Austria Tourism dan Traveloka Sepakat Promosikan Pariwisata Austria di Asia Tenggara

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Austria Tourism, organisasi pariwisata nasional Austria, dan Traveloka, platform perjalanan terkemuka di Asia Tenggara, telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di AYANA Midplaza Jakarta. Kerja sama ini bertujuan untuk mempromosikan Austria sebagai destinasi wisata bagi turis dari Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand melalui berbagai kampanye pemasaran online dan kegiatan offline.

Austria Tourism
(Kiri – Kanan) Emanuel Lehner-Telič, Kepala Pemasaran Austria Tourism bagian Asia-Pasifik – Susanne Kraus-Winkler, Sekretaris Negara untuk Pariwisata di Austria – Albert, Co-Founder, Traveloka.

Emanuel Lehner-Telič, Kepala Pemasaran Austria Tourism bagian Asia-Pasifik, menandatangani MoU sebagai perwakilan Austria Tourism, disaksikan oleh Susanne Kraus-Winkler, Sekretaris Negara untuk Pariwisata di Austria. Albert, Co-Founder Traveloka, juga turut menandatangani MoU tersebut sebagai representatif perusahaan. Penandatanganan ini turut dihadiri oleh Thomas Loidl, Duta Besar Austria di Indonesia, serta perwakilan dari kementerian pariwisata Austria dan Traveloka.

Pada tahun 2023, terdapat 350.000 kunjungan (overnight visit) oleh wisatawan Asia Tenggara ke Austria, menunjukkan pemulihan signifikan pasca pandemi COVID-19 dibandingkan dengan 452.000 kunjungan pada tahun 2019. Tahun lalu, Austria mencatat 111 juta overnight visit oleh turis internasional, menjadikannya salah satu destinasi wisata terkemuka di dunia. Kekayaan sejarah, keragaman budaya, serta pemandangan alam yang menakjubkan membuat Austria menjadi negara Eropa yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Penandatanganan MoU ini dilakukan sebagai langkah Austria dalam menyambut lebih banyak wisatawan dari Asia Tenggara tahun ini dan di masa mendatang. Terletak di jantung Eropa, Austria membanggakan pegunungan Alpen yang menakjubkan, sungai-sungai, dan danau-danau yang indah, berbagai resor ski dan kesehatan kelas dunia, kota-kota bersejarah, tradisi kuliner seperti budaya kedai kopi Wina, opera Salzburg yang terkenal, festival musik, serta pasar-pasar Natal yang romantis.

Kerja sama antara Austria Tourism dan Traveloka ini akan berlangsung hingga Juni 2025. Kampanye dan kegiatan pemasaran yang direncanakan antara lain peletakan iklan di situs dan aplikasi Traveloka, iklan media sosial di platform Traveloka, serta halaman khusus untuk meningkatkan kesadaran pengguna Traveloka terhadap Austria. Sebelum kerja sama ini, Austria Tourism lebih banyak berfokus pada sektor business-to-business (B2B), bermitra dengan agen wisata di Asia Tenggara, serta mengadakan lokakarya edukasi dan familiarization trip.

Emanuel Lehner-Telič menyatakan, “Sebagai platform perjalanan terbesar di Asia Tenggara, Traveloka adalah partner terkuat kami di kawasan ini untuk mempromosikan Austria sebagai tujuan wisata dan untuk memperkuat popularitasnya.”

“Kami sangat menantikan kerja sama lebih lanjut dalam memilih tujuan menarik di jantung Eropa,” tambahnya.

Selama lebih dari satu dekade, Traveloka telah menjadi pemimpin dalam mendorong pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia dan Asia Tenggara. Beroperasi di enam negara Asia Tenggara, Traveloka bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk sektor pemerintah, agen perjalanan lokal, dan organisasi pariwisata internasional yang mewakili destinasi populer di seluruh dunia. Penandatanganan MoU ini menunjukkan komitmen Traveloka untuk menghubungkan lebih banyak wisatawan Asia Tenggara dengan destinasi wisata global dan membangun ekosistem pariwisata global yang berkelanjutan.

Albert, Co-Founder Traveloka, mengatakan, “Di Traveloka, kami percaya pada kekuatan transformatif teknologi untuk meningkatkan pengalaman perjalanan konsumen. Kemitraan kami dengan Austria Tourism bertujuan untuk memanfaatkan solusi inovatif Traveloka guna memberikan akses seamless bagi para wisatawan ke beragam penawaran di Austria, termasuk kota-kota yang menawan, gunung-gunung yang megah, serta sejarah yang menarik.”

Susanne Kraus-Winkler, Sekretaris Negara untuk Pariwisata di Austria, menambahkan, “Pariwisata menghubungkan banyak orang dan memelihara hubungan antara Austria dan Asia Tenggara.”

“Austria merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di Eropa. Kami ingin menarik lebih banyak wisatawan Asia Tenggara, khususnya Indonesia, dan kami siap menyambut mereka ke negara kami dengan sejarah Eropa yang kaya dan alam yang indah di pegunungan Alpen,” tambahnya.

Tahun ini, wilayah Salzkammergut di Austria meraih titel Ibu Kota Kebudayaan Eropa 2024 (European Capital of Culture 2024). Austria juga tengah mempersiapkan diri untuk perayaan 60 tahun perilisan film peraih piala Oscar, The Sound of Music, yang difilmkan di Salzburg, pada tahun 2025 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here