Layanan Pelanggan dari Perusahaan Besar untuk Solopreneur

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

CustomerService 1Menawarkan layanan pelanggan setara dengan perusahaan-perusahaan besar kepada para pengguna produk atau jasa bisa jadi sulit bagi seorang solopreneur. Lalu bagaimana solusi yang dapat membantu Anda?

Bisnis kecil yang ingin melakukan bisnis besar, seringkali harus bermanuver dan berinovasi bersama rekan-rekan mereka. Memang ukurannya yang kecil merupakan sebuah keuntungan besar bagi solopreneur. Yang memungkinkan mereka beradaptasi dengan pasar dan arah perubahan dengan cepat.

Tantangannya adalah layanan pelanggan. Bagaimana Anda dapat memberikan layanan pelanggan untuk perawatan dan perhatian yang mereka butuhkan dan pantas  bagi mereka?

Untungnya, banyak solusi layanan pelanggan dari perusahaan besar yang menawarkan versi skala bawah agar sesuai dengan anggaran yang minimal yang dimiliki bisnis kecil. Berikut solusi layanan pelanggan besar bagi bisnis kecil:

Email auto-responders

Layanan ini memungkinkan Anda memulai hubungan dukungan pelanggan ketika pelanggan pertama kali menerima bulletin perusahaan atau membeli produk. Constant Contact dan MailChimp menawarkan harga yang kompetitif dan kemudahan dalam penggunaan.

Live web chat

Live chat memungkinkan pengunjung web terhubung dengan agen layanan secara langsung melalui jendela chat. Pilihan berkisar dari perangkat lunak dan solusi cloud  melalui dukungan penuh dari perusahaan seperti LivePerson.

Agen layanan pelanggan virtual

Hubungkan dengan pelanggan melalui telepon, live web chat atau email untuk menawarkan bantuan dukungan pelanggan. Seringkali,  di isi oleh seorang ibu yang tinggal di rumah yang ingin bekerja paruh waktu, Anda dapat mem-posting pekerjaan layanan pelanggan virtual di situs lowongan kerja.

Bantuan perangkat lunak tiket

Ini memungkinkan pelanggan mengajukan permintaan bantuan melalui website. Built-in alat pelacakan membantu Anda mengelola keluhan yang belum terselesaikan dan melihat riwayat bantuan pelanggan. Zendesk sekarang menawarkan dukungan multi-channel, termasuk Facebook dan Twitter.

Online knowledge base

Online knowledge base memberikan pelanggan kemampuan untuk mencari solusi sendiri menggunakan kata kunci pencarian intuitif. Yang perlu Anda lakukan adalah mengirim jawaban atas masalah yang paling umum.

CRM Social

Alat mendengarkan seperti Sysomos dan Radio6 memindai saluran sosial dari umpan balik negatif atau permintaan bantuan pelanggan, yang memungkinkan pelanggan merespon secara real-time untuk panggilan layanan pelanggan sosial mereka.

Pemenuhan produk

Situs seperti ShipWire menawarkan bisnis kecil pergudangan dan distribusi. Layanan ini dirancang untuk tumbuh Anda. Sebelum Anda melakukan apapun solusi layanan pelanggan, pastikan memiliki kemampuan untuk tumbuh dengan bisnis Anda.

Editor: Wahid FZ | Sumber: OpenForum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here