SiteMinder Perkuat Kerjasama dengan Trip.com untuk Akses Pasar Pariwisata Tiongkok yang Meningkat

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Sepuluh tahun telah berlalu sejak SiteMinder menjalin kemitraan dengan Trip.com, dan kerjasama mereka terus berkembang untuk menghadirkan lebih banyak peluang bagi industri hotel. SiteMinder, yang dikenal sebagai satu-satunya perangkat lunak yang dapat membuka potensi penuh pendapatan hotel, kini memperkuat hubungannya dengan agen perjalanan daring terkemuka, Trip.com, agar lebih banyak hotel dapat mengakses pasar pariwisata Tiongkok yang sedang meningkat.

pariwisata tiongkok Shanghai Yuyuan Garden
Shanghai Yuyuan Garden

Dalam kemitraan terbarunya, Trip.com telah menandatangani kesepakatan untuk berpartisipasi dalam program terbaru SiteMinder, Channels Plus. Program ini bertujuan untuk menyederhanakan distribusi bagi hotel dengan memberikan akses ke berbagai saluran distribusi melalui satu pengaturan. Bagi Trip.com, kemitraan ini memberikan akses ke lebih banyak hotel dan memungkinkan perluasan inventaris untuk memberikan pengalaman berwisata kelas dunia.

Kemitraan yang dijalin ini terbukti efektif semenjak SiteMinder melaporkan peningkatan jumlah pemesanan dari Tiongkok ke 41,000 hotel di bawah naungannya sebesar 75% dari tahun sebelumnya selama tiga bulan pertama tahun 2024. Hal ini mencerminkan kebiasaan belanja wisatawan Tiongkok yang sangat menguntungkan, dengan rata-rata tarif harian pemesanan sebesar 10% lebih tinggi dari wisatawan global. Selain itu, rata-rata waktu tunggu pemesanan dari wisatawan Tiongkok juga tercatat 62% lebih rendah dari rata-rata global, menunjukkan rendahnya sensitivitas mereka terhadap tarif kamar dan kecenderungan untuk melakukan perjalanan dengan waktu perencanaan yang lebih singkat. Wisatawan Tiongkok juga terbukti sebagai wisatawan paling tahan harga secara global, seperti yang terungkap dalam SiteMinder’s Changing Traveller Report 2023.

Menyikapi hal ini, Monica Xiao, CEO of Accommodation Business Group di Trip.com Group, menyatakan kegembiraannya, “Ada indikasi yang jelas bahwa pasar wisatawan Tiongkok sedang mengalami pemulihan, dan kami sangat senang dapat membawa kemitraan kami dengan SiteMinder ke tahap berikutnya untuk memastikan bahwa lebih banyak hotel di seluruh dunia yang memiliki kesempatan untuk memanfaatkan aliran pendapatan yang kuat.”

Sementara itu, Sankar Narayan, CEO dan Managing Director dari SiteMinder, menyatakan, “Memasuki era baru pariwisata yang ditandai dengan lanskap kian dinamis, kami sangat senang dapat mengeratkan kemitraan kami dengan Trip.com, sebuah perusahaan yang terkenal atas inovasi dan jangkauan massalnya.”

Dengan lebih dari 2,150 mitra, SiteMinder memiliki ekosistem perhotelan terbesar dalam industri hotel global, yang meliputi distribution channels seperti Trip.com, aplikasi hotel, sistem manajemen, serta konsultan perhotelan. Hal ini menempatkan SiteMinder di posisi unik untuk menyederhanakan distribusi bagi hotel. Program Channels Plus terus mendapatkan dukungan dari merek-merek travel terkemuka, dengan SiteMinder telah menjalin kesepakatan dengan 14 mitra distribusi untuk programnya.

Masa percobaan Channel Plus, yang diluncurkan hari ini, akan dapat diakses oleh sekitar 1,000 hotel dan akan secara perlahan-lahan diperluas sampai peluncuran Channel Plus untuk umum di akhir tahun ini. Dengan demikian, kerjasama antara SiteMinder dan Trip.com membawa angin segar bagi industri hotel dalam menghadapi perubahan yang dinamis dalam industri pariwisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here