Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Otentisitas Penting agar Cerita Lokal Diterima Penonton Global

Sineas dan komunitas film bersama dengan Netflix berpartisipasi dalam diskusi virtual untuk mengembangkan industri film di Indonesia dengan membawa cerita-cerita lokal ke penonton global

Marketing.co.id – Berita Marketing | Netflix, telah menggelar diskusi virtual bertajuk “Membawa cerita-cerita terbaik dari Indonesia ke dunia”. Tiga kreator film Ali & Ratu Ratu Queens (ARRQ), film Indonesia yang tayang perdana secara global di Netflix pada 17 Juni, turut hadir sebagai panelis diskusi, yaitu produser dari Palari Films, Muhammad Zaidy dan Meiske Taurisia, dan sutradara Lucky Kuswandi.

Panelis lainnya adalah produser Shanty Harmayn dari BASE Entertainment dan Malobika Banerji, Director of Content, SEA, Netflix. Acara ini mendiskusikan tentang pentingnya menghadirkan cerita-cerita lokal yang otentik dan relevan untuk memenangkan hati penonton global, serta bagaimana Netflix dan industri film lokal dapat bekerja sama untuk memfasilitasi hal tersebut.

Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, mengatakan, “Kami menyambut baik inisiatif Netflix dalam menghadirkan para kreator untuk berbagi gagasan dan masukan tentang bagaimana sektor kreatif dapat membawa lebih banyak cerita lokal ke dunia. Industri kreatif di negara ini terus berkembang dan Indonesia sendiri begitu kaya dengan cerita-cerita menggugah yang bisa dibagi. Kami bangga bahwa cerita-cerita berkualitas seperti Ali & Ratu Ratu Queens tidak hanya dinikmati orang-orang di Indonesia, tapi juga memikat audiens di seluruh dunia. Kami berharap, seiring berjalannya waktu, akan ada lebih banyak lagi cerita-cerita dari Indonesia yang disukai oleh penonton di berbagai negara.”

Malobika Banerji, SEA Content Director, Netflix, mengatakan, “Di Netflix, kami percaya bahwa cerita-cerita yang menggugah bisa datang dari mana saja dan disukai di mana saja, dan ini seringkali dimulai dengan keinginan para sineas sendiri untuk membuat cerita yang menarik dan otentik. Ali & Ratu Ratu Queens merupakan contoh yang baik akan cerita otentik yang dapat beresonansi dengan siapapun yang pernah pindah ke negara lain dan menemukan ratu-ratu mereka sendiri. Indonesia sungguh kaya akan cerita-cerita lokal, budaya dan kreator berbakat dan kami sangat gembira telah diberi kesempatan untuk menemukan dan membagi cerita-cerita tersebut ke dunia.”

Menurut survei yang dirilis Kantar dan The Trade Desk, konten lokal memegang peranan penting dalam meningkatkan penggunaan OTT secara signifikan. Di Indonesia sendiri, tayangan lokal merupakan konten yang paling banyak ditonton pengguna layanan streaming dengan persentase sebanyak 43%, disusul konten Korea dengan 42%. Semakin populernya layanan streaming di negara ini menjadi peluang emas bagi industri film lokal untuk membuat cerita-cerita menggugah yang relevan dengan penonton di berbagai negara.

Sejak kehadirannya di Indonesia pada 2016, Netflix terus berkontribusi terhadap perkembangan industri film di Indonesia melalui kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan untuk membawa cerita-cerita terbaik dari Indonesia ke penonton global.

“Kadang ada kesalahpahaman bahwa sebuah cerita harus memiliki unsur ‘internasional’ supaya dapat menarik perhatian penonton global. Namun, berdasarkan pengalaman kami, sebenarnya yang dicari adalah cerita-cerita yang otentik. Kami melihat industri film Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan kami selalu mencari peluang untuk dapat mendukung sineas Indonesia dalam menyampaikan cerita unik dan menggugah yang mereka miliki serta meningkatkan kapasitas para kreator; diskusi ini merupakan bagian dari komitmen tersebut,” tutup Malobika.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top