XL Axiata dan Smartfren Berpeluang Merger dengan Entitas Baru MergeCo

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Konsolidasi industri telekomunikasi di Indonesia tampaknya masih terus berlangsung. Hal ini ditandai dengan rencana merger antara dua perusahaan telekomunikasi yakni XL Axiata dan Smartfen.

Axiata Group Berhad (“Axiata” atau “the Group”) dan (a) PT  Wahana Inti Nusantara (“WIN”) (b); PT Global Nusa Data (“GND”); dan (c) PT Bali Media  Telekomunikasi (“BMT”)((a) sampai (c) yang secara kolektif disebut sebagai “Sinar Mas”)  (Axiata dan Sinar Mas yang secara kolektif disebut sebagai “Para Pihak” dan masing-masing disebut sebagai “Pihak”) hari ini mengumumkan telah memasuki babak baru dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (“MOU”) tidak mengikat untuk menjajaki rencana merger antara XL Axiata dan Smartfren (“Rencana Transaksi”) dalam rangka menciptakan entitas baru (“MergeCo”).

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi pemegang saham pengendali dari MergeCo.

Pada saat ini, diskusi yang sedang berlangsung antara para pihak belum menghasilkan kesepakatan atau penyelesaian Rencana Transaksi yang mengikat. Validasi terhadap penggabungan dan penciptaan nilai bagi pemegang saham, uji tuntas, persiapan rencana bisnis bersama dan kesepakatan atas persyaratan penting akan menjadi kegiatan utama yang  dilakukan selama tahap penjajakan yang diatur dalam MOU.

Setiap perkembangan penting  yang berhubungan dengan MOU ini akan diumumkan sebagaimana diperlukan. Apabila perjanjian mengikat akan ditandatangani di kemudian hari, maka transaksi terkait akan tunduk pada peraturan-peraturan yang berlaku dan persetujuan korporasi serta pemerintah.

Baca juga: Perusahaan Telekomunikasi Diminta Merger atau Akuisi

Dengan tujuan untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi yang lebih kuat di Indonesia, usulan penggabungan usaha antara XL Axiata dan Smartfren diharapkan dapat menyatukan skala, kompetensi, keuangan dan keahlian telekomunikasi yang mendalam dari Axiata dan skala lokal serta pengetahuan pasar dari Sinar Mas untuk menghasilkan nilai sinergis yang  signifikan. Kedua pihak diharapkan dapat memberikan pengaruh yang seimbang terhadap arah strategis dan keputusan operasional MergeCo, dengan memanfaatkan kekuatan masing-masing.

Axiata meyakini, bahwa MergeCo akan memiliki kelincahan yang strategis, kompetensi dan kemampuan yang mumpuni untuk memenuhi harapan dan permintaan yang semakin  meningkat dari konsumen, bisnis dan sektor publik di Indonesia.

MergeCo diharapkan dapat memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen di sektor telekomunikasi dan menciptakan nilai tambah bagi para pemegang saham, melalui sinergi dari penggabungan operasi XL  Axiata dan Smartfren.

Baca juga: (Foto) RUPST XL Axiata Bagikan Dividen Rp635,5 miliar

Axiata berkomitmen untuk tetap menjadi pemain terdepan dalam lansekap digital dan  teknologi di Indonesia, yang berpegang teguh pada visi jangka panjang dalam mendukung masa depan digital Indonesia.

Indonesia sendiri merupakan pasar yang penting dan kunci bagi  inisiatif strategis perusahaan. XL Axiata merupakan aset terbesar Axiata dan dari sisi  portofolio. Indonesia juga merupakan penghasil nilai tertinggi, di mana perusahaan menjalankan  lima bisnis utama – XL Axiata, Link Net, EDOTCO, Boost, dan ADA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here