398 ton NPK non-subsidi.
Wijaya Laksana, Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia, menjelaskan, “Komitmen kami adalah pupuk tersedia tepat waktu di gudang-gudang lini terdepan di seluruh Indonesia. Bukan hanya jumlah yang cukup, kami memastikan jenis dan mutunya sesuai dengan kebutuhan pertanian di daerah tersebut. Selain pupuk subsidi, pupuk non-subsidi pun telah kami siapkan.”
Untuk memudahkan petani dalam proses penebusan pupuk subsidi, Pupuk Indonesia terus berinovasi, salah satunya dengan digitalisasi melalui aplikasi i-Pubers (Integrasi Pupuk Bersubsidi). Aplikasi ini, yang telah hadir di 6 provinsi, memungkinkan petani terdaftar untuk melakukan penebusan pupuk subsidi hanya dengan membawa KTP. Dengan integrasi data e-alokasi Kementan dan fitur geo-tagging, i-Pubers menjadi solusi terdepan untuk memastikan ketepatan distribusi pupuk.
“Inovasi digital ini tidak hanya efisien, tetapi juga membantu kita mengarahkan pupuk subsidi tepat pada sasaran, mendorong pertumbuhan sektor pertanian dengan presisi,” tambah Wijaya.
Pupuk Indonesia fokus pada ketepatan distribusi stok pupuk, melibatkan anak perusahaan di industri pupuk, untuk mendukung keberlanjutan pertanian. Investasi dalam teknologi dan sistem manajemen logistik menjadi langkah strategis perusahaan. Digitalisasi manajemen logistik dilakukan melalui penerapan Distribution Planning & Control System (DPCS) dan Retail Management System (RMS).
Melalui DPCS, Pupuk Indonesia dapat melakukan pengawasan distribusi secara real-time dari lini 1 hingga lini 4, dilengkapi dengan early warning system untuk memberikan peringatan dini jika stok menipis pada tingkat daerah. Sedangkan RMS diterapkan pada tingkat kios atau pengecer untuk mengawasi stok dan transaksi pupuk, serta mengidentifikasi pihak yang melakukan penebusan pupuk di tingkat kios.
Keamanan distribusi pupuk subsidi juga diperkuat dengan sinergi dan koordinasi dengan berbagai stakeholder, termasuk distributor, Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3), kepolisian, hingga kejaksaan dan pemerintah daerah setempat. Proses audit secara berkala dilakukan oleh Pupuk Indonesia untuk memastikan tidak ada indikasi penyimpangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi bagi petani.
Selain itu, Pupuk Indonesia menegaskan komitmennya untuk berinovasi dalam meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan sektor pertanian. Salah satu inisiatifnya adalah program MAKMUR (Mari Kita Majukan Usaha Rakyat), yang telah dimulai sejak 2021. Program ini bertujuan mengedukasi dan memberdayakan para petani agar beralih ke pupuk non-subsidi, mengurangi ketergantungan pada pupuk subsidi.
“Program MAKMUR adalah tonggak penting dalam membangun kemandirian sektor pertanian kita. Kami tidak hanya menyediakan pupuk subsidi, tetapi juga melalui edukasi kami mendampingi petani untuk mulai menggunakan pupuk non-subsidi. Dengan memahami kebutuhan tanaman, petani menjadi lebih mandiri dalam penggunaan pupuk, dan bersama-sama kita tingkatkan produktivitas sektor pertanian menuju masa depan yang lebih berkelanjutan,” tutup Wijaya.
Marketing.co.id – Berita Marketing | Veda Praxis, perusahaan business advisor asli Indonesia, meresmikan kantor perwakilan di Ho Chi Minh City, Vietnam, sebagai bagian dari langkah strategis perusahaan dalam memperluas ekosistem bisnisnya. Langkah ini, yang diambil tepat saat perusahaan memasuki usia ke-18, diharapkan akan membawa Veda Praxis lebih dekat untuk mewujudkan visinya sebagai Advanced Advisory Service Provider di Asia.
Saat ini, Vietnam tengah mencatat pertumbuhan ekonomi yang pesat di kawasan Asia Tenggara. Perkembangan ini menjadi latar belakang bagi Veda Praxis untuk memilih waktu yang tepat guna membuka kantor perwakilan di negara tersebut. Agustaviano Sofjan, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Ho Chi Minh City, menyambut baik kehadiran Veda Praxis, menyatakan bahwa langkah ini merupakan bukti nyata dari hubungan bilateral yang erat antara Indonesia dan Vietnam.
“Tahun ini, kita merayakan 10 tahun perjanjian strategis Indonesia-Vietnam yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan perdagangan hingga USD 14 miliar bagi Vietnam dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan membuka kantor di Vietnam, Veda Praxis turut memperkuat hubungan ini, dan saya yakin kolaborasi yang lebih erat antara kedua negara dapat membentuk ASEAN yang lebih baik ke depannya,” ungkap Agustaviano Sofjan.
Dengan potensi 300 juta pengguna internet di Indonesia dan Vietnam, kedua negara diharapkan menjadi pusat digital di Asia Tenggara. Pertumbuhan ekonomi digital yang tinggi dan kemiripan budaya menimbulkan tantangan serupa, terutama terkait dengan digitalisasi, perlindungan data pribadi, dan keamanan cyber. Veda Praxis mengantisipasi hal ini dengan mengembangkan ekosistem di Vietnam, menyajikan layanan assurance, advisory, implementation, dan outsourcing untuk berbagai industri dan sektor usaha.
Syahraki Syahrir, Chief Executive Officer & Partner Veda Praxis, menjelaskan, “Veda Praxis menyadari bahwa menjadi konsultan tidak hanya berkaitan dengan klien, tetapi juga membangun ekosistem. Kami berfokus pada talenta-talenta baru di Vietnam. Di luar teknologi dan implementasinya, percepatan digital terkait erat dengan tata kelola yang baik dan inovasi berkesinambungan. Kami yakin dapat menciptakan ekosistem bisnis yang lebih baik di Indonesia, Vietnam, dan Asia Tenggara.”
Meskipun Vietnam memiliki sumber daya manusia yang berkompeten, masih terdapat jurang pengetahuan dan proses bisnis. Toan Nguyen, General Manager Veda Praxis Vietnam, optimis bahwa reputasi Veda Praxis di Indonesia akan menjadi modalitas yang sangat baik untuk mengembangkan jasa konsultasi profesional di Vietnam.
“Dengan menyatukan sumber daya, pengetahuan, dan inovasi, saya yakin Veda Praxis dengan visi dan filosofi kolaborasi ekosistem dapat mewujudkan masa depan Vietnam dan Indonesia yang lebih cerah di tataran global,” ujar Toan Nguyen.
Dengan langkah ini, Veda Praxis tidak hanya membuka babak baru dalam perkembangannya sebagai perusahaan business advisor terkemuka, tetapi juga menjadi kontributor penting dalam mempererat hubungan bisnis antara Indonesia dan Vietnam di era digital ini. (Wahid F)
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Jelang tahun baru 2024, Marriott International menyelenggarakan “Marriott Thank You Party 2023” yang berlangsung pada tanggal 8 Desember di Bali Hai Cruise, Benoa.
Marriott International Bali pada 8 Desember 2023, mengubah Bali Hai Cruise menjadi venue yang mewah sebagai lokasi acara pemberian apresiasi terhadap mitra kerjanya. Foto: Ist.
Acara ini sebagai rasa terima kasih kepada para mitra usaha yang telah memainkan peran penting dalam menjadikan Marriott terdepan di industri perhotelan.
Berlatar pemandangan sunset yang indah di laut Bali, Marriott Internasional Bali, mengubah Bali Hai Cruise menjadi venue yang mewah dan mengesankan dengan pita merah yang megah dan dekorasi yang bernuansa “festive”.
Perayaan ini dihadiri oleh 112 mitra industri, 24 perwakilan hotel Marriott Bali dan 6 General Manager dari berbagai properti. Berbagai kemeriahan seperti kompetisi pakaian terbaik, tarian budaya Bali, pertunjukan kabaret dan undian berhadiah, dihadirkan di dek kapal untuk para tamu sembari kapal berlayar mengarah ke matahari terbenam.
“Event ini merupakan bukti hubungan kuat yang telah dibangun dan komitmen bersama untuk memberikan pengalaman luar biasa bagi para mitra usaha. Terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini,” pukas Titus Rosier, General Manager W Bali Seminyak dan Chairman Marriott Business Council Indonesia.
Marriott International Bali mengapresiasi kontribusi luar biasa dari mitra usaha yang secara konsisten memberikan inovasi dan komitmen teguh sejak awal menjalin kerja sama.(MM/Lya)
Marketing.co.id – Berita Teknologi | Dalam periode penjualan pertama, lebih dari 40 persen Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk Mitsubishi XFORCE berasal dari konsumen wanita. Tentunya, ini karena XFORCE disebabkan oleh kombinasi kekokohan bentuk SUV dan kemudahan ergonomis yang tetap nyaman bagi pengemudi wanita.
Intan Vidiasari, GM Komunikasi Marketing dan PR Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menyatakan, Mitsubishi tidak secara khusus menargetkan pengguna wanita, tetapi XFORCE tetap menjadi pilihan populer bagi wanita karir yang menginginkan kenyamanan untuk keluarga dan ketangguhan sebagai mobil harian.
Dia melanjutkan, Mitsubishi XFORCE merupakan sebuah compact SUV lima penumpang, memasuki milestone baru di dunia otomotif dengan desain stylish, robust, dan autentik. Fitur-fitur seperti High Ground Clearance, 4 mode berkendara, dan Active Yaw Control (AYC) membuat XFORCE memberikan pengalaman berkendara aman dan nyaman.
Adapun beberapa fitur unggulan Mitsubishi XFORCE, antara lain konsep eksterior menarik, yakni desain silky & solid memberikan XFORCE kesan SUV autentik yang stylish dan kokoh. Ditambah ground clearance tertinggi dengan 222 mm, XFORCE memiliki ground clearance tertinggi di kelasnya.
Menariknya lagi, interior dan bagasi terluas, yaitu wheelbase 2.650 mm dan lebar bodi 1.810 mm membuat XFORCE memiliki interior dan bagasi terluas di kelasnya. Ada juga empat mode berkendara mulai daru Normal, Wet, Gravel, dan Mud, yang dapat disesuaikan dengan berbagai kondisi jalan di Indonesia.
“Mitsubishi XFORCE juga dilengkapi Dynamic Sound Yamaha Premium, dengan 8-speaker dengan 4 Preset Equalizer dan fitur Speed Compensated Volume (SCV). Termasuk juga Active Yaw Control (AYC) untuk menjaga stabilitas saat bermanuver dengan integrasi ke empat mode berkendara serta fitur Driving Score yang mampu merekam cara berkendara ideal bagi pengemudi untuk pengalaman berkendara yang lebih aman,” ujar dia.
Tak heran jika dengan adanya keunggulan fitur-fitir ini membuat Mitsubishi XFORCE tak hanya menyajikan desain yang menawan dengan kenyamanan paripurna, tetapi juga lebih mudah dikendarai oleh siapa saja, termasuk wanita.
Kehadiran Mitsubishi XFORCE mengubah dinamika segmen compact SUV di Indonesia dengan mengakomodasi kebutuhan konsumen akan sisi futuristic, prestigious, dan comfort. XFORCE tidak hanya menawarkan desain menarik, tetapi juga berbagai fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.
Marketing.co.id – Berita Digital | Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan menghadapi keterbatasan sumber daya IPv4, adopsi IPv6 semakin menjadi fokus utama di Indonesia. Kesimpulan ini muncul dari diskusi panel IPv6 Summit 2023 dengan tema “Embracing IPv6 Innovation Toward Intelligent Indonesia Digital Vision 2030 & 2045”. Acara ini diselenggarakan oleh Asosiasi Internet of Things Indonesia (ASIOTI), Direktorat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), serta Dewan IPv6 Asia Pasifik.
Direktur Jenderal Pos dan Informatika KOMINFO, Wayan Toni Supriyanto, menekankan bahwa perkembangan teknologi digital membutuhkan jumlah alamat IP yang tidak terbatas. Dalam konteks ini, adopsi IPv6 menjadi krusial, dan dia optimis bahwa pengguna akan segera merasakan manfaatnya. “Proses adopsi IPv6 diharapkan bisa lebih cepat karena dalam use case, manfaat dari proses migrasi bisa dirasakan langsung oleh pengguna,” ungkapnya.
Teguh Prasetya, Ketua ASIOTI, menyoroti keunggulan IPv6, bukan hanya pada peningkatan jumlah alamat, tetapi juga pada keamanan end-to-end, fitur yang ditingkatkan, koneksi yang lebih baik, interferensi minimal, dan penundaan yang minimal dibandingkan dengan IPv4. Ia menyatakan bahwa IPv6 saat ini merupakan sumber daya yang sangat besar dan krusial untuk teknologi masa depan seperti mobil otonom.
I Gede Damaryusa, CTO PT XL Axiata, Tbk, menambahkan perspektif operasional terkait adopsi IPv6. “Dengan IPv6 sebagai landasan, kini aplikasi kami beragam sehingga biaya yang terbatas dapat digunakan untuk berbagai ekspansi guna membangun bisnis atau portofolio baru,” ujarnya. XL Axiata telah menjadi salah satu penerima Apresiasi Adopsi IPv6 tertinggi di Indonesia, bersama dengan PT Telkom Indonesia, PT Cyberindo Aditama, dan lainnya.
Ryan Qiu, Wakil CEO Huawei Data Communication, menyoroti peran IPv6 dalam mendukung digitalisasi. Ia menyatakan, “Pengenalan IPv6 meningkatkan kemampuan berkualitas tinggi dan kemampuan ultra-broadband 400GE memberikan landasan yang kuat untuk transformasi digital. Dengan pengalaman dan keunggulan teknologi yang dimiliki, Huawei dapat membantu ekosistem digital menciptakan terobosan untuk mewujudkan transformasi digital di Indonesia.”
Indonesia, melalui upayanya dalam pengembangan infrastruktur ekonomi digital dan IPv6, terus mengejar ketertinggalan dan menjadi pelaku utama dalam menerapkan teknologi IPv6 yang berwawasan ke depan. XL Axiata telah menyelesaikan penerapan komersial jaringan IPv6 yang ditingkatkan, menciptakan landasan infrastruktur yang kokoh bagi perkembangan ekonomi digital Indonesia.
Marketing.co.id – Berita Financial | PT Bank Amar Indonesia Tbk (BEI: AMAR) melaporkan performa luar biasa dengan pertumbuhan laba bersih tahunan sebesar 190%. Dalam rangkaian laporan dari tiga sekuritas terkemuka, NH Korindo Sekuritas Indonesia (NKHSI), Reliance Sekuritas Indonesia, dan Sinarmas Sekuritas, terungkap beberapa pencapaian kunci Amar Bank.
Vishal Tulsian, Presiden Direktur PT Bank Amar Indonesia Tbk, menyatakan, “Pertumbuhan agresif merupakan hasil dari performa luar biasa Amar Bank di tengah tantangan ekonomi makro. Sebagai digital bank, kami terus berkomitmen menghadirkan layanan keuangan inovatif untuk meningkatkan kualitas hidup dan mendukung UMKM.”
Dia menambahkan, Amar Bank berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 193,81% secara YoY, mencapai Rp162 miliar. Angka ini menandai prestasi gemilang dibandingkan dengan rugi Rp172,87 miliar di periode yang sama tahun 2022. Reliance Sekuritas mencatat laba bersih Amar Bank pada akhir tahun 2023 melebihi target estimasi sebelumnya sebesar Rp84,9 miliar.
Pendapatan Bunga Bersih Amar Bank mengalami peningkatan signifikan sebesar 28,29% YoY, mencapai Rp643,84 miliar, dengan kenaikan QoQ sebesar 16,06% menjadi Rp243,43 miliar. Faktor kunci meliputi pertumbuhan kredit sebesar 15,56% YoY dan penurunan beban bunga sebesar 48,92% YoY atau sebesar Rp52,92 miliar, menjadikannya indikator yang positif.
Dengan pertumbuhan kredit mencapai Rp2,5 triliun, meningkat 10,63% secara kuartal dan tumbuh 15,56% YoY, Tunaiku sebagai platform pinjaman digital memegang andil besar dengan kontribusi sebesar 57,9% di kuartal III-2023. Tingkat non-performing loan (NPL) menurun menjadi 1,56% di kuartal III-2023, mencerminkan fokus Amar Bank pada pertumbuhan yang berkelanjutan dan kehati-hatian dalam strategi pemberian kredit.
Mendorong Pertumbuhan CASA
Pertumbuhan rasio CASA Amar Bank meningkat hingga 24,21% secara YoY, di mana aplikasi perbankan digital dan fitur tabungan digital terbaru, Brankas, memainkan peran kunci. Aplikasi Amar Bank telah diunduh lebih dari 500 ribu kali, dan Brankas, yang memanfaatkan teknologi AI, juga turut mendukung pertumbuhan CASA. Keberhasilan strategi ini diharapkan dapat menurunkan Cost of Funds (CoF) secara periodik.
Reliance Sekuritas menetapkan harga saham AMAR sebesar Rp418 per saham dengan rekomendasi BELI, sementara Sinarmas Sekuritas mempertahankan harga beli saham Amar di Rp410. NHKSI merekomendasikan harga saham AMAR Rp400 per saham dengan valuasi Forward PBV Ratio. Semua tiga sekuritas menyoroti faktor positif, termasuk pengembangan Collaborative Embedded Banking & Financing yang mendukung pertumbuhan kredit Amar Bank.
Marketing.co.id – Berita Financial Service | PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia atau Bank) meluncurkan Maybank Kartu Kredit Celebrity Fitness dan Maybank Kartu Kredit Fitness First, pada 10 Desember 2023, di Jakarta. Kehadiran kartu kredit baru ini sejalan dengan salah satu pilar komitmen sustainability Maybank Indonesia yakni mendukung gaya hidup sehat.
“Dengan meningkatnya tren gaya hidup sehat belakangan ini, kami dengan bangga mempersembahkan Maybank Kartu Kredit Celebrity Fitness dan Maybank Kartu Kredit Fitness First yang bermitra dengan Celebrity Fitness dan Fitness First untuk menghadirkan pengalaman bertransaksi perbankan, disertai dengan berbagai program kebugaran yang menarik,” kata Direktur Community Financial Services Maybank Indonesia, Steffano Ridwan.
Steffano menambahkan, peluncuran Maybank Kartu Kredit Celebrity Fitness dan Maybank Kartu Kredit Fitness First merupakan salah satu strategi Bank untuk memperluas basis nasabah, yakni segmen Young Professional, Young Family, dan Midlifers serta calon nasabah yang memiliki kepedulian terhadap gaya hidup sehat.
Peluncuran Kartu Kredit Celebrity Fitness dan Kartu Kredit Fitness First dari Maybank
Maybank Kartu Kredit Celebrity Fitness dan Maybank Kartu Kredit Fitness First memberikan berbagai penawaran dan keuntungan bagi nasabah pengguna, di antaranya, mendapatkan tambahan 4 bulan keanggotaan untuk pendaftaran 12 bulan di Celebrity Fitness atau Fitness First, cicilan 0% hingga 12 bulan di Celebrity Fitness atau Fitness First dan bebas iuran tahunan seumur hidup hanya dengan bertransaksi 1 kali setiap tahunnya di Celebrity Fitness atau Fitness First, serta berbagai keuntungan lainnya.
Guna mendukung nasabah pengguna Maybank Kartu Kredit Celebrity Fitness dan Maybank Kartu Kredit Fitness First melakukan transaksi pembelanjaan, Maybank Indonesia menjalin kemitraan dengan PT Visa Worldwide Indonesia (VISA) sebagai penyedia jaringan pembayaran global. Pemegang kartu dapat menikmati akses ke lebih dari 100 juta merchant penerima Visa di sekitar 200 negara dan wilayah, serta berbelanja secara tap to pay dengan teknologi contactless yang terdapat dalam kedua kartu tersebut.