Kinerja Keuangan Kuat, Tokio Marine Indonesia Bakal Perkuat Segmen Ritel

[Ki-Ka] Head of Product Development PT Asuransi Tokio Marine Indonesia Djoko Mulyono, President Director PT Asuransi Tokio Marine Indonesia Sancoyo Setiabudi dan Digital Strategy PT Asuransi Tokio Marine Indonesia Foster Kurniawan
[Ki-Ka] Head of Product Development PT Asuransi Tokio Marine Indonesia Djoko Mulyono, President Director PT Asuransi Tokio Marine Indonesia Sancoyo Setiabudi dan Digital Strategy PT Asuransi Tokio Marine Indonesia Foster Kurniawan
PT Asuransi Tokio Marine Indonesia melaporkan kinerja keuangan yang kuat dan komitmen untuk memperkuat segmen ritel melalui inovasi produk dan digital

Marketing.co.id – Berita Marketing | Tokio Marine Indonesia (TMI), perusahaan patungan antara Tokio Marine Asia Pte Ltd dan PT Asuransi Jasa Indonesia baru saja mengumumkan kinerja keuangan yang kuat selama lima tahun terakhir (2018 – 2022). Sebagai salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia, TMI mempunyai posisi yang strategis di pasar, menekankan pertumbuhan yang impresif dan dedikasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang.

TMI melaporkan pertumbuhan dalam pendapatan premi (gross written premiums) mencapai IDR 2,28 triliun pada 2022, dengan tingkat pertumbuhan per tahun atau CAGR sebesar 9,5% dari IDR 1,59 triliun pada 2018. Perusahaan juga mencatatkan peningkatan keuntungan bersih dengan CAGR 19.5%, dari IDR 130 miliar pada 2018 menjadi IDR 265 miliar pada 2022.

Presiden Direktur Tokio Marine Indonesia Sancoyo Setiabudi menyampaikan bahwa prestasi ini menegaskan ketangguhan dan kekuatan keuangan TMI, tercermin dalam peringkat kekuatan keuangan A- (Excellent) oleh A.M. Best selama tujuh tahun berturut-turut—sebuah bukti akan kapitalisasi yang solid, kinerja operasional yang menguntungkan, dan posisi pasar yang mapan.

Sebagai bagian dari komitmen terhadap bisnis lokal dan Jepang, Sancoyo mengatakan bahwa TMI mencapai pertumbuhan sebesar 17% di bisnis lokal dan pertumbuhan sebesar 7% di bisnis Jepang selama lima tahun terakhir. Bisnis lokal telah tumbuh signifikan sebesar 47% dari total pendapatan premi pada 2017, menjadi 58% pada 2022.

Untuk mendukung tren pertumbuhan ini, TMI telah mengimplementasikan berbagai inisiatif dalam pengembangan produk dan transformasi digital. Menurut Head of Product Development PT Asuransi Tokio Marine Indonesia Djoko Mulyono, TMI saat ini menawarkan perlindungan untuk sektor korporat dan ritel.

Bagi klien korporat, di samping menyediakan produk-produk asuransi tradisional seperti PAR (Property All Risks) dan Cargo, TMI juga mengenalkan produk untuk memitigasi risiko seperti asuransi Directors & Officers (D&O), Cyber Security, dan Trade Credit Insurance. Asuransi D&O melindungi pemimpin dari risiko tanggung jawab pribadi yang timbul dari keputusan yang diambil dalam peran manajerial, memastikan kelangsungan operasional perusahaan bahkan ketika menghadapi tuntutan hukum.

Asuransi ini mencakup biaya hubungan masyarakat untuk memperbaiki reputasi perusahaan yang diasuransikan dan menyediakan perlindungan untuk berbagai jenis kegiatan usaha. Selain itu, Cyber Security (Keamanan Siber) dan Trade Credit Insurance (Asuransi Kredit Dagang) TMI didesain secara strategis untuk mendukung pertumbuhan dan ketahanan entitas korporat di tengah ancaman keamanan siber dan ketidakpastian perdagangan.

Di sisi ritel, TMI mengenalkan Tokio Marine Travel Partner (TMTP) dengan opsi perlindungan yang dipersonalisasi, termasuk penjadwalan ulang visa. Pelanggan dapat menyesuaikan perlindungan yang dibutuhkan dengan rencana perjalanan mereka.

Sejalan dengan pergeseran ke arah digital, Djoko mengenalkan produk terbaru TMI yaitu Personal Cyber untuk melindungi pelanggan dari pencurian identitas dan penipuan online, Tyre Insurance (asuransi ban), Electronic Extended Warranty (Jaminan Perpanjangan Garansi Elektronik), dan Buyer Protection (Perlindungan Pembeli) yang memenuhi berbagai kebutuhan ritel.

Digital Strategy PT Asuransi Tokio Marine Indonesia Foster Kurniawan menambahkan, perjalanan transformasi digital Tokio Marine Indonesia berfokus pada pendekatan yang berorientasi pada pelanggan dan rekan bisnis, dengan komitmen kuat untuk mengadopsi teknologi digital terbaru dan inovatif. Tujuannya adalah untuk menyediakan pengalaman dan kemampuan digital yang baru, meningkatkan keseluruhan pengalaman bagi pelanggan dan rekan bisnis.

Di sektor korporat misalnya, TMI menghadirkan Worksite Marketing 2.0, sebuah platform digital yang dirancang untuk memberikan manfaat perlindungan khusus bagi karyawan. TMI juga mengintegrasikan sistem kemitraan digital melalui API untuk proses bisnis yang lebih efisien dan otomatis. Guna meningkatkan efisiensi operasional back-office, TMI menerapkan Robotic Process Automation (RPA). TMI juga memanfaatkan analisis data untuk wawasan mendalam dan rekomendasi strategis, meningkatkan strategi bisnis dan kolaborasi dengan klien.

Sedangkan untuk pelanggan ritel, TMI mengenalkan platform online mandiri yang intuitif https://bebascemas.tokiomarine.co.id berbasis teknologi Progressive Web Application (PWA). Platform ini memudahkan pelanggan dalam menjelajahi, membeli produk serta mengakses layanan lainnya dari TMI tanpa perlu menginstal aplikasi.

Lebih lanjut Foster menjelaskan bahwa TMI menerapkan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi penipuan pada klaim otomotif dan e-commerce. Penerapan teknologi voicebot AI, HIKARU, menawarkan interaksi dengan pelanggan layaknya manusia, tidak hanya mengingatkan jatuh tempo polis namun juga memberikan rekomendasi produk.

Selain itu, Tokio Marine Agency Application (TAPPS) memberdayakan agen dengan fleksibilitas dalam proses penjualan, memungkinkan agen membuat penawaran, memproses pembayaran, dan menerbitkan polis asuransi secara instan. Inisiatif digital ini mencerminkan komitmen TMI terhadap inovasi dan layanan berorientasi pelanggan dalam lanskap digital yang terus berkembang dengan cepat.

“Ini merupakan strategi kami untuk menciptakan nilai baru dalam memberikan perlindungan dengan memanfaatkan teknologi digital terkini guna menciptakan cara bisnis yang inovatif, efisien, dan interaktif dengan pelanggan dan rekan bisnis. Kami yakin dengan mengimplementasikan hal ini, bersama dengan komitmen kami pada transformasi digital, akan memungkinkan kami menyediakan lebih banyak layanan kepada pelanggan kami saat ini dan di masa depan,” pungkas Sancoyo.

 

TMI berkomitmen untuk menyediakan layanan dan perlindungan terbaik kepada pelanggan dan rekan bisnis dalam berkontribusi pada pengembangan industri asuransi dan masyarakat di Indonesia. Sebagai bagian dari Tokio Marine Group, salah satu grup asuransi terbesar di dunia, TMI mematuhi filosofi perusahaan “kepercayaan pelanggan sebagai dasar dari semua kegiatan” dan berusaha menjadi “Good Company” yang memainkan peran penting dalam Masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.